Keluarga

12 Ide Kado Ulang Tahun anak 4 Tahun Anti Bosan dan Seru!

12 Ide Kado Ulang Tahun anak 4 Tahun Anti Bosan dan Seru!

Kado ulang tahun anak 4 tahun dapat diberikan berdasarkan pertimbangan milestone apa saja yang biasanya sudah tercapai di usia ini. 

Meskipun milestone ini bukan merupakan patokan khusus tumbuh kembang anak, namun milestone tetap dapat digunakan sebagai acuan tumbuh kembang anak apakah yang perlu diperbaiki atau dikonsultasikan kepada ahlinya. 

Mengetahui milestone anak di usia tertentu bisa menjadi tolok ukur Ibu dalam memilih kado ulang tahun anak 4 tahun nantinya. 

Milestone Anak Umur 4-5 Tahun Untuk Memudahkan Memilih Kado yang Tepat

Melansir dari laman WebMD, berikut ini milestone anak umur 4 hingga 5 tahun pada umumnya:

1. Kemampuan Bahasa dan Kognitif Lainnya Meningkat

Pada usia empat tahun, anak-anak biasanya sudah lancar berbicara dan berbincang dengan orang di sekitarnya. Beberapa anak ada yang pendiam dan berbicara bila perlu saja, namun anak lain bisa jadi pintar dalam berbicara dan merangkai kata-kata untuk bercerita. 

Kosakata anak pada usia empat tahun juga sudah mulai beragam dan sebagai orang tua kita wajib waspada bila ia mengucapkan kosakata yang tidak pantas atau tidak umum. Pada usia ini juga mereka akan sangat aktif dan bisa jadi tingkah polahnya membuat orang tua gemas bukan kepalang. 

Milestone yang berhubungan dengan bahasa lainnya juga meliputi: dapat menghitung 10 objek atau lebih, sudah mengenali minimal 4 warna atau 3 bentuk, mulai mengenal huruf bahkan beberapa ada yang sudah mampu menuliskan namanya sendiri, sudah paham dengan aktivitas harian atau rutinitas, mengenal waktu, dan sudah mampu mengikuti aturan atau perintah yang lebih kompleks. 

Pada milestone ini, kado ulang tahun anak 4 tahun yang cocok misalnya buku cerita, flash card, dan semacamnya.

2. Milestone Gerakan dan Keterampilan Tangan dan Jari

Pada milestone bagian ini, anak empat tahun biasanya sudah mampu berdiri satu kaki selama 9 menit, melakukan gerakan lompat atau jungkir balik, belajar naik dan turun tangga tanpa bantuan, berjalan maju dan mundur dengan mudah, dapat mengayuh sepeda roda tiga. 

Anak juga mulai mau menyalin gambar berupa bentuk di kertas, suka bermain blok atau mulai menyusunnya dengan desain yang lebih jelas, makan dengan garpu atau sendok secara mandiri, memakai atau mencopot baju, menggosok gigi tanpa bantuan, dan menggunakan toilet tanpa dibantu. 

Untuk menstimulasi milestone gerakan dan keterampilan tangan atau jari seperti ini, kado ulang tahun anak 4 tahun yang pas misalnya satu set kelengkapan belajar meronce atau membuat suatu prakarya, dan masih banyak lagi.

3. Milestone Perkembangan Emosional dan Sosial

Mulai usia 4 tahun, anak sudah mulai mampu memahami perasaan orang lain, mulai mau berbagi, mengatasi konflik atau suatu masalah yang ia hadapi bersama teman-temannya, mengendalikan emosi, hingga berempati kepada teman sebayanya. 

Milestone perkembangan emosional dan sosial perlu terus dikembangkan karena ia akan hidup bersama dengan orang lain yang memiliki beragam sifat serta watak. Stimulasi perkembangan emosional dan sosial si kecil dapat Ibu ajarkan langsung, misalnya: belajar menggunakan 3 kata ajaib seperti tolong, maaf, dan terima kasih kepada orang lain.

 Kebiasaan ini akan membantu kehidupan sosial si kecil lebih baik, terutama bila suatu hari nanti ia harus terjun ke masyarakat. Selain itu, memahami emosi anak juga termasuk kegiatan yang dapat mengembangkan kepekaan si kecil, contohnya: ketika ia sedang marah, sedih, atau bahagia, Ibu bisa katakan kepada anak apa jenis emosi yang sedang ia rasakan dan bagaimana si kecil harus belajar menanggapinya. 

Lalu kado ulang tahun anak 4 tahun apa ya yang tepat untuk membantu si kecil mengasah keterampilan emosi dan sosialnya? Salah satunya adalah permainan yang berhubungan dengan role playing.

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun Anak 4 Tahun

Dilihat dari milestone anak usia 4 tahun ini ternyata ada banyak rekomendasi hadiah ulang tahun anak 4 tahun yang tepat sasaran. Melansir dari laman Today, kado ulang tahun anak 4 tahun terbaik salah satunya adalah hadiah atau mainan yang dapat membantu imajinasi mereka tetap hidup. 

Mengapa kado ulang tahun anak 4 tahun sebaiknya dipilih dengan cermat? Hal ini dikarenakan pada peralihan usia dari 3 tahun ke 4 tahun ada banyak yang berubah seperti ia mulai mengerti bagaimana bermain bersama dengan teman sebaya dan tidak melulu bermain dengan didampingi, serta sudah mulai ingin bereksplorasi pada banyak hal. 

Tovah Klein, seorang direktur Banard College Center for Toddler sekaligus penulis buku “How Toddler Thrive” mengungkapkan bahwa anak usia empat tahun cenderung memiliki preferensi yang jelas tentang apa yang mereka sukai atau apa saja yang ingin mereka lakukan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kado ulang tahun anak 4 tahun yang seru dan anti bosan bagi si kecil:

1. Alat Musik

Memberikan kado ulang tahun anak 4 tahun berupa alat musik adalah ide yang bagus. Bila kado ini untuk buah hati tercinta, maka Ibu harus tahu terlebih dahulu alat musik apa yang sangat ia minati bahkan menjadi hobinya. Ada beragam jenis alat musik yang ada, dari mulai alat musik mainan atau alat musik sungguhan. 

Permainan alat musik dapat membantu mengasah atau menstimulasi perkembangan gerakan dan keterampilan tangan si kecil. Mana yang sebaiknya dipilih? Sesuaikan dengan budget kado ulang tahun anak 4 tahun ya Bu!

2. Threehouse Play Set

Satu set permainan rumah pohon bisa jadi kado ulang tahun anak 4 tahun yang sangat seru dan awet. Permainan ini bisa dimainkan sendiri dan dimainkan bersama teman atau kerabat lainnya. Threehouse Play Set tersedia berbagai macam bentuk, ada yang berupa sekumpulan keluarga kucing, keluarga barbie, atau karakter lainnya. 

Mainan ini dapat membantu mengasah keterampilan si kecil dalam bercerita, berimajinasi, hingga menstimulasi milestone emosional dan sosialnya. Therehouse Play Set hadir dengan harga yang variatif juga, mulai dari Rp 300,000 hingga Rp 1,000,000an tergantung dari ukuran mainan yang ditawarkan.

3. Lego Classic Creative Brick Box


Permainan Lego Classic ini dapat menjadi ide kado ulang tahun anak laki laki umur 4 tahun atau anak perempuan yang sangat suka merangkai dan menyusun suatu bentuk. 

Lego sendiri merupakan permainan yang tak akan lekang oleh waktu karena faktanya, ada sejumlah anak yang sangat mengidolakan mainan ini sehingga menjadikannya koleksi hingga ia dewasa. 

Menyusun lego dapat melatih emosi dan kesabaran si kecil untuk menjadi suatu bentuk yang ia inginkan. Selain itu, ketelitian dan fokus juga sangat diperlukan saat memainkan permainan ini. Lego Classic Box dibandrol dengan harga yang beragam, untuk ukuran kecil mulai dari Rp 65,000 dan untuk ukuran yang lebih besar dan lengkap bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

4. Railway Set

Anak yang sedang berulang tahun sangat menyukai kereta api? Kalau begitu Railway Set kali ini sangat pas diberikan sebagai kado ulang tahun anak 4 tahun. Jenis mainan set kereta api ini sangat beragam, disarankan untuk memilih mainan yang kokoh dan kuat sehingga bisa dimainkan hingga usianya lebih besar. 

Permainan railway set ini tidak membosankan karena si kecil akan selalu diminta untuk membangun stasiun, pemandangan, dan kota di sekitarnya terlebih dahulu sebelum bisa dimainkan. Salah satu mainan railway set yang cukup terkenal dan lengkap adalah jenis 92 pcs Wooden Train Set yang dibandrol dengan kisaran harga mulai dari Rp 300,000an hingga Rp 600,000an ke atas.

5. Mainan Edukasi Papan Tulis Anak Set


Salah satu kado ulang tahun anak 4 tahun yang dapat digunakan untuk investasi jangka panjang dan sangat edukatif adalah satu set papan tulis anak. Ibu bisa memilih papan tulis anak dengan spidol, kapur, atau jenis magnetik serta dilengkapi dengan huruf dan angka yang lengkap. 

Selain bagus dan bermanfaat, kado ulang tahun anak laki laki umur 4 tahun atau perempuan yang satu ini dapat membantunya belajar menulis, mengenal huruf, mengenal angka, ataupun merangkainya. Kisaran harga yang ditawarkan lebih terjangkau yaitu kisaran Rp 100,000an ke atas.

6. Brain Game Car Adventure

Ingin memberi kado ulang tahun anak laki laki umur 4 tahun yang dapat membantu mengasah keterampilan gerakan tangan dan jarinya? Brain Game Car Adventure bisa menjadi rekomendasi hadiah ulang tahun anak 4 tahun yang tepat. Mainan ini jenisnya adalah mainan simulasi mobil-mobilan yang dilengkapi dengan lahan parkirnya. 

Selain bisa bermain secara manual, permainan ini juga dilengkapi dengan tombol kendali untuk menjalankan mobil yang disediakan. Harga yang ditawarkan untuk satu set kado ulang tahun anak 4 tahun jenis ini cukup beragam yaitu mulai dari Rp 88,000 hingga Rp 118,000.

7. Paket Meronce Warna-Warni


Kado ulang tahun untuk anak perempuan 4 tahun tidak hanya boneka yang lucu atau mainan masak-masakan saja. Asah kreativitas si kecil dengan memberikan satu set paket meronce sebagai kado ulang tahun anak 4 tahun kali ini. 

Meronce tak hanya akan mengasah kreativitasnya saja karena motorik halus dan sensoriknya juga ikut diasah dengan baik. Selain itu, meronce manik-manik untuk dibuat gelang, kalung, atau cincin akan melatih emosi si kecil seperti latihan kesabaran dan ketelitian. 

Untuk anak-anak yang dirasa kurang bisa bersabar, meronce bisa menjadi kegiatan yang tepat. Hasilnya pun bisa dijadikan uang sehingga si kecil dapat belajar menghasilkan uangnya sendiri nantinya.

8. Little Helper Cleaning Set

Mainan satu set alat bersih-bersih ini cocok untuk memperkenalkan si kecil dengan tugas rumah seperti menyapu, mengepel, menyikat, dan mengumpulkan sampah. Mainan yang satu ini termasuk dalam kategori role playing yang akan membantu si kecil mengenal tentang membersih rumah dan membantu pekerjaan Ibu di rumah. 

Selain di desain dengan warna yang menarik serta sama persis dengan bentuk aslinya, mainan ini terbuat dari bahan yang aman digunakan untuk si kecil. Harga yang ditawarkan juga ada bermacam-macam, yaitu berada pada kisaran Rp 245,000. 

9. Mainan Make Up Set


Si kecil atau anak yang sedang berulang tahun tampak sangat tertarik dengan make dan semacamnya? Satu set mainan make up atau salon-salonan bisa dijadikan kado ulang tahun untuk anak perempuan 4 tahun lho. Mainan salon atau make-up ini cukup seru karena dibuat sangat persis menyerupai aslinya. 

Selain desain yang bagus, make up Ibu bisa sedikit terlupakan saat si kecil sudah mulai memainkan permainan ini. Ajak si kecil lebih interaktif dengan berpura-pura sebagai pelanggan salon setianya yuk?

10. Home Kitchen Set

Pretend play menjadi salah satu jenis permainan yang banyak digemari karena bisa dibuat sangat persis dengan bentuk aslinya. Ide kado ulang tahun anak 4 tahun berikutnya adalah Home Kitchen Set yang sangat lengkap isinya yaitu dishwasher yang dapat mengeluarkan air asli, kompor, peralatan masak, hingga sayur dan juga buah-buahan mainan. 

Bayangkan betapa serunya memainkan permainan yang satu ini kan Bu? Berikan mainan ini sebagai kado ulang tahun untuk anak perempuan 4 tahun nanti yuk?

11. Mainan Susun Paku


Mainan jenis susun paku bisa juga menjadi rekomendasi kado ulang tahun anak 4 tahun yang tidak membosankan. Mainan susun paku bermanfaat karena dapat mengasah imajinasi si kecil, mengurangi rasa bosannya, melatih sosialnya bila bermain dengan kerabat lainnya, dan meningkatkan kecerdasan si kecil. 

Satu set mainan susun paku sudah tersedia banyak di marketplace Indonesia dengan harga mulai dari Rp30,000an saja. 

12. Logical Thinking & Puzzle Drawing Board

Ingin memberi kado ulang tahun anak 4 tahun yang sangat suka dengan permainan mengasah logika dan pikiran? Logical Thinking & Puzzle Drawing Board hadir untuk membantu buah hati tercinta bermain sambil belajar. 

Selain belajar dengan permainan mengasah logika, mainan yang satu ini juga dilengkapi papan tulis untuk media si kecil menggambar atau hanya sekedar mencoret-coret saja. Untuk satu set permainan ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 155,000.

Editor: Dwi Ratih