Keluarga

7 Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah Tanpa Zat Kimia

7 Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah Tanpa Zat Kimia

Bagaimana ya cara ampuh mengusir semut di rumah tanpa zat kimia berbahaya yang bisa mengganggu pernafasan?

Semut pada dasarnya bukan hewan berbahaya, terlebih ukurannya cukup kecil. Hanya saja, keberadaan semut sulit dideteksi. Saat Ibu melihat seekor semut di satu tempat, biasanya sudah ada ribuan kawanan menunggu di sarang. 

Di sisi lain, semut hidup berkoloni sehingga kehadirannya mengganggu. Saat koloni semut menyerang, bisa langsung merusak bahan makanan. Belum lagi jika semut menggigit. 

Bagi orang dewasa, mungkin tidak menjadi masalah besar. Namun jika si kecil yang tergigit, pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sayangnya, cara mengusir semut yang ditawarkan adalah dengan bahan kimia beracun. Kandungan racun di dalam pembasmi semut bisa membahayakan pernafasan. Sebagai gantinya, Ibu bisa coba pakai bahan sederhana berikut untuk mengusir semut. 

Catat dan jangan sampai ada yang terlewatkan begitu saja, ya!

1. Garam

Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan. Ibu pasti memilikinya di rumah.  Siapa sangka, ternyata menaburkan garam bisa menjadi cara mengusir semut di rumah. Menurut penelitian dari Oregon State University, garam adalah pestisida alami yang ampuh mengusir serangga, termasuk semut. 

Cukup taburkan garam di area yang rentan didatangi semut seperti tempat penyimpanan makanan atau di bagian teras rumah. Dalam hitungan menit, semut-semut hilang sekejap.

2. Merica atau cabai bubuk

Cara mengusir semut di rumah selanjutnya adalah dengan merica atau cabai bubuk. Dikutip dari Healthline, merica dan cabai mengandung zat bernama capsaicin. Zat inilah yang membuat merica dan cabai terasa pedas. 

Pada semut, zat capsaicin ini akan memberikan efek panas yang menyiksa. Pantas ya, semut enggan hinggap di makanan pedas seperti sambal. Saat Ibu menemukan kerumunan semut, taburkan merica atau cabai bubuk di sekitarnya. Tak lama, semut pasti akan langsung menjauh.

3. Cuka

Cuka biasanya ditambahkan ke dalam masakan untuk memberikan rasa asam. Ternyata, selain asam cuka juga efektif mengusir semut, lho. Cara mengusir semut di rumah dengan cuka ini pun sangat mudah. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. 

Setelah itu, pindahkan ke botol semprot. Semprotkan larutan cuka tersebut ke area yang dihinggapi semut. Meski simpel, cara ini ampuh basmi semut-semut nakal lho. Sebab, cuka merupakan anti-mikroba alami sehingga bisa dijadikan pestisida sederhana. Selain semut, cuka juga bisa mengusir serangga lain seperti kecoa.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur. Makanan yang diberi tambahan bawang putih akan beraroma wangi dan terasa lebih sedap. Selain dijadikan bumbu, bawang putih pun bisa dipakai membasmi gerombolan semut. 

Iris bawang putih tipis tipis dan kemudian letakkan di daerah yang banyak semut. Aroma tajam yang dikeluarkan bawang putih ternyata sangat dibenci semut. Jadi, semut pun akan langsung kabur begitu mencium aroma bawang putih.

5. Bubuk kayu manis 

Sebuah studi yang dimuat dalam Jurnal Bioresource Technology menemukan bahwa kayu manis atau cinnamon mengandung trans-cinnamaldehyde. 

Zat tersebut merupakan pengusir semut yang efektif, bahkan mampu mengusir semut merah yang menimbulkan gatal dan bentol-bentol pada kulit. Ibu bisa gunakan bubuk kayu manis agar lebih praktis. Taburkan bubuk kayu manis di lokasi yang sering dilalui semut. 

Jika takut bubuk kayu manis bertebaran, Ibu bisa gunakan minyak esensial kayu manis. Sifat minyak esensial yang cair tidak bikin kotor rumah.

6. Lemon

Cara mengusir semut dengan ampuh di rumah berikutnya adalah dengan menggunakan sari buah lemon. Sama seperti cara mengusir semut dengan cuka, campurkan perasan buah lemon dengan air. Gunakan perbandingan 50:50. 

Kemudian, semprotkan di tempat-tempat yang didatangi semut seperti jendela dapur dan retakan tembok. Setelah membuat larutan lemon, jangan buru-buru membuang kulitnya. Sebab, kulit lemon pun bisa dipakai mengusir semut di rumah. 

Iris kulit lemon (bisa juga dengan memarutnya) kecil-kecil. Setelah itu, letakkan di pintu masuk dapur atau area lain yang sering dilewati semut. Aroma lemon yang asam ternyata tidak disukai semut sehingga meletakkan irisan lemon bisa jadi cara ampuh mengusir semut di rumah.

7. Kopi

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak disukai orang karena kandungan kafein di dalamnya. Jika manusia begitu menggemari kopi, tidak demikian dengan semut. Bagi semut, kopi mengeluarkan aroma yang begitu menyengat. 

Hasilnya, semut akan menghindari tempat-tempat yang tercium aroma kopi. Oleh karena itu, kopi ampuh mengusir semut-semut di rumah. Ibu bisa menggunakan kopi hitam yang belum tercampur apa-apa. 

Ada baiknya Ibu tidak menggunakan kopi instan karena biasanya sudah diberi campuran gula. Alih-alih mengusir semut, justru malah mengundang lebih banyak lagi semut.

Gerombolan semut yang tiba-tiba muncul jelas sangat mengganggu. Terlebih jika kumpulan semut mulai menyerang makanan yang Ibu simpan. Makanan yang sudah terkena serangan semut akan terkontaminasi kotoran dan tidak lagi aman dikonsumsi.

Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk menyimpan makanan di tempat yang aman dari semut. Semoga ulasan mengenai cara mengusir semut di rumah ini bisa bantu Ibu ya!

Editor: Dwi Ratih