Keluarga

12 Cara Melatih Mindfulness Agar Kamu Tidak Stress

12 Cara Melatih Mindfulness Agar Kamu Tidak Stress

Banyak yang merasakan tekanan karena terlalu banyak berada di rumah selama Pandemi 2 tahun ini, sudahkah kamu tahu cara melatih mindfulness?

Selama pandemi ini, banyak kantor yang menganjurkan pegawainya untuk melakukan WFH (work from home). Tidak hanya para orangtua, hampir semua sekolah juga melakukan kegiatan belajar mengajar SFH (school from home). 

Akibat banyaknya aktivitas dan pengaturan yang harus dilakukan di rumah, orangtua kerap stress menghadapinya.

Jika kamu salah satu yang mengalami hal ini, cobalah ketahui cara melatih mindfulness agar hidup terasa lebih lapang.

Apa itu mindfulness?

12-cara-melatih-mindfulness-agar-kamu-tidak-stress-1

Menurut Mayo clinic, Mindfulness adalah jenis meditasi yang berfokus kepada apa yang sedang dirasakan oleh indera pada saat itu tanpa harus berprasangka apapun. 

Cara melatih mindfulness meliputi metode pernapasan, memvisualisasikan bayangan, dan latihan-latihan lainnya yang membuat badan terasa lebih rileks dan mengurangi kecemasan yang sering terjadi.

Menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membuat rencana, memecahkan masalah, melamun, berpikir negatif, atau memikirkan hal-hal acak lainnya dapat sangat melelahkan. Ini dapat membuat kamu merasa lebih tertekan, khawatir, serta menunjukkan gejala-gejala depresi lainnya.

Cara melatih mindfulness perlu diketahui karena dapat mengalihkan perhatian kamu dari hal-hal yang dapat membuat kamu rutin menyibukkan diri.

Cara melatih Mindfulness

12-cara-melatih-mindfulness-agar-kamu-tidak-stress-2

Ada beberapa cara melatih mindfulness yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah seperti yang dilansir dari Healthline.

1. Menetapkan niat

Cara melatih mindfulness pertama adalah menetapkan niat. Menetapkan niat dapat membantu kamu untuk fokus melakukan sesuatu dan mengingatkan kita apa tujuan untuk melakukan hal yang sedang kita lakukan

2. Melakukan meditasi

Berhentilah sejenak dari rentetan aktivitas harian kita. Ambil waktu luang sejenak untuk melakukan mindfulness. Agar tidak diganggu oleh anak, kamu dapat mengambil waktu di pagi hari saat anak-anak belum bangun dan melakukan aktivitas sebagai waktu kamu melakukan mindfulness. Ini adalah cara melatih mindfulness yang harus kamu coba.

3. Mendoakan orang lain bahagia

Ternyata mendoakan orang lain agar berbahagia juga merupakan cara melatih mindfulness kita, lho. Kamu tidak perlu memberitahu orang tersebut kalau kita mendoakan mereka agar bahagia. Kamu hanya perlu mengatur energi positif dan meluangkan waktu selama 10 detik untuk melakukannya.

4. Menggambar dan mewarnai

Luangkan waktu beberapa menit dan ambillah kertas dan pulpen. Mulailah menggambar untuk melepaskan beban pikiran. Cara melatih mindfulness ini cocok bagi kamu yang hobi menggambar. Jangan khawatir soal hasilnya, yang terpenting adalah melepaskan beban di pikiran. Ini bukan lomba kok, bu!

5. Mencari udara segar

12-cara-melatih-mindfulness-agar-kamu-tidak-stress-3]

Cara melatih mindfulness yang sederhana adalah keluar ruangan dan mencari udara segar. Letakkanlah gawai dan laptop lalu keluarlah sebentar ke depan rumah atau taman belakang. Hiruplah udara segar dan perhatikan suara-suara serta aroma di sekitar. Rasakan juga hembusan angin di kulit.

6. Fokus melakukan satu hal saja di satu waktu

Melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan (multitasking) tidak selamanya baik. Cara melatih mindfulness berikutnya adalah fokus dalam melakukan sesuatu dengan perhatian penuh. Dengan demikian pekerjaan akan cepat selesai.

7. Menyeduh teh atau kopi

Kamu dapat menyeduh teh atau kopi sebagai salah satu cara melatih mindfulness. Sembari melepas penat di sore hari, seduhlah secangkir teh atau kopi untuk melepas penat. Nikmati waktumu pelan-pelan dan hirup aromanya dalam-dalam. Ini bisa menjadi aromaterapi sekaligus membuat pikiran kamu lebih rileks.

8. Memandang langit

Memandang langit di sela-sela kamu berbelanja, membuang sampah, atau membuka jendela dapat membuat pikiran kamu lebih rileks. Pandangi langit sejenak sambil menarik napas dalam-dalam. Ingatlah kita bahwa kita tidak perlu mengkhawatirkan hidup karena ada Tuhan yang menjaga dan mengatur semuanya.

9. Meninggalkan ponsel

Menjadi karakteristik manusia modern membawa ponsel kemanapun, bahkan ke kamar mandi sekalipun. Letakkanlah ponsel sejenak saat makan, menyuapi anak, dan menikmati waktu bersama anak serta pasangan. 

Manfaatkan momen-momen tersebut untuk benar-benar meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga. Jauhilah sifat FOMO (fear of missing out) karena tidak akan membuat rugi siapapun.

10. Jadikan tugas rumah tangga menjadi istirahat mental

12-cara-melatih-mindfulness-agar-kamu-tidak-stress-4

Pekerjaan rumah tangga jangan selalu dijadikan beban. Santailah dan nikmatilah tugas rumah tangga. Misalnya saat mencuci piring, jadikanlah itu momen relaksasi. Ambillah nafas dalam-dalam napas perlahan    sambil menunggu masakan matang.

11. Menulis jurnal

Menulis jurnal bisa menjadi salah satu cara melatih mindfulness. Tidak ada cara benar dan salah dalam menulis jurnal. Sesuaikanlah dengan keinginanmu dalam menulis jurnal. 

Dengan mencorat-coret jurnal selama lima menit, secara tidak sadar kamu dapat membuat pikiran lebih rileks. Kamu juga dapat mencoba membuat jurnal bersyukur atau mencatat setidaknya tiga hal terbaik yang terjadi pada hari ini.

12. Menghentikan akses media sosial dengan seksama

Sebuah studi baru-baru in menemukan bahwa menggunakan banyak platform media sosial dikaitkan dengan penyebab kecemasan pada orang dewasa muda. Meskipun media sosial banyak mengandung manfaat, media sosial juga ikut berkontribusi menimbulkan kecemasan dan mengganggu produktivitas.

Sudahkah kamu melakukan cara melatih mindfulness di atas?

Editor: Dwi Ratih