Keluarga

6 Sifat yang Diturunkan Orang Tua ke Anak, Apa Saja?

6 Sifat yang Diturunkan Orang Tua ke Anak, Apa Saja?

Apakah Ayah dan Ibu pernah memikirkan tentang kemungkinan sifat yang diturunkan orang tua ke anak?

Biasanya lebih mudah mengenali ciri fisik yang diturunkan orang tua ke anak, bahkan oleh orang lain. Misalnya, rambut keriting, hidung mancung, ataupun mata sipit. 

Ini dikarenakan anak mewarisi 46 kromosom, 23 kromosom dari masing-masing orang tuanya. Meskipun demikian, bukan berarti manusia akan memiliki perbandingan 50:50 dari apa yang diturunkan orang tua ke anak.

Dikutip dari Healthline, setidaknya ada 30.000 campuran gen pada kromosom di tubuh manusia yang menentukan warna rambut, bentuk tubuh, ada atau tidaknya lesung pipi serta ciri-ciri fisik lainnya. 

Puluhan ribu gen ini menyebabkan sulit memprediksi seperti apa anak Ayah dan Ibu nantinya. Oleh karena itu, bisa jadi seorang anak lebih banyak mewarisi gen Ayah atau berlaku juga sebaliknya.

Jadi, apa saja sifat yang diturunkan orang tua ke anak?

Kecerdasan

Kecerdasan adalah salah satu sifat yang diturunkan orang tua ke anak. Pasalnya, secara ilmiah kromosom X membawa gen yang bertanggung jawab atas kecerdasan dan keterampilan sosial-kognitif lainnya. 

Seorang Ibu memiliki dua kromosom X, sedangkan Ayah hanya memiliki satu. Artinya, Ibu lebih banyak menurunkan gen kromosom X pada anak.

Perlu diingat, anak laki-laki memiliki kromosom XY, sehingga Ibu adalah satu-satunya yang dapat menyumbangkan kromosom X (dan semua sifat cerdasnya). 

Sementara itu, anak perempuan memiliki kromosom XX, sehingga ia harus berterima kasih kepada Ibu dan Ayah untuk kecerdasannya karena dia mendapat X dari setiap orang tua—tapi mungkin, berkat kontribusi mitokondria Ibu, Ibu mendapat sedikit lebih banyak pujian untuk kecerdasan anak perempuannya.

Pola makan

Sejak dalam kandungan, apa yang dimakan janin berasal dari apa yang dimakan oleh Ibunya. Tak heran jika kebiasaan makan Ibu bisa menurun pada anak. Hal ini termasuk juga selera makan. 

Oleh karena itu, sebaiknya sejak hamil Ibu perlu mengonsumsi makanan sehat, sehingga nantinya anak juga akan memiliki selera makan makanan yang sehat.

Lebih lanjut, melansir dari Webmd, para pakar kesehatan juga menyatakan pola makan Ibu di waktu kecil juga bisa menjadi salah satu sifat yang diturunkan orang tua ke anak. 

Kemungkinan Ibu yang sulit makan atau picky eater di waktu kecil, bisa saja menurun pada anak. Jadi, disarankan agar setiap wanita menciptakan pola makan yang sehat tidak hanya saat hamil.

Daya tahan tubuh

Apa yang diturunkan orang tua ke anak berikutnya? Daya tahan tubuh. Banyak orang berpikir bahwa Ayah yang senang berolahraga memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga bisa diturunkan pada anaknya. Padahal hasil riset justru berkata sebaliknya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Applied Physiology tahun 2005 menyebutkan bahwa mitokondria pada DNA Ibu memegang peran penting dalam metabolisme tubuh seorang anak. 

Selain itu, mitokondria juga yang mendukung proses pengiriman oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, seorang anak dengan daya tahan tubuh yang baik menurun dari DNA Ibunya.

Watak

Watak atau karakter anak bisa dipengaruhi oleh susunan gen dalam kromosomnya. Siapa sangka justru watak adalah sifat yang diturunkan dari seorang Ayah ke anak. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The Psychiatric Quarterly menunjukkan bahwa watak atau karakter yang dimiliki Ayah mempengaruhi watak anak.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa anak-anak menurun sifat Ayahnya seperti yang mereka lihat sehari-hari. Misalnya, ketika Ayah memiliki karakter yang mudah bergaul maka besar kemungkinan anak juga akan menjadi sosok yang mudah bergaul. 

Namun demikian, watak juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan sosial tempat anak tersebut berada.

Gaya tidur

Anak suka tidur miring ke kanan? Atau anak lebih suka tidur dengan memeluk guling? Ternyata hal sepele, seperti gaya tidur, juga diturunkan dari orang tua. Bisa tebak sifat yang ini menurun dari Ayah atau Ibu?

Jawaban yang benar adalah Ibu! Menurut Journal of Sleep Medicine, Ibu seringkali memiliki pengaruh lebih besar pada kebiasaan tidur anak-anak mereka karena mereka biasanya menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak daripada Ayah. 

Anak yang memiliki Ibu dengan insomnia tertidur lebih lambat, kurang tidur dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tidur nyenyak. Tidak terkecuali posisi tidur yang nyaman bagi anak biasanya sama dengan Ibunya.

Kebiasaan bersin

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa beberapa orang bersin ketika melihat matahari atau cahaya terang lainnya? Kebiasaan bersin kecil itu juga merupakan apa yang diturunkan orang tua ke anak, dalam hal ini Ayah.

Memiliki refleks bersin di sekitar cahaya atau kondisi terang adalah sifat genetik yang disebut Autosomal dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst atau lebih dikenal dengan sindrom ACHOO. 

Tenang saja, sifat orang tua yang diturunkan ke anak ini bukan gangguan kesehatan, sehingga tidak membutuhkan pengobatan apa pun. 

Ternyata ada banyak juga, ya, sifat yang diturunkan orang tua ke anak. Tidak hanya sebatas ciri fisik, tapi juga kebiasaan-kebiasaan lain yang sebenarnya tampak sepele. 

Jadi, kalau orang tua zaman dulu mengatakan untuk mencari jodoh harus melihat bobot, bibit, bebet, mungkin faktor genetik ini yang dimaksudkan.

Kira-kira selain yang sudah disebutkan tadi, sifat apa yang diturunkan orang tua ke anak lainnya ya?

Editor: Dwi Ratih