Keluarga

7 Film Tentang Bencana Alam, Bikin Merinding!

7 Film Tentang Bencana Alam, Bikin Merinding!

Bencana alam merupakan suatu fenomena alam yang nggak bisa kita hindari kedatangannya. Beberapa kejadian bencana alam ada yang bersifat ringan ada pula yang bersifat ekstrem dan menelan banyak sekali korban.

Ada banyak sekali jenis bencana alam yang ada di dunia, mulai dari gempa bumi, tsunami, angin topan, banjir, badai dan lain sebagainya.  Tak heran banyak sekali orang yang rela membuat film tentang bencana alam yang diangkat dari kisah nyata.

7 film tentang bencana alam wajib ditonton!

Meskipun membuat banyak penonton menjadi tegang, namun film tentang bencana alam ini memiliki banyak pelajaran yang dapat kita petik dari sisi positifnya lho Bu. Terutama dalam hal pentingnya menjaga lingkungan untuk mencegah timbulnya bencana. 

Lalu apa saja sih film tentang bencana alam yang dimaksud? Berikut adalah rekomendasinya.

1. The Day After Tomorrow


Photo source: The Real Grammar

The Day After Tomorrow adalah salah satu film tentang bencana alam yang paling populer di tahun 2004. The Day After Tomorrow menceritakan tentang seorang ahli iklim dan cuaca yang bernama Jack Hall.

Jack menemukan teori bahwa bumi sebentar lagi akan mengalami bencana akibat pemanasan global. Namun ketika teori Jack disampaikan ke konferensi PBB, teori tersebut dianggap hanya lelucon dan tidak bisa dibuktikan.

Teori Jack bahkan seringkali menjadi bahan lelucon para elite PBB. Sampai suatu ketika teori tersebut akhirnya menjadi kenyataan saat cuaca dunia mulai tidak bersahabat dan timbul badai salju yang ekstrem.

Film ini juga diangkat dari isu yang tengah populer tentang pemanasan global yang dapat menyebabkan kerusakan bumi secara perlahan. Mengajarkan kita tentang bagaimana pentingnya menjaga lingkungan untuk menghindari kemungkinan pemanasan global.

2. 2012


Photo source: Detikhot

Di tahun 2012 lalu film ini sangat populer. Dulu orang menganggap apa yang terjadi dalam film 2012 akan menjadi kenyataan di tahun tersebut. Sehingga saat di putar di bioskop-bioskop dunia film ini langsung mengundang banyak penonton.

Film 2012 merupakan film tentang bencana alam yang sengaja diangkat dari isu yang saat itu banyak beredar. Terutama tentang ramalan terjadinya kiamat pada tahun 2012.

Film 2012 bercerita tentang seluruh penduduk bumi yang tidak menyadari bahwa tempat tinggal ini memiliki waktu kiamat yang akan segera tiba. Bentuk kiamat yang mereka hadapi adalah bencana alam yang sangat besar dan tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Seorang Ilmuwan asal Amerika yang bernama Dr. Adrian memperingatkan akan datangnya bencana tersebut. Sayangnya, hal ini justru dimanfaatkan oleh elite kaya raya untuk membuat kapal raksasa untuk menyelamatkan kelangsungan hidup bagi yang memiliki uang dan kuasa.

Film tentang bencana alam ini mengajarkan kita untuk selalu menolong satu sama lain tanpa membeda-bedakan status ekonomi. Cocok banget ditonton bareng si kecil nih Bu!

3. The Wandering Earth

Photo source: Cultura

Film tentang bencana alam selanjutnya berjudul The Wandering Earth yang kisahnya diadaptasi dari novel terkenal karya Liu Cixin. Dikisahkan bahwa saat ini keadaan matahari sudah sekarat.

Para manusia pun berupaya untuk memindahkan bumi dari galaksi Bima Sakti dengan bantuan para ilmuan dan astronot. Salah satu astronot yang bertuga memantau pergerakan bumi adalah Liu Peiqian.

Pekerjaannya menuntut Liu untuk meninggalkan anaknya selama bertahun-tahun bernama Liu Qi. Ia pun menjadi kehilangan figur sang Ayah dan menjadi pembangkang yang ikut menyelinap dalam misi penyelamatan bumi.

Padahal jelas hal ini sangat berbahaya bagi dirinya dan penduduk bumi lainnya. Apalagi sempat terjadi masalah ketika bumi keluar dari jalur orbit dan membeku.

4. Geostorm

Photo source: Greeners

Geostorm merupakan film tentang bencana alam selanjutnya yang wajib kamu tonton nih Bu. Film ini berkisah tentang bencana alam yang melonjak dahsyat karena perubahan iklim yang ekstrem dan membahayakan kelangsungan hidup di bumi.

Hal ini membuat pemerintah bersatu membentuk program The Dutchman, yakni sebuah satelit bersih di seluruh dunia, mengelilingi planet ini yang disenjatai dengan teknologi geoengineering yang dirancang untuk mencegah bencana alam. Program ini sukses melindungi manusia dari bencana alam selama 2 tahun.

Hingga akhirnya suatu hal terjadi dan menyebabkan dua saudara harus terasingkan untuk menyelesaikan kerusakan program The Dutchman sebelum Geostorm dapat mengakhiri planet bumi. Rangkaian teknologi canggih dipamerkan di film ini, sehingga kamu wajib nonton film ini bareng keluarga!

5. San Andreas

Photo source: Merah Putih

San Andreas merupakan film populer yang diperankan oleh Dwayne Johnson. Film ini menceritakan tentang gempa bumi yang terjadi di kota San Fransisco.

Berawal dari seorang pilot helikopter dari petugas pemadam kebakaran bernama Ray harus mengevakuasi warga dari gempa bumi berkekuatan 9 SR yang menyerang kota California. Meski begitu, Ray dan mantan istrinya ingat bahwa anaknya sedang tinggal di kota San Fransisco.

Mereka pun berkeinginan kuat untuk menyelamatkan anaknya. Namun banyak sekali rintangan yang harus mereka hadapi. Perjuangan kedua orang tua untuk anak-anaknya menjadi pelajaran yang bisa dipetik dalam film ini, mereka rela menerjang maut demi menyelamatkan anak-anaknya.

6. The Wave

Photo source: IMDB

Selain film San Francisco, The Wave merupakan film tentang bencana alam selanjutnya yang sama-sama populer di tahun 2015 lalu. Film ini menceritakan tentang bencana gelombang air pasang setinggi 80 meter akan menghantam daratan.

Cerita ini berawal dari seorang ahli geologi bernama Christian yang ingin menyelamatkan anak dan istrinya dari bencana alam tersebut. Sebab diketahui gelombang tinggi ini akan segera datang dan menghantam desa yang ditempati oleh Christian dan keluarganya.

Film ini menceritakan bagaimana perjuangan seorang kepala keluarga yang ingin menyelamatkan istri dan anaknya. Apapun rela ia lakukan demi membahagiakan keluarga.

7. Crawl

Photo source: High on Films

Film tentang bencana alam yang terakhir berjudul Crawl. Ini merupakan film yang cukup menegangkan mengenai bencana angin topan level lima.

Dampak dari angin topan ini ternyata telah membuat seluruh kota terendam air, sehingga banyak hewan buas bermunculan di tengah kota. Salah satunya adalah buaya dan aneka reptil lainnya.

Film ini juga memiliki pesan positif mengenai perjuangan seorang anak untuk menyelamatkan Ayahnya yang terjebak di sebuah tempat yang dikelilingi hewan buas. 

Beberapa ekor buaya raksasa pun seringkali mengganggunya dalam misi tersebut. Selain seru dan menegangkan, Crawl menjadi pilihan film tentang bencana alam yang cocok ditonton bersama keluarga.

Nah, Ibu itu tadi adalah beberapa film tentang bencana alam yang bikin merinding dan bisa kamu pilih untuk ditonton bersama keluarga di rumah saat akhir tahun nanti. Jangan lupa selalu dampingi si kecil saat nonton film-film ini ya Bu!

Editor: Dwi Ratih