Keluarga

5 Rekomendasi Kursus Coding Anak yang Menyenangkan

5 Rekomendasi Kursus Coding Anak yang Menyenangkan

Kursus coding anak menjadi populer belakangan ini. Coding atau bahasa pemrograman mulai banyak diajarkan sejak di sekolah-sekolah dasar. 

Singkatnya, coding adalah mempelajari bahasa untuk berkomunikasi dengan komputer. Mempelajari coding sangat berguna di dunia digital sekarang karena bermanfaat untuk membuat situs, aplikasi telepon genggam, menganalisis data, serta banyak lagi.

Coding merupakan salah satu ilmu yang paling cepat berkembang di era digital. Seiring dengan berkembangnya teknologi, coding menjadi kebutuhan bahasa pokok di masa yang akan datang. 

Jika dahulu coding baru diajarkan di bangku perkuliahan, kini anak-anak usia dini sudah bisa mulai belajar coding untuk membangun keterampilan coding si kecil. Banyak kursus coding anak yang dapat menjadi pertimbangan Ibu dan pasangan.

Dimana saja kursus coding di Jakarta?

1. DUMET School

Kursus coding di Jakarta yang dapat menjadi pertimbangan Ibu adalah DUMET School. Kursus coding anak ini sebenarnya merupakan tempat kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang sudah memiliki cabang di Jakarta dan Depok. 

Terdapat 5 cabang yang berada di Grogol, Kelapa Gading, Srengseng, Tebet, dan Depok. DUMET School bukanlah kursus coding anak baru karena sudah memiliki lulusan sebanyak 8000 orang.

Materi coding dapat dimulai dari anak usia 8 tahun hingga 12 tahun dengan sistem pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Saat si kecil lulus dari DUMET School, maka si kecil diharapkan sudah dapat membuat hasil karya game sederhana sendiri dan lebih mudah untuk menguasai bahasa program lain karena sejatinya konsep bahasa program sama.

Tersedia program premium yang dibanderol dengan harga Rp 3.850.000. Harga ini sudah termasuk pelatihan membuat game interaktif, dasar-dasar sebuah program berjalan dengan mengetik baris-baris kode, dan melatih agar cara berpikir anak lebih terstruktur.

Dumet School buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00.

2. Clevio Coder Camp

Kursus coding anak ini terletak di Cibubur dan mengajak anak belajar coding dengan cara membuat game dan aplikasi mobile yang mengedukasi. 

Tidak hanya diajarkan bagaimana caranya coding, tapi si kecil juga diajarkan menerapkan cara belajar agar dapat mengembangkan karakter dan soft skills di kursus coding di Jakarta ini. Anak juga dilatih agar menjadi individu yang percaya diri dan memahami diri sendiri serta lingkungannya.

Clevio Coder Camp merupakan kursus coding online mulai dari kelas 1 SD hingga SMA sehingga cocok bagi anak yang memiliki kesibukan dan tidak bisa datang langsung ke tempat kurus. Harga kelas onlinei dibanderol mulai dari Rp 100.000-150.000

3. Hacktiv8

Hacktiv8 baru-baru ini meluncurkan program Hacktivkidz yang merupakan program belajar coding untuk anak. Program ini dapat diikuti mulai dari usia 10 tahun sampai dengan usia 14 tahun atau setara dengan kelas 4 SD hingga kelas 1 SMP. 

Ibu atau ayah juga dapat mendampingi si kecil saat sesi pembelajaran karena 5 sesi belajar yang diikuti si kecil berlangsung secara daring. 

Hacktivkidz memiliki motivasi sebagai breakthrough bagi generasi penerus bangsa yang ingin lebih kreatif dengan gawainya dan menginginkan memiliki karya digital sendiri. 

Programnya menggunakan pendekatan PictoBlox yang mengenalkan coding yang ramah anak. PictoBlox adalah aplikasi yang dirancang untuk anak agar belajar coding dengan konsep seperti bermain puzzle sehingga memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Jika Ibu berminat mendaftarkan si kecil program Hacktivkidz, Ibu bisa berinvestasi sebesar Rp 1.200.000 untuk 5 sesi pembelajaran dengan 1,5 jam per sesinya setiap senin dari jam 15.30 - 17.00. Setelah menyelesaikan rangkaian pembelajaran, si kecil juga akan mendapat sertifikat.

4. Rumah Coding

5-rekomendasi-kursus-coding-anak-yang-menyenangkan-4

Rumah coding adalah kursus coding anak yang terletak di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Batam, dan masih banyak lagi. Kursus coding ini membuka pendaftaran mulai dari anak usia TK hingga SMP.

Misalnya, program kelas Zahran ditujukan kepada murid usia TK yang mengajarkan dasar-dasar ilmu komputer dan keamanan internet, membuat aplikasi, game, bahkan cerita animasi. Diantara materi yang dipelajari adalah sequence, loops, events.

Tidak perlu kemampuan membaca bagi jika si kecil berminat mengikuti kelas Zahran karena metode belajar coding dengan menggunakan blok kode dan karakter-karakter yang menarik sehingga coding terasa menyenangkan untuk anak usia TK.

Ada juga kelas Zhafir yang ditujukan untuk anak usia SD yang memiliki program mengajarkan si kecil belajar membuat program aplikasi dan game dengan menggunakan konsep sequence, binary, loops, dan events. Si kecil juga belajar menganalisa masalah dan kemudian menyusun solusi untuk memecahkan masalah tersebut. 

Harga kursus coding anak di Rumah Coding mulai dari Rp 250.000-Rp 350.000 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000

5. Koding Next Indonesia

Koding Next Indonesia adalah kursus coding anak yang beroperasi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Kursus Coding anak ini bisa ditemukan di Jakarta dan Bali. Program pembelajarannya terbagi menjadi tiga kelas yang disesuaikan dengan umur pesertanya yaitu:

  • Little Koders (4-8 tahun) yang dibagi menjadi dua subgrup sesuai umur, yaitu usia 4-6 tahun dengan durasi belajar 45 menit dan kelompok usia 6-8 tahun dengan durasi belajar 60 menit setiap sesi.
  • Junior Koders (8-16 tahun) dimana akan mulai diajarkan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton dan JavaScript.

Si kecil berminat belajar coding? Ibu bisa mencoba 5 rekomendasi kursus coding anak di atas.

Editor: Dwi Ratih