Keluarga

10 Ide Menu Sarapan Khas Indonesia Yang Mengenyangkan

10 Ide Menu Sarapan Khas Indonesia Yang Mengenyangkan

Apa menu sarapan khas Indonesia favorit kamu?

Bagi sebagian orang, sarapan adalah jadwal makan penting yang tidak boleh dilewatkan. Makanan Indonesia kerap menjadi pilihan karena sudah menjadi kebiasaan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, makanan yang dijajakan pinggir jalan tiap paginya juga rata-rata menjual menu sarapan makanan Indonesia.

Simak menu sarapan khas Indonesia yang dapat menjadi ide menu sarapan pagi kamu di bawah ini!

1. Bubur ayam

Photo source: masakapahariini.com

Bubur ayam adalah salah satu menu sarapan khas Indonesia favorit. Bubur ayam mudah dibuat karena cara pembuatannya mirip dengan nasi biasa, hanya banyak menggunakan air. Selain itu, bubur ayam biasanya didampingi dengan lauk tambahan seperti sate usus dan sate puyuh. 

Bubur ayam ternyata banyak memiliki variasi di berbagai penjuru Indonesia, diantaranya bubur Manado, bubur tasik, dan bubur betawi. Jika kamu ingin membuat variasi sendiri, kamu juga boleh lho menambahkan lauk lain seperti abon ataupun ayam katsu.

Jika kamu malas membuat bubur ayam, kamu dapat membeli menu sarapan khas Indonesia ini dengan mudah di gerobak atau warung makan terdekat.

2. Nasi uduk

Photo source: esepistimewa.com

Nasi uduk merupakan menu sarapan khas Indonesia yang tersedia di berbagai penjuru Indonesia dengan variasinya  masing-masing. Nasi uduk di Pulau Sumatera dikenal dengan nama Nasi gurih.

Sejatinya, nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan diberi bumbu serta disajikan dengan lauk tambahan seperti potongan telur dadar dan kering tempe.

Jika kamu menjadikan nasi uduk sebagai ide menu sarapan pagi, kamu bisa menambahkan variasi lauk sesuai dengan selera kamu.

3. Nasi kuning

Photo source: cookpad.com

Mirip dengan nasi uduk, nasi kuning adalah varian menu sarapan khas Indonesia lainnya yang sering diburu dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Makanan Indonesia berbahan dasar nasi ini dibuat dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Kunyit adalah salah satu rempah yang penting karena memberi warna kuning serta rasa otentik pada nasi kuning.

Biasanya nasi kuning disajikan dengan lauk tambahan berupa telur dadar yang diiris, ayam goreng, dan orek tempe. Tidak hanya sebagai menu sarapan khas Indonesia, nasi kuning kerap dijadikan pilihan banyak orang saat menggelar acara seperti syukuran dan hajatan.

4. Nasi goreng

Photo source: kompas.com

Ide menu sarapan pagi berbahan dasar nasi lainnya adalah nasi goreng. Nasi goreng kerap dijadikan pilihan menu sarapan khas Indonesia jika masih memiliki sisa nasi dan lauk bekas semalam.

Nasi goreng dimasak dengan cara menggoreng nasi di atas minyak, margarin atau mentega dengan tambahan bumbu seperti kecap, bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Tidak lengkap jika nasi goreng tidak disajikan bersama dengan telur di atasnya.

5. Lontong Sayur

Photo source: resepistimewa.com

Di berbagai daerah Indonesia, lontong sayur terkenal sebagai menu sarapan khas indonesia favorit. Lontong sayur juga memiliki banyak variasi, salah satu yang menjadi favorit adalah lontong sayur yang berasal dari padang dengan kuah gule berisi nangka muda, buncis, dan terkadang ditambahkan sayur pakis.

Lontong sayur merupakan menu sarapan khas Indonesia mengandung santan yang dapat dijadikan sebelum memulai aktivitas.

6. Nasi Gudeg

Photo source: food.detik.com

Menu sarapan khas Indonesia yang biasanya ditemukan di Jogja adalah nasi gudeg. Banyak kedai nasi gudeg yang sudah buka di malam hari, bahkan sebagian sudah habis saat azan subuh berkumandang. Nasi gudeg tidak hanya enak dinikmati sebagai menu sarapan khas Indonesia, tapi nikmat dikonsumsi kapan pun.

Nasi gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dalam waktu lama. Selain itu, nasi gudeg disajikan dengan lauk pendamping seperti krecek, telur, tempe tahu bacem, hingga ayam suwir.

7. Nasi Pecel

Photo source: kumparan.com 

Selain nasi gudeg, menu sarapan khas Indonesia lainnya yang digemari adalah nasi pecel. Nasi pecel terdiri dari nasi yang disajikan bersama dengan bakwan, rempeyek, sayur mayur dan disiram dengan kuah kacang. Di sebagian daerah seperti Purwokerto, nasi pecel disajikan dengan mendoan.

Menu sarapan khas Indonesia ini menjadi favorit masyarakat di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

8. Bubur kacang hijau

Photo source: kumparan.com 

Bubur kacang hijau adalah alternatif jika kamu ingin menikmati menu sarapan khas Indonesia yang tidak terlalu berat. Menu sarapan ini berbahan dasar kacang hijau yang direbus dengan gula merah hingga memiliki tekstur lunak. Bubur kacang hijau biasanya disajikan dengan siraman kuah santan manis dan tambahan bubur ketan hitam.

9. Bubur Sumsum

Photo source: resepedia.id 

Sama seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum adalah alternatif bagi kamu yang tidak ingin makan menu sarapan khas Indonesia yang berat. Bubur sumsum memiliki rasa manis dan gurih yang terdapat di banyak daerah di Pulau Jawa. Teksturnya lembut, kenyal, dan lembut cocok dijadikan pilihan sarapan.

10. Soto

Saat udara dingin, biasanya kita menginginkan untuk mengkonsumsi makanan berkuah. Soto adalah salah satu pilihan menu sarapan khas Indonesia berkuah. Yang sering dijadikan menu sarapan biasanya adalah soto ayam daripada soto daging karena lebih ringan. 

Soto memiliki banyak variasi di seluruh penjuru Indonesia, misalnya soto mie bogor, soto Lamongan, dan soto segar Boyolali.

Itulah 10 pilihan  menu sarapan khas Indonesia. Sekarang tidak bingung lagi bukan menentukan akan sarapan apa?

Editor: Dwi Ratih