Keluarga

26 Ucapan Turut Berduka Cita dalam Berbagai Bahasa

26 Ucapan Turut Berduka Cita dalam Berbagai Bahasa

Ucapan turut berduka cita umumnya diucapkan sebagai bentuk belasungkawa dan penghiburan bagi yang sedang ditimpa musibah. Ucapan ini bisa diucapkan secara langsung atau melalui pesan. Namun, ucapan turut berduka cita yang diucapkan secara langsung bersifat lebih personal.

Kehilangan orang tersayang memang meninggalkan duka mendalam. Ucapan turut berduka cita sebagai bentuk keprihatinan terhadap keluarga yang ditinggalkan. Mungkin banyak yang merasa bingung memilih ucapan turut berduka cita yang mewakili perasaan dan perhatian.

Kumpulan ucapan turut berduka cita dalam Islam, Katolik, Kristen, dan Agama Budha di bawah ini membantu kamu menyampaikannya kepada yang sedang kehilangan orang terkasihnya.

Ucapan turut berduka cita dalam Islam

26-ucapan-turut-berduka-cita-dalam-berbagai-bahasa-1

Berikut ucapan turut berduka cita dalam Islam jika kamu dan yang ingin kamu ucapkan beragama Islam:

1. "Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu."

2. "Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin."

3. "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin."

4. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya."

5. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan 

6. "Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya."

7. "Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian."

8. "Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin."

9. "Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali."

10. "Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

Ucapan turut Berduka Cita Katolik

26-ucapan-turut-berduka-cita-dalam-berbagai-bahasa-2

Berikut ucapan turut berduka cita dalam Katolik jika kamu dan yang ingin kamu ucapkan beragama Katolik:

  1. “Turut berduka cita. Tuhan Yesus sumber penghiburan bagi…..dan keluarga”
  2. “Ikut merasakan duka atas dipanggil pulang ke rumah bapa di Surga. Tuhan kuatkan keluarga……”
  3. “Turut berbelasungkawa atas meninggalnya….. semoga ia tenang di alam sana”
  4. “Selamat jalan…..Tuhan begitu mencintainya. Pulanglah dengan damai. Kelak, kita semua akan bertemu kembali di surga-Nya yang indah”
  5. “Selamat jalan….Ia akan menyambutmu di Sorga”
  6. “Turut berduka yang sangat atas dipanggil pulangnya…Kiranya Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan sejati”
  7. “Turut berbelasungkawa. Ujian akan membuatmu keluar lebih dari pemenang. Tetap bersamaNya. Ia Tuhan yang sanggup memulihkan segala rasa”
  8. “Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya…..Kiranya keluarga yg ditinggalkan diberikan penghiburan, kesabaran dan kekuatan. Serta almarhum damai bersama Bapa di surga. Amin”

Ucapan turut Berduka Cita Kristen

26-ucapan-turut-berduka-cita-dalam-berbagai-bahasa-3

Berikut ucapan turut berduka cita dalam Kristen jika kamu dan yang ingin kamu ucapkan beragama Kristen:

  1. "Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang meninggalkan kita tenang di alam sana. Turut berduka cita atas meninggalnya.... Semoga segala dosanya diampuni oleh Tuhan."
  2. "Turut berduka cita atas kembalinya .... ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan ...."
  3. "Terkadang, Tuhan menyapa makhluk-Nya dengan berbagai macam cara. Salah satu yaitu dengan cara menyapanya dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluk-Nya menuju ke sisi-Nya. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal yang buruk. Karena, sebuah hal yang sangat membahagiakan baginya. Kita doakan semoga Tuhan menempatkannya di surga-Nya."
  4. "Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan mana manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya.... di tangan Tuhan karena dia merupakan orang baik. Semoga  dosa-dosa almarhum diampuni dan semoga almarhum tenang di sisi-Nya."
  5. "Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar .... tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah."

Ucapan turut berduka cita agama Budha

26-ucapan-turut-berduka-cita-dalam-berbagai-bahasa-4

Berikut ucapan turut berduka cita dalam agama Budha jika kamu dan yang ingin kamu ucapkan beragama Budha:

  1. Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya beliau. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat tabah melanjutkan hidup. Beliau tentu ingin yang terbaik bagi kalian semua.
  2. Sabbe sankhara anicca. Semoga kamu terlahir kembali dengan bentuk yang kamu inginkan.
  3. Sabbe sankhara anicca. Beliau kini menempuh karmanya. Semoga ia dapat ke surga atau terlahir kembali dalam wujud yang baik.
  4. Tian Yang Maha Esa, terimalah saudara kami (Bapak Budi) di sisi-Mu. Ampuni dosa-dosanya selama ini di bumi.

Itulah kumpulan ucapan turut berduka cita dalam Islam kepada pemeluk Islam, ucapan turut berduka cita Katolik yang dapat ditujukan kepada pemeluk Katolik, ucapan turut berduka cita Kristen yang dapat ditujukan kepada pemeluk Kristen, dan ucapan turut berduka cita agama Budha yang dapat ditujukan kepada pemeluk agama Budha.

Editor: Dwi Ratih