Keluarga

7 Cara Menghilangkan Jerawat di Alis Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Jerawat di Alis Secara Alami

Ternyata ada lho cara menghilangkan jerawat di alis secara alami! Ini tentu menjadi kabar gembira yang ditunggu-tunggu. 

Pasalnya, meskipun terletak di bagian wajah yang tersembunyi, jerawat di alis bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Penasaran seperti apa cara mengatasi jerawat di alis secara alami? 

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di sini!

1. Kompres dengan Es Batu

Cara mengatasi jerawat di alis dengan dikompres es batu mungkin terdengar kuno. Namun ternyata cara ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Jika dilihat dari kacamata ilmiah, suhu dingin es batu bisa dimanfaatkan sebagai alternatif cara menghilangkan jerawat di alis secara alami. Peradangan di alis juga bisa cepat teratasi hanya dengan mengompres es batu.

Sayangnya, cara mengatasi jerawat di alis dengan es batu tidak bisa memberi kesembuhan secara tuntas. 

Kamu tetap membutuhkan metode lain untuk memastikan jerawat terangkat hingga ke akarnya. Dengan begitu, kemungkinan jerawat muncul lagi di alis dapat dicegah.

2. Manfaatkan Gel Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat di alis secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan gel lidah buaya. 

Tingginya kandungan sulfur dan asam salisilat dalam gel lidah buaya efektif mempercepat penyembuhan jerawat. Menariknya, cara mengatasi jerawat di alis dengan gel lidah buaya juga bebas efek samping.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mengerok gel lidah buaya dan mengoleskan langsung pada area jerawat. 

Jangan lupa, pastikan untuk lebih dulu membersihkan wajah dengan sabun dan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini sebanyak 1-2 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Oleskan Madu

Sudah bukan rahasia jika madu memiliki banyak manfaat baik. Salah satunya termasuk untuk mengatasi jerawat di alis. Kandungan antioksidan di dalam madu mampu membersihkan wajah sampai ke bagian pori-pori. 

Artinya, dengan bahan alami ini pori-pori kulit wajah tidak lagi tersumbat minyak berlebih, debu, dan kotoran. Di sisi lain, madu juga bersifat antibakteri sehingga efektif mempercepat proses penyembuhan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat di alis secara alami dengan madu? Pertama, bersihkan wajah terlebih dulu dan keringkan dengan handuk. Kedua, gunakan kapas steril untuk mengoleskan madu ke permukaan kulit yang berjerawat. Ketiga, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Mudah bukan?

4. Gunakan Tea Tree Oil

Dikutip dari Journal of Cosmetology, tea tree oil merupakan bahan alami yang bersifat antibakteri dan anti peradangan. Hasil studi juga mengungkapkan bahwa penggunaan tea tree oil pada bagian wajah, termasuk alis, yang berjerawat bisa mempercepat proses penyembuhan. 

Risiko munculnya efek samping,  seperti kulit kering dan iritasi juga lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Kamu tertarik akan menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi jerawat di alis? Cobalah untuk mencampurkan tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Masker ini bisa diaplikasikan ke wajah sebagai cara menghilangkan jerawat di alis secara alami. 

Perlu diingat, bagi pemilik kulit sensitif dan mudah kemerahan, penggunaan tea tree oil harus dilakukan secara hati-hati. Beberapa orang dengan kulit sensitif bisa mengalami iritasi setelah pemakaian tea tree oil.

5. Oleskan Air Perasan Lemon

Selain tea tree oil, kamu juga bisa memanfaatkan air perasan lemon sebagai alternatif cara mengatasi jerawat di alis. Air perasan lemon mengandung vitamin C dan asam nitrat yang tinggi. 

Kedua bahan alami ini diyakini mampu menyembuhkan jerawat. Selain itu, dengan mengoleskan air perasan lemon kulit wajah juga bisa lebih cerah.

Nah, untuk menggunakan air perasan lemon sebagai cara menghilangkan jerawat di alis secara alami tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kapas steril yang ada di rumah. 

Kemudian, celupkan kapas pada air perasan lemon. Jika sudah basah merata, usapkan kapas tersebut ke bagian permukaan kulit yang berjerawat. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

6. Konsumsi Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat di alis secara alami juga bisa dilakukan dengan memperbanyak jumlah konsumsi bawang putih. Tenang saja, hal ini bukan berarti mengharuskan kamu makan bawang putih sebanyak-banyaknya. 

Cukup dengan menambahkan jumlah bawang putih sebagai bumbu dalam makanan yang kamu makan. Selain itu, kamu bisa menghaluskan bawang putih hingga menjadi bubuk kering. Lalu aplikasikan sebagai masker wajah.

Cara mengatasi jerawat di alis dengan bawang putih tentu dilakukan bukan tanpa alasan. Diketahui bawang putih mengandung vitamin C dan vitamin B-6 yang efektif mengobati jerawat. Lebih dari itu, adanya zat tiosulfinat pada bawang putih yang bertindak sebagai antimikroba ampuh mencegah munculnya jerawat.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Dikutip dari Healthline, memperbanyak konsumsi air putih bisa mengurangi jerawat hingga 70%. Ini dikarenakan air putih mampu mendetoksifikasi kotoran dan racun dalam tubuh secara maksimal. 

Di samping itu, minum air putih dalam jumlah banyak efektif melarutkan lemak berlebih pemicu munculnya jerawat. Jadi, kamu yang memiliki kondisi kulit wajah mudah berjerawat sebaiknya mulai untuk perbanyak minum air putih.

Menariknya, selain diminum langsung, kamu juga bisa memanfaatkan air putih sebagai cara menghilangkan jerawat di alis secara alami. Gunakan air hangat untuk mengompres wajah setiap hari sebelum tidur. 

Manfaat yang akan kamu dapatkan, yaitu terhindar dari munculnya jerawat, kulit lebih cerah, dan mendukung proses regenerasi kulit sehingga munculnya tanda-tanda penuaan bisa diminimalisir.

7 Cara menghilangkan jerawat di alis secara alami yang sudah disebutkan tadi tidak sulit, kan? Kamu bisa segera mencobanya sendiri di rumah. Semoga berhasil, ya!

Editor: Dwi Ratih