Keluarga

7 Cara Membersihkan Lantai Kayu Parket Supaya Lebih Awet

7 Cara Membersihkan Lantai Kayu Parket Supaya Lebih Awet

Cara membersihkan lantai kayu parket tidak boleh sembarangan agar lantai kayu tersebut tetap awet dan memiliki kualitas yang terjaga dengan baik. Mengapa harus berhati-hati dalam perawatannya? 

Hal ini dikarenakan harga lantai kayu parket yang cukup mahal namun jenis lantai kayu parket ini akan membuat hunian Ibu semakin indah dan terlihat mewah. Pembersih lantai kayu parket biasanya dijual khusus dengan harga yang variatif juga. 

Bukan hanya desain mewah saja yang membuat jenis lantai ini sedikit tidak ramah dikantong, namun karena cara memasang lantai kayu parket juga harus hati-hati dan teliti supaya terpasang dengan rapi dan sempurna.

Tips Membersihkan Lantai Kayu Parket

Jika ingin memilih lantai kayu parket sebagai lantai rumah idaman Ibu, ada baiknya pahami dulu seluk beluknya dari mulai cara memasang lantai kayu parket, pembersih lantai kayu parket yang recommended, hingga harga lantai kayu parket yang Ibu pilih. Semuanya sudah menjadi satu paket sebelum memutuskan menggunakan lantai mewah dan menawan yang satu ini. 

Melansir dari laman Cleanipedia, jenis lantai kayu parket merupakan lantai dengan bahan yang sensitif sehingga perawatannya tidak mudah namun lantai parket kayu sudah lama menjadi pilihan favorit banyak orang, terutama mereka yang sangat gemar dengan desain tata ruang rumah. 

Berikut ini ada beberapa cara membersihkan lantai kayu parket yang dilansir melalui laman Cleanipedia.

1. Lakukan Pembersihan dengan Teratur

Cara membersihkan lantai kayu parket harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kualitas lantai kayu parketnya. Ini merupakan cara yang paling efisien, selain itu debu yang dibiarkan menumpuk begitu saja pada lantai kayu parket akan semakin susah dibersihkan jika terlalu lama tertimbun.

2. Gunakan Penyedot Debu

Alih-alih mengepel dengan obat khusus pel lantai yang wangi semerbak, cara membersihkan lantai kayu parket terbaik hanyalah dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. 

Dengan menggunakan penyedot debu, pasir-pasir atau debu sekecil apapun dapat langsung bersih dan tidak meninggalkan jejak.

3. Memilih Sapu dengan Bulu yang Lembut

Jika belum memiliki vacuum cleaner, cara membersihkan lantai kayu parket bisa dengan cara disapu setiap saat dengan sapu. 

Sebaiknya Ibu memilih sapu yang tebuat dari bulu lembut yang ada di rumah supaya tidak membuat lantai parket tersebut tergores sehingga menjadi tidak bagus lagi permukaannya.

4. Segera Bersihkan Noda Tumpah

Noda yang tumpah pada lantai kayu parket juga harus segera dibersihkan dengan kain lembut. 

Jenis lantai kayu parket ini benar-benar sensitive, jika noda tersebut dibiarkan lama, maka bukan hanya akan merusak keindahan lantai kayunya saja, namun semakin lama akan membuat kerusakan pada permukaannya juga.

5. Jangan Sembarangan Menggunakan Pembersih

Pembersih lantai kayu parket tidak bisa sembarangan, biasanya di pasaran sudah banyak dijual pembersih lantai kayu parket dengan berbagai macam merk dan harga. 

Melansir dari laman Kompas, sebaiknya Ibu menghindari penggunaan jenis pembersih lantai kayu parket seperti produk pembersih untuk kaca, kain pel yang terlalu basah, air dicampur dengan sabun, terlalu banyak cuka, air perasan jeruk lemon, amplas, hingga pemutih.


Cara Membersihkan Lantai Kayu Parket

Jika sudah menggunakan lantiai kayu parket, Ibu bisa menyimak cara membersihkan lantai kayu parket berikut ini supaya lantai kayunya tetap cantik, dilansir dari laman Cleanipedia:

1. Gunakan Sapu atau Penyedot Debu Terlebih Dahulu


Sebelum melakukan deep cleaning pada lantai kayu parket yang ada di rumah Ibu, sebaiknya Ibu mulai dulu dengan menyapu atau menyedot debu yang ada di lantai menggunakan penyedot debu secara menyeluruh. 

Dipasaran kabarnya sudah ada tisu khusus lantai kayu parket untuk mengumpulkan debu di lantai. Namun pastikan bahan tersebut aman u ntuk lantai jenis ini ya.

2. Gunakan Air Hangat

Sebenarnya cara membersihkan lantai kayu parket ini bisa menggunakan air hangat, namun tetap saja kelembapan lantainya harus dijaga dengan baik karena bila terlalu basah akan menyebabkan lantai menjadi lapuk, menggembung, bahkan bisa juga mengeluarkan bau tidak sedap. Gunakan juga kain pel dengan serat halus sehingga aman dari goresan.

3. Cuka Sebagai Pertolongan Pertama

Cuka dapat digunakan sebagai pertolongan pertama cara membersihkan lantai kayu parket dari noda membandel, noda tumpah, ataupun noda minyak. 

Caranya adalah dengan menambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam ember berisi air hangat sebanyak 4- 5 liter, kemudian ambil lap halus dan usapkan pada noda tersebut, usap secara perlahan hingga memudar.

4. Pembersih Lantai Kayu Parket dapat Dicoba

Jika menggunakan cuka sebagai cara membersihkan lantai kayu parket tidak juga berhasil menghilangkan noda membandel, maka Ibu bisa mempertimbangkan pembersih lantai kayu parket yang banyak dijual di supermarket. 

Pembersih lantai kayu parket tak hanya akan menghilangkan noda membandel saja namun juga dapat memberikan nutrisi dan zat aditif pada lantai kayu parket sehingga terlihat lebih segar bahkan kinclong. Perhatikan juga petunjuk penggunaan pada label bagian belakang produk yang Ibu pilih.

5. Mencobanya Pada Area Kecil Terlebih Dahulu

Setelah memilih pembersih lantai kayu parket yang Ibu mau, disarankan agar Ibu mencobanya pada area kecil apakah akan cocok atau justru menambah masalah lainnya. 

Beberapa jenis lantai kayu parket ada yang sangat sensitif sehingga menimbulkan reaksi buruk terhadap larutan pembersih tertentu.

6. Selalu Membersihkan secara Mendetai


Bagian lantai kayu parket yang terkena noda dan berhasil dibersihkan dengan cairan tertentu sebaiknya tetap dilap kembali dengan lap yang masih bersih supaya terhindar dari pengendapan cairan pada lantai tersebut. 

Pastikan kembali proses dan cara membersihkan lantai kayu parket benar-benar mendetail dan lebih teliti.

7. Berhati-Hati Menggunakan Peralatan Panas

Tidak ada yang tahu apakah lantai kayu parket yang Ibu gunakantahan terhadap panas dan berbagai hal. Ada baiknya untuk berhati-hati saat menggunakan perlatan panas, jangan asal menaruh langsung tanpa dialasi untuk menghindarkan dari kerusakan lantai yang lebih buruk.


Cara Memasang Lantai Kayu Parket

Cara memasang lantai kayu parket tidak bisa sembarangan, namun beberapa orang yang sedikit mengerti akan hal ini tetap bisa memasang sendiri tanpa bantuan tukang. Melansir dari laman Gudang Parquet, berikut ini tahapan cara memasang lantai kayu parket:

1. Siapkan Permukaan dan Ukur Tinggi Lantai

Ada tips jitu yang dikutip melalui laman Gudang Parquet, jadi sebelum dilakukan pemasangan, ada baiknya lantai kayu parket yang masih dikemas dibuka terlebih dahulu dan dikeluarkan dari dalam dus untuk menghindari kelembapan udara berlebih.  

Pengukuran ini penting dilakukan secara cermat dan teliti supaya lantai kayu parket dapat terpasang dengan baik.

2. Memilih Lantai Kayu Parket dengan Benar

Lantai kayu parket ini punya beragam jenis dan harga lantai kayu parket juga cukup bervariasi, namun yang paling sering digunakan dan populer hingga kini adalah jenis parket jati dan merbau. Harga lantai kayu parket biasanya ditentukan per millimeter atau per meter, kisarannya juga beragam dari mulai ratusan ribu hingga jutaan. 

Harga lantai kayu parket juga akan ditentukan berdasarkan jenis yang dipilih oleh Ibu nantinya.

3. Bersihkan dan Ratakan Permukaan

Cara memasang lantai kayu parket awal mulanya harus membersihkan bagian permukaan lantai terlebih dahulu, setelah itu pastikan bahwa lantainya benar-benar rata. Hal ini dilakukan supaya lantai kayu ini dapat terpasang sempurna dan dapat mengunci dengan kokoh tanpa bergoyang. 

Memastikan permukaan lantai sudah rata sebelum dipasang parket juga akan menghindari pemasangan yang gagal, misalnya suatu saat akan menggembung atau cepat rusak.

4. Berikan Permukaan Lantai dengan Lem Kayu

Setelah memastikan permukaan lantainya bersih dari kotoran dan sudah rata, maka cara memasang lantai kayu parket selanjutnya adalah dengan memberikan lem kayu pada permukaan lantai tersebut. 

Lem kayu yang digunakan harus sesuai takaran, jadi tidak boleh terlalu sedikit atau justru kebanyakan ya.

5. Susun Lempengan Kayu Parket

Cara memasang lantai kayu parket berikutnya adalah dengan menyusun lempengan kayu parket satu persatu, hal ini dilakukan agar penguncian lantai tersebut merata dan menyatu dengan kuat satu dengan lainnya. 

Bagi pemula yang ingin melakukan cara memasang lantai kayu parket, sebaiknya menggunakan teknik susun bata karena dianggap lebih mudah. 

Bagian samping lantai parket yang akan dipasang sebaiknya diberi lem lagi supaya daya rekatnya semakin kuat dan menyatu semuanya. Supaya penyusunan lebih rapi, disarankan menggunakan benang yang biasa digunakan untuk memasang lantai pada umumnya.

6. Proses Pengamplasan Tidak Boleh Ketinggalan

Bila seluruh proses telah dilakukan dan cara memasang lantai kayu parket sudah benar sehingga lantai sudah tertutup dengan parket, maka selanjutnya bagian permukaan lantai kayu harus diamplas supaya permukaan lantai terasa lebih halus dan tidak ada sisik yang tersisa. 

Mengamplas parket ini harus dilakukan dengan mesin khusus seperti sanding machine. Proses pengamplasan tidak bisa langsung diterapkan karena harus menunggu lantai kayu tersebut benar-benar kering. Untuk pemasangan parket lebih rapi, ada baiknya mengikuti alur serat kayunya.

7. Tahap Akhir Coating Kayu

Setelah semuanya dilakukan, tahap paling akhir dari cara memasang lantai kayu parket adalah dengan proses finishing berupa coating kayu. Proses coating ini juga ada tahapannya lho. 

Pertama dengan melakukan base coating atau pendempulan kayu. Kedua proses main coat dimana parket diberi pelindung awal. Tahap ketiga coloring, yaitu memberi corak warna tertentu pada parket (beberapa membiarkan warnanya alami dan tidak melalui tahap ini). 

Dan tahap keempat sekaligus tahap akhir adalah tahap top coat yaitu tahapan menutup warna kayu dan memberikan lapisan pelindung super kuat.


Rekomendasi Pembersih Lantai Kayu Parket

Ingin tahu rekomendasi pembersih lantai kayu parket yang ada di pasaran Indonesia dengan harga dan kualitas super? Simak ulasan berikut ini, dilansir melalui berbagai sumber:

1. Pledge Wood Floor


Pembersih lantai kayu parket yang satu ini sering digunakan dan menjadi banyak pilihan selain membersihkan lantai juga terdapat produk Pledge yang dikhususkan untuk merawat furniture di rumah. 

Hasil olesan pledge ini biasanya membuat lantai dan furniture tampak kinclong. Untuk 400 ml Pledge Wood Floow biasanya dibandrol dengan kisaran harga IDR 20,000an ke atas.

2. Earth Choice Wooden Floor Surface Cleaner


Produk pembersih lantai kayu parket berikut ini diklaim mampu membersihkan, menjaga, dan mengembalikan kilau lantai kayu parket Ibu di rumah. Selain itu, produk Earth Choice ini juga sudah dilengkapi dengan antibakteri yang mampu melawan bakteri sehingga membuat seluruh keluarga aman dari ancaman virus serta penyakit. 

Kisaran harga yang ditawarkan pada kemasan 750 ml adalah diatas IDR 90,000.

3. Bona Hardwood Floor Cleaner


Bona Hardwood Floor Cleaner merupakan pembersih lantai kayu parket dengan kemasan besar yaitu hingga 4,7 liter. Formula khusus yang ada pada produk ini akan membuat lantai parket Ibu di rumah semakin awet dan bagus. 

Selain itu Bona Hardwood Cleaner ini juga cepat kering jadi lebih aman saat digunakan. Harga yang ditawarkan kisaran IDR 400,000 ke atas. 

4. Ashtonis Orange & Sandalwood


Satu lagi produk pembersih lantai kayu parket yang dapat membersihkan sekaligus membuat lantai kayu di rumah Ibu menjadi lebih berkilau. Selain itu produk ini juga mengandung antibakteri jadi dapat membantu Ibu memelihara kebersihan di lantai rumah. 

Harga yang ditawarkan untuk 1 liternya adalah kisaran IDR 79,000 dengan pilihan wangi yang beragam.

5. Kleen Up Timber Food Cleaner


Pembersih lantai kayu parket dengan formula konsentrat ini mampu membersihkan, merawat, serta mengkilapkan lantai kayu jenis apapun. Hadir dengan kemasan jirigen 1 liter membuat Ibu bisa lebih berhemat juga lho. 

Produk ini dibandrol dengan kisaran harga IDR 90,000an ke atas.

6. Klin’s Pembersih Parket


Produk keluaran Klin’s Indonesia ini mengandung antibakteri untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan lantai. Terdapat formula simple protection agent yang akan tetap melindungi kilap lantai parket meski sering kali digunakan. 

Selain itu ada sistem eliminating odor dengan aroma khas lemon yang segar sehingga satu ruangan akan wangi menyenangkan. Produk ini dijual dengan kisaran harga IDR 36,000 saja untuk 1 liternya.

Editor: Atalya