Keluarga

12 Rekomendasi Tempat Bermain Anak Di Jakarta, Dijamin Seru!

12 Rekomendasi Tempat Bermain Anak Di Jakarta, Dijamin Seru!

Pandemi membuat anak-anak terpaksa harus menghabiskan sebagian hari libur mereka hanya di rumah saja. Padahal berlibur merupakan waktu yang penting bagi mereka untuk melepas kejenuhan setelah lelah belajar selama satu minggu.

Namun sebenarnya kita tetap bisa mengajak mereka pergi berwisata ke luar rumah jika tetap menaati protokol kesehatan, kok Bu. Nah Ibu, sudah tau mau ajak anak-anak dan keluarga kemana akhir pekan nanti? Yuk simak beberapa rekomendasi tempat bermain anak indoor dan outdoor berikut ini. Dijamin bakalan seru dan menyenangkan!

1. The Playground Kemang

(Photo source: www.theplaygroundkemang.com

Tempat ini menawarkan tempat bermain anak dengan konsep outdoor yang unik. Anak-anak bisa bermain di area kering dan basah. Untuk area kering mereka bisa bermain seluncuran, flying fox dan pasir-pasiran. Sementara di area basah, anak-anak bisa puas bermain air yang dilengkapi dengan berbagai macam permainan seru.

Alamat: Jl. Kemang Dalam 3B #B6, Jakarta Selatan, 021 – 719 6962

Email: the.playground@hotmail.com /http://www.playgroundkemang.com/

Harga tiket masuk: anak diatas 18 bulan Rp 75.000 (pendamping maksimal 2 orang) tambahan pendamping Rp 60.000/ pendamping. Buka setiap hari pukul 08.00 s/d 18.00.

2. Playparq Kemang


(Photo source: Travelspromo.com) 

Tempat bermain anak ini punya dua pilihan area yakni indoor dan outdoor. Di bagian indoor si kecil bisa bermain wahana playset indoor toddler. Sedangkan area outdoor mereka bisa bermain berbagai wahana seperti baby flying fox, mini wall climbing, pirate ship, serta wahana castle super sliding.

Alamat: Jl.Kemang Timur Raya No.72, Jakarta

Harga tiket masuk:

Hari Selasa : Rp30.000/anak

Weekdays : Rp60.000/anak

Weekend : Rp100.000/anak

Untuk anak usia 1-12 tahun sudah dikenakan biaya tiket masuk. Pendamping pertama gratis, pendamping ke-2 dan seterusnya dikenakan biaya tiket masuk Rp 1

3. Kidzania


(Photo source: tagar.id)

Dengan mengusung tema edutainment, tempat ini cukup digemari oleh para orang tua dan juga anak-anak. Tempat bermain anak satu ini dibuat menyerupai mini town yang dilengkapi dengan rumah sakit, supermarket, SPBU, pemadam kebakaran, chef dan lainnya dalam bentuk mini.

Serunya, di sini mereka akan bebas bereksplorasi untuk memerankan sebuah profesi sesuai dengan hobi dan keinginan mereka.

Alamat: Mall Pacific Place lantai 6, Sudirman Central Business District (SCBD) kav. 52 – 53, Jakarta Selatan

Telepon: 021 5154888 ext. 100

Email: info@kidzania.co.id/ www.kidzania.co.id

Harga tiket masuk:

2 – 3 tahun: Rp. 50.000 (weekdays) Rp. 75,000 (weekend)

4 – 16 tahun: Rp. 150.000 (weekdays) Rp. 200,000 (weekends)

Dewasa (17 tahun keatas): Rp. 100.000 (weekdays) Rp. 150,000 (weekends)

4. Planetarium


(Photo source: wisatabagus.com)

Si kecil paling suka dengan suasana luar angkasa? Yuk coba ajak ke Planetarium. Di tempat ini mereka akan dikenalkan dengan pengetahuan tentang tata surya.

Tempat bermain anak ini juga menawarkan pertunjukan teater bintang dan multimedia yang akan memperlihatkan beragam benda asing yang ada di luar bumi. Mereka juga bisa berkesempatan mengenal fenomena alam melalui teleskop. Nggak hanya itu, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yakni Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini Raya no 73, Jakarta Pusat.

5. Houbii Urban Adventure Park


(Photo source: harga.web.id)

Adventure park ini menawarkan beragam aktivitas seru yang cocok untuk semua umur. Nggak hanya itu, Bu, di tempat bermain anak ini anak-anak juga bisa sekaligus mengasah keterampilan sosial dan fisik mereka dengan memanjat tali rope course main bola di dodge ball area atau meluncur di extreme slide.

Alamat: Jl Metro Pondok Indah Blok III-B, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk: Rp 225.000 s/d Rp 285.000/ orang.

6. Taman Margasatwa Ragunan


(Photo source: travelkompas.com)

Kebun binatang Ragunan merupakan wisata edukasi untuk mengenal berbagai macam hewan dilindungi yang ada di Indonesia. Namun selama pandemi, tempat bermain anak ini hanya boleh menampung sekitar 30 persen pengunjung per hari.

Alamat: Jl Harsono RM no 1, Ragunan, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk: Dewasa Rp 4.000 dan Anak Rp 3.000

7. Dunia Fantasi Ancol

(Photo source: ancol.com)

Jika berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai macam wahana permainan di Dunia Fantasi atau Dufan. Berbagai macam wahana yang ekstrem dan menantang adrenalin tersedia di tempat ini seperti bianglala raksasa, jet coaster, ontang-anting dan lainnya. Bisa jadi tempat bermain anak saat libur sekolah nih!

Alamat: Jl Lodan Timur no 7, Ancol, Jakarta Utara.

Harga tiket masuk: Rp 180.000 s/d Rp 200.000.

8. Fauna Land Ancol


(Photo source: hargatiket.net)

Faunaland merupakan kebun binatang mini dengan konsep ruang terbuka di mana sebagian besar satwa banyak dihadirkan tidak dalam kandang. Mengusung misi edukasi dan fun, Fauna Land yang masih dalam area Ancol ini memiliki koleksi hewan dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Cocok banget jadi salah satu destinasi tempat bermain anak yangs eru!

Pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan para hewan dengan keepernya masing-masing. Sehingga membuat pengunjung mendapatkan sensasi berbeda ketika berkunjung ke tempat ini.

Alamat: Jl Lodan Timur no 7, Ancol, Jakarta Utara.

Harga tiket masuk: Rp 65.000 s/d Rp 75.000

9. Jakarta Aquarium


(Photo source: travel.tribunnews.com)

Jakarta Aquarium merupakan tempat wisata unik di dalam mall sekaligus lembaga konservasi yang masih di bawah naungan Taman Safari Indonesia dan bekerjasama dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

Tak hanya menyajikan keindahan di bawah laut. Tempat wisata ini juga memiliki banyak hewan yang unik seperti Giant  Pacific Octopus, penguin humbold hingga naga laut.

Alamat: Neo Soho Mall lantai LG101, Jl Letjen S. Parman Kav 28, Jakarta Barat.

Harga tiket masuk: Dewasa Rp 150.000 & anak Rp 115.000 (weekdays), Dewasa Rp 200.000 & anak Rp 150.000 (weekend).

10. Taman Mini Indonesia Indah


(Photo source: tmiiindonesiaindah.com)

Belum bisa ajak si kecil keliling Indonesia karena pandemi? Ke Taman Mini Indonesia Indah aja yuk, Bu. Di sini kita bisa mengenalkan si kecil dengan beragam budaya Indonesia, sekaligus berkeliling anjungan atau rumah adat yang unik dan hanya ada di Tanah Air tercinta ini.

Selain itu, masih di area TMII juga terdapat area khusus hewan seperti Taman Burung, Museum Air Tawar dan Museum Serangga.

Alamat: Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Harga tiket masuk: Mobil Rp 10.000 / Motor Rp 6.000

Kereta gantung Rp 40.000

Dunia Air Tawar dan Serangga Rp 25.000

Taman Burung Rp 20.000

11. Scientia Square Park


(Photo source: sindonews.com)

Tempat bermain anak yang satu ini menawarkan ruang terbuka hijau dengan fasilitas modern yang cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari dewasa hingga anak-anak. Di tempat ini pengunjung juga disuguhkan dengan beragam aktivitas menarik seperti kegiatan outbond, jogging track, panorama alam hingga berburu kuliner.

Alamat: Jl Scientia Boulevard, Curug, Tangerang, Banten.

Website: www.scientiasquarepark.com

Harga tiket masuk: Rp 45.000 (weekdays) & Rp 95.000 (weekend)

12. Pantai Pasir Putih PIK 2


(Photo source: PIK2.com)

Pantai Pasir Putih PIK 2 dibangun di atas pulau reklamasi yang dahulu dikenal sebagai pulau C. Di tempat ini, pengunjung bisa puas bermain pasir putih bersama keluarga, apalagi lokasinya luas, masih sepi pengunjung dan pasirnya bersih. Di pinggir pantai juga terdapat berbagai macam wisata kuliner yang siap memanjakan lidah.

Apalagi untuk berkunjung ke tempat ini masih belum dikenakan biaya alias gratis. Wah, menarik untuk dikunjungi ya, Bu.

Alamat: Jl Sandiaga Uno No 58, Dadap, Kosambi, Tangerang-Banten.

Penulis: Aprilia Ramdhani
Editor: Dwi Ratih