Kelahiran

Ternyata, Bayi Boleh Mandi Air Dingin. Ini Caranya!

Ternyata, Bayi Boleh Mandi Air Dingin. Ini Caranya!

Selama ini, kita biasa mendengar kalau memandikan bayi sebaiknya memakai air hangat suam-suam kuku. Sebab, kulit bayi lebih sensitif dibanding orang dewasa atau anak-anak yang lebih besar. Kulit bayi memang masih sangat elastis dan berisiko mudah rusak atau mengalami reaksi alergi jika terkena suhu air yang terlalu panas. 

Sayangnya, kebanyakan orang masih mengandalkan feeling masing-masing untuk melihat apakah air panas sudah cukup aman untuk dipakai mandi si Kecil. Duh, padahal jika salah menakar derajat suhu, bisa-bisa kulit si Kecil iritasi lho, Bu!

Dilansir dari Healthline, temperatur air mandi untuk bayi sebaiknya disesuaikan dengan suhu tubuh, yakni 37–38 derajat celcius. Cara memeriksa apakah suhu air sudah sesuai, selain memakai termometer, juga bisa dengan merendam siku tangan Ibu yang lebih sensitif. Jadi, jangan cuma asal celup jari tangan, yaa. Selain itu, hindari memandikan si Kecil dengan air hangat yang mengalir sebab suhu bisa berubah cepat dan bayi rentan tersiram air panas.

Lalu, bagaimana dengan air dingin? Pemakaian air dingin untuk memandikan bayi masih jadi perdebatan. Jika terlalu dingin, si Kecil bisa alami hipoksia atau hipoglikemia yang gejalanya berupa kelesuan, warna kulit menjadi pucat, dan kesulitan bernapas. Beberapa juga khawatir bayi akan sakit jika tersiram air dingin karena kekebalan tubuhnya belum cukup kuat.

Meski begitu, mengingat iklim dunia yang semakin memanas, memandikan bayi dengan air dingin makin banyak dilakukan untuk menyegarkan badan anak yang gerah karena cuaca panas. Nah, kalau di Indonesia sendiri gimana ya?

Kapan Waktu Ideal Bayi Boleh Mandi Air Dingin?

Dikutip dari Parenting, air dingin ternyata memiliki manfaat bagi si Kecil lho, Bu. Mandi dengan air dingin dapat memaksa tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan, yang berguna untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, air dingin juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga tubuh bayi akan lebih mampu melawan penyakit. 

Namun, tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi sebelum Ibu memandikan bayi dengan air dingin. Si Kecil bisa mulai dikenalkan dengan air bersuhu dingin saat usianya 6 bulan, ketika kondisi fisiknya sudah kuat.

Nah, berikut adalah prosedur aman memandikan bayi dengan air dingin:

  1. Pastikan kondisi bayi sedang fit.
  2. Bayi terlahir sehat, bukan bayi prematur, serta berat badan bayi ketika lahir minimal 2,5 kg. Sebab, kulit bayi prematur jauh lebih sensitif dan butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan. Suhu air yang terlalu dingin bisa sebabkan hipotermia dan berujung mengganggu saluran napas si Kecil.
  3. Kurangi suhu air secara bertahap agar anak tidak kaget. Sentuhkan di area tubuh seperti kaki dan tangan, hindari area kepala, perut, atau dada.
  4. Lihat reaksi bayi, jika ia tidak menolak atau tampak kaget, boleh lanjutkan perlahan.
  5. Batasi proses mandi maksimal 15-20 menit.
  6. Segera keringkan dan hangatkan badan si Kecil setelah selesai mandi air dingin.

Tapi, bagaimana jika si Kecil terserang pilek setelah mandi air dingin? Nah, menurut Baby Center, anak justru lebih rentan terkena pilek jika ia dibiarkan basah terlalu lama, memakai baju yang kurang hangat, suhu AC terlalu dingin, atau terpapar virus orang sekitar. Sedangkan mandi dengan air dingin tak akan bermasalah jika tubuh bayi dipastikan kering serta memakai baju yang hangat seusai mandi.

Pastikan Bayi Tetap Hangat Meski Mandi dengan Air Dingin

Well, memang bisa? Kini ada cara praktis agar kulit si Kecil tetap hangat meski disiram dengan air dingin, loh. Ibu bisa memakai sabun mandi bayi dengan kandungan yang cocok untuk musim dingin, musim hujan atau saat bepergian ke tempat yang dingin. Sabun dengan kandungan anise oil atau minyak telon juga cocok banget nih digunakan saat cuaca panas dan si Kecil ingin menyegarkan diri dengan mandi air dingin.

Ibu bisa mencoba Probaby Bath Anise Oil yang diperkaya Anise Oil, untuk mencegah kembung, masuk angin, dan memberikan rasa hangat pada bayi saat mandi hingga setelah mandi.  Selain itu, Probaby Bath Anise Oil memiliki beragam keunggulan lain, diantaranya:

  • Harga ekonomis dengan aroma telon yang menenangkan
  • Cocok untuk bayi usia > 3 bulan
  • Kandungan anise oil berfungsi memberikan rasa hangat
  • Mudah dibilas dan tidak licin

Jadi, bayi mandi air dingin boleh-boleh saja apalagi saat cuaca panas, namun pastikan prosesnya aman dan menggunakan sabun mandi untuk bayi yang mampu menghangatkan kulit sensitifnya yaa. Pilih Probaby Bath Anise Oil agar badan si Kecil tetap hangat saat mandi maupun setelah selesai dibilas air dingin.

Ibu bisa mendapatkan rangkaian produk mandi Probaby Bath Anise Oil di babyshop serta secara online di e-commerce yaa. Untuk info produk  lebih lanjut, yuk kunjungi website Probaby dan instagram @probaby.indonesia. 

 

Editor: Dorothea Ayu