Keluarga

20 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 Berkesan dan Penuh Makna

20 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 Berkesan dan Penuh Makna

Bingung memilih kalimat ucapan selamat Idul Fitri 2022? Padahal lebaran sudah tinggal menghitung hari lagi. Jika menggunakan ucapan yang sama dengan tahun lalu, tentu akan terdengar membosankan. Terlebih jika orang yang menerima ucapan masih ingat betul dengan kalimat ucapan selamat Idul Fitri yang pernah kita berikan.

Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk memberi ucapan, baik secara langsung, melalui pesan singkat, atau gift. Namun ternyata, ini menjadi bagian dari tradisi menyambut hari raya umat Islam di Indonesia. Lantas, kalimat ucapan selamat Idul Fitri 1443 H seperti apa yang berkesan dan penuh makna? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.


Ucapan selamat Idul Fitri 1443 H Bahasa Arab

Agar berbeda dari ucapan tahun sebelumnya, kali ini kamu bisa memberi ucapan selamat Idul Fitri 1443 H menggunakan Bahasa Arab. Selain penuh makna, ucapan dalam Bahasa Arab juga lebih berkesan bagi keluarga, kerabat, atau teman yang menerimanya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat ucapan selamat Idul Fitri 1443 H dalam Bahasa Arab:

1. Taqabbalallahu minna wa minkum, ja'alana minal aidzin wal faidzin.

Artinya: Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan.

2. Ja alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin wal maqbulin, kullu aamin wa antum bikhoir.

Artinya:  Semoga Allah SWT menjadikan keadaan kita kembali suci dan menggolongkan kita dalam orang-orang yang mendapatkan kemenangan, serta dikabulkan segala doa. Semoga setiap tahun kita senantiasa dalam kebaikan.

3. Aeyadaan sa'idat, 'atamanaa 'an nakum wa'ayilatuna su'ada daymana.

Artinya: Selamat Hari Raya, semoga kita dan keluarga bahagia selalu.

4. Atamanna lakum Eid sa'id jiddan! Litakun kul a'malukum al-khaira maqbula 'indAllah.

Artinya: Aku ucapkan Selamat Idul Fitri, semoga semua amal baik yang kamu lakukan diterima oleh Allah SWT.

5. Salla Allah Ala hayatik bisi'adat waftah albab linajah bayn alhin walakhira eyd saeid.

Artinya: Semoga berkah Allah menghiasi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya. Selamat Lebaran!


Ucapan selamat Idul Fitri 2022 Bahasa Indonesia

Jika kamu ragu menggunakan bahasa Arab untuk memberi ucapan selamat Idul Fitri 2022, penggunaan Bahasa Indonesia tentu lebih dianjurkan. Terlebih jika penerima ucapan tidak memahami Bahasa Arab atau lainnya. Rekomendasi ucapan selamat Idul Fitri 1443 H dalam bahasa Indonesia, antara lain:

1. Selamat hari Raya Idul Fitri 1443. Mohon maaf lahir dan batin.

2. Semoga Idul Fitri tahun ini mengembalikan kita dari keadaan suci, terhapus dosa-dosa, dan diterima amalan baiknya selama bulan Ramadan kemarin. Selamat lebaran!

3. Di hari yang suci ini, mari kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segalanya. Selamat Idul Fitri 1443 H! Mohon maaf lahir dan batin.

4. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H! Mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari yang penuh kebaikan ini kamu sekeluarga dipenuhi dengan kebahagiaan.

5. Semoga Allah melimpahkan kebahagiaan, kesehatan, dan keselamatan untuk kamu sekeluarga. Selamat Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin.

6. Semoga Allah menerima puasa dan doa-doa kita. Nikmati kesempatan berkumpul bersama keluarga di hari yang indah ini. Selamat Idul Fitri 1443 H! Mohon maaf lahir dan batin.

7. Bersihkan hati di hari yang suci dengan saling memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin.

8. Bulan Ramadan berganti menjadi sebuah pintu kemenangan. Di hari yang suci ini, marilah kita saling memaafkan. Selamat hari raya Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin.


Ucapan selamat Idul Fitri 2022 Bahasa Inggris

Satu lagi pilihan terbaik kalimat ucapan selamat Idul Fitri 2022 dalam bahasa Inggris. Deretan kalimat ini bisa ditujukan untuk kerabat sesama umat Islam yang tinggal di seluruh penjuru dunia. Kalimat ucapan yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. Happy Eid Mubarak 1443 H!

2. Sending you best wishes on this special day and wishing that it brings you joy and blessings. Eid Mubarak!

3. May Allah SWT bring you joy, happiness, peace, and prosperity on this blessed day. Wishing you and your family this happy occasion of Eid!

4. May Allah always accepts your good deeds and always forgive your sins. May He always answer all your prayers and enlighten your soul. Eid Mubarak to you and your family!

5. May the moments of happiness and togetherness of the present become beautiful memories of the future. With all my heart, wishing you a very Happy Eid Al-Fitr!

6. May our body, heart, and soul become pure with the blessings of Allah. Wishing you a wonderfully blessed year ahead. Eid Mubarak!

7. May Allah showers His choicest blessings upon you and your loved ones, and may He grant you the highest level of happiness and joy on this special day. Happy Eid Al-Fitr!


Itulah tadi sejumlah ucapan selamat Idul Fitri 2022 yang bisa kamu bagikan untuk keluarga dan teman-teman. Semoga dengan kalimat tersebut, hari lebaran tahun ini jadi lebih bermakna.