Rekomendasi

10 Cafe Outdoor di Jakarta ini Cocok untuk Me Time Ibu!

10 Cafe Outdoor di Jakarta ini Cocok untuk Me Time Ibu!

Cafe outdoor di Jakarta menjadi salah satu pilihan cafe yang seru untuk berkumpul bersama kerabat tercinta atau sekedar melepas penat sendirian saja. 

Beberapa cafe outdoor saat ini tengah digandrungi milenial muda karena selain menyuguhkan atmosfer menenangkan, cafe outdoor di Jakarta juga banyak memiliki spot foto yang instagramable. 

Cafe outdoor di Jakarta tak hanya diperuntukan bagi kaum milenial muda saja kok, faktanya banyak juga keluarga hingga para Ibu yang sengaja meluangkan waktu senggang mereka untuk sekedar bertemu dengan sahabat tercinta. Sebenarnya ini salah satu pilihan tepat untuk me time lho Bu! 

Saran Kegiatan “Me Time” untuk Para Ibu


Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri bukanlah suatu hal yang egois kok, nyatanya setiap Ibu tetap membutuhkan waktu berkualitas yang satu ini. 

Melansir dari laman New York Metro Parents, sebaiknya para Ibu meluangkan waktu sekitar 15 – 20 menit setiap harinya untuk diri sendiri karena ini dapat membantu menjaga kesehatan mental Ibu. 

Menjadi Ibu rumah tangga atau Ibu bekerja tetap saja menyita waktu 24 jam 7 hari dan seakan tak ada waktu istirahat yang menyenangkan. Tapi, Ibu harus meluangkan waktu untuk Ibu sendiri supaya tetap sehat jiwa raga dalam mengurus keluarga tercinta.

Pilihan Me Time Ibu juga sangat banyak, dari yang berada di dalam rumah saja, maupun keluar rumah sejenak tanpa anak-anak dan pergi ke salah satu cafe outdoor di Jakarta ataupun daerah sekitar. Berikut ini adalah beberapa saran me time yang dapat Ibu lakukan, sesuaikan dengan kondisi yang ada ya!

1. Mengkonsumsi Minuman atau Makanan yang Ibu Suka

Siapa yang rindu mengkonsumsi minuman atau makanan yang Ibu suka dalam kondisi yang masih hangat? Semua Ibu merindukannya! 

Minum teh atau kopi yang sudah dingin adalah salah satu hal yang sangat akrab bagi para Ibu, begitu juga mengkonsumsi makanan kesukaan dengan kondisi yang sudah dingin atau harus dibagi dengan buah hati tercinta. 

Tak ada yang salah bila Ibu menginginkan minum kopi hangat atau mengkonsumsi semangkuk makanan kesukaan sendirian saja, oleh karenanya, me time yang seperti ini juga penting. Ambil me time jenis ini saat si kecil sedang tidur, sibuk di sekolah, atau sedang bermain dengan temannya!

2. Pergi Bertemu Teman di Cafe

Bosan dengan suasana cafe indoor? Cafe outdoor di Jakarta saat ini sudah banyak menjamur di berbagai sudut daerah! Ambil me time kali ini untuk memilih cafe outdoor di Jakarta yang paling dekat dengan rumah dan ajak kerabat atau teman terdekat untuk bertemu meski hanya untuk minum kopi 15 menit saja. 

Percayalah, me time yang hanya sebentar saja ini bisa menjadi mood booster Ibu seharian bahkan bisa jadi seminggu penuh!

3. Ngobrol Seru dengan Sahabat

Bila tak memungkinkan pergi ke cafe outdoor di Jakarta, me time bisa digunakan untuk menelpon sahabat atau kerabat terdekat untuk bertukar kabar atau sekedar menanyakan menu makan malam apa yang pas untuk hari ini. 

Kecanggihan teknologi bagi si kecil mungkin harus dibatasi, namun bagi orang tua yang sudah tahu batasannya, kecanggihan ponsel pintar Ibu bisa jadi me time terbaik kali ini. Usahakan me time yang Ibu lakukan tidak mengganggu aktivitas penting saat di rumah ya!

4. Belanja Bulanan atau Window Shopping Online

Belanja bulanan bisa menjadi salah satu ajang me time yang paling mudah diwujudkan karena sembari berbelanja, Ibu bisa cuci mata sejenak di pusat perbelanjaan. 

Bila saat pandemi intensitas belanja bulanan diganti dengan belanja online, maka window shopping online bisa juga menjadi alternatif me time Ibu lainnya lho! Window shopping merupakan kegiatan melihat-lihat etalase toko baik dengan tujuan membeli sesuatu atau hanya memanjakan mata saja. 

Kalau dulu window shopping dilakukan di mall-mall, maka sekarang Ibu bisa juga melakukannya melalui e-commerce secara online. 

5. Melakukan Hobi yang Paling Dicintai

Apakah Ibu punya hobi yang sangat dicintai namun waktunya sangat terbatas? Bila iya, maka me time kali ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas hobi yang sempat tertunda. Apakah itu hobi baking? Memasak? Membaca buku? Atau bermain musik? Lakukanlah walau hanya 15 – 20 menit saja dalam sehari!

Rekomendasi Cafe Outdoor di Jakarta

Bila me time kali ini Ibu memutuskan untuk rehat sejenak dan ingin menikmati kopi atau teh di cafe tertentu, maka cafe outdoor di Jakarta berikut ini bisa jadi rekomendasi terbaik, dilansir dari berbagai sumber:

1. Happiness Kitchen and Coffee


Photo Source: eventori

Happiness Kitchen and Coffee merupakan salah satu cafe outdoor di Jakarta dengan tema vintage dan tentunya instagramable. Cafe outdoor di Jakarta Selatan ini tak hanya bisa dinikmati outdoor saja, Ibu juga bisa menghabiskan waktu me time di ruangan indoor cafe yang nggak kalah mempesona. Menu yang ditawarkan juga cukup beragam dari mulai varian kopi murni (espresso), kopi dengan campuran lain, aneka jus, hingga teh. Untuk makanannya terdapat menu makanan ringan seperti olahan singkong, tahu, hingga kentang goreng. Selain itu terdapat juga aneka menu rice bowl, makanan penutup,  aneka pasta, hingga salad segar. Harga yang dibandrol juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 15,000 untuk minuman dan makanan mulai dari Rp 25,000. 

Alamat: Jl. Moh. Kahfi 1 No.36 A, RT.10/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630.

Telp: (021) 22714835

Jam Operasional: Senin – Jumat (10.00 – 22.00); Sabtu – Minggu (08.00 – 22.00)

2. Kokonut & Curtain


Photo Source: kumparan

Cafe outdoor di Jakarta Pusat bernama Kokonut & Curtain ini mengusung tema cafe outdoor serba putih dari mulai tirai, kursi, meja, hingga segala ornamen dan dilengkapi dengan berbagai macam tanaman hijau yang kontras menghiasi setiap sudut cafe. 

Menurut berbagai macam review-nya, para pelanggan yang datang seakan terbawa suasana seperti berada di pulau Dewata (Bali). Menu yang ditawarkan juga tak kalah menggiurkan dari mulai snack, pasta, burger, Lamb Chop, menu lokal, pizza, hingga aneka cake manis sebagai makanan penutup. 

Pilihan minumannya juga banyak, ada jus dengan pilihan buah-buahan segar, berbagai macam kreasi teh, kopi, hingga smoothies lezat. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100,000 – Rp 200,000 per orang (tergantung dari menu makanan dan minuman yang dipilih).

Alamat: Komplek Taman Ria Senayan, Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270.

Telp: 082122112329

Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 20.00)

3. Arborea Cafe


Photo Source: bukalapak review

Cafe outdoor di Jakarta Pusat selanjutnya adalah Arborea Cafe yang mengusung tema cafe dengan pemandangan hutan yang hijau dan asri di tengah sibuknya perkotaan. Cafe ini berada di kawasan hutan Manggala Wanabakti milik Kementerian Kehutanan. 

Yang paling unik dari cafe ini, meskipun berada di pusat keramaian kota seperti Jakarta Pusat, namun cafe ini sangat nyaman dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan karena letaknya yang berada di tengah hutan. Melepas penat atau me time sejenak di Arborea Cafe bisa jadi salah satu pilihan yang tepat nih! 

Menu yang ditawarkan lumayan lengkap nih Bu, ada pilihan menu aneka nasi, mie, sup, pastry, pasta, hingga dimsum. Minumannya juga ada banyak pilihan, seperti: blended ice, jus segar, aneka teh, kopi (internasional ataupun lokal), milkshake, hingga aneka olahan susu murni. 

Harganya masih ramah dikantong, yaitu mulai dari Rp 20,000 untuk menu makanan, dan Rp 15,000 untuk menu minumannya.

Alamat: Manggala Wanabakti complex, Jl. Gatot Subroto No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270.

Telp: 08983535476

Jam Operasional: Senin – Jumat (08.00 – 21.00); Sabtu – Minggu (11.00 – 21.00)

4. Greyhound Cafe Gunawarman


Photo Source: manual jakarta

Ingin ngopi cantik atau brunch fancy bareng teman-teman arisan Ibu? Greyhound Cafe Gunawarman merupakan salah satu cafe outdoor di Jakarta Selatan yang cocok banget untuk menikmati kemewahan suasana yang berpadu dengan cita rasa menu makanan dan minuman yang juga lezat. 

Cafe ini tidak hanya di desain untuk outdoor saja, desain interior mewah di dalam cafe juga nggak kalah ciamik! Menu makanan yang ditawarkan adalah berbagai macam masakan khas Thailand, western, dan masih banyak lagi. Untuk minumannya juga cukup beragam, aneka kopi, teh, hingga healthy cocktail. 

Tersedia juga minuman beralkohol seperti wine dari berbagai negara dan juga bir. Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 150,000 per orang (minuman dan makanan).

Alamat: Jalan Gunawarman No: 36A, Jl. Senopati, RT.5/RW.2, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12110

Telp: 089524329830

Jam Operasional: Senin – Minggu (11.00 – 22.00); Jumat – Sabtu (Closed Hours 23.00)

5. Hause Rooftop Bar & Restaurant


Photo Source: manual jakarta

Jakarta Selatan memang tidak pernah ketinggalan hits, terbukti di kawasan ini selalu bermunculan cafe-cafe dengan segala tema yang seru dan unik. Salah satu cafe outdoor di Jakarta Selatan ternama dan populer yang harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan view cantik adalah Hause Rooftop

Sesuai dengan namanya, cafe ini berada di lantai teratas sebuah gedung yaitu Tower 2 MD Place Jakarta Selatan. Selain menawarkan view gedung-gedung pencakar langit tinggi yang dihiasi indahnya lampu-lampu kota pada malam hari, Hause Rooftop juga menyediakan ruangan indoor yang tak kalah cozy. 

Menu makanan dan minumannya juga beragam, bagi yang ingin makan berat, Hause Rooftop menawarkan menu western dan menu Nusantara yang lezat. Tak hanya ini saja, bagi yang ingin ngopi cantik atau minum cocktail sambil menikmati suasana, cafe ini juga menawarkan aneka olahan kopi, teh, dan minuman lainnya. 

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 35,000 ke atas hingga ratusan ribu.

Alamat: Tower 2 MD Place, Jl. Setia Budi Selatan No.7, RT.5/RW.1, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan 12910.

Telp: (021) 29529852

Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 22.00) 

6. Sudoet Tjerita Pantai Indah Kapuk


Photo Source: kumparan

Ingin segera mengunjungi Santorini di Yunani namun masih terkendala? Nggak ada salahnya untuk menyambangi cafe outdoor di Jakarta Utara ini dulu lho! Sudoet Tjerita yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk akan membuat Ibu terpana dengan desain bangunan yang hampir mirip seperti Santorini Yunani. 

Cafe yang punya spot foto banyak indoor maupun outdoor ini punya nuansa putih yang syahdu dan menangkan sehingga cocok untuk me time bersama kerabat, sahabat, atau bersama keluarga tercinta. Menu makanan yang ditawarkan ada menu halal dan nonhalal ya Bu, jadi bisa disesuaikan ya! Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 50,000an.

Alamat: Ruko, Crown Golf Boulevard Pantai Indah Kapuk St No.12, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara 14470.

Telp: (021) 22338198

Jam Operasional: Senin – Minggu (11.00 – 22.00)

7. Por Que No Menteng


Photo Source: tempat.com

Cafe outdoor di Jakarta Pusat bernama Por Que No ini terkenal dengan hidangan ala Spanyol dan letaknya yang berada di rooftop sebuah gedung. Cafe ini juga diklaim memiliki harga yang lebih bersahabat dan ramah di kantong. 

Selain menu khas Spanyol, di sini juga tersedia aneka minuman untuk menemani waktu nongkrong Ibu saat me time. Beberapa desain di cafe Por Que No ini cukup menarik, salah satu logonya dibentuk dan disusun dari kumpulan pensil warna yang sangat artistik.

Alamat: De RITZ building lantai 5. Jl. HOS. Cokroaminoto No.91, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat 10310

Telp: (021) 3901950

Jam Operasional: Selasa – Kamis & Minggu (12.00 – 21.00); Jumat – Sabtu (16.00 – 24.00)

8. The Edge Kemang Icon


Photo Source: chope.co

Satu lagi cafe outdoor di Jakarta Selatan yang cukup hype yaitu The Edge Kemang yang berada di kawasan Kemang Icon dan letaknya di rooftop sebuah penginapan. 

Saat menyambangi cafe ini, suasana rileks dan menyenangkan dapat langsung dirasakan karena Ibu akan disambut ruangan cafe indoor yang minimalis dan outdoor cafe yang dilengkapi dengan kolam renang dan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian gedung. 

Varian menu western maupun lokal ada di sini, minumannya juga lebih variatif dan tersedia minuman non alkohol maupun alkohol. Harga makanan dan minuman mulai dari Rp 50,000an ke atas.

Alamat: Jl. Kemang Raya No.1, RT.4/RW.1, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730

Telp: (021) 7197989

Jam Operasional: Senin – Minggu (07.00 – 22.00)

9. Kopitagram Tomang


Photo Source: kopitagram

Nggak cuma di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan saja, cafe outdoor murah di Jakarta Barat juga banyak bertebaran di berbagai sudut kota. Salah satu cafe outdoor di Jakarta yang paling diminati adalah Kopitagram Tomang

Cafe kekinian ala anak muda ini menawarkan varian menu yang lebih affordable di kantong serta cocok untuk Ibu atau siapapun yang ingin merasakan suasana Work From Home yang sedikit berbeda di sini. 

Meski tak menawarkan menu makanan berat, Kopitagram Tomang tetap menawarkan banyak menu lezat lainnya seperti snack, pastry, kopi, dan juga aneka teh. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 19,000 saja!

Alamat: Jl. Kasturi No.22, RT.8/RW.1, Jatipulo, Kec. Palmerah, Jakarta Barat 11430

Telp: (021) 7197989

Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 21.00)

10. Bruen Coffee & Kitchen


Photo Source: Youtube Borzoi Hendy

Sedang berada di kawasan Jakarta Timur? Yuk mampir ke cafe outdoor di Jakarta Timur yang cukup terkenal dengan open space luasnya seperti Bruen Coffee & Kitchen! Mengusung tema cafe outdoor yang cozy, Bruen Coffee & Kitchen berhasil memiliki banyak peminat, terutama warga daerah Jakarta Timur lho. 

Selain cozy, menu yang ditawarkan di sini sangat kental dengan menu western meskipun ada juga menu khas Indonesia. Konsep makanan dan minumannya ditata sangat rapi bak restoran hotel berbintang, dan untuk rasanya tidak diragukan lagi! Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30,000an ke atas ya.

Alamat: Jl. D.I Panjaitan No. 46 RT. 08 RW. 02 RT.08, RT.4/RW.2, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur 13340.

Telp: 081311955515

Jam Operasional: Senin – Minggu (11.00 – 21.00)

Editor: Dwi Ratih