Keluarga

7 Cara Membersihkan Kaca yang Buram, Dijamin Kinclong!

7 Cara Membersihkan Kaca yang Buram, Dijamin Kinclong!

Cara membersihkan kaca yang buram penting untuk diketahui nih sama Parents. Pasalnya, kaca termasuk bagian yang mendukung estetika rumah. Jika dibiarkan kotor dan buram, maka kebersihan rumah pun tampak terabaikan. Keberadaan kaca di rumah bisa memberi kesan ruangan lebih lapang. Namun, jika kaca tidak rutin dibersihkan maka justru akan mengurangi keindahan. Nah, berikut ini ada beberapa cara membersihkan kaca yang buram. Yuk, simak!


1. Gunakan alkohol

Alkohol bisa digunakan sebagai cairan pembersih kaca. Cara membersihkan kaca yang buram dengan alkohol pun sangat mudah. Kamu bisa menuangkan sedikit a─║kohol pada lap kering yang akan digunakan. Kemudian, gosokkan lap tersebut pada permukaan kaca yang buram secara menyeluruh. Terakhir, keringkan kaca dengan menggunakan lap kering, sehingga kembali kinclong.


2. Semprot cuka putih

Dikutip dari The Spruce, kandungan asam dalam cuka putih ampuh bersihkan noda membandel pada kaca. Artinya, kamu bisa menggunakan cuka putih sebagai cairan pembersih kaca. Cara membersihkan kaca yang buram dengan cuka putih, yaitu tuang terlebih dulu larutan cuka putih ke dalam botol spray. Selanjutnya, semprotkan ke permukaan kaca yang buram. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu seka dan lap kembali seluruh permukaan kaca hingga bersih.


3. Oleskan pasta gigi

Cara membersihkan kaca yang buram juga bisa memanfaatkan pasta gigi. Kamu bisa mengoleskan pasta gigi ke permukaan lap kering. Lalu, lap secara menyeluruh ke seluruh bagian kaca yang buram. Biarkan hingga pasta gigi kering. Jika sudah segera lap permukaan kaca dengan lap setengah basah untuk membersihkan pasta gigi tersebut. Lanjutkan pengeringan kaca dengan lap kering yang bersih secara merata.


4. Manfaatkan air perasan lemon

Selain enak dijadikan minuman, air perasan lemon bermanfaat untuk membersihkan kaca yang buram. Kandungan vitamin C yang tinggi pada air lemon, ampuh mengangkat noda membandel pada kaca. Cara membersihkan kaca yang buram dengan lemon pun sangat mudah. Cukup tuang air perasan lemon ke dalam mangkok. Kemudian oles air lemon ke kaca menggunakan kapas kering. Jika sudah bersihkan kembali kaca menggunakan lap kering dan bersih.


5. Gunakan filter kopi

Cara membersihkan kaca yang buram bisa dengan menggunakan filter kopi. Hal ini dikarenakan kertas filter kopi memiliki daya serap yang bagus. Dengan begitu, kertas kopi tidak akan menempel di kaca. Menggunakan filter kopi untuk membersihkan kaca yang buram cukup populer di Jepang. Cara ini efektif mengangkat debu dan kotoran yang membandel pada permukaan kaca, yang membuatnya terlihat buram.


6. Gosok dengan baking soda

Debu dan kotoran di kaca belum juga bisa teratasi? Tenang saja, masih ada alternatif cara membersihkan kaca yang buram lainnya. Kamu bisa memanfaatkan baking soda untuk mengatasi masalah ini. Cukup taburkan baking soda di permukaan kaca yang buram. Kemudian gosok dengan lembut menggunakan handuk basah. Terakhir, bersihkan kembali kaca menggunakan lap kering dan bersih.


7. Gunakan kaporit

Umumnya kaporit digunakan untuk membersihkan air kolam maupun sumur dari kuman dan bakteri. Namun, ternyata kaporit juga bisa digunakan sebagai pembersih kaca yang buram. Cara membersihkan kaca yang buram menggunakan kaporit tidaklah sulit. Campurkan kaporit dengan sedikit air, lalu aduk hingga rata dan mengental. Selanjutnya, gunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan larutan kaporit untuk membersihkan kaca. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih. Keringkan kaca menggunakan lap kering.


Tips menjaga kaca agar awet kinclong

Setelah mempelajari cara membersihkan kaca yang buram, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjaga permukaan kaca agar awet kinclong. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan;

1. Kaca jendela rumah sebaiknya dibersihkan minimal satu bulan sekali. Tujuannya agar debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama, sehingga sulit dibersihkan. Kaca jendela yang bersih akan membuat ruangan di rumah lebih terang dan nyaman.

2. Bersihkan jendela di sore hari atau ketika hari berawan (mendung). Mengapa demikian? Perlu diketahui, sinar matahari bisa membuat kaca lebih cepat kering sebelum kamu selesai membersihkan kaca secara menyeluruh. Kondisi ini biasanya menyebabkan munculnya garis bekas goresan kain lap di permukaan kaca. Sebaliknya, jika proses membersihkan kaca dilakukan di sore hari atau ketika hari berawan, kamu bisa menghindari masalah tersebut.

3. Cara membersihkan kaca yang buram adalah dari atas ke bawah. Semprotkan cairan pembersih kaca dari bagian teratas, sehingga bisa mengalir ke bawah dengan sendirinya. Dengan begitu, kamu bisa membersihkan kaca lebih mudah. Lakukan gerakan searah agar kotoran tidak berpindah dari atas ke bawah, maupun sebaliknya.

4. Gunakan lap microfiber saat membersihkan kaca yang buram. Kain lap microfiber memiliki permukaan lembut, sehingga tidak menimbulkan goresan pada permukaan kaca. Selain itu, kain jenis ini efektif mengangkat debu dan kotoran di kaca. Pastikan kamu sudah membersihkan lap microfiber dengan air mengalir setelah dipakai mengelap kaca sehingga tidak lengket untuk pemakaian berikutnya.


Jadi, itulah tadi beberapa cara membersihkan kaca yang buram. Kira-kira cara mana yang paling ampuh untuk mengangkat debu dan kotoran yang terlanjur menempel di kaca jendela rumahmu? Semoga informasi tadi bermanfaat, ya!


Editor: Atalya