Keluarga

7 Oleh-Oleh Mudik Dari Jakarta Kekinian Yang Wajib Dibawa!

7 Oleh-Oleh Mudik Dari Jakarta Kekinian Yang Wajib Dibawa!

Oleh-oleh mudik biasanya menjadi satu hal yang dinantikan oleh sanak saudara di rumah, saat Ibu bepergian ke luar kota. Saat ini pun, banyak juga tersedia jenis oleh-oleh kekinian yang ngga kalah enak selain makanan khas tradisional suatu daerah, termasuk oleh-oleh mudik dari Jakarta. 

Yup! Nggak banyak yang tahu, ternyata ada banyak oleh-oleh mudik dari Jakarta yang bisa kita bawa sebagai buah tangan untuk sanak saudara, lho! Oleh-oleh mudik Jakarta kekinian biasanya tidak jauh dari makanan ringan yang mudah dibawa.

Nah, untuk rasanya sendiri, sudah pasti disukai seluruh anggota keluarga. Biasanya, jenis oleh-oleh mudik ini banyak dicari, karena di daerah asal pemudik lain belum tersedia.

Kira-kira makanan apa ya yang sedang hits dan cocok untuk jadi oleh-oleh mudik? Yuk, kita simak dalam ulasan berikut ini. Supaya orang-orang makin tahu bahwa, ada banyak sekali oleh-oleh mudik Jakarta yang nggak kalah enak dengan oleh-oleh di daerah lain.

Tips menjaga oleh-oleh mudik supaya tetap enak


Sebelum mengetahui oleh-oleh dari Jakarta kekinian, yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh mudik nanti, mari kita simak dulu bagaimana supaya makanan yang kita bawa tetap enak setelah sampai di kota tujuan. Simak beberapa tips berikut ini:

A. Hindari jenis makanan cepat basi

Kalau ibu bawa oleh-oleh mudik, sebaiknya memilih makanan yang tidak cepat basi ya. Biasanya jenis makanan yang mudah basi seperti: makanan mentah, berkuah, hingga mengandung santan.

Coba cari oleh-oleh mudik bertekstur kering dan siap makan kapan saja. Sehingga rasa akan tetap enak dan lezat saat sudah sampai di kota tujuan. 

B. Pastikan kemasan makanan aman

Melansir dari laman Gadventures dalam ulasannya “Food Souvenirs: A Delicious Way to Remember Your Trip”, sebaiknya Ibu memilih jenis makanan yang sudah dikemas dengan plastik aman. Jika perlu, Ibu bisa membungkus makanan tersebut dengan plastik lagi untuk perlindungan ekstra supaya makanan tidak mengenai baju dalam koper.

C. Bawalah cooler box jika perlu

Jika mudik kali ini ditempuh melalui jalur darat, dan tidak terlalu memakan waktu yang lama di perjalanan, Ibu bisa menyiasati oleh-oleh mudik bertekstur basah dengan membawa ice cooler box. Melansir dari laman Cnet, membawa pendingin seperti ice cooler bisa menjadi alternatif yang tepat, untuk menjaga kualitas makanan atau minuman.

Namun tentunya membawa ice cooler berarti harus menyediakan es batu atau ice pack gel. Tujuannya, agar suhu di dalam box tetap dingin. Nah, pikirkan kembali apakah ini merupakan solusi yang pas untuk mudik kali ini, ya!

D. Kenali peraturan alat transportasi yang digunakan

Sebelum memutuskan membeli banyak oleh-oleh mudik Jakarta kekinian, sebaiknya Ibu perlu mengenali peraturan alat transportasi yang akan Ibu gunakan nantinya. Melansir dari laman Food & Wine, Ibu perlu memeriksa jatah bagasi yang diberikan maskapai penerbangan, kapal, bus, atau kereta api jika ingin membawa oleh-oleh mudik.

Hindari membawa oleh-oleh mudik melebihi kapasitas yang disediakan, meski Ibu bisa membayar lebih untuk biaya kelebihan bagasi nantinya. Hal ini berguna untuk menghindari keputusan lain dari pihak setempat, atau yang lebih buruk oleh-oleh tersebut tidak bisa dibawa sepenuhnya.

Namun akan berbeda bila Ibu mengendarai mobil pribadi, maka oleh-oleh mudik yang dibawa mungkin punya kapasitas yang lebih banyak dan lebih leluasa, ya.

E. Kenali makanan khas apa saja yang bisa dibawa

Sebelum mencari oleh-oleh mudik, sebaiknya Ibu berselancar dulu nih di internet untuk mengetahui oleh-oleh makanan apa yang bisa Ibu bawa sebagai buah tangan nantinya. Hal ini dapat memudahkan Ibu untuk menemukan makanan khas di suatu daerah, tanpa harus kebingungan saat.

Ya, hitung-hitung membuat Ibu lebih mudah menyiapkan budget oleh-oleh yang diperlukan nantinya.

Rekomendasi oleh-oleh mudik dari Jakarta kekinian

Photo source: Detik Food

Nah, kalau sudah tahu tips membawa oleh-oleh mudik supaya tetap enak, sekarang cari tahu yuk oleh-oleh dari Jakarta apa yang bisa Ibu bawa nantinya:

1. Biji ketapang

Biji ketapang merupakan makanan khas lebaran di Jakarta dan sekitarnya nih, Bu. Rasanya perpaduan gurih dan manis, bentuknya kecil dan lonjong seperti biji ketapang.

Biasanya dikemas praktis dalam toples kecil atau plastik. Cocok nih dibawa sebagai oleh-oleh dari Jakarta.

2. Bir pletok

Minuman ini adalah oleh-oleh mudik asli dari Betawi yang juga banyak diincar wisatawan yang datang ke Jakarta. Meski dinamakan bir, minuman ini tidak mengandung alkohol dan diklaim sebagai minuman menyehatkan.

Sebab, terbuat dari aneka rempah herbal seperti jahe, sereh, pandan, hingga kayu manis. Ibu sudah pernah mencobanya?

3. Kembang goyang dan akar kelapa

Photo source: Kompas

Kembang goyang adalah makanan ringan yang bentuknya seperti kelopak bunga, sementara akar kelapa berbentuk panjang bergerigi mirip akar. Cita rasa kembang goyang dan akar kelapa cenderung manis dan gurih, sehingga cocok untuk camilan lezat dan oleh-oleh mudik nantinya.

4. Kue bangket

Kue bangket biasa disajikan saat lebaran tiba, rasanya manis, dan berasal dari Betawi. Kue bangket sangat cocok disajikan dengan kopi atau teh untuk teman ngobrol yang asyik.

Kalau nggak mau ribet, kue bangket ini cocok dijadikan oleh-oleh dari Jakarta karena kemasannya lebih praktis dan tidak makan tempat.

5. Dodol Betawi

Olahan dodol biasanya termasuk makanan yang tahan lama, sehingga cocok untuk oleh-oleh mudik. Rasa kue ini cenderung manis dan legit, cocok untuk siapa saja yang sangat menyukai rasa manis.

Saar lebaran, biasanya dodol Betawi ini sangat mudah ditemui di area Jakarta dan sekitarnya. Nah, yang membuat dodol ini berbeda dari jenis dodol lainnya adalah, teksturnya yang cenderung lebih kenyal dan legit.

6. Kue sus kekinian


Oleh-oleh mudik dari Jakarta kekinian berikut ini belum buka gerai di daerah lain dan Ibu wajib coba, lho! Jenisnya seperti kue sus, namun isian dalamnya tersedia dalam berbagai varian seperti coklat, vanilla, hingga durian.

Biasanya gerai kue sus kekinian ini hadir di berbagai mall besar area Jakarta, bandara, hingga stasiun kereta api. Kue sus kekinian ini merupakan brand besar, dan sudah menjadi oleh-oleh Jakarta kekinian yang pasti dibeli wisatawan, beberapa di antaranya adalah: Beard’s Papa, Soes Durian Ny.Wong, Chouxlala, Boens Soes, Strawberry Pastel Ufo, dan lain-lain. 

Namun hati-hati karena kue susu ini nggak bisa dibawa melalui jalur darat ya, karena lebih rentan basi. Pastikan setelah sampai kota tujuan segera ditaruh di kulkas supaya isian soesnya masih legit.

7. Kue dan pastry dengan aneka isian

Satu lagi oleh-oleh mudik kekinian dari Jakarta yang jangan sampai terlewatkan untuk di bawa, yaitu kue dan pastry dengan berbagai isian meleleh yang lezat serta lumer di lidah. Pastry sudah lama terkenal menjadi salah satu jenis roti yang enak dan bisa diisi dengan berbagai macam varian.

Beberapa toko kue dan pastry berikut ini kabarnya belum buka cabang lain selain di Jakarta, seperti: Chocban Jakarta, Becca's Bakehouse, Bakerzin, Francis Artisan Bakery, Union, Chateraise, Uncle Tetsu, hingga Tous Les Jours.

Editor: Aprilia