Rekomendasi

15 Cafe Outdoor di Bandung Bikin Adem Hati dan Pikiran

15 Cafe Outdoor di Bandung Bikin Adem Hati dan Pikiran

Cafe outdoor di Bandung sudah makin menjamur, mulai dari yang menawarkan menu makanan atau minuman super enak, hingga pemandangan atau suasana yang menenangkan hati. 

Selain memiliki landscape yang bagus dengan cuaca yang hampir selalu sejuk, Kota Bandung sendiri memang sudah terkenal dengan berbagai macam olahan kuliner yang menggiurkan. 

Tak heran bila cafe outdoor di Bandung dapat menjadi salah satu ladang bisnis paling menjanjikan hingga saat ini. 

Manfaat Istirahat Sejenak dari Rutinitas


Hampir semua orang setuju bahwa rutinitas dan segudang intriknya akan selalu membuat lelah serta penat tiada akhir. Kita sebagai manusia disarankan untuk memiliki waktu luang atau waktu bersantai sejenak supaya produktivitas tetap terjaga dengan baik. 

Tak hanya orang kantoran saja, peran Ibu menjadi salah satu pekerjaan sekaligus kewajiban yang memungkinkan untuk bekerja 24 jam selama 7 hari penuh. Lalu apa manfaatnya bagi Ibu untuk punya waktu istirahat? 

Mengutip dari laman New York Metro Parents, berikut ini ada beberapa alasan tepat mengapa Ibu juga butuh rileks sejenak!

1. Istirahat untuk Mengurangi Kadar Stress

Stress memang sangat akrab pada siapapun, bahkan bayi atau anak-anak juga dapat merasakannya. Bagi orang dewasa, stress dapat membuat banyak hal menjadi kacau, seperti tidak fokus, atau banyak pekerjaan yang terbengkalai. 

Salah satu hal yang paling pas untuk mengurangi kadar stress adalah punya me time atau waktu luang meski hanya sejenak. 

Melansir dari laman WebMD, stress yang tidak terkendali dapat menyebabkan parental burnout atau kelelahan yang terjadi pada orang tua sehingga mungkin sekali Ibu ingin menjauh dari anak-anak, merasa menjadi orang tua yang tidak layak, atau merasa menjadi orang tua yang tidak berguna. 

Bila dibiarkan, ini akan mengakibatkan kesehatan mental terganggu.

2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut Dr. Lombardo, sebuah penelitian pada bidang psikoneuroimunologi yaitu ilmu yang mempelajari pengaruh pikiran terhadap kesehatan dan ketahanan terhadap penyakit, mengungkapkan bahwa stress dapat membuat Ibu mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. 

Dengan istirahat sejenak atau melakukan me time, maka kekebalan tubuh juga akan semakin meningkat dan terjaga sehingga kesehatan tubuh juga terpelihara dengan maksimal.

3. Membantu Mencegah dan Meredakan Nyeri Kronis

Stress yang tidak segera diatasi akan menyebabkan sakit dan nyeri pada tubuh kita. Dr. Lombardo juga mengungkapkan, kebanyakan dari mereka yang sering merasa sakit dan nyeri karena mereka mengabaikan waktu istirahat tubuhnya dan terus memforsir seluruh pekerjaannya. 

Istirahat sangat bagus untuk mencegah dan meredakan nyeri kronis!

4. Mencegah Munculnya Pikiran Negatif

Ketika tubuh terlalu lelah secara fisik dan psikis, maka respon pikiran juga terganggu karena Ibu cenderung akan selalu berpikir dan menanggapi banyak hal secara negatif. Ibu menjadi lebih mudah marah, mudah kesal, hingga tersinggung. 

Bila ini terjadi, maka tandanya Ibu harus meluangkan waktu untuk istirahat.

5. Waktu Tidur Malam Berkualitas

Kelelahan belum tentu akan membuat Ibu tertidur lelap dan bangun dengan segar, justru sebaliknya, kelelahan yang semakin menumpuk akan membuat waktu tidur malam berkualitas Ibu hilang begitu saja. 

Waktu tidur malam yang berkualitas menjadi satu hal yang penting karena Ibu harus bangun pagi-pagi dan mengulangi rutinitas dari awal dengan perasaan yang seharusnya bahagia atau kondisi tubuh yang segar. Sempatkan diri untuk me time atau istirahat yuk Bu!

Rekomendasi Cafe Outdoor di Bandung

Sedang butuh refreshing? Pergi ke cafe outdoor di Bandung bisa jadi satu solusi tepat lho Bu! Sebelum memutuskan, berikut ini ada beberapa rekomendasi cafe outdoor di Bandung yang cocok untuk melepas penat atau sekedar mengisi waktu luang sebelum menjemput si kecil dari sekolah!

1. Cafe Sudut Pandang


Photo source: pikiran rakyat

Cafe Sudut Pandang telah menjadi salah satu cafe outdoor Bandung 2021 yang paling hits untuk kalangan milenial maupun keluarga. 

Cafe ini menawarkan suasana yang beda dari biasanya karena tak hanya berfokus pada konsep cafe outdoor di Bandung saja, namun juga desain outdoor yang instagramable! Arsitektur dan desain cafe ini sangat juara! 

Tak hanya itu saja, harga makanan dan minuman juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 20,000 hingga Rp 100,000. 

Alamat: Jl. Pagermaneuh, RT.05/RW.07, Pagerwangi, Lembang, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 21.00)

2. Hara Cafe & Resto


Photo source: traveloka

Pergi ke cafe outdoor di Bandung sama artinya dengan mengumpulkan banyak stok foto untuk konten instagram karena hampir setiap cafe outdoor Bandung 2021 yang sedang hits punya spot foto super keren, salah satunya adalah Hara Cafe & Resto. Di sini punya ciri khas tempat ngopi dengan desain interior dan semi outdoor yang ciamik! Dikatakan semi outdoor karena memang tempat ngopi di sisi luar tak sepenuhnya terbuka namun terdapat sebuah bangunan rumah kaca yang menarik. Hara Cafe & Resto ini menyajikan banyak menu yang lezat dan nikmat baik cita rasa lokal maupun internasional. Siap mencoba?

Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.62, Sukarasa, Kec. Sukasari, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (11.00 – 20.00)

3. Mendjamu Cafe


Photo source: bobobox

Berbagai macam cafe outdoor Bandung 2021 telah menjamur di kota Ini, uniknya mereka semua memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya Mendjamu Cafe. Cafe outdoor di Bandung yang satu ini sedikit berbeda karena menawarkan sensasi nongkrong sambil minum jamu yang menyehatkan! 

Racikan minuman jamu disini juga cukup variatif dengan harga yang terjangkau banget. Untuk Ibu yang tidak terlalu menyukai jamu, cafe ini juga menyediakan minuman lain seperti teh ataupun kopi.

Alamat: Jalan Sukaresmi No. 5, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung 40162

Jam Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 21.00)

4. Delapan Padi


Photo source: cafe resto diary

Cafe outdoor di Bandung memang tak ada duanya! Konsep desain yang ditawarkan seringnya membuat pengunjung takjub dan betah berlama-lama nongkrong serta mengambil foto di setiap sudutnya. Cafe Delapan Padi menjadi salah satu cafe dengan desain indoor dan outdoor yang super kece. 

Yang membuatnya makin unik adalah desain tempat duduk berbentuk ayunan yang bisa dimainkan. Mengajak si kecil pasti lebih seru ya! Harga makanan mulai dari Rp 18,000 dan minuman mulai dari Rp 7,000 saja!

Alamat: Jl. Dipati Ukur No.8, Lebak gede, Coblong, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Kamis (06.30 – 22.00); Jumat – Minggu (06.30 – 23.00)

5. Sydwic Cafe


Photo source: pergikuliner

Cafe outdoor di Bandung dengan konsep tidak terlalu terbuka namun masih bisa menghirup udara segar dan disinari cahaya matahari dapat ditemui di Sydwic Cafe. Selain punya menu makanan yang lezat ala western dan lokal, Sydwic Cafe juga berada di tempat strategis dekat dengan Gedung Sate. 

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30,000an ke atas.

Alamat: Jl. Cilaki No.63, Citarum, Bandung Wetan. Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 21.00)

6. Orofi Café by The Valley


Photo source: RoomMe

Cafe outdoor di Bandung dengan nuansa dan atmosfer Santorini Yunani juga dapat Ibu temukan di Orofi Café by The Valley. Bangunan serba putih, tanaman yang serba hijau, dan pemandangan matahari tenggelam adalah perpaduan khas nan romantis di cafe yang satu ini. 

Menu masakan western yang lezat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30,000 dan minuman mulai dari Rp 22,500. 

Alamat: Jl. Lembah Pakar Tim. No.99, Ciburial, Cimenyan, Bandung. 

Jam Operasional: Senin – Jumat (16.00 – 23.00); Sabtu – Minggu (11.30 – 23.00)

7. One Eighty Coffee 


Photo source: trivindo

Hampir semua cafe outdoor di Bandung punya konsep out of the box! Rasanya seperti tak akan pernah habis mengisi setiap akhir pekan mengunjungi cafe-cafe ini. Salah satu yang menarik adalah One Eighty Coffee dengan konsep menikmati makanan dan minuman langsung di atas kolam renang. 

Jangan lupa melepas alas kaki dan membawa baju ganti terutama untuk si kecil karena anak-anak sudah pasti akan menikmatinya dengan cara berenang atau bermain air di sekitar area makan. Nggak mau basah? Tenang saja Bu, cafe ini punya indoor yang juga kece! Harga menu yang ditawarkan mulai dari Rp 24,000.

Alamat: Jl. Ganesha No. 3, Bandung.

Jam Operasional: Minggu – Kamis (08.00 – 23.00); Jumat – Sabtu (08.00 – 24.00)

8. Mana Cafe


Photo source: traveloka

Mana Cafe digadang-gadang menjadi salah satu cafe outdoor di Bandung yang punya tempat seasyik cafe-cafe di Korea Selatan. Hamparan ilalang yang terangkai manis dan berada di sekitaran cafe seringkali menjadi spot foto instagramable bagi para pengunjung. 

Beberapa juga pernah ada yang mengabadikan momen sakral pernikahan mereka dengan konsep outdoor di sini. Menu makanan dan minumannya tak diragukan juga kelezatannya! Harga makanan dibanderol mulai dari Rp 20,000 dan minuman mulai dari Rp 10,000.

Alamat: Jl. Cibengang No.17, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (11.00 – 22.00)

9. HaloJae Cafe


Photo source: pinhome

HaloJae Cafe menjadi salah satu cafe outdoor di Bandung dengan tempat yang sedikit menyelinap dan jauh dari jalan besar. Meskipun penuh perjuangan untuk menggapai tempat ini, namun semuanya terbayarkan karena Ibu bisa melewatkan waktu senggang di sini dengan suasana sejuk, teduh, dan santai. 

Tak hanya cafe, di sini juga ada penginapan yang bisa di sewa kapanpun! Menu-menu lezatnya dibanderol mulai dari Rp 8,000 ke atas ya!

Alamat: Jl. Buniwangi No. 68, Dago Atas, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 18.00)

10. Taman Kardus Cafe


Photo source: SINDOnews

Apa benar Taman Kardus Cafe ini terbuat dari kardus? Benar sekali Bu! Salah satu keunikan cafe outdoor di Bandung ini adalah semua meja, kursi, serta ornamen yang ada di sini terbuat dari kardus yang mampu menopang berat hingga 300 kg. 

Mau menikmati secangkir teh di ruangan dalam atau di luar tidak jadi masalah karena keduanya mengusung tema yang keren serta cantik! Harga makanan di sini dibanderol mulai dari Rp 19,000 dan untuk minuman mulai dari Rp 8,000.

Alamat: Jl. Sersan bajuri no.102. Green Forest resort, Cihideung, Parongpong, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 22.00)

11. Kalpa Tree Dine and Chill


Photo source: dolanyok

Menikmati menu makanan khas Negara Barat dan Nusantara di tengah-tengah kolam renang bisa Ibu temukan di Kalpa Tree Dine and Chill. Jangan takut basah kuyup! Cafe outdoor di Bandung yang satu ini sangat unik karena desain tempat makan yang membelah hamparan luas kolam renang dengan warna biru yang menyegarkan. 

Konsep bangungan cafe dipenuhi dengan dinding serba kaca yang menjadikan cafe ini memiliki tempat yang megah dan luas. Menu yang ditawarkan mulai dari Rp 35,000 ya.

Alamat: Jl. Kiputih No.37, Ciumbuleuit, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Sabtu (09.00 – 22.00); Minggu (08.00 – 22.00)

12. Cafe D’Pakar


Photo source:icha khairisa

Ingin menikmati suasana cafe outdoor di Bandung yang berada di ketinggian dengan pemandangan pegunungan? Saatnya Ibu mengunjungi Cafe D’Pakar yang berada di dataran tinggi Dago. Letaknya sedikit jauh dari pusat kota sehingga bebas dari suasana hiruk pikuk yang membuat penat. 

Ibu bisa juga mengajak keluarga tercinta untuk berlibur ke sini ya! Menu makanan dan minuman yang ditawarkan adalah menu Nusantara yang menggugah selera, mulai dari Rp 12,000 saja!

Alamat: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Cimenyan, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Jumat (11.00 – 18.00); Sabtu – Minggu (09.00 – 21.00)

13. Lalune Cafe


Photo source: traveloka

Bila sedang berkunjung ke daerah Cidadap, jangan lupa mampir ke cafe outdoor di Bandung bernama Lalune ya. Di sini menu makanan ala western disajikan dengan sangat apik bak hotel berbintang lima dengan rasa yang sama lezatnya. 

Bagi anak-anak muda yang ingin bersantai sembari menyelesaikan tugas, arena indoor maupun outdoor di sini bikin betah dan sangat nyaman. Tersedia juga area rooftop untuk menikmati waktu senja bersama orang tercinta. Harga makanan dan minuman mulai dari Rp 27,000an ke atas.

Alamat: Jl. Hegarmanah No.12, Hegarmanah, Cidadap, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (07.30 – 23.00)

14. Aspasia Coffee


Photo source: wisatabloid

Menikmati hangatnya secangkir kopi dan teh di tengah hutan yang asri nan sejuk dapat dirasakan di cafe outdoor di Bandung seperti Aspasia Coffee. Di sini, Ibu akan merasa tenang dan rileks karena letak cafe ini jauh dari hiruk pikuk kota Bandung. 

Saat duduk santai, tampak pemandangan pohon pinus yang berjejer rapi dan menambah suasana semakin syahdu. Menu makanan dan minuman dibanderol mulai dari Rp 17,000!

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu Raya, Cikole, Lembang, Bandung Barat (KM 8).

Jam Operasional: Senin – Jumat (09.00 – 18.00); Sabtu – Minggu (08.00 – 19.00)

15. Armor Kopi


Photo source:blackxperience

Lagi-lagi cafe outdoor di Bandung berikut ini menawarkan sensasi minum kopi di tengah Hutan yang asri, nyaman, dan sejuk. Menghirup udara segar di sini sangat menenangkan sambil ditemani dengan suara kicauan burung dan suara dedaunan yang saling beradu saat terkena tiupan angin semilir. 

Armor Kopi berhasil membuat para penggemar kopi betah duduk berlama-lama disini karena selain suasana yang syahdu, berbagai macam menu makanan dan minuman lezat di sini sangat terjangkau!

Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara No.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung.

Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 20.00)

Editor: Dwi Ratih