Keluarga

10 Jenis Peralatan Dapur Yang Wajib Dimiliki, Ibu Sudah Punya Belum?

10 Jenis Peralatan Dapur Yang Wajib Dimiliki, Ibu Sudah Punya Belum?

Saat Ibu baru pindah rumah dan punya dapur baru yang bersih dan rapi, nggak afdol rasanya kalau belum punya alat dapur yang lengkap. Apalagi jika Ibu memiliki hobi memasak dan sering menghabiskan waktu di dapur.

Nah, ketika memasak berbagai jenis makanan seringkali dibuat. Dari yang sederhana hingga rumit, untuk mendukungnya maka diperlukan peralatan masak yang lengkap di rumah.

Apalagi dengan menggunakan alat dapur yang tepat, masakan pasti akan terasa lebih nikmat. Nggak hanya itu, dengan peralatan dapur masa kini juga sudah beragam dan memiliki warna yang unik.

Keunikannya tak jarang sering dimanfaatkan orang untuk menghias dapur dengan menggantungkan peralatan masak tersebut. Dari sekian banyak jenis alat memasak, melansir Eating Well berikut ini adalah 10 jenis peralatan dapur yang wajib Ibu miliki di rumah.

10 jenis peralatan dapur dan fungsinya

1. Kompor


Peralatan masak yang satu ini jadi alat memasak utama yang harus dimiliki. Tanpa kompor, kita bakal kesulitan memasak berbagai jenis masakan ya Bu. Apalagi jika Ibu hobi memasak, maka kompor menjadi peralatan dapur yang wajib dimiliki di rumah. Bermacam jenis kompor bisa Ibu pilih mulai dari kompor gas biasa atau kompor induksi listrik. Kedua jenis kompor ini tetap punya fungsi yang sama kok Bu.

2. Wajan atau teflon anti lengket


Peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh Ibu yang satu ini penting sekali perannya untuk membantu Ibu memasak. Baik wajan ataupun teflon anti lengket sudah punya teknologi agar panas merata saat memasak sehingga membuat memasak lebih nyaman

3. Panci


Peralatan masak yang satu ini bisa digunakan untuk membuat hidangan berkuah atau sekadar merebus air. Sebaiknya Ibu memiliki panci dengan bermacam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Sama seperti wajan dan teflon, panci punya peran yang penting dalam membantu Ibu memasak.

4. Rice cooker


Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, agar lebih praktis dalam menanak nasi maka kita rice cooker dalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki di rumah. Memasak nasi dengan rice cooker membuat nasi jadi lebih mudah matang dan lebih praktis jika dibandingkan membuat nasi menggunakan panci.

5. Peralatan makan


Meliputi sendok garpu, piring dan mangkuk. Ketika menikmati hidangan yang dibuat oleh Ibu, makanalat makan sudah pasti harus ada. Seperti sendok, garpu, piring, dan mangkuk untuk makanan berkuah.

6. Spatula


Tanpa spatula, masakan Ibu mungkin akan jadi kurang maksimal. Ada dua jenis yang bisa kamu pilih, yakni berbahan kayu, besi atau silicone. Nggak perlu khawatir ya Bu, spatula berbahan silicone sudah memiliki teknologi anti panas sehingga tidak akan meleleh saat Ibu mengaduk masakan. Spatula berbahan dasar silicone termasuk peralatan dapur kekinian yang sedang ngetrend lho Bu. Ibu sudah punya di rumah belum?

7. Pisau


Alat potong yang satu ini menjadi sangat penting keberadaannya di dapur. Sepertinya kita nggak akan bisa memasak tanpa pisau, terutama untuk memotong sayur dan daging. Agar selalu tajam saat digunakan maka pisau harus dirawat dan disimpan di tempat yang baik. Yang paling penting, pisau harus disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak ya Bu.

8. Talenan


Peralatan yang satu ini juga berperan penting dalam persiapan memasak. Sebaiknya gunakan yang berbahan kayu, supaya nyaman saat mengiris bahan makanan. Ada baiknya Ibu juga harus memiliki talenan lebih dari dua di rumah sebagai simpanan jikalau memerlukan talenan tambahan untuk memasak bersama keluarga.

9. Blender


Masakan Indonesia terkenal dengan rempahnya yang dihaluskan, agar memudahkan Ibu dalam menghaluskan bumbu maka Blender adalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki. Selain itu melansir Mental Floss blender adalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki menurut para chef terkenal dunia. Untuk itu, dalam memilih blender ada baiknya pilih yang berkualitas baik dan awet tahan lama.

10. Mangkuk besar atau kecil


Peralatan dapur yang wajib dimiliki lainnya adalah mangkuk besar atau kecil. Bahan mangkuk yang disarankan adalah berjenis stainless steel agar memudahkan untuk mengaduk berbagai bahan makanan seperti telur atau mencapur salad.

Rekomendasi peralatan dapur lengkap dan harganya


1. Kompor

Merk kompor yang ada di Indonesia sangat beragam. Bentuknya juga elegan sehingga cocok bagi Ibu yang memiliki dapur minimalis dan terbuka. Beberapa rekomendasi merk kompor yang cukup terkenal adalah; Oxone, Rinnai, Modena, Kirin dan Quantum. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 300.000 - Rp 2 juta (lebih mahal jika jenisnya kompor induksi).

2. Wajan

Peralatan dapur kekinian seperti wajan anti lengket memang sedang ngetrend. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, banyak Ibu yang lebih rajin memasak sehingga harus memiliki wajan yang berkualitas dan anti lengket. Beberapa merk wajan anti lengket yang ada di Indonesia adalah: Steincookware, Maxim, Tefal Cook, Cypruz Fry Wok dan lainnya. Harganya bervariasi mulai dari Rp 300.000 - Rp 1 juta.

3. Panci

Si bulat yang paling sering digunakan untuk memasak makanan berkuah ini punya beberapa merk bagus yang ada di Indonesia seperti; Maxim, Bolde, Fincook, Maspion, Cookville Ceremic. Harga mulai dari Rp 200.000 - Rp 900.000.

4. Rice Cooker

Supaya kematangan nasi sempurna dan awet tahan lama, maka Ibu harus pandai memilih rice cooker yang bagus. Misalnya pada merk; Philips, Yongma, Cosmos dan Kris. Harganya juga bervariatif ya Bu, mulai dari Rp 250.000 - Rp 600.000.

5. Peralatan makan

Ibu bebas memilih peralatan makan dengan merk apa saja. Tapi kalau bisa usahakan untuk memilih piring dan mangkuk berbahan keramik ya, misalnya seperti merk; Delicia Set, Taber Gading Spoon Set, Krishome Set, IKEA dan Nordic Emerald. Bisanya harga yang ditawarkan pada merk-merk ini berkisar antara Rp 300.000 - Rp 700.000.

6. Spatula

Untuk mengaduk bahan makanan yang dimasak maka Ibu memerlukan spatula, baik yang berbahan kayu, stainless atau silicone. Berikut adalah beberapa rekomendasinya; Vicenza Spatula Set, Oxone, Tupperware Kitchen Duo. Untuk harga sendiri berkisar antara Rp 80.000 - Rp 200.000.

7. Pisau

Alat potong yang satu ini memang harus dipilih yang memiliki kualitas bagus ya Bu. Agar pisau dapat lebih tajam dan tidak berkarat, misalnya merk; Krishchef, Victorinox, Tanica Pro, Jamie Oliver, Oxone. Harga merk pisau ini berkisar antara Rp 300.000 - Rp 2 juta.

8. Talenan

Peralatan masak kekinian yang sedang ngetrend saat ini adalah merk Stein Cook Ware, harganya berkisar antara Rp 800.000. Keunggulan talenan yang satu ini adalah dapat disterilkan setelah pakai. Namun jika Ibu ingin memiliki talenan kayu biasa harganya mungkin berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 150.000an saja.

9. Blender

Alat penghalus bumbu dan pembuat jus yang paling populer adalah merk Mitochiba, Phillips, Miyako, Cosmos dengan harga berkisar antara Rp 350.000 - Rp 700.000.

10. Mangkuk stainless steel

Merk terbaik untuk produksi mangkuk ini adalah Zebra yang biasanya berkisar antara Rp 170.000 - Rp 400.000 tergantung ukurannya.

Editor: Dwi Ratih