Keluarga

13 Pilihan Unik untuk kado Ulang Tahun anak 3 Tahun

13 Pilihan Unik untuk kado Ulang Tahun anak 3 Tahun

Kado ulang tahun anak 3 tahun bisa jadi lebih variatif bila dibandingkan usia dibawahnya. Pada usia ini, si kecil sudah mulai mengenal dan eksplor tentang banyak hal yang lebih seru.

Tips Memilih Kado Ulang Tahun untuk Anak 3 Tahun

Melansir dari laman The TOT, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Ibu dalam memilih kado ulang tahun anak 3 tahun supaya lebih tepat sasaran:

1. Mainan Berdasarkan Kelompok Umur

Siapa nih yang sedang berulang tahun? Apakah anak Ibu? Saudara? Anak teman? Atau tetangga? Sebelum menentukan ingin memberi kado apa, ada baiknya Ibu tahu betul berapa umur anak tersebut, apa hal yang paling ia sukai, atau apa yang paling ia takuti. 

Bila kado ulang tahun anak 3 tahun ini diberikan untuk orang lain, ada baiknya Ibu bisa menanyakan langsung kepada orang tua anak tersebut. Selain itu, Ibu bisa mencoba memikirkan tentang minat anak seusianya supaya hadiah yang diberikan tidak mubadzir. 

2. Coba Pertimbangkan Jenis Hadiah yang Dapat Dibagi

Jenis kado ulang tahun anak 3 tahun yang dapat dimainkan bersama cukup banyak. 

Manfaat memilih hadiah jenis ini adalah supaya kado yang diberikan dapat dimainkan bersama-sama, tidak menimbulkan rasa iri bila anak tersebut memiliki saudara, memunculkan persaingan yang sehat, mengasah interaksi sosial dan komunikasi pada anak tersebut.

3. Pilih Mainan yang Sifatnya Edukatif


Tak dapat dipungkiri, usia 3 tahun adalah usia dimana si kecil sedang asyik bermain dan sudah dapat dipastikan mainan yang ia miliki juga cukup banyak. Dalam memilih kado ulang tahun anak 3 tahun kali ini, Ibu bisa mulai pikirkan mainan yang sifatnya tak hanya untuk sekedar bermain namun dapat digunakan sebagai media edukasi atau belajar. 

Mainan edukatif juga dapat membantu mengurangi screen time si kecil karena bentuk dan warnanya yang menarik serta asyik untuk dimainkan.

4. Coba untuk Memilih Hadiah yang Awet

Anak 3 tahun tak hanya suka bermain, beberapa dari mereka juga tak luput dari rasa bosan dengan mainan yang ia miliki dan cenderung selalu menginginkan jenis lainnya. 

Memilih mainan dengan umur panjang atau awet sangat bermanfaat supaya ketika ia bosan, mainan tersebut tidak mudah rusak dan dapat dimainkan di lain waktu atau diturunkan kepada adik atau saudara lainnya kelak.

5. Pilih Mainan dengan Bahan Aman

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin anak kita bermain dengan mainan yang aman dan ramah anak. Sebelum memutuskan membeli mainan tersebut, bacalah kembali label mainan yang tertera apakah bebas BPA, ftalat, bahan mengandung PVC, bahan kimia, pewarna beracun, mudah terbakar, atau permukaan mainan yang kasar bahkan cenderung tajam.

6. Memilih Buku Sebagai Kado

Buku anak-anak dianggap sebagai barang yang paling aman diberikan sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun. Buku anak-anak sifatnya abadi sepanjang masa, dapat disimpan dengan mudah, dan suatu saat dapat dibaca kembali baik untuk siapa saja. 

Pilihlah buku anak dengan cerita yang seru seperti dongeng, pengenalan huruf, angka, hewan, sayur, buah, benda disekitar, dan masih banyak lagi. Buku gambar dan pensil mewarnai juga menjadi salah satu kado terbaik sepanjang masa karena hampir semua anak-anak sangat gemar menggambar atau mewarnai.

Ide Kado Ulang Tahun Anak 3 Tahun

Sedang bingung memilih kado ulang tahun anak 3 tahun untuk orang terkasih atau buah hati tercinta? Melansir dari laman The New York Times (Wirecutter) dan berbagai sumber, berikut ini adalah rekomendasi kado ulang tahun anak 3 tahun yang super seru dan tidak akan mengecewakan si kecil:

1. Counting Games Activity


Counting games merupakan salah satu permainan jenis board games yang cukup seru dan di luar negeri sendiri dikenal dengan Count your Chickens. Permainan ini juga dilengkapi flash card dan worksheet yang harus diisi oleh si kecil. 

Counting games activity akan membantu si kecil belajar berhitung, mengenal angka, mengenal warna, hewan, dan berbagai macam bentuk lainnya. Counting games activity ini dapat menjadi kado ulang tahun anak 3 tahun yang pas dan sangat bermanfaat. Kisaran harga yang ditawarkan untuk mainan ini adalah Rp 200,000an ke atas.

2. Dot Painting Mobee

Dot Painting Mobee adalah sebuah satu paket permainan melukis atau mewarnai yang dilengkapi dengan 6 spidol warna-warni, 1 buku aktivitas, dan sebuah tas unik untuk membawa semua perlengkapan mewarnai ini. 

Tak hanya merk ini saja, memberi kado ulang tahun anak 3 tahun berupa set alat melukis, menggambar, atau mewarnai dinilai akan lebih berguna dan menyenangkan ketimbang mainan pada umumnya. 

Satu set perlengkapan ini juga akan membantu mengasah kreativitas si kecil, mengasah bakat seninya, membantu imajinasinya bekerja lebih baik, dan sebagai sarana untuk membuatnya lebih rileks. Untuk jenis Dot Painting Mobee ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 150,000 per setnya.

3. Book & Jigsaws The Jungle


Buku impor yang satu ini didesain sangat lengkap tak hanya untuk dibaca atau berdongeng saja. Isi bukunya juga dilengkapi puzzle besar dengan 100 potongan yang cukup menantang dan membuat penasaran bagi anak usia tiga tahun ke atas. 

Buku best seller ini punya banyak varian dan Ibu bisa memilihkan sesuai dengan kegemaran si kecil. Buku ini sangat penuh dengan warna sehingga akan memanjakan mata buah hati Ibu. 

Namun bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, jadi Ibu bisa membantu si kecil membacakan dongeng dengan bahasa yang biasa Ibu gunakan untuk menambah kosakatanya. Harga yang dibandrol untuk buku ini cukup variatif dan mulai dari Rp 135,000.

4. Cake Cupcake Cutting Pretend Play Food Kit

Anak perempuan biasanya cenderung lebih suka mainan yang berkaitan dengan masak-masakan, make up, fashion, dan sejenisnya. Meskipun mainan ini bisa juga dimainkan oleh anak laki-laki tanpa terkecuali. 

Jika Ibu sedang bingung memilih kado ulang tahun anak 3 tahun perempuan, maka Cake Cupcake Cutting Pretend Play Food Kit ini adalah pilihan yang tepat. Mainan ini akan membuat anak perempuan Ibu seolah-olah sedang membuat kue, memotongnya, dan menyajikannya dengan sangat cantik. 

Permainan ini sangat bisa dimainkan lebih dari dua orang, maka Ibu bisa ikut terlibat bermain bersama si kecil nantinya. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp 170,000an.

5. Learning Resources Smart Snacks Alpha Pops Alphabet

Anak tiga tahun tak hanya akan tertarik dengan mainan saja, beberapa diantaranya tertarik dengan hal-hal edukatif yang membuat otak mereka aktif berpikir. Learning Resources Smart Snacks Alpha Pops Alphabet sangat cocok diberikan sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun yang sangat suka mengenal huruf atau alfabet. 

Mainan ini punya bentuk yang lucu dan unik yaitu es krim pops yang dilengkapi dengan bentuk huruf alfabet besar dan kecil untuk mengenalkan si kecil kepada bentuk dan jenis huruf alfabet yang banyak digunakan. Harga yang ditawarkan untuk satu set mainan ini mulai dari Rp 520,000 ke atas.

6. Musikal Books atau Story Sound Board Books

Mengenalkan anak dengan musik sedini mungkin akan berdampak baik untuk otaknya karena kreativitas dan jiwa seninya juga ikut terasah. Selain melukis, mewarnai, atau menggambar, memberikan musikal books sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun merupakan ide yang sangat cemerlang. 

Tidak ada anak-anak yang tidak menyukai musik ceria bukan? Musikal books atau Story Sound Board Books tersedia dengan beragam jenis seperti nyanyian, mengenal hewan, kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi. 

Buku jenis ini masih tersedia dalam bahasa Inggris saja karena merupakan buku impor sehingga harus dibantu Ibu supaya si kecil tetap mendapatkan asupan kosakata sesuai bahasa Ibu atau bahasa Indonesia pada umumnya. 

Musikal books sendiri sudah banyak beredar di marketplace Indonesia dengan harga yang variatif mulai dari Rp 110,000 atau bisa jadi lebih tergantung jenis buku yang diperjuabelikan.

7. Magnetic Letters & Numbers


Mengenalkan si kecil dengan huruf, angka, warna, dan bentuk sejak kecil tidak ada salahnya. Gunakan media yang lebih fun dan mudah dipahami oleh balita Ibu. Memberi Magnetic Letters & Numbers sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun adalah hal yang menguntungkan karena bisa dipakai hingga si kecil besar nanti. 

Selebihnya, Magnetic Letters & Numbers tetap bisa dipasang dan menghiasi kulkas Ibu di dapur kan? Setoples penuh berisi 80 pcs Magnetic Letters dan Numbers ini terbilang terjangkau yaitu kisaran Rp 60,000an ke atas.

8. Paw Patrol Parking Lot

Anak laki-laki Ibu atau kerabat dekat yang sedang berulang tahun sangat menyukai tokoh kartun Paw Patrol? Kalau begitu Paw Patrol Parking Lot ini sangat cocok diberikan sebagai kado ultah anak 3 tahun laki-laki. 

Mainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena anak diminta untuk menyusun seluruh parking lot terlebih dahulu sebelum bisa dimainkan. Selain membantu mengasah fokus si kecil, mainan ini juga ikut mengasah gerakan tangan, mata, dan pikiran si kecil. 

Permainan ini bisa dimainkan sendiri maupun dimainkan bersama-sama dengan kerabat lainnya. Harga yang ditawarkan untuk satu setnya adalah kisaran Rp 184,000 atau bisa berbeda di toko lainnya.

9. Mainan Montessori Early Learning Educational Mobil Luncur


Mainan yang satu ini dapat diberikan sebagai kado ultah anak 3 tahun laki-laki atau dapat juga diberikan sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun perempuan yang suka dengan otomotif (mobil). Mainan ini terbuat dari bahan kayu yang aman dengan finishing yang bagus sehingga tidak akan membuat kulit si kecil cedera. 

Warna-warna cerah yang ada pada mainan montessori satu ini akan membuat si kecil tertarik, membangun imajinasinya, dan membantu perkembangan motorik halus si kecil. Satu set permainan Mobil Luncur ditawarkan pada kisaran harga Rp 110,000 hingga Rp 118,000.

10. Tools Set (Alat Pertukangan atau Perkakas)

Kado ultah anak 3 tahun laki-laki berikut ini bisa jadi sebuah kado yang tak terlupakan bagi anak laki-laki yang suka dengan hal yang berkaitan dengan alat perkakas, alat pertukangan, atau keahlian seperti mekanik. 

Keahlian dalam pertukangan atau mekanik sederhana memang biasanya diharapkan dapat dilakukan oleh setiap laki-laki karena dikehidupan nyata, pekerjaan yang berhubungan dengan hal ini banyak dilakukan oleh para laki-laki, meskipun perempuan tetap boleh memiliki keahlian yang sama. 

Satu set tools mainan ini berisi bor mur, martil, tang jepit, tang kakak tua, penjepit pipa, penjepit kayu, sepasang mur baut, kunci mur, obeng, hingga rambu kerucut pembatas. 

11. Marble Bricks


Lego atau permainan susun menyusun memang sangat digemari oleh sebagian besar anak-anak. Tak terkecuali jenis permainan Marble Bricks yang mengharuskan si kecil menyusuk jalur yang akan dilewati bola terlebih dahulu. 

Permainan ini akan mengasah banyak hal seperti kreativitas, motorik, kesabaran, mengikuti aturan atau petunjuk, dan belajar menyelesaikan masalah yang ada. Marble Bricks terbuat dari bahan plastik yang aman dengan desain yang modern dan penuh warna sehingga pasti akan membuat si kecil menyukainya. 

Satu set permainan Marble Bricks juga cocok diberikan sebagai kado ulang tahun anak 3 tahun laki-laki maupun perempuan. Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 55,000.

12. Astronot Space Set

Si kecil punya cita-cita sebagai astronot atau sudah menyukai hal-hal berbau planet dan antariksa sejak dini? Astronot Space Set dapat menjadi salah satu referensi kado ulang tahun anak 3 tahun perempuan dan juga laki-laki. 

Ukuran mainan ini cukup besar sehingga sangat memuaskan untuk dimainkan sendiri maupun bersama-sama dengan teman lainnya. Mainan roket astronot ini juga terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak. Untuk satu set-nya dibandrol dengan kisaran harga Rp 115,000 atau bisa lebih.

13. Boneka Tangan atau Boneka Jari


Boneka tangan bisa jadi ide kado ulang tahun anak 3 tahun yang menarik karena bisa dijadikan sebagai media untuk berdongeng. Boneka tangan  atau jari tersedia dengan berbagai macam bentuk dari mulai hewan yang lucu atau karakter lainnya. 

Berdongeng dengan media boneka tangan atau jari sendiri akan membantu memperkaya kosakata si kecil terutama yang belum fasih berbicara. Ibu bisa pilihkan cerita dongeng yang seru dan ceria untuk membuatnya terkesan.

Editor: Dwi Ratih