Keluarga

20 Macam Fobia Seks yang Sering Kali Terlewatkan!

20 Macam Fobia Seks yang Sering Kali Terlewatkan!

Fobia seks bisa saja menghampiri seseorang, meskipun yang kita tahu seks merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Fobia seks yang ada pada seseorang sering kali memiliki banyak penyebab, salah satu di antaranya adalah adanya trauma yang mendalam pada seseorang yang berkaitan dengan aktivitas seksual, entah itu pernah mengalami pelecehan seksual yang belum terungkap, perasaan tidak percaya diri, karena suatu kepercayaan tertentu, atau trauma lainnya yang mungkin dihadapi orang tersebut. Tak jarang juga pada beberapa kasus, fobia seks ini merupakan kondisi bawaan sejak lahir. 

Fobia seks dengan apapun kondisi penyebabnya merupakan masalah serius dan harus segera ditangani dengan baik, bahkan sejumlah terapi medis yang dilakukan belum tentu membuat penderitanya benar-benar sembuh, oleh karena itu, jika Ibu mengalami fobia seks atau mengetahui orang terdekat ada yang menderita fobia seks, segeralah lakukan pemeriksaan total di tempat yang terpercaya seperti rumah sakit atau klinik terdekat.

Jenis Fobia Seks yang Mungkin Dialami Seseorang

Fobia seks memiliki banyak jenis dan tidak banyak orang mengetahui apalagi memahaminya. Beberapa di antaranya mengabaikan hal ini dan menganggapnya hal sepele, padahal kalau ditelisik lebih jauh, ini adalah hal yang memprihatinkan dan harus segera diobati melalui sejumlah terapi. Melansir dari laman Scoopwhoop, berikut ini merupakan berbagai macam fobia seks yang patut kita waspadai:

1. Haphephobia


Fobia seks yang satu ini dikenal juga sebagai Chiraptophobia yaitu sebuah ketakutan saat disentuh baik secara fisik maupun yang ada kaitannya dengan aktivitas seksual. Beberapa orang dengan kondisi Haphephobia ini cenderung merasa ketakutan juga jika berada di tempat umum yang sangat ramai. Melansir dari laman Cleveland Clinic, Haphephobia adalah sebuah kondisi ketakutan yang sangat intens dan irasional saat disentuh. Orang dengan kondisi ini juga akan sangat tertekan jika memikirkan akan mengalami sentuhan sehingga tak jarang juga menyebabkan gejala fisik seperti mual, muntah, atau serangan panik.

2. Genefobia 

Fobia seks seperti Genefobia akan menyebabkan ketakutan fisik atau psikologis saat melakukan hubungan seksual. Seseorang dengan kondisi ini, baik laki-laki ataupun perempuan sangat takut untuk berhubungan badan namun mereka tetap masih memiliki ketertarikan ingin berhubungan seksual, sayangnya orang dengan kondisi ini tak akan melampaui aktivitas seksual yang lebih jauh dari pelukan dan ciuman. Mengutip dari laman Healthline, saat seseorang terkena Genefobia, tak hanya secara psikis saja yang terganggu namun ia juga akan mengalami sejumlah hal seperti mual, pusing, kesulitan bernafas, jantung berdebar, hingga keringat bercucuran.

3. Gymnofobia

Gymnofobia merupakan salah satu fobia seks yang juga bisa menyerang laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini biasanya mengakibatkan seorang penderitanya takut melihat orang lain telanjang dan bisa juga takut melihat dirinya sendiri telanjang bahkan bisa juga penderitanya merasa takut akan kedua kondisi tersebut sekaligus. Beberapa kasus tidak ada kaitannya dengan perasaan tidak percaya diri pada bentuk tubuh diri sendiri atau orang lain. 

4. Erotofobia


Pada umumnya, fobia seks seperti Erotofobia ini merupakan ketakutan pada aktivitas seksual secara keseluruhan. Bagi penderitanya, tak hanya takut saat melakukan hubungan intim saja lho, bahkan saat berbicara tentang seks, memikirkan seks, atau semacamnya saja akan menimbulkan ketakutan yang luar biasa. Pada dasarnya, Erotofobia merupakan ketakutan terhadap objek, tindakan, ataupun aktivitas seksual yang dilakukan orang lain maupun diri sendiri. 

5. Parafobia

Tak suka dengan hal-hal yang berbau sesat memanglah wajar terjadi dan dirasakan oleh siapapun. Begitu juga dengan fobia seks seperti Parafobia, penderitanya sangat takut pada penyimpangan, terutama segala macam bentuk aktivitas seks yang tidak sesuai dengan kaidah agama yang diajarkan. Penderita Parafobia juga sangat takut pada orang yang cabul atau sering kali membahas tentang seks sampai tidak tahu tempat atau waktu, bahkan mereka juga takut bila suatu saat akan menjadi seperti orang yang cabul itu. Hubungan seksual bagi mereka harus sesuai dan sama dari ajaran agama mereka sendiri dan tidak boleh menyimpang.

6. Medumalacuphobia

Fobia seks yang satu ini kerap kali muncul pada pihak laki-laki dan ada kaitannya dengan ketakutan kehilangan ereksi.  Laki-laki yang menderita fobia seks seperti Medumalacuphobia sering kali menolak melakukan hubungan seksual karena tidak percaya diri dan takut mengecewakan pasangannya. Ia juga sangat takut bila mempermalukan dirinya sendiri bila hal tersebut terjadi padanya.

7. Filemafobia


Tak semua fobia seks selalu berkaitan dengan aktivitas hubungan intim, ada juga fobia seks yang hanya sebatas ketakutan saat berciuman. Alasannya bisa lebih beragam dan tak hanya sekedar takut menyebarkan kuman saat berciuman saja. Bagi penderita Filemafobia ini, berciuman sangatlah menakutkan bahkan untuk membayangkan mencium orang lain dan bersentuhan fisik dengan cara itu saja sudah membuatnya panik. Namun uniknya, bagi penderita Filemafobia, berhubungan seksual di luar berciuman bukanlah suatu masalah dan mereka tetap masih dapat melakukannya.

8. Ithyphallophobia

Ithyphallophobia juga punya nama lain yaitu Medorthophobia dan Phallophobia yang merupakan fobia seks atau ketakutan terhadap penis. Fobia seks ini bisa menyerang laki-laki maupun perempuan jadi tetap waspada. Bagi laki-laki yang menderita fobia seks ini akan mengalami perasaan takut bila nanti ereksi, sementara bagi perempuan, fobia seks ini merupakan rasa takut saat melihat atau menyentuh penis laki-laki yang sedang ereksi. Perempuan yang punya kondisi ini bahkan bisa lebih buruk, ia bisa juga takut melihat sekaligus menyentuh penis laki-laki yang sedang ereksi dalam waktu bersamaan.

9. Eurotofobia

Eurotofobia merupakan kebalikan dari fobia seks jenis Medorthophobia atau Phallophobia yang takut dengan penis laki-laki. Eurotofibia merupakan ketakutan terhadap vagina dan bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki yang menderita kondisi ini akan sangat takut saat melihat apalagi menyentuh vagina perempuan. Sedangkan bagi perempuan, ia akan sangat takut dengan berbagai macam rangsangan seksual yang ada hubungannya dengan vagina.

10. Menofobia


Menofobia merupakan fobia seks yang berkaitan dengan ketakutan dengan menstruasi. Uniknya, ini bisa menyerang laki-laki ataupun perempuan. Bagi perempuan yang memiliki kondisi Menofobia akan takut pada siklus menstruasi mereka sendiri dan merasa sangat panik saat sedang mengalami menstruasi. Sedangkan pada pria, Menofobia merupakan ketakutan saat melihat darah menstruasi atau saat mengetahui perempuan yang mereka kenal sedang mengalami menstruasi.

11. Agrofobia

Fobia seks seperti Agrofobia sangat erat kaitannya dengan trauma masa lalu baik yang pernah ia alami atau ketika ia menjadi saksi bisu terjadinya kejadian tersebut. Agrofobia merupakan ketakutan bila ia menjadi korban pelecehan seksual. Hal ini tak hanya menyerang korban yang pernah mengalami pelecehan seksual saja, bisa juga terjadi pada orang yang belum pernah mengalaminya sama sekali.

12. Venustrafobia

Siapa bilang jadi good looking atau cantik adalah keadaan yang sangat aman dan sudah pasti akan diterima di masyarakat. Ada sebuah fobia seks yang bernama Venustrafobia yang merupakan ketakutan terhadap perempuan dengan paras cantik. Laki-laki atau perempuan dengan kondisi ini cenderung takut pada sosok perempuan cantik karena banyak hal misalnya mereka takut merasa tidak pantas mendapatkan kecantikan itu atau justru kecantikan pada perempuan tersebut akan membahayakan orang lain nantinya. Kecantikan sendiri sebenarnya hal yang sangat subjektif dimana setiap orang memiliki standarnya masing-masing bukan?

13. Androfobia


Fobia seks seperti Androfobia merupakan ketakutan pada sosok laki-laki baik itu laki-laki tampan ataupun yang biasa saja. Ketakutan ini bisa jadi karena adanya sejumlah trauma di masa lalu, bisa berupa trauma pelecehan seksual, trauma pernah bertengkar hebat dengan sosok laki-laki, ataupun dengan beragam alasan lainnya. Penderita Androfobia cenderung seperti menghindar pada sosok manusia dengan jenis kelamin laki-laki dengan alasan yang hanya dipahami oleh penderitanya sendiri.

14. Tokofobia

Tokofobia merupakan perasaan takut seorang perempuan untuk merasakan momen kehamilan dan melahirkan selayaknya perempuan pada fitrahnya. Perempuan dengan kondisi ini takut hamil dan melahirkan namun sangat menikmati kehidupan seks mereka. Bagi mereka, kehidupan seks mereka haruslah menyenangkan tanpa harus memikirkan akan terjadi kehamilan nantinya. Seks seperti hiburan semata dan harusnya menjadi kegiatan yang membuat tubuh lebih rileks dan menyenangkan.

15. Anuptafobia

Fobia yang satu ini cukup sering dirasakan oleh semua orang yang belum juga memiliki pasangan karena pernah atau sedang mengalami masalah disfungsional. Anuptafobia merupakan ketakutan untuk tetap melajang seumur hidup karena memiliki masalah disfungsional. Kondisi yang satu ini memang memprihatinkan karena bagi penderitanya mungkin seperti kehilangan kepercayaan diri untuk memulai hidup baru bersama pasangan. Butuh upaya dari kedua pihak untuk saling mengerti dan mau menerima.

16. Partenofobia


Partenofobia merupakan ketakutan yang tidak rasional terhadap wanita muda yang masih perawan. Fobia seks yang satu ini seringnya akan dirasakan oleh laki-laki dan kerap kali terjadi di antara kita semua. Beberapa laki-laki akan merasa tidak tertarik secara seksual dengan wanita yang masih perawan dan belum pernah melakukan hubungan seksual. Tentu saja ini tidak bisa disamaratakan oleh semua laki-laki maupun perempuan karena masih ada juga laki-laki atau perempuan yang memegang teguh norma agama yaitu tetap menjadi perawan atau perjaka sampai sebuah pernikahan terjadi.

17. Oneirogmofobia

Mimpi basah sudah pasti akan dilalui oleh setiap laki-laki dan ini wajar terjadi. Memang tidak ada batasan usia kapan dimulainya momen ini namun yang pasti, hampir semua laki-laki pasti mengalaminya. Oneirogmofobia merupakan suatu ketakutan terhadap mimpi basah yang terjadi pada laki-laki. Pada beberapa kasus, Oneirogmofobia juga cukup mengganggu siklus tidur seseorang karena mereka takut bila mereka tidur nanti akan mengalami mimpi basah.

18. Heterofobia

Heterofobia merupakan suatu ketakutan terhadap lawan jenis, yaitu laki-laki takut dengan wanita dan juga sebaliknya. Segala bentuk ketakutan ini bisa diatasi bila kita melakukan konsultasi kepada sejumlah orang yang ahli supaya mendapatkan perawatan yang tepat. Kondisi Heterofobia ini sering kali dibahas di jagat maya dan biasanya dihubungkan dengan orang-orang yang lebih suka memiliki hubungan yang sama jenisnya.

19. Nosophobia 


Melansir dari laman Cleveland Clinic, Nosophobia atau takut penyakit adalah ketika seseorang memiliki ketakutan terus menerus dan irasional untuk tertular penyakit kronis yang kerap mengancam jiwa seperti kanker atau AIDS. Kondisi Nosophobia mungkin akan berbeda dari gangguan kecemasan penyakit seperti hypochondria, yang menyebabkan kekhawatiran tentang semua jenis penyakit yang ada di dunia.

20. Claustrophobia 

Mengutip dari laman Liputan 6, Claustrophobia seksual merupakan sebuah kondisi fobia seks di mana penderitanya akan merasa ketakutan ketika melakukan hubungan seksual di dalam ruangan. Penderita fobia seksi jenis ini cenderung akan memilih tempat umum yang terbuka untuk melakukan hubungan seksual dan akan merasa panik atau sesak saat melakukan hubungan intim di dalam ruangan. Fobia seks yang satu ini tentu saja tidak dapat ditolerir di Negara kita ya, jadi sebaiknya segera berkonsultasi pada tenaga ahli supaya tidak semakin membuat penderitanya tersiksa dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

Editor: Atalya