Keluarga

5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir, Wajah Jadi Flawless

5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir, Wajah Jadi Flawless

Sampai saat ini masih banyak orang kesulitan menemukan cara menghilangkan jerawat pasir dengan tepat. 

Akibatnya, wajah malah semakin bruntusan. Terutama di area sekitar dahi dan pipi tempat yang paling rawan muncul jerawat pasir. 

Jika dibiarkan begitu saja, jerawat pasir ini bisa berpengaruh pada penurunan rasa percaya diri seseorang. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir?

1. Manfaatkan tea tree oil

Tea tree oil banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Kandungan di dalamnya disebut-sebut efektif meredakan peradangan, serta mencegah risiko infeksi. Selain itu, bahan alami ini ampuh dan menenangkan kulit. 

Tea tree oil bekerja dengan cara mengurangi sebum berlebih penyebab jerawat pasir. Kandungan tea tree oil sendiri bisa ditemukan pada produk skincare yang dijual bebas di pasaran.

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan tea tree oil adalah sebagai berikut:

  1. Cuci muka menggunakan facial wash yang memiliki kandungan tea tree oil, lalu bilas hingga bersih.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu wajah, cukup ditap-tap bukan digosok.
  3. Campurkan tea tree oil dengan minyak zaitun, dengan perbandingan 1:1. Ini penting dilakukan demi mencegah risiko iritasi kulit.
  4. Oleskan minyak campuran tersebut pada bagian wajah yang mengalami jerawat pasir. Tepuk-tepuk perlahan agar lebih cepat meresap.
  5. Gunakan pelembab non-comedogenic untuk memastikan kulit tetap terjaga kelembabannya.
  6. Ulangi langkah-langkah tadi di pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Gunakan teh hijau

Dikutip dari sebuah jurnal penelitian dermatologi berjudul Journal of Investigative Dermatologyteh hijau mengandung antioksidan jenis epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam jumlah besar. 

Senyawa antioksidan EGCG inilah yang mencegah pertumbuhan bakteri P.acnes penyebab jerawat pasir. Lebih dari itu, EGCG juga efektif mengurangi produksi minyak wajah yang berlebihan dan mampu meredakan kemerahan pada kulit yang berjerawat. 

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat pasir melalui penggunaan teh hijau.

  1. Bersihkan wajah dengan sabun dan bilas sampai bersih.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu wajah, cukup ditap-tap bukan digosok.
  3. Seduh teh hijau dengan air panas, diamkan hingga mencapai suhu ruangan.
  4. Oleskan teh hijau ke area kulit yang bermasalah dengan menggunakan kapas kecantikan.
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

2. Memperbaiki asupan makanan dan olahraga teratur

Cara menghilangkan jerawat pasir juga bisa dilakukan dari dalam tubuh melalui asupan makanan sehari-hari. Dilansir dari Healthline, orang yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat disarankan menghindari banyak tambahan gula, lemak, dan produk susu. 

Pasalnya, bahan-bahan ini bisa memicu produksi lemak tubuh sehingga memperburuk peradangan, yang merupakan penyebab utama komedo dan jerawat pasir.

Selanjutnya, kamu juga harus berolahraga secara teratur untuk mendapatkan kesehatan kulit secara maksimal. Perlu diketahui, olahraga membantu metabolisme tubuh berjalan seimbang. 

Selain itu, peredaran darah juga tidak terhambat dan mempercepat proses regenerasi kulit. Cara menghilangkan jerawat pasir yang satu ini bisa kamu lakukan dengan jogging dan yoga. Jadi, tidak membutuhkan olahraga yang terlalu berat. 

Jika belum berhasil…

Eitsss, tenang dulu. Jika ketiga cara menghilangkan jerawat pasir di wajah tadi belum berhasil, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membeli salep atau krim khusus untuk pengobatan jerawat di apotek atau toko kosmetik terdekat. 

Pilih produk yang memiliki fungsi mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih di wajah. Pertimbangkan juga untuk memilih produk yang mampu mempercepat regenerasi kulit untuk mencegah kulit kusam. 

Salep atau krim jerawat yang kamu temui di apotek maupun toko kosmetik tersebut biasa dijual bebas. Artinya, kamu tidak memerlukan resep khusus dari dokter spesialis kulit. 

Namun, sebelum membeli pastikan kamu membaca kandungan-kandungan yang tertulis pada label atau kemasan. Produk yang ampuh dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat pasir memiliki kandungan, antara lain asam salisilat, azelaic acid, glycolic acid, sulfur dan retinoid.

Tindakan medis tetap dibutuhkan

Cara menghilangkan jerawat pasir pada tingkat tertentu biasanya membutuhkan tindakan medis. Pastikan kamu lebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Sebelum melakukan tindakan medis, biasanya dokter akan lebih dulu meresepkan obat jerawat. 

Cara menghilangkan jerawat pasir ini dilakukan dengan obat antibiotik, seperti minocycline, tetracycline, doxycycline, atau erythromycin. Di samping itu penggunaan pil kontrasepsi dan Isotretinoin juga mungkin dilakukan pada jerawat pasir di tingkat tertentu.

Akan tetapi, jika cara menghilangkan jerawat pasir dengan obat tersebut belum berhasil maka kamu membutuhkan tindakan medis. Tentu saja, cara menghilangkan jerawat pasir melalui prosedur medis hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit. 

Biasanya dokter akan menawarkan beberapa metode perawatan medis untuk jerawat pasir, antara lain:

  1. Metode laser, yaitu cara menghilangkan jerawat pasir yang dilakukan dengan memanfaatkan sinar UV guna membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam permukaan kulit.
  2. Acne removal injection, yaitu tindakan medis dengan menyuntikkan obat langsung ke titik lokasi jerawat. Dibandingkan dengan metode laser, acne removal injection lebih menimbulkan rasa sakit atau perih.
  3. Chemical peeling, yaitu cara menghilangkan jerawat pasir di wajah dengan teknik mengoleskan bahan-bahan kimia yang ampuh mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori kulit bebas sumbatan dan bebas kusam.

Kamu tertarik mencoba cara menghilangkan jerawat pasir yang sudah dijelaskan tadi? Untuk mendapatkan hasilnya lebih maksimal sebaiknya lakukan satu treatment selama kurang lebih 8 minggu berturut-turut. 

Jika memang belum terlihat hasilnya, barulah kamu bisa mencoba produk atau treatment yang lain. Semoga berhasil, ya!

Editor: Dwi Ratih