Keluarga

12 Artis Keturunan Tionghoa di Indonesia Ikut Rayakan Imlek

12 Artis Keturunan Tionghoa di Indonesia Ikut Rayakan Imlek

Artis keturunan Tionghoa di Indonesia ikut merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga. 

Tahun baru Imlek sendiri merupakan hari dan bulan pertama yang dihitung berdasarkan penanggalan Tionghoa. Perayaan Imlek biasanya ditandai dengan ornamen serba merah khas etnis Tionghoa. 

Pasalnya, merah diyakini membawa keberuntungan, kemewahan, dan kekayaan bagi masyarakat etnis Tionghoa.

Nah, di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, sederet artis keturunan Tionghoa ini memilih untuk merayakan Imlek di rumah saja. Kira-kira siapa saja, ya? Yuk cari tahu daftar lengkapnya di sini.

1. Chelsea Olivia

Photo source: okezone.com

Chelsea Olivia adalah salah satu artis keturunan Tionghoa di Indonesia yang tidak pernah absen merayakan Imlek. Istri dari aktor Glenn Alinskie ini selalu menghias rumah dengan ornamen serba merah menjelang tahun baru Imlek. 

Pasangan selebriti ini juga mengadakan makan malam bersama keluarga, sehingga perayaan Imlek lebih penuh makna.

2. Boy William

Photo source: liputan6.com

Secara fisik wajah oriental Boy William menjadi ciri khas tersendiri. Artis keturunan Tionghoa ini ternyata memiliki nama asli William Hartanto. Nah, nama Hartanto sendiri memang sering digunakan oleh keluarga keturunan Tionghoa di Indonesia sebagai salah satu nama belakang. 

Tak heran jika Boy William juga selalu merayakan Imlek bersama keluarga dengan suka cita setiap tahunnya.

3. Sandra Dewi

Photo source: tagar.id

Siapa yang tak kenal artis cantik Sandra Dewi? Sejak debut di tahun 2008, artis berdarah campuran Palembang, Tionghoa dan Belanda ini selalu sukses mencuri perhatian pemirsa. 

Untuk menghormati tradisi leluhur, artis keturunan Tionghoa di Indonesia ini biasa menghias rumah dengan hiasan khas Imlek, termasuk jamuan berupa kue keranjang dan buah jeruk Mandarin.

4. Joshua Suherman

Photo source: liputan6.com

Mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman, ini juga masuk dalam daftar artis keturunan Tionghoa di Indonesia yang ikut merayakan Imlek. Darah Tionghoa diperoleh Joshua dari sang Ibu, Lisa Suherman. 

Sejak kecil Joshua selalu mengikuti tradisi Imlek di keluarganya. Salah satu bagian yang paling disukai adalah momen bagi-bagi angpao. Kalau momen yang ini sepertinya Ibu juga suka, bukan?

5. Gisella Anastasia

Photo source: wowkeren.com

Artis keturunan Tionghoa jebolan ajang pencarian bakat, Gisella Anastasia, biasanya merayakan Imlek bersama keluarga besar di Surabaya. 

Namun, sejak pandemi Covid-19 ia memilih untuk merayakan Imlek di rumah saja. Meskipun demikian, perayaan Imlek tetap meriah dengan pernak-pernik serba merah di rumahnya.

6. Sarwendah

Photo source: mediaindonesia.com

Lahir dari pasangan Tionghoa, Hendri Klow dan Rospita Tyoa, Sarwendah sebenarnya memiliki nama asli Wenda Tan. Karena sempat sakit-sakitan dan keguguran, istri dari presenter Ruben Onsu ini akhirnya memutuskan untuk mengubah nama menjadi Sarwendah. 

Meski sudah berganti nama, Sarwendah tetap menjunjung tinggi tradisi di keluarganya. Oleh karena itu, artis keturunan Tionghoa di Indonesia ini selalu merayakan Imlek dengan meriah.

7. Daniel Mananta

Photo source: lifepal.co.id

Daniel Mananta merayakan Imlek bersama keluarga besar setiap tahunnya. Artis keturunan Tionghoa ini kerap mengunggah kebersamaannya bersama keluarga saat Tahun Baru Imlek. 

Selain menyiapkan jamuan makan, presenter papan atas tanah air ini juga memakai pakaian serba merah selaras dengan hiasan di rumahnya. Kompak banget, ya!

8. Ernest Prakasa

Photo source: tempo.co

Tak hanya sukses menjadi aktor dan komika, artis keturunan Tionghoa, Ernest Prakasa, pun berhasil menggarap film layar lebar berjudul Cek Toko Sebelah. Diakui bahwa film tersebut terinspirasi dari kehidupan Ibunya, yang juga merupakan keturunan Tionghoa asli. 

Tentu saja, Ernest Prakasa tidak pernah melewatkan perayaan Imlek begitu saja. Bersama keluarga besarnya, ia selalu menghabiskan momen tersebut dengan suka cita.

9. Deddy Corbuzier

Photo source: viva.co.id

Meski telah memutuskan untuk menjadi mualaf pada tahun 2019 lalu, darah Tionghoa tetap mengalir dalam tubuh Deddy Corbuzier. Diketahui artis keturunan Tionghoa di Indonesia ini sangat menghargai keragaman budaya, termasuk yang didapat dari Ayahnya. 

Oleh karena itu, Deddy Corbuzier tetap merayakan Imlek bersama keluarga besarnya dengan makan malam bersama.

10. Joe Taslim

Photo source: lifepal.co.id

Lahir dan dibesarkan dari keluarga Tionghoa, Johannes Taslim atau yang populer dikenal dengan nama Joe Taslim ini juga ikut memeriahkan Tahun Baru Imlek. 

Saat Imlek, secara khusus Joe Taslim akan mengunjungi rumah orang tuanya sebagai bentuk penghormatan. Tidak ketinggalan pakaian serba merah juga akan ia kenakan.

11. Agnez Mo

Photo source: kumparan.com

Sejak go international, nama mantan penyanyi cilik Agnes Monica telah berganti dengan nama panggung Agnez Mo. 

Diakui artis keturunan Tionghoa ini lahir dengan darah campuran Jerman dan Jepang pula. Meski sudah tinggal di Amerika Serikat, Agnez Mo tetap menjunjung tradisi Imlek bersama keluarga besarnya.

12. Baim Wong

Photo source: wowkeren.com

Nama belakang, Wong, yang melekat pada aktor dan Youtuber Indonesia ini menjadi tanda bahwa ia adalah keturunan Tionghoa. Meski memiliki nama asli Muhammad Ibrahim, nyatanya artis keturunan Tionghoa di Indonesia ini lebih populer dengan nama Baim Wong. 

Darah Tionghoa didapatkan Baim dari sang Ayah, Johnny Wong. Tak heran jika setiap momen Imlek, Baim ikut memeriahkan tradisi etnis Tionghoa tersebut di rumah sang Ayah.

Deretan artis keturunan Tionghoa tadi menunjukkan indahnya keragaman budaya yang ada di Indonesia, ya. Apakah Ayah dan Ibu juga termasuk keturunan Tionghoa di Indonesia? 

Semoga perayaan Imlek tahun ini berjalan lancar dan penuh makna. Gong Xi Fa Cai!

Editor: Dwi Ratih