Keluarga

10 Rekomendasi Buah Penambah Darah Agar Tidak Lemas

10 Rekomendasi Buah Penambah Darah Agar Tidak Lemas

Bagi kamu yang mengalami permasalahan anemia, mengkonsumsi buah penambah darah adalah salah satu alternatif untuk mengurangi anemia.

Anemia atau sering disebut kurang darah seperti yang dilansir pada WebMD merupakan keadaan kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan rasa letih, lesu, susah bernafas dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penyakit ini disebabkan karena kekurangan hemoglobin di dalam tubuh yang merupakan molekul penting yang ada pada sel darah merah.

Hemoglobin memiliki peran mengangkut oksigen ke bagian penting di tubuh. Tanpa oksigen bersih, tubuh akan terasa lemah dan susah fokus. 

Anemia dapat berdampak buruk pada keseluruhan kesehatan tubuh, terutama bagi pertumbuhan anak dan Ibu hamil.

Pola makan yang sehat adalah kunci meningkatkan aliran darah dengan baik, termasuk rutin mengkonsumsi buah penambah darah. Pada beberapa kasus anemia, konsumsi obat-obatan juga dianjurkan seiring dengan pola makan sehat.

Simak beberapa buah penambah darah yang dapat kamu konsumsi di bawah ini.

1. Bit

10-rekomendasi-buah-penambah-darah-agar-tidak-lemas-1

Penderita anemia biasanya sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah penambah darah bit. Buah ini mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mengaktifkan kembali sel darah merah yang mampu meningkatkan jumlah oksigen bersih ke setiap bagian tubuh.

Selain sebagai buah penambah darah, bit juga mengandung potasium, sulfur, iodium, kalsium, dan vitamin lainnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah bit cenderung tidak enak dikonsumsi begitu saja, butuh diolah terlebih dahulu seperti direbus, dikukus, dijadikan salad, dimasukkan ke dalam sup, atau dijus. Biasanya, buat bit populer dijus bersama dengan wortel dan jeruk.

2. Buah naga

10-rekomendasi-buah-penambah-darah-agar-tidak-lemas-2

Buah penambah darah berikutnya adalah buah naga. Buah naga mudah didapatkan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Rasanya manis dan bentuknya yang unik membuat buah naga populer di seluruh dunia.

Buah naga kaya akan vitamin C dan zat besi yang ampuh meningkatkan hemoglobin dan eritrosit di dalam tubuh, terutama untuk ibu hamil dan anak dalam masa pertumbuhan. 

Selain sebagai buah penambah darah, buah naga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah risiko kanker, dan mengurangi stres.

3. Stroberi

10-rekomendasi-buah-penambah-darah-agar-tidak-lemas-3

Vitamin C dibutuhkan untuk penyerapan zat besi agar tubuh kita tidak kekurangan sel darah merah. Stroberi merupakan salah satu buah penambah darah yang dapat membantu mencegah anemia. 

Stroberi mengandung vitamin C yang tinggi dan meningkatkan kapasitas antioksidan di dalam darah. Buah stroberi juga dapat mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas.

4. Jeruk

Layaknya stroberi, jeruk juga merupakan salah satu buah yang memiliki kadar vitamin C tinggi.  Selain memiliki kadar vitamin C yang tinggi, jeruk dapat membantu menjaga imunitas tubuh dari kuman dan bakteri.

Karena kandungannya, buah jeruk sering disebut buah penambah darah karena dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh. Sebaiknya konsumsi langsung buah jeruk atau dapat ditambahkan ke dalam salad buah.

5. Apel

10-rekomendasi-buah-penambah-darah-agar-tidak-lemas-4

Apel juga mengandung vitamin C yang tinggi serta kandungan lainnya seperti zat besi, potasium, magnesium, dan selenium yang berkhasiat untuk pencegahan beraneka ragam penyakit, salah satunya untuk anemia.

Oleh karena itu apel disebut buah penambah darah. Selain itu mengkonsumsi apel rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmitter dan meredakan tekanan darah yang tinggi.

6. Buah delima

Buah delima identik dengan buah yang cocok dikonsumsi agar muka tidak pucat. Anggapan ini ternyata bukan sembarang anggapan. 

Buah delima ternyata kaya akan zat besi sehingga cocok sebagai buah penambah darah karena dapat memperlancar peredaran darah tubuh serta menangkal berbagai gejala anemia. Buah delima dapat dikonsumsi dengan cara dijus.

7. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi tinggi .Selain itu, buah ini juga kaya akan asam folat dan vitamin B12.

Selain langsung dikonsumsi, buah pisang juga dapat dijadikan jus dan dicampurkan dengan sedikit madu. Rasa manis madu bercampur dengan pisang akan membuat jus pisang lebih enak dikonsumsi. 

8. Blueberry

10-rekomendasi-buah-penambah-darah-agar-tidak-lemas-5

Ternyata buah beri menjadi rekomendasi buah penambah darah yang baik untuk kesehatan. Buah beri kaya akan antosianin yang merupakan antioksidan yang bertanggung jawab atas warna merah pada buah beri. 

Antosianin ini berperan menjaga dinding arteri serta melindungi pembuluh darah agar tetap fleksibel. Selain itu, manfaat antosianin juga menjaga kesehatan tulang karena mengandung fosfor, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, mangan, dan vitamin K.

9. Persik

Persik atau yang populer dikenal dengan peach merupakan rekomendasi buah penambah darah karena kaya akan vitamin C dan zat besi. Selain itu, buah persik bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, memelihara kesehatan mata dan baik jika ingin menurunkan berat badan.

10. Kismis

Kismis menjadi pilihan buah penambah darah lainnya. Sebenarnya, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. 

Kismis yang biasa dimakan langsung memiliki beragam manfaat untuk tubuh seperti mencegah anemia. Kismis mengandung zat besi, tembaga, kalium, magnesium, serta vitamin dalam jumlah banyak.

Selain memiliki manfaat sebagai buah penambah darah, kismis juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi.

Itulah 10 rekomendasi buah penambah darah. Mana yang menjadi favorit kamu?

Editor: Dwi Ratih