Keluarga

7 Tempat Liburan Di Bandung Yang Ramah Anak

7 Tempat Liburan Di Bandung Yang Ramah Anak

Kota kembang Bandung, Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari saat liburan sekolah tiba. Apalagi Bandung memiliki banyak destinasi wisata terbuka yang ramah anak.

Dengan udara yang sejuk, tak heran banyak wisatawan merasa sangat nyaman berkunjung ke kota ini. Terlebih selama masa pandemi dua tahun belakangan, tempat wisata di Bandung banyak mengalami perbaikan yang dapat membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Untuk tiket masuk ke tempat liburan di Bandung juga cenderung cukup terjangkau lho Bu! Bahkan beberapa ada yang tidak perlu membeli tiket masuk. Sehingga siapapun bisa bebas berkunjung.

Nah, buat kamu yang berencana pergi berlibur bersama keluarga ke kota Kembang, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat liburan di Bandung yang ramah anak beserta alamat dan tiket masuknya!

Rekomendasi tempat liburan di Bandung

1. Lembang Park & Zoo


Photo source: Klook

Lembang Park & Zoo merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang ramah anak dan tergolong baru buka pada 2019 lalu. Sesuai namanya, di dalam Lembang Park & Zoo kita akan menemukan berbagai jenis hewan dengan konsep mini zoo.

Yup! Lembang Park & Zoo memang unik dan nggak seperti kebun binatang biasa pada umumnya karena tempat ini sengaja mengombinasikan taman sekaligus kebun binatang menjadi satu. Ada berbagai macam fasilitas yang ditawarkan di tempat ini diantaranya seperti naik kano di danau buatan, naik kuda, hingga berkeliling area Lembang Park & Zoo yang luas dengan scooter.

Serunya lagi, di dalam tempat ini juga terdapat beberapa restoran dan cafe seperti Neko Cat Cafe yang membuat pengunjung bisa bermain dengan banyak kucing lucu dan yang dipelihara di sini! Wah, seru banget ya Bu? Yuk kunjungi tempat ini saat liburan sekolah bersama keluarga!

Alamat Lembang Park & Zoo

Jl. Kolonel Masturi, No 171, Lembang, Jawa Barat

Harga tiket: Reguler (Senin-Jumat) Rp 50.000, Weekend Rp 70.000

Info lengkap @lembang_parkzoo

2. Jendela Alam Bandung


Photo source: Piknik Wisata

Tempat liburan di Bandung yang ramah anak selanjutnya adalah Jendela Alam Lembang. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata edukasi yang cukup populer di kota Bandung.

Di Jendela Alam Bandung, si kecil akan dikenalkan dengan berbagai macam tumbuhan dan cara merawat serta memberi makan hewan ternak. Tentunya semua ditawarkan dengan konsep menarik.

Di tempat ini pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan berbagai hewan yang ada seperti sapi, kuda, kambing, ikan, ayam dan lain sebagainya. Kita juga biss memanen sayur yang hasilnya bisa dibawa pulang lho! Selain itu, di sini juga tersedia arena bermain menarik lainnya seperti flying fox, berkuda, art & craft, panen telur dan lain sebagainya.

Alamat Jendela Alam Bandung

Jl. Sersan Bajuri KM 4,5, Ledeng, Lembang, Bandung

Harga tiket: Weekdays Rp 15.000, Weekend Rp 20.000

Info lengkap @jendelaalambandung

3. Saung Angklung Mang Udjo


Photo source: Harga Tiket

Meski sedang berlibur, nggak ada salahnya untuk tetap belajar dan menambah pengetahuan kan Bu? Nah, salah satu tempat liburan di Bandung yang cukup menarik dikunjungi adalah Saung Angklung Mang Udjo.

Tempat ini merupakan tempat wisata budaya dan edukasi yang letaknya berada di Padasuka Bandung. Rute ke tempat ini satu arah dengan Bukit Moko yang terkenal itu.

Nah, di Saung Angklung Mang Udjo kita bisa menikmati sajian budaya tradisional Sunda, dan juga bisa berinteraksi langsung dengan para seniman dan pengrajinnya lho! Di tempat ini juga rutin diadakan pertunjukan seni dan workshop instrumen alat musik yang terbuat dari bambu khas masyarakat Sunda.

Udjo Ngalegana, adalah seorang pengrajin tradisional yang sengaja membangun tempat ini sebagai sarana untuk pendidikan siswa lokal, yang sebagian besar adalah anak-anak kurang mampu di daerah tersebut. Yuk kunjungi tempat ini untuk menambah wawasan si kecil!

Alamat Saung Angklung Udjo

Jalan Padasuka 118, Cibeunying Kidul, Bandung Timur

Harga tiket masuk:

  • Pengunjung anak weekdays Rp 50.000
  • Pengunjung anak weekend Rp 55.000
  • Pengunjung dewasa weekdays Rp 70.000
  • Pengunjung dewasa weekend Rp 75.000

Info lengkap: @saungangklungudjo

4. Rabbit Town Bandung

Photo source: Pikiran Rakyat

Buat si kecil yang gemar dengan hewan ramah anak seperti kelinci, wajib banget berkunjung ke Rabbit Town Bandung nih Bu! Rabbit Town merupakan tempat liburan di Bandung yang menggabungkan wisata kuliner, kebun binatang, hingga lifestyle.

Apalagi letak tempat ini nggak jauh dari pusat kota, sehingga cukup terjangkau untuk dikunjungi. Tempat liburan di Bandung yang satu ini si kecil bisa bebas bermain bersama kelinci di Amor Rabbit Town. Tempat ini juga memiliki beragam spot foto Instagramable yang unik yang cocok diunggah di media sosial lho!

Alamat Rabbit Town Bandung

Jl. Rancabentang No 30-32, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung Jawa Barat.

Jam buka:

  • Weekdays : 10.00 - 20.00 WIB
  • Weekend : 10.00 - 20.00 WIB

Harga tiket masuk: Gratis

Info lengkap @rabbittown.bdg

5. Ranca Upas

Photo source: Tripcetera

Rekomendasi tempat liburan di Bandung selanjutnya adalah Ranca Upas. Meski terkenal sebagai bumi perkemahan dengan hamparan rumput hijau yang membentang, namun tempat ini juga punya berbagai macam fasilitas menarik seperti arena outbound, ATV, waterboom, war games dan juga tempat penangkaran rusa.

Karena terletak cukup jauh dari pusat kota Bandung, membuat Ranca Upas menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi dengan udara di sekitar yang dingin layaknya di pegunungan, membuat kita jadi betah berkunjung ke tempat yang satu ini.

Alamat Ranca Upas

Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung.

Harga tiket masuk:

  • Dewasa dan anak-anak Rp 10.000
  • Jika ingin berkemah Rp 35.000 untuk dua orang per malam.
  • Biaya parkir l Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus pariwisata.

6. Gardenberry

Photo source: @gardenberry_

Tempat liburan di Bandung yang satu ini cocok buat si kecil yang gemar memetik hasil panen nih Bu. Yup! Sesuai namanya, Gardenberry menawarkan wisata memetik strawberry sendiri.

Nggak main-main, strawberry yang ada di tempat ini boleh dipetik sepuasnya dan tinggal dihitung dengan timbangan saat hendak di bawa pulang. Strawberry di tempat ini jugs berukuran besar dan sangat manis.

Nggak hanya strawberry di tempat ini kita juga bisa memetik buah murberry yang pohonnya banyak tersebar di perkebunan. Kalau ke tempat ini wajib banget nyobain jus strawberrynya yang segar deh Bu!

Alamat Garden Berry Petik Strawberry Sendiri

Jalan Raya Ciwidey, Rancabali No KM 6, Alamendah, Bandung

Harga tiket masuk: Rp 10.000/orang, petik strawberry Rp 80.000/kg

Info lengkap @gardenberry_

7. The Great Asia Africa Lembang


Photo source: wistakaka

The Great Asia Afrika Lembang buka kembali sejak 13 Juni 2020. Tempat liburan di Bandung yang satu ini menawarkan sensasi keliling tujuh negara tanpa harus harus keluar negeri dengan konsep miniatur.

Adapun negara-negara yang ditampilkan berasal dari benua Asia dan Afrika. Di tempat ini pengunjung bisa melihat beberapa landmark terkenal dari berbagai negara, seperti Thailand, Korea Selatan, Jepang, India,  Indonesia serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah lainnya.

Di tempat ini pengunjung bisa puas berswa foto serta membeli makanan, souvenir dan belajar kebudayaan dari masing-masing negara. Termasuk mencoba berbagai macam pakaian adat khas suatu negara.

Alamat The Great Asia Africa

Jalan Raya Lembang - Bandung Nomor 71

Harga tiket masuk: Rp 50.000

Info lengkap @thegreatasiaafrica.id


Editor: Atalya

Featured photo source: Pikiran Rakyat