Last update on .

Tingkatkan Gairah Seks Pasca Lahiran Dengan Makanan Aphrodisiac

Bagi banyak orangtua, mengembalikan keintiman dan gairah seks setelah memiliki bayi bisa terasa sulit. Memang perlu dipahami, butuh waktu untuk pemulihan fisik tubuh wanita, baik setelah melahirkan normal atau melalui  operasi caesar.

 

Tapi setelah lewat beberapa bulan sejak Anda melahirkan, apakah Anda masih merasa tertarik untuk berhubungan seks? Mungkin Anda bahkan tidak mau pasangan menyentuh Anda. Selain menyebabkan frustrasi, bagi beberapa pasangan ini jadi masalah besar.

 

Sangat penting untuk memiliki orang yang tepat sebagai team Anda. Orang yang tepat adalah mereka yang memiliki banyak pengalaman dalam membantu mengatasi tantangan hubungan suami-istri setelah melahirkan.

 

Anda perlu memahami kenapa Anda mengalami hal ini. Terlebih, ini bukan topik pembicaraan yang umum di masyarakat kita. Sayangnya, beberapa ibu merasa hancur, mereka merasa sesuatu yang salah terjadi, dan mereka merasa tidak akan bisa lagi merasakan gairah seksual seperti sebelum memiliki bayi. Jangan berkecil hati Bunda, libido rendah atau tidak ada sama sekali, hampir selalu bisa diatasi.

 

Sebagai ibu, Anda tentu sudah familiar tentang hambatan terbesar untuk intim bersama pasangan. Rasa lelah dan tidur yang kurang membuat ibu merasa sulit untuk bisa menikmati kehidupan seksualnya.

 

Karena hormon, tingkat stres, lelah, dan sebagainya, wajar bila ibu merasa tidak tertarik berhubungan seks selama 12 bulan setelah melahirkan. Ini terutama terjadi bila ibu menyusui.

 

Tapi bila suami telah siap menghadapi hal ini, ia tidak akan terlalu mempersoalkannya, atau membiarkan ini menjadi ancaman serius untuk hubungan suami-istri, dan lebih mungkin menemukan cara lain untuk tetap saling dekat secara emosi.

 

“Saya tidak ingin disentuh, apalagi berhubungan seks”

Kadang ibu tidak hanya tidak memiliki libido, tapi juga merasa terpuruk ketika memikirkan tentang keintiman dan seks.

 

Jadi apa yang Anda lakukan bila merasa tidak ingin disentuh? Pertama, penting untuk mengetahui kalau Anda normal dan Anda tidak sendirian. Libido yang tidak sesuai pada tahun pertama setelah bayi lahir jadi salah satu masalah terbesar pada kebanyakan pasangan. Bicarakan hal ini untuk menemukan akar masalahnya. Apakah penyebabnya bersifat fisik? Apakah karena lelah dan repot mengurus bayi? Atau penyebabnya bersifat emosional?

 

Masalah di masa lalu yang belum selesai juga bisa mengganggu kehidupan seksual Anda. Bila ini yang terjadi, penting untuk mencari bantuan dari konselor yang berpengalaman.

 

Haruskah Bunda berhubungan seks dengan pasangan meski tidak menginginkannya?

Kadang ibu yang tidak berkeinginan untuk berhubungan seks memutuskan untuk berhubungan seks dengan pasangan. Haruskah ibu berhubungan seks untuk menyenangkan pasangan atau ia perlu menolak? Ini bergantung pada alasannya.

 

Bila ia merasa tidak memiliki energi, tidak termotivasi, Anda dan pasangan bisa melakukan bentuk afeksi lainnya.

 

Tekanan untuk melakukan hubungan seks menciptakan frustrasi serta kemarahan yang membuat wanita semakin tidak menginginkannya. Jadi, sangat penting untuk memberi tahu pasangan tentang perasaan Anda terhadap seks. Ibu baru bisa merasa sangat rapuh tentang citra tubuh dan hal lainnya. Ketika Anda merasa rapuh dan seseorang menekan Anda, akan semakin tidak nyaman bukan?

 

Pria yang baru menjadi ayah juga bisa merasa rapuh dan perlu menenangkan diri. Dan meski Bunda tidak menginginkan seks, penting untuk tetap dekat dan terhubung dengan pasangan, agar Anda berdua bisa berbagi berbagai hal yang terjadi dan meyakinkan suami kalau ia dicintai dan dihargai. Beri tahu pasangan kalau Anda masih mencintainya dan merasa ia menarik.

 

Menghidupkan kembali keintiman setelah melahirkan

Pasangan perlu menganggap keintiman seperti lapisan bawang. Cobalah memulainya dari lapisan paling luar. Mulai dengan hal sederhana. Saling meluangkan waktu, saling terhubung dalam percakapan, serta berbagi aktivitas yang dilakukan. Biarkan kata-kata indah dan afeksi muncul secara spontan.

 

Lalu bila ini menjurus pada seks di malam harinya atau di minggu atau bulan berikutnya, bagus bukan? Bila tidak, setidaknya Anda merasa dekat satu sama lain.

 

Perlu diingat, rasa lelah bukan aphordisiac. Masalah seksual bisa sulit ditangani, karena sering membutuhkan strategi praktis. Bagi banyak ibu, berhubungan seks bisa seperti hal wajib yang perlu dilakukan padahal ia sudah punya banyak sekali tugas yang perlu dilakukan.

 

Kenapa istri tidak ingin berhubungan seks pasca melahirkan?

Untuk para suami, berikut ini beberapa penyebab istri tidak menginginkan seks pasca melahirkan yang perlu Anda ketahui:

 

  1. Dyspareunia (rasa sakit ketika berhubungan badan)

    Ayah, Anda mungkin terkejut, bukan hanya melahirkan secara normal yang bisa menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan badan. Sebuah penelitian membandingkan wanita yang melahirkan secara normal dan melalui operasi caesar. Baik setelah melahirkan bayi pertama dan bayi berikutnya, wanita yang melahirkan secara normal mengalami lebih sedikit rasa sakit selama berhubungan badan dibanding wanita yang menjalani sesar.

     

    Bila ini yang terjadi, waktu dan kesabaran yang jadi solusi kuncinya. Cari bantuan terapis bila ini menyebabkan masalah dalam hubungan Anda. Tapi bila karena rasa sakit, memaksa pasangan untuk berhubungan seks hanya akan membuat para suami merasa ditolak, meski bukan ini yang diinginkan oleh istri Anda. Ia membutuhkan Anda untuk bisa memahaminya dan memberikan dukungan.

     

  2. Menyusui

    Alam sudah mengatur semua dengan sangat baik. Setelah bayi lahir, semua sudah siap agar bayi bertahan hidup. Hormon bekerja memastikan ketersediaan ASI untuk bayi, juga sebagai pencegah kehamilan yang terlalu awal. Tapi hormon ini tidak bersahabat dengan libido Anda. Menyusui jadi salah satu penyebab kenapa libido wanita menurun dan vagina jadi kering. Kering pada vagina bisa membuat seks terasa tidak nyaman bahkan menimbulkan rasa sakit.

     

    Ayah, jangan minta pasangan berhenti menyusui karena urusan seks Anda ya. Libido istri akan kembali normal ketika hormon berada di tingkat yang cukup tinggi bagi tubuhnya untuk mulai ovulasi dan menstruasi. Menyusui jadi dasar kesehatan bayi, melindunginya dari penyakit, infeksi, dan memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatannya.

     

  3. Rasa percaya diri yang rendah

    Setelah memiliki bayi, wanita menyadari kalau berat badannya bertambah dan bentuk tubuh berubah setelah melahirkan. Perut hamil yang tadinya dianggap indah oleh banyak orang telah berubah menjadi perut bergelambir yang tidak sedap dipandang.

     

    Ia merasa sulit untuk terlihat seksi dan cantik di hadapan Anda. Ketika ibu cemas atau stres tentang penampilannya, yang sangat umum terjadi pada ibu setelah melahirkan, ia merasa malu dan cemas tentang apa yang suami pikirkan tentang tubuhnya.

     

  4. Kelelahan

    Berdasarkan sebuah polling, alasan paling utama kenapa para ibu merasa tidak tertarik berhubungan seks adalah karena mereka kurang tidur. Hampir setengah dari jumlah wanita yang menjawab mengatakan lebih banyak tidur membuat mereka merasa melakukan hubungan seks lebih banyak.

     

    Penelitian juga mendukung hal ini. Penelitian menemukan kalau tiap tambahan jam tidur pada wanita, dapat meningkatkan kemungkinan berhubungan seks hingga 14 persen. Penelitian ini juga menemukan, wanita dengan rata-rata durasi tidur lebih lama mengalami gairah seks lebih baik dibanding wanita dengan panjang tidur lebih pendek.

     

    Wanita pada penelitian ini bukan ibu baru yang kurang tidur, jadi Anda bisa bayangkan bagaimana lebih signifikan hasilnya bila wanita di penelitian ini adalah ibu yang baru melahirkan.

     

    Sekarang kita punya bukti kalau tidur yang tidak cukup bisa menyebabkan penurunan hasrat dan gairah seks. Menjadi ibu baru secara fisik dan emosional sangat melelahkan. Ibu mungkin kekurangan zat besi akibat melahirkan, ia banyak melakukan tugas di malam hari dan bila ada anak yang lebih besar, ia perlu mengejarnya sepanjang hari untuk menyuapi atau memandikannya. Belum lagi mengurus rumah supaya tetap bersih dan memenuhi kewajibannya seperti belajar atau bekerja dari  rumah.

     

    Orang sering menyarankan, “Tidurlah ketika bayi tidur” tapi kenyataannya sulit melakukan ini. Ketika bayi tidur, ibu mengesampingkan apa yang jadi kebutuhannya dan mengutamakan hal yang perlu dilakukan.

     

  5. Ada bayi yang selalu bersamanya sepanjang hari

    Setelah ada bayi atau batita yang selalu menempel bersamanya sepanjang hari, berhubungan seks akan jadi hal terakhir yang ia inginkan. Ibu baru merasa tiap orang menginginkan tubuhnya sedangkan ia sendiri seolah tidak punya hak atas dirinya. Wanita seperti ini membutuhkan “me time” lebih banyak.

     

    Saat ini kebanyakan ibu hanya seorang diri menghabiskan hari-harinya dan mereka sering merasa terisolasi. Tak heran bila angka depresi pasca melahirkan menjadi tinggi. Bayi dan anak kecil suka berada dekat dengan ibunya, yang merupakan hal normal dan perilaku yang sehat. Mereka merasa aman dan ini membangun rasa percaya diri dan kemandirian. Tapi bagi ibu, bersama bayi seharian sudah cukup untuk membuat energi habis tak tersisa.

     

  6. Depresi pasca melahirkan

    Bila istri Anda mengalami depresi, ini bisa mempengaruhi mood, energi, dan gairah seksnya. Depresi pasca melahirkan tidak terjadi pada banyak wanita, jadi bila istri mengalami depresi atau Anda merasa demikian, waktunya untuk mendapat bantuan dan saran profesional.

     

  7. Takut seks terasa sakit

    Melahirkan membuat wanita merasakan sakit atau mengalami kerusakan pada bagian feminin di tubuhnya. Berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan berlalu tapi wanita tetap merasa takut untuk berhubungan seks. Belum lagi tentang bagaimana penampilan area vitalnya setelah melahirkan. Ini bisa jadi masalah psikologis, karena ketika ia akhirnya memutuskan melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya, ia sudah menduga kalau akan menyebabkan rasa sakit.

     

Makanan aphrodisiac untuk bangkitkan gairah seks

Ada pepatah mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan.” Meski banyak yang kita konsumsi memiliki dampak langsung pada hormon, otak, energi, dan tingkat stres, ada juga makanan yang dapat tingkatkan gairah seksual Anda yang disebut aphrodisiac.

 

Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan kehidupan seks Anda. Ada berbagai makanan bersifat aphrodisiac. Tentu, makanan ini tidak secara ajaib membuat kehidupan seks Anda jadi lebih baik, tapi beberapa di antaranya bisa meningkatkan suhu tubuh, yang membuat Anda lebih bergairah. Beberapa makanan menciptakan energi instan yang membantu produksi hormon seks. Dan makanan lainnya memicu rasa cinta atau gairah seks.

 

  1. Ikan salmon

    Anda mungkin sudah tahu kalau salmon menjadi sumber asam lemak omega 3 yang mendukung jantung yang sehat serta rambut dan kulit berkilau. Tapi Anda mungkin belum tahu hubungan antara ikan ini dan gelora seks. Asam lemak esensial pada salmon juga menjaga fungsi hormon dan bisa meningkatkan tingkat dopamine di otak untuk fokus pada gairah yang optimal.

     

  2. Vanili

    Vanili jadi makanan aphrodisiac berikutnya. Kekuatan vanili ada pada aromanya. Ketika dikonsumsi, vanili meningkatkan keinginan seksual dan membuat sistem saraf pusat jadi merasa lebih baik. Tambahkan beberapa tetes vanili essence ke air mandi atau konsumsi es krim dari vanili setelah makan malam.

     

  3. Alpukat

    Alpukat adalah buah super yang kaya kandungan antioksidan seperti vitamin E, potasium, dan vitamin B. Alpukat jadi sumber mengagumkan untuk lemak jenuh tunggal yang bisa mencegah serangan jantung dan meningkatkan alirah darah jadi lebih baik, serta membuat perut rata.

     

    Semua manfaat alpukat ini membantu kerja jantung dan sirkulasi untuk kehidupan seks yang lebih baik. Selain itu, vitamin E yang bagus untuk kulit juga membantu tubuh meningkatkan hormon seperti testosteron, estrogen, dan progesteron yang bersirkulasi di aliran darah dan menstimulasi respon seksual.

     

  4. Pisang

    Pisang bagus untuk meningkatkan gairah seks. Buah ini mengandung potasium, yang jadi nutrisi kunci untuk kekuatan otot dan membuat orgasme jadi lebih intens. Pisang juga padat vitamin B yang penting untuk produksi hormon seksual.

     

  5. Delima

    Delima memiliki kekuatan antioksidan yang melindungi lapisan pembuluh darah, membuat lebih banyak darah mengalir dan meningkatkan sensitivitas.

     

  6. Madu

    Madu mengandung vitamin B yang mendukung produksi testosteron, yang bisa meningkatkan gairah seks. Semangka juga mengandung boron yang digunakan pada produksi estrogen yang penting untuk hasrat seks wanita. Gunakan madu sebagai pemanis teh, yoghurt, atau oatmeal. Bila memungkinkan, gunakan varian madu lokal dan organik.

     

  7. Cabe pedas

    Zat kimia pada cabe yang disebut capsaicin, meningkatkan sirkulasi untuk memompa darah dan menstimulasi ujung saraf sehingga Anda merasa lebih bergairah.

     

  8. Stroberi

    Sirkulasi yang baik sangat penting untuk fungsi seksual yang baik, dan buah jenis berry ini kaya antioksidan yang bermanfaat untuk jantung dan arteri. Coba celupkan buah ini pada coklat pekat, yang juga merupakan makanan aphrodisiac lainnya yang mengandung methylxanthine yang dapat mengaktifkan libido.

     

  9. Coklat

    Coklat murni telah memiliki reputasi sejak lama sebagai makanan aphrodisiac. Buah kakao mengandung bahan kimia phenylethylamine, yakni stimulan yang meningkatkan produksi dopamin di otak dan menimbulkan perasaan nyaman serta meningkatkan gairah seks.

     

    Neurotransmitter serotonin dan anandamide menyebabkan rasa bahagia dan senang selama berhubungan seks, keduanya ditemukan di dalam coklat.

     

  10. Semangka

    Buah ini dikenal memiliki efek bermanfaat pada sistem kekebalan dan kardiovaskuler. Citrulline pada semangka meningkatkan oksida nitrit yang membuka pembuluh darah dan mempercepat sirkulasi untuk meningkatkan gairah. Ada penelitian yang menyebut semangka memiliki efek seperti viagra pada tubuh.

     

  11. Chery

    Chery memiliki bau yang bisa menstimulasi produksi pheromone. Chery mengandung banyak antioksidan yang mengatur kerja jantung.  Chery mengandung vitamin A, C, dan E serta potasium yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon seksual.

     

  12. Kacang almond

    Almond telah menjadi simbol kesuburan sejak lama, dan seperti vanili, aroma almond dianggap menginduksi gairan seks pada wanita. Kacang ini jadi sumber asam lemak esensial seperti omega 3, yang dibutuhkan untuk produksi hormon seperti testosteron. Almond juga membantu dalam fungsi reproduksi, kesuburan, dan libido yang sehat.

(Ismawati)