Keluarga

7 Aplikasi Pelacak Anak, Bisa Diakses Secara Real Time!

7 Aplikasi Pelacak Anak, Bisa Diakses Secara Real Time!

Sebagai orang tua, pastinya kita selalu ingin menjaga keselamatan keluarga, bukan? Termasuk keselamatan anak-anak. Tapi, kita sadar bahwa sebagai orang tua, kita nggak bisa selalu memantau keberadaan anak selama 24 jam.

Apalagi, jika anak sudah berusia remaja dan mulai gemar bepergian bersama teman tanpa orang tua. Alih-alih khawatir, ternyata di zaman yang serba canggih seperti sekarang, kita tetap bisa memantau keberadaan anak dengan beragam aplikasi pelacak anak, lho!

Aplikasi pelacak anak ini, bisa membantu orang tua untuk mengetahui di mana posisi anak berada. Namun, penggunaannya tentu perlu terkoneksi dengan Hp anak.

Berikut ini adalah beragam jenis aplikasi pelacak anak yang mungkin bisa Ibu coba unduh, supaya Ibu tetap bisa memantau anak meski dalam jarak jauh sekalipun.

7 aplikasi pelacak anak bisa pantau lokasi secara real time

1. Findmykids


Photo source: Eyezy

Findmykids merupakan aplikasi pelacak anak yang bisa menunjukkan di mana si kecil berada. Aplikasi pelacak anak ini, berbasis Android dan iOS yang dapat memposisikan ponsel dalam bentuk segitiga setiap 15 menit ke dalam beberapa meter.

Aplikasi Findmykids ini bekerja dengan basis sensor GPS yang ada dalam Hp anak. Namun, aplikasi pelacak anak yang satu ini membutuhkan internet atau koneksi WiFi untuk bisa terhubung secara real time.

Selain itu, Findmykids juga punya fungsi lain berupa:

  • Melacak history (catatan kejadian yang lalu-lalu) pada lokasi yang dikunjungi si kecil
  • Mengirimkan notifikasi ke ponsel orang tua, terutama ketika anak bergerak dan meninggalkan lokasi
  • Aplikasi ini juga bisa merekam suara di sekitar ponsel anak (tapi, ini merupakan layakan yang dikhususkan untuk pengguna Android)
  • Mengawasi dan melacak Hp anak dengan mengidentifikasi baterai ponsel anak-anak dan penggunaan aplikasi pada ponsel mereka.

2. Famisafe


Photo source: Google Play

Dikutip dari laman Family1st FamiSafe merupakan aplikasi melacak anak dan juga anggota keluarga termasuk suami,  yang paling populer bagi pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini memudahkan orang tua untuk memantau aktivitas anak baik online maupun offline.

Dengan fitur pembatasan wilayah, Parents juga dapat menandai tempat-tempat yang memungkinkan anak kunjungi, dan aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan kepada orang tua setiap kali mereka masuk atau keluar dari suatu lokasi tersebut. Menariknya, jika anak keluar rumah atau pergi ke tempat yang tidak seharusnya, Parents juga akan menerima notifikasi dengan pembaruan lokasi secara real time.

FamiSafe juga memungkinkan Parents dalam memantau penggunaan aplikasi mereka, memblokir konten yang tidak pantas, menetapkan batas penggunaan, dan mengakses riwayat pencarian mereka untuk memastikan mereka tidak terlibat dalam aktivitas berbahaya. Hebatnya lagi, Parents juga bisa mengidentifikasi tanda-tanda cyber bullying, konten dewasa, atau predator online yang kemungkinan bisa mengintai anak.

Famisafe juga merupakan aplikasi yang bisa diakses dengan cara berlangganan, baik secara bulanan maupun tahunan.

3. Life360


Photo source: Life360

Life360 merupakan aplikasi pelacak anak yang sejatinya bisa digunakan secara kolektif untuk seluruh anggota keluarga. Salah satu fungsinya adalah dapat berbagi lokasi dengan sesama penggunanya. 

Fitur berbagi lokasi ini, juga bisa dibagikan secara real time pada keluarga maupun teman. Jika digunakan untuk melacak anak, aplikasi ini juga bisa melacak pergerakan anak-anak dan mengetahui keberadaan mereka.

Nggak hanya itu, Life360 juga bisa menginformasikan baterai Hp (battery health) pada semua akun yang ada di circle pengguna. Bahkan kita bisa tahu berapa persen baterai yang tersisa saat Hp dimatikan.

Butuh mendeteksi riwayat lokasi si kecil? Aplikasi ini juga bisa melayak lokasi setiap pengguna di dalam circle. Bahkan lokasi ini masih bisa terlihat selama dua hari terakhir.

4. Geonection Family GPS Tracker


Photo source: App Store - Apple

Aplikasi pelacak anak selanjutnya adalah Geonection Family GPS Tracker. Aplikasi ini dapat melacak Hp anak secara real time, sekaligus melacak lokasi di mana anak berada.

Geonection Family GPS Tracker juga punya fitur untuk membuat circle keluarga dan mudah diakses oleh anggota keluarga. Nah, menurut Ibumin fitur ini jadi sangat memudahkan orang tua untuk melacak aktivitas beberapa anak, yang hadir di dalam grup circle yang telah dibentuk.

Bahkan, kamu juga bisa memantau jarak dan waktu tempuh jika si kecil sedang dalam perjalanan.  

5. iSharing: Find Family & Phone

Photo source: iSharing

Aplikasi ini dikenal bisa melacak Hp apabila dicuri oleh orang. Tapi siapa sangka, aplikasi ini ternyata juga bisa membantu melacak anak, lho! Bahkan, iSharing: Find Family & Phone bisa jadi opsi jika kita ingin berbagi lokasi dengan anggota keluarga.

Karena, aplikasi pelacak anak yang satu ini juga bisa memberikan hasil secara real time. Menariknya lagi, kita bisa menerima notifikasi ketika keluarga tiba atau meninggalkan tujuan.

6. Glympse


Photo source: Eyezy

Glympse merupakan aplikasi pelacak anak yang cuku populer, terutama bagi pengguna Android. Pada aplikasi ini, kita bisa melacak lokasi anak secara real time dengan cepat dan sangat mudah.

Untuk menghemat daya, kamu juga bisa mengatur berapa lama sharing lokasi dilakukan agar bisa mengetahui di mana si kecil berada. Menariknya, semua akses lokasi mereka nggak akan bisa dilakukan tanpa seizin induk pengguna atau sang pembuat akun. Jadi hanya Parents yang bisa mengaksesnya.

7. Google Maps


Photo source: Google Play 

Yes! Rekomendasi aplikasi pelacak anak selanjutnya adalah, Google Maps. Jarang disadari, ternyata Google Maps juga fitur yang bisa melacak Hp anak, lho!

Bahkan juga bisa melacak nomor Hp pasangan atau anggota keluarga lainnya. Cukup klik Location Sharing - Add People. Lalu pilih durasi pembagian lokasi atau pilih Until You Turn This Off.

Nantinya, Parents juga bisa mengirim permintaan agar si kecil bisa melakukan pelacakan yang sama pada orang tuanya. Nah, gimana Parents? Dari ke 7 aplikasi pelacak anak ini, mana sih yang sudah pernah kamu gunakan?