Keluarga

16 Wisata Dieng Wonosobo yang Elok dan Makin Memukau!

16 Wisata Dieng Wonosobo yang Elok dan Makin Memukau!

Wisata dieng memang sudah lama populer karena punya alam yang elok nan rupawan. Setiap sudut wisata dieng Wonosobo berhasil menghipnotis seluruh pelancong yang datang mengunjunginya. 

Melansir dari laman Wikipedia, Dieng berada di sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Dieng memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu kemarau dan penghujan. 

Suhu udara Dieng dapat dikatakan lebih dingin dari tempat mana saja di Indonesia ini karena molekul udara yang ada di daerah pegunungan biasanya lebih renggang daripada di dataran rendah jadi akan lebih cepat juga mengalami pendinginan. 

Suhu dieng juga terasa amat dingin saat cuaca cerah, tidak ada awan, apalagi hujan. Suhu di sini berkisar 12-20 derajat celcius pada siang hari, sementara saat malam berkisar 6-10 derajat celcius. 

Pada pagi hari, suhu di Dieng dapat mencapai 0 derajat celcius sehingga kerap kali muncul embun beku yang sering disebut dengan bun upas. Penasaran ingin mengunjungi wisata dieng terbaru 2022 dan ingin merasakan dinginnya udara Indonesia? Simak dulu ulasan berikut ini.

Rekomendasi Wisata Dieng Wonosobo yang Memukau

Wisata dieng sudah lama menjadi incaran para traveller lokal maupun dunia. Hal ini dikarenakan pesona alam yang sungguh luar biasa menghipnotis siapapun yang datang ke sini. 

Melansir dari berbagai sumber, simak wisata dieng terbaru 2022 ini yuk!

1. Wisata Telaga Warna

Source: Tour de Java

Wisata Dieng Telaga Warna adalah salah satu ikon kebanggaan warga Dieng dan sekitarnya. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan kecantikan yang tak biasa dari hamparan air danau yang luas dan berubah warna saat terkena pantulan sinar matahari. 

Keajaiban alam ini diakibatkan karena kandungan belerang pada air danau cukup tinggi. Wisata Dieng Telaga Warna berada di ketinggian 2,000 mdpl dan dikelilingi oleh gagahnya Gunung Prau. 

Melansir dari laman Travel Kompas, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi wisata Dieng Telaga Warna adalah saat pagi hari atau siang hari. Hindari datang saat sore hari atau ketika hari menuju gelap karena kawasan ini akan tertutup kabut tebal.

2. Bukit Sikunir

Source: Portal Jogja

Berbeda dengan wisata dieng telaga warna, Bukit Sikunir terkenal dengan golden Sunrise-nya yang sangat indah dan meneduhkan hati. Wisata dieng Wonosobo yang satu ini adalah tujuan wisata paling diminati oleh pelancong karena panorama golden sunrise-nya itu. Pemandangan syahdu ini bisa dinikmati di ketinggian 2,300 mdpl pada pagi hari. 

Setelah melihat keindahan matahari terbit, Pelancong juga akan disuguhkan dengan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir, seperti: Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Prau, dan Gunung Sumbing. Untuk sampai ke puncak bukit, para pendaki membutuhkan waktu kurang lebih 30 – 45 menit.

3. Telaga Dringo

Source: Wisata Dieng

Jika di Gunung Semeru, Jawa Tengah terdapat Ranu Kumbolo, maka di Dataran Tinggi Dieng wisatawan akan bertemu dengan Telaga Dringo yang berada di ketinggian 2,022 mdpl. Dinamakan Dringo karena di sekitar lokasi ini banyak terdapat tanaman Dringo atau Dlingu Dringo Acorus calamus yang kerap kali dijadikan obat pada jaman dahulu. Keindahan telaga ini sangat memukau, ia dikelilingi oleh panorama hutan yang lebat dan terlihat sangat asri. 

Selama di perjalanan menuju tempat ini, wisatawan akan disuguhkan juga dengan hutan lindung, kebun teh, bukti, lembah, hingga lahan pertanian warga sekitarnya. Di pinggiran telaga Dringo juga kerap kali menjadi lokasi camping para wisatawan. Jangan lupa jaga kebersihan ya!

4. Candi Arjuna

Source: Kompas

Wisata dieng terbaru 2022 kali ini adalah Candi Arjuna yang luasnya mencapai 1 hektar dan terkenal sebagai komplek candi terluas di dataran tinggi Dieng. Wisata dieng Wonosobo tak hanya berupa bukit atau telaga saja, di sini juga terdapat beberapa candi dalam satu komplek seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. 

Jika berkunjung ke sini, wisatawan tidak hanya akan disuguhkan dengan wisata candi saja namun tempat ini sangat asri karena dikelilingi dengan perbukitan dan pohon cemara yang berjajar sangat rapi. 

Komplek Candi Arjuna sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk memudahkan para wisatawan seperti mushola, parkir kendaraan, kamar mandi, tempat makan, dan tempat untuk beristirahat.

5. Gunung Prau

Source: Yogya I-News

Gunung Prau dapat menjadi wisata dieng terbaru 2022 untuk wisatawan yang belum pernah menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Gunung Prau memiliki ketinggian 2,590 mdpl sehingga untuk mendakinya membutuhkan waktu 3-4 jam untuk sampai ke puncaknya. 

Setelah sampai puncak, rasa lelah langsung terbayarkan saat melihat pemandangan beragam gunung yang seakan rapi berdampingan.

6. Telaga Pengilon

Source: Dieng Travel

Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah Telaga Pengilon yang letaknya tidak jauh dari Telaga Warna. Sesuai dengan namanya, Telaga Pengilon ini punya air yang sangat jernih sehingga bisa dipakai untuk bercermin dari atas permukaan airnya. 

Mitosnya, bagi siapapun yang bercermin di sini dan melihat pantulan dirinya di air berwajah cantik atau tampan, maka kemungkinan ia memiliki hati yang baik serta bersih. 

Dilihat dari atas, Telaga Pengilon dan Telaga Warna nampak menyatu, padahal ada daratan kecil yang memisahkan keduanya, hanya saja saat musim penghujan tiba, daratan tersebut tampak tak kasat mata.

7. Kawah Sikidang

Source: KMS Tour

Kawasan dataran Tinggi Dieng banyak menyuguhkan pegunungan yang masih asri dan alami, salah satu yang akan menarik minat para wisatawan adalah wisata Dieng Wonosobo Kawah Sikidang. 

Lokasinya masih berada di sekitaran Gunung Prau. Kawang sikidang merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif jadi bau belerang di sini sangat menyengat. Jika ingin berfoto atau mengunjungi tempatnya, jangan lupa memakai masker ya, terutama untuk anak-anak. Kabarnya terdapat banyak spot foto menarik dan permainan menyenangkan di sekitar area ini. Waktu buka tempat wisata ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 05.00 sore.

8. Padang Savana Dieng

Source: Ticmpu

Lagi-lagi wisata Dieng Wonosobo menyajikan banyak pesona alam yang tidak ada duanya, salah satunya Padang Savana Dieng yang terlihat terhampar luas dan sangat hijau. Menurut informasi di sana, ini merupakan salah satu wisata dieng terbaru 2022 yang paling banyak dikunjungi saat ini. 

Di sini, Ibu dan keluarga akan disuguhkan dengan padang rumput yang hijau, asri, dan makin anggun karena lengkap dengan pegunungan yang mengelilinginya. Lokasi Padang Savana Dieng terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Padang Savana Dieng juga menawarkan pengalaman camping yang tak terlupakan.

9. Kawah Candradimuka

Source: KSM Tour

Ada banyak wisata kawah di daerah dataran tinggi Dieng. Maklum saja, karena di sini masih banyak kawah vulkanik yang masih aktif, namun inilah daya tariknya bagi wisatawan. 

Melansir dari laman Travel Kompas, Kawah Candradimuka ini asalnya dari retakan tanah dan memunculkan  gas belerang yang sangat pekat serta bau namun masih terbilang aman. Kawah ini bisa berubah warna, biru, abu-abu, bahkan putih. 

Kabarnya di sekitar sini juga ada sumber mata air alami yang dipercaya bisa membuat siapapun terlihat awet muda. Mitos tak berhenti sampai sini saja, justru Kawah Candradimuka ini punya kisah legenda yang sangat kental, salah satunya kawah ini dikaitkan dengan sosok Gatotkaca. 

Konon, dulu Arjuna (paman Gatotkaca) memasukkan Gatotkaca ke kawah tersebut untuk melepaskan tali pusarnya dan karena inilah Gatotkaca tumbuh menjadi orang yang sakti.

10. Batu Pandang Ratapan Angin

Source: Bukit SIkunir Dieng

Ingin menikmati Telaga Warna dan Telaga Pengilon sekaligus dari ketinggian? Wisatawan dapat mengunjungi Batu Pandang Ratapan Angin untuk mewujudkannya. Di sini terdapat batu besar yang berada pada ketinggian 2,100 mdpl yang dapat dicapai wisatawan untuk melihat keelokan alam lainnya. 

Dari atas sini, Telaga Warna dan Telaga Pengilon amatlah cantik karena perpaduan warna mereka yang berbeda namun tampak menyatu, apalagi bila musim hujan tiba. Namun untuk menuju tempat ini wisatawan diharapkan berhati-hati supaya tidak tergelincir. Pastikan tidak mengunjunginya bila cuaca tampak tidak mendukung.

11. Telaga Merdada

Source: Indonesia Kaya

Tidak ada bosannya kawasan dataran tinggi Dieng untuk menyuguhkan banyak Telaga nan indah mempesona, salah satunya Telaga Merdada yang merupakan sumber pengairan utama bagi pertanian warga di sekitarnya sekaligus menjadi telaga yang paling luas di kawasan Dieng. 

Yang membuatnya menakjubkan, telaga ini tidak punya sumber air sendiri jadi airnya sebagian besar berasal dari tampungan air hujan. Selain itu, keindahan kawasan ini bertambah karena dikelilingi Bukit Pangonan dan Bukit Semurup. Wisatawan tak hanya bisa berfoto di sini, namun bisa juga naik perahu untuk berkeliling menikmati pemandangannya.

12. Bukit Skoter

Source: Wisata Dieng

Selanjutnya ada lagi wisata dieng terbaru 2022 yang sayang kalau dilewatkan, yaitu Bukit Skoter yang lokasinya berada di Simpangan, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bukit ini menawarkan pilihan keindahan alam lain untuk spot foto bareng orang-orang terkasih.

Untuk menuju lokasinya, pelancong harus melakukan trekking kurang lebih 15 menit lamanya. Selain berfoto ria, di sini terdapat juga area camping yang cukup seru lho. Jangan khawatir tentang jam operasionalnya, karena Bukit Skoter buka 24 jam!

13. Kawah Sileri

Source: Visit Jawa Tengah

Kawah Sileri merupakan wisata dieng Wonosobo yang masih perawan dan belum begitu sering dikunjungi wisatawan. Wisata yang disuguhkan berupa keindahan kawah yang dikelilingi bukit serta pegunungan membuatnya menjadi spot foto yang sayang kalau dilewatkan. 

Kawah Sileri buka dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore dengan harga tiket masuk yang cukup murah. Di sini juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak yang pastinya akan menyenangkan. Sudah siap liburan ke sini?

14. Dieng Plateau Teater

Source: Dieng Trip

Liburan bersama sekeluarga menjadi momen yang selalu dinantikan, terutama untuk anak-anak ya Bu. Selain berwisata alam yang memukau di dataran tinggi dieng ini, ada juga wisata edukasi yang cukup seru bernama Dieng Plateu Teater yang akan menyuguhkan aneka pengetahuan tentang alam, sejarah, hingga budaya, pokoknya full edukasi deh! 

Ini merupakan bioskop tentang Dieng yang menarik untuk dikunjungi dan tersedia sekitar 60 kursi. Jam operasionalnya dimulai pada pukul 07.00 hingga 18.00 saja.

15. Telaga Menjer

Source: Travels Promo

Danau terluas dengan pemandangan super megah yang akan memanjakan mata dan hati para wisatawan selanjutnya terdapat di Telaga Menjer yang lokasinya berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. 

Telaga Menjer ini memiliki kedalaman sekitar 45 meter dan berada di ketinggian 1,300 mdpl. Karena udaranya yang sejuk sekaligus cukup dingin, disarankan untuk memakai pakaian tebal bila hendak mengunjunginya.

16. Wisata Patean Tambi

Source: Detik

Wisata dieng terbaru 2022 selanjutnya adalah Wisata Patean Tambi yang berada di Jl. Tambi km 2, Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata ini menyuguhkan kawasan kebun teh yang terhampar luas dan begitu hijau. 

Untuk menikmatinya, wisatawan bisa berjalan santai pada jembatan kayu panjang yang ada di tempat ini. Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan berjalan di antara rimbunnya kebun teh ini, namun jangan sampai merusak tanaman tehnya ya, apalagi membuang sampah sembarangan.


Editor: Atalya