Keluarga

7 Playground Indoor Jakarta, Alternatif Tempat Liburan Untuk Si Kecil

7 Playground Indoor Jakarta, Alternatif Tempat Liburan Untuk Si Kecil

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang paling digemari oleh anak-anak. Nah, salah satu arena bermain yang kini tengah digandrungi oleh anak-anak adalah playground indoor Jakarta.

Yup! Playground indoor Jakarta memang tergolong menjadi arena bermain yang dianggap sangat menyenangkan bagi mereka. Di dalam playground, anak-anak bebas melakukan permainan apapun yang ia suka.

Mulai dari mandi bola, seluncuran bahkan hingga bermain flying fox. Arena bermain playground juga dianggap cukup aman bagi si kecil karena seluruh arena dilengkapi dengan playmate untuk mencegahnya mengalmai cedera ketika bermain.

Nah, di Ibukota Jakarta sendiri terdapat banyak playground indoor anak dengan fasilitias beragam. Dimana, harga tiket masuknya pun berbeda-beda tergantung seberapa lengkap arena bermain yang dimiliki. Buat Ibu yang berencana mengajak si kecil bermain ke playground indoor Jakarta, berikut adalah rekomendasinya.

Rekomendasi playground indoor di Jakarta

1. Playtopia Gandaria City


Photo source: Liburan Anak-Indoor Play

Playtopia Gandaria City adalah salah playground indoor Jakarta yang belakangan paling banyak dibicarakan. Sebab, Playtopia digadang-gadang menjadi salah satu playground paling besar yang ada di Ibukota.

Berlokasi lantai 2 Gandaria City Mall, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan playground indoor Jakarta yang satu ini menyediakan banyak fasilitas menarik mulai dari kolam bola, kolam pasir, flying fox, panjat dinding, trampolin, seluncuran, balok, gymnastic, permainan interaktif, dan permainan profesi. 

Banyaknya fasilitas yang di tawarkan di playground indoor ini jugalah yang akhirnya membuat banyak sekali anak-anak sangat ingin berkunjung ke sini. Playtopia Gandaria City ini buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB dengan tiket harga playground indoor sebagai berikut:

  • Senin-Kamis Rp 130.000 (include 1 anak dan 1 pendamping)
  • Jumat-Minggu Rp 180.000 (include 1 anak dan 1 pendamping)
  • Aturan wajib: harus menggunakan kaos kaki dan masker selama bermain. Di sini juga menjual kaos kaki dengan harga Rp 10.000.

2. Buumi Playscape


Photo source: Pacific Place

Buumi Playscape adalah playground indoor Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi oleh si kecil. Tempat ini berada di Mall Pacific Place Lantai 3, Jakarta Selatan.

Playground yang satu ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas menarik yang berbeda dari playground indoor di Jakarta lainnya. Fasilitas permainan yang ada, bahkan sengaja disesuaikan dengan pertumbuhan anak (mulai dari 6 bulan hingga 7 tahun).

Kegiatan bernama Integrated Children Space ini akan digelar secara terjadwal setiap harinya. Kegiatan ini akan fokus pada integritas anak, mulai bermain origami dan aneka In-House Activity lainnya mulai dari jam 11:00 sampai jam 17:00.

Buumi Playscape juga dibagi menjadi dua ruangan, yaitu public play dan private play. Sementara untuk tiket harga masuk playground indoor Jakarta yang satu ini adalah sebagai berikut:

Public play

  • Senin-Kamis Rp 195.000
  • Jumat-Minggu Rp 225.000
  • Sedangkan untuk hari Jumat sampai Harga tiket tersebut sudah termasuk satu anak dan satu orang dewasa.

Private play

  • Senin-Kamis Rp 1.750.000
  • Jumat-Minggu Rp 2.250.000. Harga tersebut sudah termasuk lima anak dan lima orang dewasa.

3. Miniapolis Plaza Indonesia


Photo source: Asia Dream

Miniapolis adalah salah satu playground indoor Jakarta yang terletak di mall mewah Plaza Indonesia. Playground ini menyediakan fasilitas arena bermain layaknya sebuah kota kecil alias kota bermain.

Arena ini sengaja di desain menarik khusus untuk keluarga dengan anak-anak usia 0-12 tahun dengan pilihan permainan yang unik untuk melatih motorik serta sensorik anak. Beberapa jenis permainannya diantaranya adalah carlo carousel, hideout, train express, wish garden dan lain sebagainya.

Di tempat ini juga terdapat fasilitas lain seperti, toilet khsusus untuk anak-anak, hingga nursing room. Berikut adalah tiket harga masuknya:

  • Senin-Minggu Rp 150.000/anak dan Rp 30.000 untuk dewasa
  • Jam operasional: pukul 10.00 samapi dengan 21.00 WIB.

4. Kidzoona Mall Artha Gading


Photo source: Gracemelia

Siapa sih yang nggak kenal dengan playground indoor di Jakarta yang satu ini? Yup! Kidzoona adalah playground indoor Jakarta yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh anak-anak.

Kidzoona memiliki beberapa cabang yang ada di Jakarta dan Bekasi diantaranya, Kidzoona Grand Galaxy Park, Kidzoona Mall Artha Gading, Kidzoona Cibubur Junction dan Kidzoona Lotte Shoping Avenue. Untuk harga tiket masuk arena bermain ini diantaranya sebagai berikut:

  • Senin-Jumat Rp 60.000/1 jam, Rp 80.000/2 jam dan Rp 120.000/satu hari.
  • Sabtu-Minggu Rp 90.000/1 jam, Rp 130.000/ 2 jam dan Rp 180.000/satu hari.

5. Fanpekka AEON Mall JGC


Photo source: Lisna Dwi Blog

Fanpekka AEON Mall Jakarta Garden City (JGC) belakangan juga menjadi playground indoor Jakarta yang menarik dikunjungi. Fanpekka memiliki fasilitas seru dan menarik seperti kolam mandi bola, papan seluncur yang besar dan lain sebagainya.

Di Fanpekka si kecil juga bisa puas bermain seharian tanpa takut kelaparan lho! Sebab, di depan playground persis terdapat foodcourt yang menyediakan berbagai macam jajanan menarik. Untuk harga tiket masuk area bermain ini adalah sebagai berikut:

  • Senin-Jumat Rp 120.000/2 jam dan Rp 150.000 untuk satu hari
  • Sabtu-Minggu Rp 190.000/2 jam dan Rp 210.000 untuk satu hari
  • Harga tiket masuk belum termasuk orang dewasa yakni Rp 50.000/orang.

6. Kidzania


Photo source: Cakrawala Tour Wisata

Mirip seperti Miniapolis, Kidzania juga mengusung tema mirip kota bermain di mana anak-anak bebas melakukan segala kegiatan yang mereka suka sesuai dengan cita-citanya.  Playground indoor Jakarta yang terletak di Mall Pacific Place ini memang terinspirasi dari pekerjaan-pekerjaan yang ada di industri-industri di dunia sesungguhnya.

Misalnya saja seperti pilot, dokter, chef, perawat, mekanik dan lain sebagainya. Meski begitu, nggak semua anak bisa masuk ke playground ini ya Bu. Hanya anak berusia 4-16 tahun saja yang diperkenankan untuk masuk dengan harga tiket sebagai berikut:

  • Senin-Jumat Rp 235.000 untuk anak usia 4 hingga 16 tahun. Sedangkan untuk anak yang berusia lebih dari 16 tahun dikenakan biaya sebesar Rp 205.000.
  • Sabtu-Minggu Rp 275.000 untuk anak usia 4 hingga 16 tahun dan Rp 225.000 untuk anak yang usianya lebih dari 16 tahun.

7. Youreka Kids Farm


Photo source: Haibunda

Kalau biasanya sebuah peternakan berada di ruangan terbuka, berbeda dengan playground indoor Jakarta yang satu ini. Youreka Kids Farm merupakan playground sekaligus arena belajar yang dikemas dalam bentuk dengan konsep peternakan dan perkebunan.

Dengan konsep tersebut di Youreka si kecil  bisa bermain dan belajar mengolah bahan pangan menjadi makanan utuh. Untuk peternakan sendiri terletak di lantai satu dan perkebunan di lantai dua. Kebayang kan Bu seluas apa playground anak yang satu ini?

Beberapa fasilitas yang tersedia di playground ini diantaranya adalah Cow Barn, Chicken Farm, Sheep Barn, Fish Pond, Tea Garden, Coconut Plantation, Corn Farm, Cocoa Tree. Lalu, tujuh workshop yaitu Cheese Factory, Sausage Deli, Fishball Kitchen, House of Tea, Coconut Milk Company, Popcorn Studio, Chocolate Factory. Anak-anak bahkan bisa langsung praktek panen pangan dan mengelolanya sendiri di workshop dengan instruktur lho! Sementara untuk harga tiket masuknya diantaranya sebagai berikut:

  • Senin-Kamis Rp 165.000
  • Jumat-Minggu Rp 220.000
  • Harga tiket tersebut berlaku untuk 1 anak dengan 1 orang pendamping


Editor: Atalya