Keluarga

14 Tempat Liburan Keluarga di Bandung, Anak Pasti Suka!

14 Tempat Liburan Keluarga di Bandung, Anak Pasti Suka!

Capek dengan suasana ibukota? Yuk, kita berlibur sejenak. Bagi warga ibukota, rutinitas yang padat dan waktu luang yang terbatas, Bandung bisa jadi tujuan wisata yang tepat. Bisa dibilang, Bandung cukup dekat dengan Jakarta, dan bisa dijangkau dengan mobil. 

Selain itu, jika membawa kendaraan pribadi, maka akan lebih mudah untuk mencapai satu tujuan wisata ke tujuan lainnya. Membawa mobil pribadi juga bisa menghemat ongkos di tempat tujuan. 

Di sisi lain, membawa mobil pribadi butuh tenaga dan kondisi kendaraan yang baik. Berikut tips traveling dengan kendaraan mobil.

  • Pastikan kondisi badan fit
    Usahakan Ibu dan Ayah cukup istirahat mulai dari beberapa hari sebelum melakukan perjalanan. Jangan berkendara di saat mengantuk dan bergantian jika mulai lelah. Manfaatkan rest area untuk tidur sejenak atau sekadar minum kopi.
  • Pastikan kendaraan dalam keadaan baik
    Kendaraan wajib dicek terlebih dahulu. Periksa bagian paling penting kendaraan, misalnya rem, tekanan ban, air radiator, dst. Jangan lupa, bawa surat-surat kendaraan dan perlengkapan penting misalnya ban serep.
  • Utamakan keselamatan
    Mari hilangkan kebiasaan ‘menggunakan sabuk pengaman karena takut ada petugas’, karena memakai sabuk pengaman adalah untuk keselamatan diri. Untuk anak yang lebih kecil, disarankan untuk menggunakan carseat. Selain itu, penting banget untuk tidak menggunakan ponsel selama mengemudi. 
  • Membawa cukup bekal
    Jangan lupa, bawa makanan dan minuman untuk di perjalanan, apalagi jika bersama dengan anak. Disarankan juga, untuk membawa bantal misalnya, agar anak bisa beristirahat di mobil dengan nyaman.

Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga di Bandung

Tubuh dan kendaraan sudah siap? Nih, kami berikan rekomendasi tempat liburan keluarga di Bandung. 

1. Plataran Kampung Korea


Photo source: nativeIndonesia

Penasaran pengin melihat suasana ala Korea? Di Bandung ada Little Seoul atau Plataran Kampung Korea. Di sini, Ibu bisa berfoto menggunakan pakaian tradisional Korea dengan suasana Korea. Selain itu, juga tersedia tempat untuk belajar tentang huruf dan bahasa Korea. 

Yuk, masukkan Plataran Kampung Korea ke dalam list liburan Ibu dan keluarga. Catat, nih, alamatnya berada di Jl. Banten No. 7 Kebon Waru, Kec. Batununggal.

2. Centrum Million Balls

Mau ajak anak berlibur ke Bandung? Jangan lupa mampir ke Centrum Million Balls yang berada di Jl. Belitung No. 10 Merdeka. Ini adalah tempat mandi bola yang terbesar di Indonesia dan punya banyak spot foto menarik. 

Selain Centrum Million Balls, Ibu juga bisa menghampiri lokasi wisata lainnya yaitu Rabbit Town dan This Is Me, karena ketiga tempat wisata ini berada dalam satu lokasi. Untuk baca informasi lainnya, silakan cek akun IG berikut.

3. Dago Dreampark


Photo source: travelspromo

Yuk, menghirup udara yang bersih dan sejuk sembari melakukan wisata alam. Hal ini bisa dilakukan di Dago Dreampark, yang bertempat di Jl. Dago Giri KM. 22 Mekarwangi, pagerwangi, Lembang. Di sini, Ibu bakal disuguhkan hijaunya pemandangan hamparan hutan pinus. 

Nggak hanya menikmati alam, tapi di sini juga menyediakan berbagai wahana yang seru. Untuk anak misalnya, ada wahana Geared Up, yaitu tempat anak bermain sepeda sambil mengelili hutan pinus. 

Biaya masuk wahana ini, hanya Rp40.000. Catatan, minimal umur anak adalah 5 tahun, untuk memasuki wahana ini. Buat Ibu, di sini ada banyak sekali spot foto. Untuk melihat informasi lainnya, langsung saja klik di sini.

4. Kota Mini Lembang

Katanya, ini adalah salah satu lokasi wisata yang paling laris untuk berfoto. Di sini, bangunan unik berjajar rapi. Serunya, di dalam setiap rumah yang ada, ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Misalnya, berfoto dan bermain ala masyarakat Belanda, bermain menjadi juru masak hingga pemadam kebakaran. 

Jadi, tidak cuma untuk berfoto saja, tempat wisata ini juga ditujukan sebagai sarana untuk meningkatkan minat anak pada beragam profesi. Bagi Ibu yang suka dengan kucing, di sini ada arena khusus untuk bermain bersama kucing. Kota Mini Lembang ini berada di dalam kawasan Floating Market.

5. Orchid Forest Cikole


Photo source: bobobox

Salah satu rekomendasi tempat liburan keluarga di Bandung lainnya, yaitu Orchid Forest Cikole. Ini adalah salah satu lokasi wisata alam yang sedang naik daun di Bandung. Dengan luas 13 hektar, lokasi ini memiliki sekitar 20.000 jenis bunga anggrek yang nggak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga dari beberapa negara lainnya, seperti Peru, Argentina, Filipina, dst. 

Jadi, tempat ini pas banget, ya, untuk Ibu yang pengin belajar banyak tentang bunga anggrek. Anak-anak pun bisa belajar tentang jenis bunga anggrek serta bagaimana cara merawatnya. 

Selain itu, anak-anak juga bisa mengunjungi Rabbit Playground. Orchid Forest Cikole yang disebut-sebut sebagai hutan paling instagramable di Bandung ini, punya banyak sekali spot foto menarik, salah satunya adalah Garden of Light. 

Untuk masuk ke sini, dikenakan biaya Rp40.000 per orang, biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya beberapa wahana. Karena udara di Orchid Forest Cikole cukup dingin, jangan lupa menggunakan pakaian yang sesuai, ya. 

6. Rumah Mode Bandung

Apa yang paling Ibu ketika berwisata? Pastinya, berbelanja, dong. Factory outlet, adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Bandung. Rumah Mode Bandung, FO yang luas ini punya banyak banget pilihan untuk Ibu dan keluarga. 

Selain pusatnya membeli pakaian, di sini juga menjual mainan, perlengkapan sekolah anak, ada pula restoran dan tempat untuk membeli oleh-oleh. Mau berbelanja ke sini? Datang saja ke Jl. Dr. Setiabudi No. 41, Pasteur.

7. De Ranch Lembang


Photo source: javatravel

Ya, De Ranch Lembang ini adalah salah satu rekomendasi tempat liburan keluarga di Bandung yang terkenal sejak lama. Awalnya, ini adalah lokasi pemeliharaan kuda tunggang dan sapi perah. Karena beberapa hal, tempat ini akhirnya ‘disulap’ menjadi area wisata. 

Tempat ini, pas banget untuk mengajak anak menikmati aktivitas luar ruangan. Di sini, anak bisa menunggang kuda. Jangan khawatir, karena kuda yang ada di sini jinak, loh. Jika takut, bisa juga mengajak anak jalan-jalan naik delman. De Ranch ini berlokasi di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang.

8. Paskal Food Market

Jalan-jalan, belum lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Pengin melihat pilihan makanan yang beragam? Datang saja ke Paskal Food Market. Di sini, tersedia sekitar seratus penjual makanan dengan harga yang terjangkau. Nah, karena memiliki konsep ruang terbuka, tempat ini bisa menjadi pilihan yang bijak di masa pandemi ini. 

9. The Great Asia Afrika


Photo source: tribun kaltim

Suka hunting lokasi foto yang menarik, Bu? Maka jangan lupa kunjungi The Great Asia Afrika yang terletak di Jl. Raya Lembang No. 71, Gudangkahuripan, berseberangan dengan Farmhouse Lembang. 

Meskipun belum lama dibuka, tapi tempat ini sudah jadi tempat liburan keluarga di Bandung yang selalu padat pengunjung, terutama area Korea. Betul, mirip dengan Plataran Kampung Korea, di sini Ibu bisa melihat keragaman budaya dari tujuh negara, mulai dari rumah tradisional hingga kebiasaan (adat) dari negara-negara tersebut. 

10. Jendela Alam

Ibu pengin mengutamakan kegiatan anak pada liburan kali ini? Jendela Alam bisa menjadi salah satu kandidatnya. Dengan konsep wisata edukasinya, nggak heran kalau lokasi ini seringkali menjadi tujuan field trip. 

Ada beberapa kegiatan yang bisa anak lakukan di sini. Contoh, mengunjungi area tanaman obat, area hidroponik, mengunjungi area kuda poni, reptil hingga rusa. Selain itu, anak juga punya kesempatan untuk belajar berkebun, memanen tomat dan kegiatan menarik lainnya. 

Berminat mengajak anak ke sini? Langsung saja kunjungi Jendela Alam di Komplek Graha Puspa, Cihideung, Kec. Parongpong.

11. Glamping Legok Kondang Lodge


Photo source: travelspromo

Kangen liburan ke Bali tapi belum ada kesempatan lagi? Ke Bandung saja, yuk. Di sini, Ibu dan keluarga bisa menikmati glamping, di suasana alam yang dijamin nggak kalah keren dengan yang ada di Bali. 

Glamping Legok Kondang Lodge, dikelilingi indahnya area hutan Gunung Patuha, tepatnya di Jl. Raya Ciwidey, Patenggang KM 39. Serunya, di setiap tenda, punya keunggulan view masing-masing, misalnya perkebunan, citylight atau kolam renang pribadi. 

Tidak hanya untuk Ibu, glamping di sini juga seru untuk anak. Anak bisa bermain air sambil menangkap ikan hingga memberi makan rusa. Untuk biaya sewa tenda di sini, mulai dari sekitar Rp1.650.000 hingga Rp4.000.000. Klik di sini untuk melihat keseruan glamping di Legok Kondang. 

12. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang yang ada di Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, ini, juga merupakan tempat wisata, bagi Ibu yang ingin menikmati suasana ala Eropa. Di sini, Ibu dan keluarga bisa berfoto memakai pakaian tradisional belanda, biaya sewa pakaian ini terpisah, ya, dari tiket masuk. 

Selain bangunan ala Eropa, Ibu juga bisa berfoto di wahana Rumah Hobbit. Buat Ibu dan Ayah, juga bisa berfoto berdua di wahana Gembok Cinta ala Korea. Setelahnya, jangan lupa untuk mengajak anak untuk melakukan wisata edukasi. Di sini, anak bisa berinteraksi dengan aneka satwa, misalnya domba, iguana, kelinci, dst. 

Dikarenakan ini adalah salah satu tempat liburan keluarga di Bandung yang paling ramai, maka disarankan datang tidak pada hari libur. Nah, dengan berlibur ke sini, anggaplah sudah berlibur ke beberapa negara sekaligus, ya.

13. The Drum Room Blackbird Hotel


Photo source: pingpoint

Sudah punya rencana destinasi liburan keren, hotel tempat Ibu akan menginap, juga harus keren, dong. Blackbird Hotel bisa jadi pilihan Ibu. Di tahun 2020 kemarin, Blackbird Hotel menyediakan fasilitas baru, yang kamar yang berbentuk drum, atau The Drum Room. 

Bangunan berbentuk lingkaran ini terdiri dari 2 lantai, yaitu lantai pertama untuk kamar tidur dan lantai 2 untuk kamar mandi yang luas. Silakan dicatat, hotel unik Bandung ini beralamat di Jl. Terusan Sersan Bajuri No.9, Cihideung, Kec. Parongpong.

14. Rumah Guguk

Bagi pecinta hewan, khususnya anjing, jangan lupa mampir jika ke Bandung, ya. Di Jl. Lestari No. 23, Kec. Cidadap, Isola, Sukasari. Sebetulnya, tempat ini adalah tempat pelatihan anjing dan petshop, di mana Ibu bisa membeli anjing dan segala kebutuhan perawatannya. 

Ibu juga bisa melihat hewan yang sedang ‘didandani’, bisa membawa anjing peliharaan Ibu untuk diajak bersama anjing yang ada di sini. Terdapat 2 area main, yaitu area bermain dengan anjing besar dan kecil, untuk masuk ke area bermain inilah yang bakal dikenakan biaya. 

Selain bermain, anjing-anjing di sini juga bisa diajak berfoto bersama. Lebih lengkap, lihat situsnya di sini.

Masih banyak lagi tempat liburan keluarga di Bandung yang bisa dikunjungi, tinggal menyesuaikan dengan minat Ibu dan keluarga.

Editor: Dwi Ratih