Keluarga

13 Karakterisitk Sigma Male, Si Bijaksana Yang Misterius

13 Karakterisitk Sigma Male, Si Bijaksana Yang Misterius

Pernahkah kamu mendengar istilah Sigma Male? Ini merupakan salah satu tipe pria, lho. Apa ya kaitan dari simbol khas Yunani ini dengan tipe pria? Padahal, simbol Yunani memiliki 24 alfabet. Wah, apakah tipe pria ada sebanyak itu, ya? Tenang… Tenang… Ada penjelasannya, kok.

Hakikat Penamaan Tipe Pria


Beberapa orang sudah familiar dengan istilah alpha dan beta male. Tetapi jika kamu tidak familiar dengan tipe-tipe tersebut, kamu dapat menemukan jawabannya di sini. Teori mitologi tentang tipe pria ini didasarkan pada kawanan serigala. Dalam kawanan serigala ada yang disebut dengan alpha wolf dan beta wolf. Alpha wolf merujuk pada serigala yang memerintah dan memimpin kawanan. Beta wolf merupakan serigala yang menerima perintah alpha dan melaksanakan perintah tersebut.

Mitologi inilah yang kemudian ditransformasikan untuk mengklasifikasikan tipe pria. Alpha dan Beta memiliki sifat dan ciri-ciri yang bertolak belakang. Alpha male identik dengan pria yang dapat memimpin, memberi perintah, tetapi cenderung bossy dan memiliki sikap egois. Sedangkan Beta Male lebih mencirikan pria yang menerima perintah dari pimpinan dan melaksanakannya. Sama seperti kawanan serigala.

Pria Sigma

Setelah merebaknya istilah ini, ramai di Twitter tentang adanya Sigma Male. Sigma Male adalah tipe pria yang dijuluki sebagai The Lone Wolf. Pria sigma cenderung memiliki sifat alpha dalam versi introvert. Tetapi, jika sisi egois dari alpha male cukup mendominasi dalam kepemimpinan, sigma male lebih suka tidak mencari masalah dengan orang lain. Sifat introvert tapi bijak saat memimpin membuat pria sigma tergolong pria dambaan wanita. Karena terkesan misterius maka tentu lebih membuat wanita penasaran. Tapi sayangnya, hubungan percintaan sigma male agak runyam, karena tidak semua wanita dapat memahami kebutuhan untuk menyendiri para pria sigma.

Untuk lebih memahami sigma male, ketahui karakteristik pria sigma berikut ini, seperti dilansir dari laman Hack Spirit:

1. Gemar Menyendiri, Tapi Menghargai Orang Lain

Sigma Male memang lebih suka menyendiri. Karisma dirinya akan menarik perhatian orang lain untuk dekat dengannya. Sigma male tetap menghargai orang-orang tersebut. Sigma male tahu bagaimana menjaga perasaan dan menghargai orang lain. Mereka juga sadar masih membutuhkan orang lain dalam beberapa hal. Tapi tetap pada akhirnya ia lebih memilih sendirian.

2. Seorang ‘Silent Leader’


Yup, diam-diam menghanyutkan. Sigma male memiliki jiwa kepemimpinan alpha male. Tapi mereka lihai mencari kesempatan menentukan gebrakan dalam pemecahan masalah. Waktu mereka mengeluarkan solusi kepemimpinan seringkali tidak diduga.

3. Pandai Beradaptasi dengan Segala Jenis Kondisi

Nah, pada kondisi alpha male, mereka cenderung kehilangan jati diri saat tidak menjadi pemimpin. Tapi sigma male bisa menyesuaikan diri. Jika ia didapuk sebagai leader dia akan melakukannya, jika dia tidak memimpin pun dia tetap baik-baik saja. Ide-idenya tetap keluar dan pendapatnya juga bisa dipertimbangkan.

4. Memperlakukan Setiap orang Dengan Adil

Karena lebih nyaman menjalani hidupnya dalam kubusnya sendiri, maka bagi sigma male setiap orang di sekitarnya adalah sama. Tidak ada yang spesial. Toh, ia lebih nyaman memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Perlakuan yang sama ini juga membuat sigma male merasa bahagia, lho. Mereka menyukai cara sosialisasi seperti ini.

5. Bisa Jadi Diri Sendiri Kapanpun

Sigma berbeda dengan alpha. Alpha male cenderung membutuhkan pengakuan dari orang lain bahwa mereka adalah pemimpin. Tetapi sigma tidak membutuhkan itu. Dia bisa fleksibel di manapun dan kapanpun ia dibutuhkan. Dia akan tetap jadi dirinya sendiri.

6. Lebih Banyak Diam

Diamnya sigma male berharga emas bagi mereka. Lebih sedikit bicara tapi penuh dengan solusi.

7. Berani Ambil Risiko

Kadang sigma tidak takut melanggar beberapa hal, hanya untuk melanjutkan apa yang sedang ia perjuangkan.

8. Mudah Bergaul


Sifat yang satu ini menguntungkan sigma male. Pria ini akan memilih berbaur daripada melakukan segala hal yang bersifat formalitas. Mereka bisa berkontribusi pada komunitas tanpa perlu menonjolkan diri.

9. Cermat Mengintrospeksi Diri

Berbeda dengan alpha yang serba ingin memutuskan hal untuk banyak orang, sigma male cenderung menelaah sangat dalam tentang suatu hal dan pengaruhnya pada dirinya, serta bagaimana hal itu bisa memengaruhi banyak orang.

10. Memiliki Kuasa Atas Dirinya Sendiri

Ketelitian dan kedetailan sigma male menjadikannya dapat menentukan takdirnya sendiri. Bisa saja sigma male enggan mematuhi suatu peraturan dan dia sudah memiliki cara untuk menyelamatkan diri dan tetap merasa bahagia meski tidak mematuhinya.

11. Sulit Diatasi

Cukup sulit mengatasi pria sigma. Kadang mereka sulit ditebak, tetapi kadang mereka tidak berhasil membuat seseorang paham maksudnya.

12. Gigih Pada Kemauannya

Karena tau maunya apa, sigma male jadi suka kurang bisa menilai dari sudut pandang yang berbeda.

Mereka stick to the rules dan menilai sebab akibat dengan penilaian yang menurutnya serba betul.

13. Menyadari Dirinya Kuat Tanpa Butuh Pengakuan

Sigma male juga seperti alpha male yang kuat dan persisten serta berjiwa pemimpin. Tetapi sigma tidak mementingkan pengakuan dari orang lain. Sigma hanya butuh dirinya sendiri menyadari dan mengetahui bahwa dia telah memimpin dengan baik atau memberi pemecahan solusi yang hebat untuk banyak orang.

Karakteristik tersebut menjadikan sigma male sosok yang membuat banyak orang penasaran tapi mengakui jiwa kepemimpinannya. Wanita yang tidak suka dikekang dan bebas akan menjalin hubungan yang mulus dengan sigma male. Apakah kamu pernah mengenal seorang sigma male di lingkunganmu?

Editor: Dwi Ratih