Keluarga

15 Spot Foto di Jakarta yang Instagenic dan Menakjubkan!

15 Spot Foto di Jakarta yang Instagenic dan Menakjubkan!

Spot foto di Jakarta cukup banyak bertebaran di berbagai sudut kotanya dengan berbagai macam ciri khasnya. Spot foto di Jakarta biasanya digunakan untuk beragam kepentingan misalnya acara foto prewedding calon pengantin, foto keluarga, hingga foto yang sifatnya komersial untuk sebuah brand atau usaha tertentu. 

Kalau dulu fotografi masih menjadi suatu hal yang langka, maka di dunia digital saat ini, seni fotografi telah menjadi salah satu hal yang berkembang pesat dari mulai hobby hingga untuk kepentingan komersil.

Sejarah Singkat Fotografi Dunia dan Indonesia


Melansir dari laman Jurnal UAJY, fotografi sudah ada sejak 1000 M lalu kemudian berkembang dan pada tahun 1400 M, Battista Della Porta berhasil menemukan prinsip kerja kamera untuk pertama kalinya dan dikenal dengan Camera Obscura. 

Seiring berkembangnya zaman, pada tahun 1824, Joseph Nieephore Niepee berhasil memperkenalkan “Foto” untuk pertama kalinya kepada dunia. Foto pertama kali ditemukan tak sebagus saat ini oleh karenanya, penelitian terhadap “Foto” ini terus dilakukan hingga pada tanggal 25 Januari 1839, William Henry Fox Talbot (Ilmuwan Inggris) menemukan fotografi modern.

Sementara itu, fotografi di Indonesia berhasil dikembangkan pertama kali oleh seorang fotografer Indonesia pertama bernama Kassian Cephas. Pemuda kelahiran Januari 1845 ini memiliki studio pribadi di kota Yogyakarta dan beliau merupakan “Pemotret Resmi” di Kraton Yogyakarta.

Rekomendasi Spot Foto di Jakarta yang Keren

Menilik perkembangan dunia fotografi dari belakang hingga kini memang sangat menjanjikan. Seakan-akan semua orang tak bisa lepas dari berfoto ria meskipun tidak menggunakan kamera profesional. 

Banyak di antara kita yang sengaja mencari tempat wisata atau tempat liburan dengan konsep instagenic atau memiliki sejumlah spot foto yang keren, salah satunya spot foto di Jakarta yang tak pernah sepi pengunjung. 

Berikut ini rekomendasi spot foto di Jakarta yang bisa Ibu kunjungi bersama sahabat ataupun keluarga tercinta, dilansir dari berbagai sumber:

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Photo source: santaibanget

Ke Jakarta rasanya kurang lengkap bila tak sempat berkunjung ke TMII alias Taman Mini Indonesia Indah yang sangat bagus untuk dijadikan spot foto di Jakarta Timur dan sekaligus dapat dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. 

TMII merupakan kawasan wisata yang kental dengan budaya Indonesia lho, dari mulai rumah adat, baju adat, anjungan daerah, hingga danau besar yang dilengkapi dengan miniatur kepulauan Indonesia. Spot foto di Jakarta yang satu ini rasanya nggak akan ada habisnya!

Alamat: Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia

2. Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia menjadi salah satu spot foto di Jakarta Timur yang pasti dinantikan serta didambakan buah hati tercinta, terutama bila mereka sangat menyukai karakter princess dan prince bak negeri dongeng. 

Bentuk istana yang mirip seperti di cerita buku dongeng si kecil ini adalah salah satu daya tarik dan sering kali dijadikan spot foto yang istimewa. Selain itu, ada banyak wahana seru dan penuh edukasi saat Ibu mengajak si kecil memasuki istana tersebut lho. Penasaran? Ajak si kecil menghabiskan akhir pekannya di sini yuk!

Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

3. Kawasan Kota Tua Jakarta


Photo source: detiktravel

Spot foto di Jakarta Barat yang menampilkan suasana Jakarta tempo dulu salah satunya adalah kawasan Kota Tua Jakarta yang juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama. Spot foto di Jakarta seperti Kota Tua ini nggak Cuma di satu tempat ini saja. 

Ibu dan keluarga bisa menyewa sepeda ontel jadul untuk menyusuri kawasan ini dan berburu foto di tempat-tempat instagramable seperti Toko Merah, Jembatan Kota Intan, Museum Wayang, Stasiun Jakarta Kota, Kantor Pos Kota Tua, Pelabuhan Sunda Kelapa, hingga berbagai macam bangunan tua yang masih terawat dengan baik. 

Bagi Ibu dan keluarga yang datang dari luar kota, untuk menyusuri kawasan Kota Tua yang bersejarah ini bisa dipandu dengan Tour Guide juga lho.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, RT 07/ RW 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

4. Monumen Nasional (Monas)

Siapa sih yang nggak kenal Monas atau Monumen Nasional? Setiap wisatawan yang datang ke Ibu Kota hampir tidak pernah melupakan spot foto di Jakarta Pusat yang satu ini. Letaknya tidak jauh dari stasiun gambir dan beberapa tempat penting lainnya karena terletak di jalan utama Ibu Kota. 

Tidak sulit untuk menemukan tempat yang satu ini, sehingga banyak transportasi yang dapat menjangkaunya. Main ke sini yuk?

Alamat: Gambir, Central Jakarta City, Jakarta

5. House of Sweets


Photo source: republika

House of Sweets sedang banyak digandrungi warga DKI dan sekitarnya karena merupakan salah satu spot foto di Jakarta Selatan yang instagramable serta kekinian. Tempat ini sengaja didirikan untuk mereka semua yang suka mengabadikan momen melalui fotografi. 

Tema yang diusung juga sama dengan namanya, rumah yang manis! Di sini kita akan disuguhkan dengan banyak ruang foto penuh warna yang dihiasi berbagai macam makanan atau minuman manis. Sayangnya saat ini sedang tutup sementara untuk persiapan kejutan manis yang akan datang.

Alamat: Mall Pacific Place Jakarta. Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan.

6. Area Taman Menteng

Spot foto di Jakarta Pusat berikutnya adalah Taman Menteng! Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat ini, taman Menteng tak hanya sekedar taman hijau di tengah kota saja, namun juga terdapat bangunan ikonik berbentuk seperti rumah kaca yang sering kali dijadikan spot foto di Jakarta yang kekinian. 

Area in juga dilengkapi dengan taman bermain anak-anak, lapangan futsal, dan lapangan basket.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

7. Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan)


Photo source: liputan6

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum Macan ini merupakan salah satu spot foto di Jakarta Barat yang ciamik. Bagi mereka yang cinta dengan seni, Museum Macan merupakan museum yang memiliki konsep seni kontemporer dan modern yang menyajikan berbagai seni dari banyak negara. 

Tak hanya akan mendapatkan ilmu baru tentang seni saja, di sini tersedia spot foto instagramable yang menakjubkan juga lho!

Alamat: AKR Tower Level M. Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk. Jakarta Barat.

8. Kawasan Sudirman

Kawasan Sudirman kabarnya menjadi salah satu spot foto di Jakarta Selatan yang dinantikan para kaum milenial. Tak hanya kesan elit dan berkelas saja, kawasan Sudirman sudah sangat terkenal dengan kemegahan gedung-gedung yang menjulang tinggi serta kebersihan lingkungan yang sudah tidak diragukan lagi. 

Kawasan ini juga diklaim mampu bersaing dengan kawasan kota-kota maju di berbagai belahan dunia lainnya. Nggak hanya kawasannya saja yang bagus untuk dijadikan objek foto, JPO atau Jembatan Penyeberangan Orang juga bisa menjadi salah satu spot foto di Jakarta yang super keren. 

Melansir dari laman Liputan 6, beberapa diantara JPO kekinian dan sedang hits adalah JPO Gelora Bung Karno, JPO Bundaran Senayan, dan JPO Dukuh Atas. Ada yang sudah pernah mencobanya?

Alamat: Jalan Jend. Sudirman. Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

9. Stasiun MRT Thamrin


Photo source: detikfinance

Ingin berburu spot foto di Jakarta yang kekinian dan lagi hits banget? 

Nggak salah kalau Ibu memilih area stasiun MRT yang masih baru ini! Stasiun MRT Jakarta resmi dioperasikan pada tahun 2019 dan melayani berbagai macam rute dan berhenti di sejumlah stasiun MRT seperti Dukuh Atas BNI, Bundaran HI, Fatmawati, Istora Mandiri, Senayan, Benhil, dan masih banyak lagi. 

Melansir dari laman Kompas, nantinya Stasiun MRT Thamrin digadang-gadang dapat menjadi salah satu spot foto di Jakarta Pusat yang keren sekaligus menjadi ikon baru kota Jakarta nih!

Alamat: Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat

10. Museum MOJA

Lagi-lagi Ibu kota menawarkan spot foto di Jakarta Pusat yang menawarkan suasana indoor penuh warna dan sangat kreatif. Museum MOJA menawarkan berbagai macam spot foto indoor dengan berbagai macam tema yang pastinya akan menghasilkan jepretan menakjubkan. 

Meskipun harga tiket-nya terbilang sedikit mahal, namun sebanding dengan hasil foto yang pastinya akan anti mainstream!

Alamat: Gelora Bung Karno Sports Complex, Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda No.1, RT.1/RW.3, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

11. Sunset Pantai Ancol


Photo source: MNCTrijaya

Ke Ancol rasanya belum afdol kalau belum menyambangi tepi Pantai Ancol yang tampak semakin cantik dan tertata rapi. Di sini, Ibu tak hanya dapat menikmati suasana pantai dengan ombak yang tenang dan landai saja, tapi ada sunset indah yang biasanya menjadi salah satu spot foto di Jakarta Utara yang cukup terkenal. 

Di kawasan ini juga dilengkapi dengan beragam restoran dengan cita rasa khasnya masing-masing.

Alamat: Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

12. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove PIK atau kawasan ekowisata mangrove PIK merupakan salah satu destinasi wisata dengan spot foto yang unik. Mengusung tema alam, spot foto di Jakarta Utara ini menjadi salah satu tempat wisata yang diburu oleh para traveller. 

Kawasan hutan mangrove tampaknya banyak diperbincangkan karena selain lokasi hutan yang mudah ditemukan, hutan ini tampak sangat asri dan sejuk sehingga membuat pengunjungnya akan betah berlama-lama mengambil foto di sini.

Alamat: Jl. Katamaran Indah 1. Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

13. Hauwke’s Auto Gallery


Photo source: phinemo.com

Suka dengan mobil-mobil klasik? Mengunjungi Hauwke’s Auto Gallery adalah pilihan jitu karena selain menampilkan banyak mobil klasik, di sini dapat dijadikan spot foto di Jakarta yang cukup menarik serta beda dari lainnya. 

Tak hanya menjadi destinasi wisata di daerah Jakarta Selatan saja, tempat ini ternyata kerap kali dijadikan spot foto untuk acara pre wedding. Wah, Ibu bisa merekomendasikan tempat ini untuk kerabat yang sedang bingung menentukan tema prewedding mereka nih!

Alamat: Jl. Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

14. Haluu World Jakarta

Haluu World Jakarta merupakan salah satu museum seni dengan tema kekinian dan menyasar kamu milenial masa kini untuk dapat lebih berkarya melalui fotografi. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya berbagai macam spot foto seru di setiap ruangan yang disediakan. 

Selain menjadi salah satu spot foto di Jakarta Pusat kekinian, tempat ini juga diklaim sebagai tempat wisata hits juga lho.

Alamat: The Warehouse Plaza Indonesia, Jl. M.H. Thamrin Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

15. Lapangan Banteng


Photo source: beritabaik.id

Lapangan Banteng tak hanya digunakan sebagai taman hijau di tengah perkotaan saja, di sini sering kali diadakan beragam acara seru, tempat olahraga yang asyik, hingga adanya pertunjukan air terjun menari yang meriah di jam-jam tertentu menjelang malam hari. 

Bukan Cuma menjadi sarana olahraga yang pas bagi warga, namun di sini dapat dijadikan spot foto di Jakarta selanjutnya!

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Editor: Dwi Ratih