Keluarga

11 Provider Internet Rumahan Super Cepat dan Terjangkau!

11 Provider Internet Rumahan Super Cepat dan Terjangkau!

Provider internet atau yang lebih dikenal dengan penyedia jasa internet merupakan badan usaha atau perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Di Indonesia, perusahaan provider internet juga dapat ditemukan pada perusahaan telepon rumahan. Melihat dari perkembangan teknologi dan era digital yang semakin maju sekarang ini, rasanya peran internet cukup besar. 

Memilih provider internet terbaik juga sering menjadi bahan pertimbangan supaya komunikasi yang membutuhkan internet tetap berjalan lancar. Di Negara kita sendiri ada berbagai macam provider internet terbaik lho, jadi Ibu nggak akan kesusahan lagi kalau mau memilih provider internet sesuai kebutuhan di rumah.

Rekomendasi provider internet terbaik juga akan dibahas tuntas di sini.  

Provider Internet VS Provider Seluler


Provider internet rumahan memang sama pentingnya dengan provider operator seluler. Sudah tahu belum kalau keduanya adalah hal yang berbeda? Kira-kira apa bedanya ya provider internet dengan provider operator (operator telepon seluler) yang biasa kita gunakan di handphone? Melansir dari laman by pulsa, berikut ini merupakan cuplikan perbedaan keduanya:

1. Penggunaannya Cukup Berbeda

Cara mudah membedakan kedua provider ini adalah melalui kegunaannya. Provider internet kebanyakan hanya bergerak pada sambungan layanan internet dan biasanya memang ada yang terhubung dengan telepon rumah. Sedangkan provider operator merupakan perusahaan yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler atau kartu SIM yang Ibu gunakan saat ini. Memilih provider internet terbaik pun semakin mudah karena layanan yang tersedia saat ini sudah lumayan banyak.

2. Ada Pengelompokan Kecepatan Internet

Pada provider internet, kecepatannya tidak dikelompokkan, jenis perusahaan ini biasanya menawarkan beberapa macam paket internet sesuai kecepatannya saja. Sementara itu, provider seluler membagi kecepatan internetnya menjadi beberapa jenis seperti G, E, H, 3G, 4G LTE, dan 5G. Kecepatan provider seluler ini juga tergantung dari handphone yang dimiliki, semakin baru handphone-nya maka semakin canggih serta meningkat kecepatannya. Sementara itu, provider internet terbaik tetap dapat Ibu miliki meskipun tidak mengganti ponsel yang Ibu punya saat ini.

3. Ada Beragam Rekomendasi Provider Internet dan Seluler Terbaik

Di Indonesia, provider internet terbaik ada berbagai macam, pun sama halnya dengan provider seluler juga semakin menjamur. Contoh rekomendasi provider internet adalah IndiHome, First Media, Biznet, dan masih banyak lagi. Sementara itu, contoh provider seluler yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat kita adalah telkomsel, indosat, XL, Axis, 3, dan sejenisnya. Mana nih provider internet dan seluler yang paling Ibu minati?

4. Perbedaan dari Banyaknya Pengguna

Provider internet yang ada saat ini sudah bisa menggunakan teknologi wireless atau Wifi, jadi bisa digunakan oleh banyak orang dan tersambung pada banyak perangkat. Tentu saja kecepatan akan tergantung dari banyaknya pengguna dan pemakaian yang dilakukan. Sementara itu, provider seluler biasanya hanya dimiliki oleh 1 handphone saja, tapi seiring berjalannya waktu, ada tekonologi mobile hotspot yang dapat digunakan untuk membagi internet dengan lainnya. 

5. Fleksibilitas Keduanya Juga Berbeda

Provider Internet biasanya hanya bisa diletakkan dalam sebuah bangunan saja, tidak bisa dibawa kemana-mana. Jadi orang yang ingin menggunakan layanan internetnya hanya bisa pada kisaran bangunan itu saja. Beberapa provider internet juga dapat mengatur berapa jarak jangkauan internetnya, misalnya rumah A mengatur jangkauan provider internet hanya sampai teras rumah saja, jadi di luar teras rumah sinyal akan hilang atau sangat lemah. Lain halnya dengan provider seluler yang bisa digunakan dimanapun karena internetnya menggunakan kartu SIM yang terpasang pada handphone pengguna.

Rekomendasi Provider Internet Terbaik

Ada berbagai macam rekomendasi provider internet terbaik yang ada di Indonesia, mungkin salah satunya sedang digunakan di rumah Ibu saat ini. Namun, bagi Ibu yang sedang bingung menentukan provider internet terbaik dan bagaimana cara memilih provider internet yang sesuai harapan, wajib simak rekomendasi provider internet terbaik berikut ini, dilansir dari berbagai sumber:

1. BizNet Network


Melansir dari laman Kompas, Biznet Home merupakan provider internet terbaik dan terkencang di Indonesia pada kuartal II dan kuartal III hingga tahun 2021. Penobatan ini telah dilakukan secara seksama oleh Speedtest Intelligence dan dilakukan kepada seluruh provider Internet yang ada di Indonesia. Biznet Home hanya menyediakan layanan internet dan TV Kabel saja dan tidak menawarkan saluran telepon. 

Cakupan area layanan BizNet Home juga cukup banyak yaitu seluruh Pulau Jawa, Sumatera, Batam, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan NTT. Harga yang ditawarkan untuk paket internetnya cukup beragam, melansir dari laman resmi BizNet, berikut ini beberapa paket internet yang ditawarkan: Paket Bulanan Up To 100 Mbps Rp 375,000/bulan, Paket Bulanan Up To 200 Mbps Rp 575,000/bulan, Paket Bulanan Up To 250 Mbps Ro 750,000/bulan. 

Paket internet yang ada memiliki variasi harga dengan kecepatan yang dapat berbeda tergantung dari wilayah provider internet BizNet. Selain bulanan, Ibu juga bisa mencoba layanan BizNet tahunan lho!

2. IndiHome (Telkom Indonesia)


Provider internet yang satu ini sudah cukup terkenal karena merupakan salah satu produk berkualitas dari PT.Telkom Indonesia. Cakupan provider internet yang satu ini sudah ada dari Sabang sampai Merauke, jadi semua orang bisa merasakan kecanggihan provider internet terbaik di Indonesia ini. Selain cakupan yang cukup luas, IndiHome juga selalu menawarkan promo menarik untuk paketan internetnya. 

Provider internet IndiHome juga menyediakan layanan TV Cable dengan kualitas gambar yang oke banget. Dari mulai paket khusus pelajar, gamer, karyawan, hingga berbagai paket internet bundling dengan situs streaming film seperti Netflix atau Disney Plus Hotstar ada di IndiHome. Mengutip dari laman IndiHome, paket internet per bulan yang ditawarkan cukup murah meriah, mulai dari Rp 200,000an saja!

3. FastNet (First Media)


First Media atau Fast Net tak luput menjadi salah satu rekomendasi provider internet terbaik di Indonesia. Promo yang ditawarkan provider internet ini juga semakin menarik karena dibundling dengan layanan TV kabelnya. 

Ditambah lagi promo cashback yang menarik, beberapa di antaranya adalah Paket Combo Pop Family 15 HD yang dibandrol dengan harga Rp 268,750/ bulan dan Combo Pop Family 30 HD dengan harga Rp 368,750/bulan, keduanya sudah langsung bisa menikmati TV kabel juga lho! Cek langsung melalui laman resmi First Media untuk layanan menarik lainnya.

4. Transvision


Kalau dulu banyak yang mengenal Transvision sebagai penyedia layanan TV kabel saja, maka sekarang produk ternama dari perusahaan CT Corp ini juga menyediakan provider internet dengan kualitas provider internet terbaik! Transvision dengan provider internet ini hadir dengan nama Transvision Hi-Speed dan memiliki sejumlah paket bulanan yang juga menggiurkan. Menurut laman Transvision, Ibu dan keluarga sudah bisa merasakan provider internet terbaik dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 299,000 saja!

5. Megavision


Khusus Ibu dan keluarga yang ada di kota Bandung dan Bogor, ada satu provider internet local yang dikenal cukup mumpuni memberikan layanan internet stabil dan memiliki kualitas bagus. Megavision Internet hadir dengan berbagai macam pilihan paket internet yang tentunya hemat dan ramah kantong. Harga yang dibandrol per bulan untuk menikmati layanan internet Megavision adalah mulai dari Rp 229,000/bulan dengan kecepatan up to 10 Mbps. 

Melansir dari laman resmi Megavision, paket yang tersedia tidak dapat dipisah, jadi Ibu akan menikmati paket internet sekaligus beragam saluran TV kabel yang disediakan. Menarik bukan? Untuk pilihan paket dan cakupan area, Ibu bisa langsung mengunjungi website resminya ya!

6. Groovy Fiber Internet


Memilih provider internet terbaik memang tak semudah itu, terkadang kita sudah cocok dengan haganya namun ternyata cakupan area belum memenuhi. Sebelum memutuskan, ada baiknya tanyakan langsung pada pihak terkait apakan provider internet ini sampai di wilayah tempat Ibu tinggal ya. Rekomendasi provider internet terbaik lainnya jatuh kepada Groovy Fiber Internet yang menawarkan layanan internet fiber optic unlimited. 

Sayangnya cakupan area Groovy Fiber Internet ini masih terbatas, yaitu wilayah Jakarta dan Bandung saja. Tak hanya saluran internet saja, Groovy juga menawarkan paket TV kabel dan telepon rumah juga. Paket internet yang ditawarkan oleh Groovy ini mulai dari Rp 298,590/bulan namun ada penawaran khusus nih, bila Ibu memilih membayar paket langsung tahunan, maka Ibu akan menghemat sebesar 33% dan bebas biaya instalasi. Pilih mana ya?

7. MNC Playmedia


Rekomendasi provider internet terbaik selanjutnya adalah milik MNC Group yang diberi nama MNC Playmedia atau MNC Play. Sesuai dengan jargon yang dimunculkan yaitu provider internet super cepat dengan TV Nasional terlengkap, MNC menawarkan paket internet yang cukup menggiurkan. Saat ini provider internet MNC Play juga sudah merambah ke area yang lebih  luas seperti aplikasi Vision+ yang dapat di download melalui appstore dan playstore jadi Ibu sekeluarga bisa nonton dimana saja. Paket internet yang ditawarkan mulai dari Rp 339,000/ bulan dan sudah termasuk berlangganan Vision+ juga lho!

8. PT Cyberindo Aditama (CBN)


Rekomendasi provider internet terbaik memang cukup banyak, namun CBN menawarkan paket internet yang lebih ciamik! Melansir dari laman resmi CBN, provider internet ini menawarkan layanan koneksi internet hingga 1 Gbps walau hanya di rumah saja! Selain provider internet untuk menikmati dunia digital yang semakin gemilang, CBN juga hadir dengan layanan TV kabelnya. 

Harga yang dibandrol sebulan untuk menikmati layanan internet ini mulai dari Rp 299,000/bulan. Untuk cakupan area, CBN Fiber hadir pada wilayah berikut ini: Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Medan, Palembang, Jawa Timur, Semarang, Denpasar, Gianyar, Jembrana, dan Tabanan. Informasi lebih lengkap bisa lansung mengunjungi website resminya ya Bu!

9. MyRepublic ID


My Republic ID dinyatakan sebagai salah satu rekomendasi provider internet terbaik di Indonesia, ini terbukti dengan berbagai macam penghargaan yang sudah di dapatkan yang tertera pada laman resminya. Paket internet yang ditawarkan juga bervariasi sesuai kebutuhan, ada yang khusus untuk seluruh keluarga hingga para gamers yang membutuhkan internet super cepat! Harga yang ditawarkan per bulan adalah mulai dari Rp 367,000/bulan.

10. Oxygen.id Home


Salah satu provider internet yang memiliki fitur video on demand adalah milik Oxygen.id yang juga menawarkan paket internet sekaligus dengan TV kabelnya. Menariknya, provider internet ini membagi paket-paketnya sesuai kebutuhkan Ibu banget nih. 

Bila perlu internet-nya saja, ada paket khusus internet yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 306,000/bulan (kecepatan 50 Mbps), sementara itu bila Ibu membutuhkan paket internet dan TV kabel sekaligus, layanan ini bisa dinikmati mulai dari Rp 324,000/bulan (kecepatan 50 Mbps). Tertarik yang mana nih?

11. XL Home


Pengguna operator seluler XL kini boleh berbahagia karena XL juga hadir di internet rumah dengan nama XL Home! Provider internet ini menawarkan kecepatan 4G LTE yang dapat dinikmati di rumah, kost, hingga apartemen. Bedanya, penawaran layanan ini dibagi menjadi dua yaitu XL Home Unlimited Prabayar dan XL Home Unlimited Pascabayar. Pake basic untuk XL Home Prabayar ini mulai dari Rp 199,000/30 hari dengan kuota 30 GB dan khusus Youtube atau Iflik sebanyak 20 GB. Sementara itu, untuk pascabayar mulai dari Rp 150,000/ 30 hari dengan kuota 20 GB dan khusus youtube atau iflix sebanyak 10 GB.

Tips Memilih Provider Internet Terbaik


Rekomendasi provider internet terbaik memang sangat banyak, namun belum tentu semuanya pas dihati. Sebelum memutuskan, simak tips memilih provider internet supaya mendapatkan layanan yang tepat yuk Bu!

a. Pilih Provider Internet Sesuai Kebutuhan

Penting banget nih, kalau memutuskan untuk menggunakan provider internet maka harus mempertimbangkan pemilihan sesuai kebutuhan. Memilih provider internet sesuai kebutuhan dirasa lebih tepat sasaran! Misalnya hanya butuh paket internetnya saja, maka Ibu bisa memilih provider internet yang hanya menawarkan paket internet saja tanpa TV kabel, begitu juga sebaliknya.

b. Hati-Hati Cek Harga Berlangganan

Sebagai Ibu yang mengatur hampir semua kebutuhan rumah, penting juga memilih provider internet berdasarkan harga berlangganan yang ditawarkan. Kira-kira mana nih yang sesuai dengan kantong bulanan Ibu? Saat ini sudah banyak paket internet yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas bagus.

c. Jangan Asal Murah!

Tergiur harga murah berlangganan internet rumahan memang sering terjadi, memang sih ini disesuaikan dengan kantong rumah tangga Ibu, tapi akan lebih bijak bila tahu harga yang ditawarkan sekaligus paket apa saja yang akan ibu dapatkan termasuk berapa kecepatan yang akan dinikmati ya. Jangan sampai harga murah menyebabkan paket internet super lemot ya.

d. Cek Cakupan Area

Memilih provider internet juga harus mempertimbangkan cakupan area dari provider internet yang Ibu pilih. Beberapa provider internet nyatanya belum menjangkau seluruh wilayah di Indonesia jadi tetap harus hati-hati ya! Mengecek cakupan area provider internet bisa langsung menelpon langsung customer service atau cek langsung melalui website resminya. 


Editor: Atalya