Keluarga Dibaca 554 kali

6 Langkah Mempersiapkan Ulang Tahun Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
6 Langkah Mempersiapkan Ulang Tahun Anak

Merayakan hari ulang tahun anak tak hanya bertujuan untuk membuat si kecil senang. Para orang tua pun juga banyak yang bersemangat mempersiapkan ulang tahun anak karena hari indah tersebut juga bisa dikatakan sebagai momen selebrasi karena sudah berhasil membesarkan si kecil sampai di usia yang baru.

Saat mempersiapkan ulang tahun anak, jangan sampai kita asyik sendiri menyiapkan segala sesuatunya, ya Bu. Berhubung ini adalah hari istimewanya si kecil, yuk, ajak anak untuk turut serta dalam mempersiapkan ulang tahun anak. Misalnya, Ibi bisa membiarkan si kecil berperan dalam memilih tema acara, ajak anak membeli dan memilih kue ulang tahun, memilih isi bingkisan, serta kebutuhan dekorasinya, atau bisa juga ajak si kecil untuk membuat cookies buat disajikan pada tamu undangannya nanti.

Meskipun di hari ulang tahun si kecil nanti Ibu hanya menggelar pesta sederhana, namun tetap saja Ibu perlu mempersiapkan ulang tahun anak dengan baik, ya, karena itulah kunci dari suksesnya sebuah acara. Berikut adalah langkah mempersiapkan ulang tahun anak yang perlu Ibu perhatikan dan persiapkan.

5 Minggu Sebelum Acara Ulang Tahun Anak

  1. Tentukan kegiatan yang akan dibuat

    Dengan menentukan kegiatan acara, ini akan mempengaruhi persiapan lainnya. Misalnya, ulang tahun anak mau diadakan di sekolah, di panti asuhan, atau di restoran.

  2. Menghitung anggaran

    Setelah Ibu tahu seperti apa acara yang diinginkan anak, lanjutkan dengan menghitung anggaran yang dibutuhkan. Anggaran ini mencakup banyak hal, misalnya biaya makanan (katering), kue tart, bingkisan, dekorasi dan hiburan. Saat menghitung anggaran, Ibu juga harus menentukan banyaknya orang yang akan diundang karena hal ini terkait dengan jumlah makanan dan bingkisan.

4 Minggu Sebelum Acara

  1. Menentukan tema acara

    Tentunya, tema akan menjadikan pesta ulang tahun anak semakin meriah. Ada trik untuk mengaplikasikan tema agar anggaran pesta tetap terjangkau. Misalnya, Ibu bis amengaplikasikan tema pesta ulang tahun pada baju yang akan dipakai oleh si kecil, pada hiasan kue ulang tahun, atau pada backdrop.

  2. Menyiapkan dekorasi

    Jika Ibu mempersiapkan ulang tahun anak sendirian alias tanpa EO, maka pilihlah dekorasi yang mudah untuk dibuat, contohnya membuat dekorasi dengan balon dan kertas krep. Bikin cupcake yang disesuaikan dengan tema juga bisa menjadi dekorasi yang menarik.

  3. Memesan kue ulang tahun

    Jika Ibu ingin kue ulang tahun custom, misalnya disesuaikan dengan tema, maka pesanlah setidaknya empat minggu sebelum acara. Jika Ibu tidak handal dalam membuat kue ulang tahun, sebaiknya jangan mencoba membuat kue sendiri untuk acara ulang tahun anak nanti, ya.

  4. Menyiapkan makanan

    Untuk makanan untuk disajikan ke tamu undangan, ada dua pilihan yang bisa Ibu pilih. Pertama, memasak sendiri dan yang kedua adalah memesan makanan. Tentu masing-masing ada kelemahan dan kelebihannya.

    Jika memasak sendiri, pastinya Ibu membutuhkan banyak tenaga dan waktu, mulai dari belanja bahan makanan, mempersiapkan bahan hingga memasak. Belum lagi, nanti setelah acara selesai, Ibu mesti membersihkan semua perlengkapan masak dan makan. Sedangkan jika Anda memesan makanan, Ibu nggak akan terlalu capek, tapi biayanya sudah pasti akan lebih mahal.

    Atau bisa juga mengombinasikan dua pilihan ini. Misalnya, Ibu bisa pesan makanannya, tapi gunakan perlengkapan makan milik Anda sendiri. Jangan lupa, jika Anda turut mengundang para orang tua, sediakan pula makanan yang sesuai untuk mereka.

  5. Tema pakaian

    Jika si Kecil ingin memakai baju sesuai tema acara ulang tahun, maka mesti dicari dari sekarang, ya. Ibu bisa juga menentukan dresscode bagi tamu undangan, tapi hindari dresscode yang bisa memberatkan, ya, misalnya, Ibu bisa cukup menentukan warna bajunya saja.

  6. Menyiapkan isi bingkisan

    Untuk isi bingkisan atau goodie bag yang perlu custom order, misalnya tas dengan nama anak, pesanlah dari jauh-jauh hari.

  7. Membuat daftar undangan

    Buat daftar nama anak yang akan diundang dan informasikan pada para orang tua untuk meluangkan waktunya untuk menghadiri pesta ulang tahun anak Anda. Catatan, jika Anda membuat acara ulang tahun di rumah atau di restoran misalnya, maka Anda perlu ikut menghitung para orang tua yang bakal datang, ya.

Dua Minggu Sebelum Acara

  1. Mengingatkan kembali jadwal acara

    Kemarin, kan, Anda sudah menginformasikan hal ini pada para orang tua, nah, ada baiknya kita mengingatkan kembali. Berhubung ini adalah acara anak-anak, maka akan lebih meriah jika kita membuat undangan yang sesuai dengan tema anak. 

  2. Follow up bingkisan

    Jika goodie bag ulang tahun si kecil menggunakan custom order, maka Ibu perlu melakukan follow up, ya. Ini sekadar mengingatkan supplier bingkisan agar menyelesaikan pesanan tepat waktu.

Satu Minggu Sebelum Acara

  1. Bingkisan sudah selesai

    Pastikan Anda sudah membungkus dan merapikan bingkisan, supaya jika ada kekurangan, Anda masih bisa membelinya. Simpan bingkisan yang sudah rapi ini di tempat yang nggak gampang dijangkau anak.

  2. Membersihkan rumah

    ​​​​​​Mulailah menyicil untuk membersihkan dan merapikan rumah. Simpan barang-barang berharga dan barang pecah belah di tempat yang aman jika ulang tahun si kecil diadakan di rumah.

  3. Menyiapkan rundown

    Siapkan rundown acara. Misalnya, berdoa bersama, games, tiup lilin, potong kue, makan bersama dan terakhir, membagi bingkisan.

Dua Hari Sebelum Acara

  1. Menyiapkan perlengkapan makan

    Kalau Ibu mempersiapkan ulang tahun anak sendiri, selesaikan semua di dua hari sebelum acara. Jadi seandainya ada yang kurang, Anda masih punya satu hari lagi untuk melengkapi yang kurang.

  2. Menyiapkan rumah

    Selesaikan kegiatan membersihkan rumah dan merapikan barang, setidaknya H-2 sebelum acara..

  3. Menyediakan tempat khusus untuk menerima hadiah

    Ibu juga perlu memikirkan area khusus untuk meletakkan hadiah. Sebaiknya pilih tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak.

Satu Hari Sebelum Acara

Pastikan seluruh kebutuhan sudah lengkap. Mulai dari pakaian anak, kue ulang tahun, makanan, bingkisan, dll.

Ada satu kebiasaan ketika menggelar acara ulang tahun, yaitu membuka kado ketika acara masih berlangsung. Nah, hal ini perlu dipertimbangkan, ya, Bu. Karena ada kemungkinan kado yang diterima si anak, nggak sesuai dengan keinginannya. Dikhawatirkan, nih, Bu, anak berkomentar atau melakukan sesuatu yang kurang pas di depan pemberinya. 

4 Ide Games Acara Ulang Tahun Anak

Saat mempersiapkan ulang tahun anak, Ibu juga harus memikirkan permainan apa yang bakal seru dimainkan di acara ulang tahun si Kecil nanti. Nah, berikut ide games seru untuk acara ulang tahun anak.

  1. Hot potato

    Games ini dijamin bikin semua anak yang datang ikut bermain. 'Hot Potato' ini dilakukan dengan sebuah bola. Games ini dimainkan dengan cara serupa dengan permainan ‘duduk ketika musik berhenti’. Orang yang terakhir duduk, dialah yang menang.

  2. Dress up race

    Ini adalah lomba memakai kostum. Agar permainan jadi lebih meriah, Ibu bisa menyiapkan kostum yang kocak.

  3. Tebak-tebakan

    Ini memang permainan klasik, tapi tetap bisa memeriahkan acara. Misalnya, Anda bisa membuat games menebak nama hewan dengan melakukan gerakan, atau tebak gambar.

  4. Pukul pinata

    Biar makin seru, isi dengan permen dan cokelat beragam warna serta bentuk.

Supaya lebih seru, berikan hadiah bagi para pemenang games, ya.

Nah, itulah langkah mempersiapkan ulang tahun anak. Semoga acara yang Anda buat akan berjalan lancar, ya.

Selamat ulang tahun untuk si kecil!

(Stephanie)