Rekomendasi

5 Rekomendasi Mobil Keluarga Buat Road Trip Mudik Lebaran

5 Rekomendasi Mobil Keluarga Buat Road Trip Mudik Lebaran

Mudik lebaran menjadi momen yang selalu dinanti oleh tiap keluarga yang merantau di Ibukota. Apalagi lebaran tahun 2022 ini, pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk bisa mudik ke kampung halaman.

Dengan syarat sudah melakukan vaksinasi lengkap ketiga atau booster. Nah, lebaran kali ini seperti akan lebih seru kalau pergi mudik menggunakan mobil ya Bu. Apalagi kalau harus mudik ke luar pulau dan road trip menikmati perjalanan.

Tapi, kalau memang road trip menjadi pilihan jangan lupa untuk mempersiapkan segalanya dengan matang ya Bu. Termasuk salah satunya adalah memilih mobil yang nyaman. Sebab, selain menyenangkan biasanya road trip juga bisa membuat tubuh lebih lelah karena harus duduk selama beberapa jam di mobil.

Kalau kamu berencana menjual atau sewa mobil, sebaiknya pilih mobil dengan spesifikasi yang tepat. Nah, berikut ini adalah rekomendasi mobil keluarga murah dan nyaman digunakan untuk mudik dan bisa jadi pilihan!

Rekomendasi mobil keluarga murah untuk mudik


Biasanya mudik identik dengan membawa berbagai macam oleh-oleh khas Ibukota. Nah, selain membawa oleh-oleh penumpang yang ikut juga terkadang tak hanya satu keluarga saja ya Bu.

Mengingat barang dan penumpang yang dibawa saat mudik lebih dari 4 orang, ada baiknya memilih mobil yang cukup nyaman untuk melakukan road trip dengan bagasi yang cukup besar. Berikut ini adalah rekomendasi mobil keluarga murah untuk mudik yang bisa jadi pilihan:

1. Wuling Confero S

Photo source: Otomotif Tempo

Rekomendasi mobil keluarga untuk mudik yang pertama jatuh kepada Wuling Confero S. Mobil asal China ini diklaim menjadi salah satu mobil paling ramah keluarga dengan kapasitas tempat duduk yang banyak dengan jarak yang luas.

Sehingga memungkinkan penumpang untuk merenggangkan kakinya meski perjalanan jauh. Hal ini karena Wuling Confero S memiliki desain yang boxy otomatis memberikan ruangan yang luas bagi penumpang.

Mobil ini bahkan bisa mengangkut 8 penumpang sekaligus lho! Nggak hanya itu, meski penumpangnya banyak tetap ada sisa ruangan untuk menyimpan barang.

Mobil ini juga memiliki head unit dengan layar ditambah dengan AC double blower untuk penumpang di belakang. Sehingga meski duduk di belakang para penumpang dijamin nggak bakal kegerahan deh! Untuk harga yang ditawarkan mobil ini adalah mulai dari Rp 150 juta-an saja.

2. Toyota Calya


Photo source: Toyota Astra Motor

Toyota Calya adalah rekomendasi mobil keluarga untuk mudik yang seringkali jadi pilihan. Selain bisa menampung penumpang sebanyak 7 orang, Toyota Calya juga punya bagasi yang cukup luas lho!

Memiliki desain MPV Toyota Calya juga sudah dilengkapi oleh head unit dengan layar sentuh yang sangat modern. Untuk keamanannya sendiri, Toyota Calya sudah dilengkapi dengan dual SRS air dengan sistem pengereman ABS.

Meski secara keseluruhan Toyota Calya cukup aman bagi seluruh penumpang, sayangnya mobil ini belum dilengkapi AC double blower. Namun, nggak perlu khawatir sebab Toyota cukup unggul dalam hal AC yang membuat mobil lebih cepat dingin walau tidak menggunakan double blower sekalipun. Untuk harganya sendiri, kelas terendah dari mobil ini dihargai sekitar Rp 137 juta.

3. Datsun Go Plus


photo source: Lifestyle Kontan

Datsun Go Plus juga menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga yang sangat cocok digunakan saat mudik lebaran nanti. Selain bisa menampung penumpang hingga 7 orang, mobil ini juga masuk dalam daftar mobil mudik keluarga terbaik yang seringkali dipilih oleh para pelanggan lho!

Meski bentuknya sangat mungil, mobil ini memiliki mesin 1.200 cc yang sudah dilengkapi dengan head unit layar modern. Sayangnya Datsun Go Plus tidak memiliki ukuran bagasi yang luas seperti mobil mudik keluarga yang lain. Namun Datsun Go Plus tetap bisa jadi pilihan mobil mudik keluarga dengan harga mulai dari Rp 120 juta-an saja untuk varian D M/T.

4. Suzuki Ertiga


Photo source: Suzuki

Perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh memang perlu kendaraan yang nyaman. Salah satu rekomendasi mobil keluarga untuk mudik yang bisa dipilih adalah Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga bisa menampung penumpang hingga 8 orang dengan bagasi yang cukup luas untuk menyimpan barang-barang. Fitur ini pula yang jadi salah satu keunggulan dari mobil tersebut.

Butuh kendaraan yang irit bahan bakar? Suzuki Ertiga juga punya keunggulan tersebut yang nggak kalah dari mobil model MPV lainnya lho!

Suspensinya juga nyaman dan empuk sehingga jika terdapat jalanan yang tidak rata dapat dilalui dengan mulus tanpa mengganggu kenyamanan penumpang. Harga yang ditawarkan mobil yang satu ini memang cukup tinggi yakni mulai dari Rp 210 jutaan dengan mesin 1.500 cc.

5. All New Avanza


Photo source: Toyota Astra Motor

Siapa yang setuju bahwa All New Avanza adalah mobil sejuta umat? Yup! Ini berarti Avanza menjadi mobil yang sangat ramah bagi keluarga ya Bu.

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, mobil ini memang menawarkan kenyamanan berkendara untuk keluarga dengan harga yang tergolong cukup murah di kelasnya.

Tapi kali ini mobil keluaran pabrik Toyota ini mengeluarkan series terbaru yakni All New Avanza dengan desain lebih gagah dan maskulin. Bahkan All New Avanza saat ini sudah menggunakan penggerak roda depan (FWD) sehingga sangat cocok untuk medan menanjak.

Sistem FWD ini juga diklaim dapat membuat perjalanan lebih nyaman. Mobil ramah keluarga ini dibanderol mulai harga Rp 217 jutaan dan siap menemani kamu bersama keluarga untuk mudik lebaran nanti.

Jika dilihat secara keseluruhan, rekomendasi mobil keluarga di atas memang memiliki plus minusnya sendiri ya Bu. Tapi, sebelum membeli atau menyewa pastikan disesuaikan dengan kebutuhan seperti ingin membawa banyak penumpang atau ingin menampung banyak barang bawaan agar mudik terasa lebih nyaman.

Editor: Dwi Ratih