Keluarga

5 Merk Beras yang Bagus untuk Sajian Nikmat, Pulen & Lezat

5 Merk Beras yang Bagus untuk Sajian Nikmat, Pulen & Lezat

Melekat dengan nasi, rasanya masyarakat Indonesia perlu rekomendasi merk beras yang bagus dalam artikel ini. Selain karena sudah terbiasa dengan mengonsumsi nasi putih, beras menjadi sumber karbohidrat utama mayoritas masyarakat Indonesia. Meski di beberapa daerah lebih memilih jenis karbohidrat lain sebagai menu utama, tapi nasi masih jadi favorit.

Biasanya, untuk mendapatkan nasi yang pulen dan enak, orang banyak mencari tahu merk beras yang bagus dengan kualitas terbaik. Tapi sebelum itu, kita simak beberapa penjelasan serba-serbi beras, yuk.

Jenis-Jenis Beras


Dilansir dari Medical News Today, bila didasarkan pada cara produsen memproses beras, ada dua golongan besar besar, yaitu beras putih dan beras cokelat. Beras putih adalah yang paling umum dikonsumsi. Warnanya putih kekuningan dan merupakan beras dengan proses pemisahan paling banyak. 

Sedangkan beras cokelat minim proses sehingga memiliki kandungan serat lebih tinggi dari beras putih. Yang termasuk dalam golongan beras cokelat di antaranya beras cokelat, beras merah, beras ungu dan beras hitam.

Mari membahas lebih banyak tentang beras putih. Beras putih sebagai makanan utama lebih dari setengah penduduk dunia memiliki 3 tipe yang membedakan satu sama lainnya.

a. Beras Long Grain

Beras ini memiliki ciri khas bentuk yang memanjang. Panjangnya sekitar 4-5 kali lebarnya. Beras long grain memiliki lebih sedikit pati, sehingga tidak saling menempel setelah dimasak, serta memiliki waktu lebih lama untuk matang. Yang termasuk jenis beras long grain di antaranya adalah beras Basmati dan beras Jasmine.

b. Beras Medium Grain

Lebih pendek dari Long Grain, Medium Grain memiliki panjang 2-3 kali lebarnya. Jenis ini paling umum digunakan untuk berbagai masakan, karena ukurannya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, serta teksturnya tidak terlalu keras tapi juga tidak lengket.

c. Beras Short Grain 

Beras jenis ini paling pendek di antara kedua jenis beras lainnya. Panjangnya hanya selisih sedikit dari lebarnya. Beras ini lebih lengket dan saling menempel saat dimasak. Biasanya paling cocok digunakan pada hidangan Asia yang membutuhkan sumpit sebagai alat makan.

Cara Memilih Beras dengan Kualitas Baik


Bila sudah memutuskan akan membeli beras jenis apa, berikutnya Ibupedia akan memberikan tips memilih beras dengan kualitas yang baik. Melansir dari Shiv Shakti Internasional, berikut hal yang harus diperhatikan dalam memilih merk beras yang bagus:

1. Amati bulir berasnya. Bulir beras bisa saja ada yang hancur, tapi jumlah bulir yang hancur haruslah sangat sedikit. Bila tidak, maka kualitas beras terbilang kurang baik. Bulir beras yang hancur biasanya disebabkan karena serangga, jamur, panas, udara beku, penyakit tanaman atau bahkan kesalahan prosedur pengemasan.

2. Perhatikan warna beras. Idealnya warna beras adalah putih kekuningan.  Bila Ibu menemukan perubahan warna pada beras seperti lebih kuning atau bahkan lebih cokelat seperti terkena kotoran, maka kualitas beras bukan termasuk baik. Beras yang terlalu putih pun tidak baik karena bisa saja mengandung pemutih. Perubahan warna ini biasanya disebabkan karena reaksi mikroba atau kimia. Dipicu dari penyimpanan yang tidak tepat, maka akan timbul reaksi mikroba dan atau kimia yang kemudian akan merusak kualitas beras.

3. Amati juga tekstur beras. Beras dengan kualitas baik akan kokoh saat kita coba menekannya hingga patah. Sedangkan beras dengan kualitas rendah lebih mudah hancur saat kita menekannya.

4. Kelembapan beras juga perlu diperhatikan. Bila beras kering sempurna dan tidak lembab, maka beras dalam kualitas baik. Sedangkan beras dengan kualitas rendah bila dipegang agak basah dan lunak.

5. Keadaan setelah dimasak. Setelah menjadi nasi, beras akan semakin terlihat bagaimana kualitasnya. Ini diperhatikan dari bagaimana tekstur dan aroma setelah dimasak. Tak hanya itu, beras kualitas rendah lebih cepat basi daripada beras dengan kualitas baik.

Nah, sekarang yuk cari tahu apa saja merk beras yang bagus?

Merk Beras yang Bagus dan Harganya

1. Sumo


Beras produksi SumoFood ini masuk sebagai salah satu merk beras yang bagus. Berlabelkan Indonesia Premium Rice dan teknik pengolahan yang tepat menjadikan beras merk Sumo tidak cepat basi setelah dimasak. Beras ini higienis dan tanpa tambahan bahan kimia serta pewangi. Sehingga proses memasaknya pun lebih mudah karena tidak perlu dicuci dulu. 

Beras Sumo hadir dalam 3 jenis grade, yaitu Ekonomis, dengan kemasan warna hijau, cocok untuk konsumsi sehari-hari; Pulen Lezat, dengan kemasan warna kuning, beras pulen yang cocok untuk semua jenis masakan kecuali sushi; serta Pulen Seperti Sushi, dengan kemasan warna merah, beras yang sangat pulen untuk semua jenis masakan dari sushi sampai nasi goreng. Harga beras ini dibanderol mulai Rp 12.500 per kg nya, tergantung area distribusi dan jenis yang dipilih.

 

2. Si Pulen

Beras dengan gambar kemasan seekor lebah ini hadir dalam 3 varian, yaitu Beras Mutiara Medium Grain dengan kemasan kuning, Beras Crystal Long Grain dengan kemasan merah, dan Beras Pandan Wangi dengan kemasan ungu.

Beras Si Pulen kemasan ungu paling banyak dicari karena cita rasa yang pulen dan lezat setelah dimasak.

Beras jenis pandan wangi sendiri berasal dari salah satu varietas padi bulu yang ditanam di daerah pegunungan. Beras ini mengeluarkan aroma seperti pandan dan sangat pulen dimasak. Nggak heran, beras Si Pulen menjadi salah satu merk beras yang bagus. Si Pulen dijual dengan harga mulai Rp 100.000/5kg beras.

3. Sania Beras Premium


Kalau Ibu sering berbelanja di toko waralaba biru atau merah, pasti sudah tak asing dengan merk beras satu ini. Yup, beras jenis ini terbilang mudah ditemukan di minimarket terdekat. Merk Sania selain dikenal dengan minyak goreng dan tepung terigunya, rupanya juga dikenal sebagai salah satu merk beras yang bagus.

Ini karena merk ini menggunakan teknologi Jepang yang dikenal dengan sebutan paddy to rice. Metode ini tidak menyimpan beras di gudang produksi, melainkan menyimpan padi dalam keadaan utuh. Bila ada pesanan masuk, barulah padi tersebut diproses menjadi beras dan didistribusikan sampai ke tangan konsumen.

Merk beras ini membanderol harga Rp 63.000-Rp 65.000 untuk 5 kg beras.

4. Setra Ramos Cap Topi Koki


Bicara merk beras yang bagus, Setra Ramos Cap Topi Koki akan muncul sebagai merk beras premium favorit dengan kualitas yang baik. Bahkan banyak yang mengatakan restoran-restoran menjatuhkan pilihan pada merk ini untuk menu nasinya. Beras ini termasuk beras lokal dari petani Indonesia yang diproses secara higienis dan mengedepankan kualitas produk. Harga beras ini juga seharga rata-rata beras premium yang ada di pasaran, yaitu mulai Rp 60.000/5kg. Ukuran kemasannya juga bervariasi sesuai kebutuhan Ibu di rumah.

5. Setra Wangi


Beras produksi Food Station ini diproses tanpa pemutih dan pengawet serta beraroma pandan. Dilengkapi sertifikasi Halal, SNI, dan PSAT KemTan (Pangan Segar Asal Tumbuhan). Menariknya, jika rata-rata beras yang tersedia adalah medium grain, Setra Wangi maenghadirkan jenis short grain yang setelah dimasak menghasilkan nasi pulen dan nikmat. Wah, inilah mengapa Setra Wangi masuk sebagai salah satu merk beras yang bagus ya, Bu. Harga beras ini berkisar dari Rp 65.000 untuk kemasan 5 kg.

 

Beras boleh serupa satu sama lainnya. Tapi beda merk, beda juga kualitas yang dihadirkan. Selain saat masih dalam keadaan mentah, beras yang sudah dimasak pun dapat diamati sebagai penentu kualitas dari beras tersebut. Nasi yang tidak cepat basi dan berkeringat disebut-sebut sebagai penentu kualitas beras. Kalau Ibu di rumah biasa menggunakan merk apa nih?


Editor: Atalya