Keluarga

7 Rekomendasi Film Zombie Yang Bikin Penasaran

7 Rekomendasi Film Zombie Yang Bikin Penasaran

Film zombie merupakan salah satu genre film dan serial yang menjadi favorit banyak orang. Meski zombie merupakan tokoh fiksi yang tidak ada di dunia nyata, film zombie menawarkan sensasi menegangkan saat ditonton. Zombie adalah mayat hidup yang mengejar dan memangsa siapapun ditemuinya.

Tidak hanya film zombie Hollywood, banyak juga film Korea bertema zombie.

Sedang mencari rekomendasi film zombie yang asyik ditonton di akhir pekan? Simak daftarnya di bawah ini!

1. All of Us Are Dead (2022)

All of Us Are Dead adalah rekomendasi film Korea bertema zombie terbaru yang sedang banyak diperbincangkan di jagat maya. Bahkan, drama korea ini bertengger di urutan pertama film yang paling populer di Netflix Indonesia karena mendapat sambutan hangat oleh penggemar film zombie.

All of Us Are Dead merupakan adaptasi dari webtoon populer berjudul School Attack yang juga bisa dibaca di Webtoon Indonesia. Drama ini bercerita tentang sekelompok siswa SMA yang mencoba untuk tetap hidup saat wabah zombie muncul di sekolah mereka.

2. Happiness (2021)

Jika All of Us Are Dead menceritakan siswa yang terjebak di sekolah, Happiness merupakan film korea bertema zombie yang memperlihatkan bagaimana penghuni apartemen berjuang untuk hidup. Mereka harus menghadapi bagaimana sulitnya berhadapan dengan para penghuni apartemen lainnya yang memiliki sifat dan sikap yang berbeda-beda.

Serial Happiness ini dibintangi oleh Han Hyo Joo dan Park Hyung Shik membuat film zombie ini menarik untuk disimak di akhir pekan karena memberikan nuansa baru tentang dunia zombie.

3. Sweet Home (2020)

Sweet Home merupakan rekomendasi film zombie berikutnya. Meski film ini tidak sepenuhya bercerita tentang zombie, drama thriller ini mengisahkan tentang seorang penyewa apartemen yang bertahan hidup saat infeksi berbahaya menyebar. Akibat dari wabah tersebut, sebagian dari mereka berubah menjadi monster pembunuh berkekuatan super dengan bentuk yang aneh.

Sweet Home diperani oleh para aktor dengan akting memukau serta penyuntingan yang sempurna sehingga menjadikan serial ini layak ditonton di Netflix.

4. Kingdom (2019)

Kingdom bisa dibilang film zombie Korea paling sukses sejauh ini. Serial original Netflix ini menceritakan sebuah wabah misterius yang menimpa Joseon dimana orang mati dapat hidup kembali. Putra mahkota Lee Chang mencoba mencari tahu tentang apa yang terjadi dengan ayahnya namun ternyata malah terjebak dalam wabah zombie yang menakutkan.

Serial ini sukses menggabungkan masalah politik era Joseon dengan kecekaman wabah zombie. 

Drama ini juga dibuat spin-off sebelum terjadinya wabah zombie di kerajaan dengan judul Kingdom: Ashin of the North yang mengeksplorasi asal-usul wabah zombie.

5. Train to Busan (2016)

Train to Busan merupakan film zombie paling terkenal di dunia. Film ini dibintangi oleh jajaran aktor papan atas seperti Gong Yoo, Choi Wong Sik, Ma Dong Seok, dan Kim Ui Sung.

Gong Yoo memerankan seorang ayah yang menghadapi peristiwa mengejutkan yang terjadi saat ia menaiki kereta api dari Seoul ke Busan bersama putrinya yang masih kecil. Mereka harus berjuang untuk menjaga diri agar tetap hidup saat mewabahnya zombie di dalam kereta.

Plot cerita Train to Busan menyuguhkan cerita lebih dari sekedar thriller. Bahkan, dibuat pula sekuel berjudul Peninsula yang mengisahkan empat tahun setelah peristiwa Train to Busan. Film ini menceritakan Kapten Marinir Jungseok dan timnya mencoba mengambil 20 juta dollar dari sebuah truk yang tersisa di daerah yang dipenuhi zombie.

5. Army of the Dead (2021)

Army of the Dead adalah Film zombie Hollywood yang merupakan sekuel berikutnya dari Army of the Thieves. Film ini mengisahkan tentang wabah zombie yang melanda Las Vegas di mana sebagian besar penduduknya sudah berubah menjadi zombie.

Manusia yang tersisa membuat sekat pembatas dengan area yang dipenuhi zombie agar dapat melanjutkan hidup. Sebagian memutuskan untuk menjadi petarung, sebagian lagi mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dieter yang seorang jenius pemecah brankas bergabung dengan anggota lainnya setelah mendapatkan misi untuk mengambil brankas uang yang berada di kawasan penuh zombie.

6. Cargo (2017)

Rekomendasi film zombie Hollywood bergenre thriller berikutnya adalah Cargo yang merupakan karya sutradara Ben Howling dan Yolanda Ramke.

Cargo mengisahkan tentang sebuah keluarga kecil yang terdiri dari pasangan suami istri dan satu balita, yaitu Andy Rose, Kay Caine, dan Rosie. Awalnya, Andy bersama anak istrinya berhasil mengasingkan diri dari wabah zombie di sebuah pedesaan jauh di Australia. 

Semua berubah saat sang istri juga terinfeksi dan menularkan virus zombie ke sang suami. Sang suami berusaha sendirian mencoba mencari bantuan untuk menyelamatkan nyawa anaknya dalam waktu kurang dari 48 jam.

7. The Walking Dead (2012)

The Walking Dead merupakan film zombie Hollywood yang paling fenomenal dan banyak ditonton sejak awal kemunculannya di tahun 2010. Serial ini diangkat dari komik dengan judul sama yang ditulis oleh Robert Kirkman.

Serial ini menceritakan tentang sekelompok orang yang mencoba bertahan hidup dari semua orang di kotanya yang sudah berubah menjadi zombie. Mereka membentuk kelompok dan bersama-sama berjuang melawan zombie serta kelompok manusia hidup lainnya yang ingin merampas perlengkapan mereka.

Mana yang menjadi film zombie favoritmu?

Editor: Dwi Ratih