Keluarga

10 Jajanan Pasar Enak, Murah & Favorit Semua Kalangan

10 Jajanan Pasar Enak, Murah & Favorit Semua Kalangan

Kuliner Indonesia nggak hanya menu nendang berkuah, tapi juga jajanan pasar enak yang beragam jenisnya. 

Jajanan pasar di Indonesia identik dengan kudapan berbahan tepung beras, tepung ketan, beras ketan, kelapa dan santan. 

Memang tidak semua jenis jajanan pasar enak terbuat dari bahan tersebut. Tapi sebagian besarnya mengandung bahan tersebut.

Macam-Macam Jajanan Pasar Enak yang Biasa Ditemui

Apa saja jajanan pasar enak yang bisa kamu rekomendasikan pada orang lain?

1. Apem

Photo source: selerasa.com

Kue apem adalah kue berbentuk bulat yang terbuat dari tepung beras, terigu, santan, dan diberi topping buah nangka. Kue apem terbilang sakral. Karena di setiap adat Jawa, jajanan pasar enak yang satu ini sudah pasti ada dan berdampingan dengan buah pisang. 

Hal ini karena kue apem merupakan simbol ‘atap’ yang menaungi alam di bawahnya. Sedangkan pisang merupakan  penyangganya (tiang)

2. Lupis

Photo source: sweetrip.id

Terbuat dari beras ketan yang direndam 1 jam atau semalaman, lalu dicampur garam dan kapur siri, baru kemudian dibungkus dengan daun pisang dan direbus. Pembuatan lupus mirip seperti lontong. Hanya saja lontong menggunakan beras biasa. 

Bentuk kuenya ada yang segitiga dan ada juga yang memanjang seperti lontong. Cara menikmatinya adalah dengan memotongnya, diberi kelapa parut di atasnya dan siraman gula merah yang nikmat. 

3. Lemper

Photo source: asianfoodnetwork.com

Masih berbahan dasar beras ketan, jajanan pasar enak yang satu ini bercita rasa gurih. Jajanan pasar ini ada isiannya, lho. Isian lemper biasanya adalah ayam suwir yang dimasak dengan bumbu opor. 

Rasanya nendang dan mengenyangkan. Dulu lemper hanya disajikan dengan cara yang biasa. Setelah beras ketan matang, diisi isian ayam, dikepal, lalu dibungkus daun pisang.

Tetapi, semakin lama, ada beberapa varian lemper, seperti lemper bakar dan lemper kotak. Lemper bakar dibuat dengan cara yang sama, hanya saja langkah selanjutnya adalah dibakar. 

Sedangkan lemper kotak merupakan inovasi bentuk dari lemper biasa. Jika biasanya lemper dikepal sampai berbentuk bulat lonjong, lemper kotak dicetak di loyang dengan susunan ketan-ayam-ketan. Kemudian dipotong dan dibungkus daun pisang.

4. Kue Lumpur

Photo source: ResepKoki.id

Jajanan pasar tradisional berikutnya adalah kue lumpur. Meski namanya lumpur, jajanan ini tidak tampak sama sekali seperti lumpur. Jajanan pasar enak ini berwarna kuning keemasan dan rasanya manis. 

Kue lumpur menggunakan kentang rebus sebagai bahan dasar, serta tepung terigu, santan, dan beberapa tambahan bahan lainnya. Adonannya bertekstur cair tapi agak kental. Dituang di atas cetakan kue dan dimasak selama beberapa menit.

Kue lumpur tradisional biasanya berhiaskan kismis di atasnya. Namun, sekarang sudah banyak variasi topping yang bisa ditambahkan. Tidak hanya topping, variasi campuran kue lumpur juga makin bervariasi. 

Kentang yang biasanya jadi bahan wajib, kini sudah bisa diganti labu atau ubi ungu.

Ada satu varian lagi kue lumpur yang sempat hits, yaitu Kue Lumpur Degan. Kue lumpur yang satu ini lebih creamy dan ada potongan kelapa muda di dalamnya. Kurang lebih seperti Klapertart. 

Bedanya, lumpur degan tidak menggunakan bubuk kayu manis, dan dimasak dengan cara dipanggang diatas arang. 

Bagian penutup atas juga ditumpuk arang, sehingga memberikan lapisan terbakar yang nikmat di bagian atas kue. Sampai sini sudah mulai pengen makan juga nggak, nih?

5. Dadar Gulung

Photo source: asianfoodnetwork.com

Seperti namanya, jajanan pasar tradisional Indonesia yang satu ini proses pembuatannya dengan digulung. Bahan dasar bagian kulitnya adalah adonan tepung terigu yang dilarutkan dengan air dan telur.

 Adonan ini dimasak dahulu dengan ukuran yang tipis. Setelah matang, kulit diisi dengan unti kelapa atau vla susu, tergantung selera.

6. Pastel

Photo source: goodnewsindonesia.id

Pastel atau yang disebut juga Jalangkote, merupakan jajanan pasar enak bercita rasa gurih. Kulit yang kering tapi lembut diisi dengan rogout wortel kentang dan dilengkapi dengan telur rebus. 

Makan pastel terasa mengenyangkan karena kulit dan isiannya sudah mengandung menu lengkap. Ada juga pastel dengan pilihan isi bihun dan wortel.

7. Lumpia

Photo source: goodnewsforindonesia.id

Selanjutnya, jajanan pasar enak yang gurih adalah lumpia. Lumpia kulitnya crunchy, isinya sayuran seperti wortel dan rebung (pucuk bambu muda). 

Ada juga yang memiliki varian dengan campuran ayam atau daging cincang. Lumpia biasa dinikmati dengan saus cocolan yang khas dan daun bawang mentah.

8. Risoles

Photo source: selerasa.com

Berkebalikan dengan Lumpia, Risoles memiliki kulit yang lembut dan berbalut tepung panir. Isiannya ada 2 jenis. Pertama jenis risoles klasik dengan isian rogut. Biasanya adonan rogut lebih creamy daripada isian pastel. 

Yang kedua adalah risoles mayo yang isinya sosis, mayonaise, dan telur rebus. Ada pula yang menambahkan daging asap pada jenis ini.

9. Roti Kukus

Photo source: resepkoki.id

Roti kukus atau kue kukus merupakan salah satu jajanan pasar enak yang banyak diburu karena warnanya yang cerah, cantik, dan menarik perhatian.

Bentuknya yang merekah juga menarik perhatian. Rasanya manis, dan pengembang yang digunakan dalam pembuatannya biasanya adalah minuman berkarbonasi.

10. Nagasari

Photo source: nibble.id

Jajanan pasar enak berikutnya adalah Nagasari. Kue berbahan dasar tepung beras dan santan ini dan diisi pisang dan dibungkus daun pisang. 

Selanjutnya dikukus sampai matang. Pisang yang digunakan juga bervariasi mulai dari pisang tanduk, raja nangka, atau kepok.

Dari semua jajanan pasar enak di atas, mana yang jadi pilihan favorit Ibu?

Editor: Dwi Ratih