Keluarga

7 Tempat Wisata Malam Tahun Baru di Jakarta Terpopuler

7 Tempat Wisata Malam Tahun Baru di Jakarta Terpopuler

Apakah Ayah dan Ibu berencana mengunjungi tempat wisata malam tahun baru di Jakarta? Tentu saja, kemeriahan perayaan malam pergantian tahun sayang untuk dilewatkan. 

Terlebih bagi masyarakat Ibukota yang setiap harinya sudah disibukkan dengan pekerjaan kantor maupun urusan rumah tangga. Nah, biasanya beberapa tempat wisata malam Tahun Baru di Jakarta juga menyiapkan event menarik. Mulai dari pesta kembang api, konser musik, maupun bazar makanan.

Suasana malam pergantian Tahun Baru di Jakarta memang berbeda. Lebih dari sekadar menyaksikan pesta kembang api, Ayah dan Ibu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto atau merekam video. 

Terbayang, kan, bagaimana keseruan merayakan Tahun Baru di Ibukota? Berikut daftar tempat wisata malam Tahun Baru terpopuler dan wajib dikunjungi!

1. Monumen Nasional (Monas)

Photo source: liputan6.com

Monumen Nasional atau Monas adalah tempat wisata malam Tahun Baru di Jakarta yang wajib dikunjungi oleh Ayah dan Ibu. Salah satu atraksi yang paling ditunggu oleh para pengunjung Monas di malam pergantian Tahun Baru, yaitu pertunjukan video mapping dan pesta kembang api yang sangat meriah. 

Harga tiket masuk Monas di malam Tahun Baru pun relatif terjangkau, sebesar Rp4.000,- untuk anak-anak dan Rp8.000,- untuk dewasa. Lokasinya yang berada cukup strategis di Jalan Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung terlebih di malam perayaan Tahun Baru.

2. Kawasan Wisata Kota Tua

Photo credit: traveloka.com

Setiap malam pergantian tahun baru, Kawasan Wisata Kota Tua menjadi destinasi yang ramai dikunjungi. Di tempat ini Ayah dan Ibu akan disuguhi pemandangan bangunan-bangunan kuno, termasuk Museum Fatahillah yang sangat ikonik. 

Duduk santai menikmati suasana malam tahun baru atau berjalan kaki di sekitar Kawasan Wisata Kota Tua adalah aktivitas favorit para pengunjung. Terlebih di malam Tahun Baru kawasan ini menggelar Car Free Night. Jadi, Ayah dan Ibu bisa lebih mudah menikmati perayaan Tahun Baru.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Photo credit: reddoorz.com

Pada malam pergantian Tahun Baru, kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol tidak pernah sepi pengunjung. Dari tahun ke tahun, lokasi ini masih menjadi tempat wisata malam Tahun Baru favorit bagi warga Ibukota. 

Dilansir dari situ Kontan, Taman Impian Jaya Ancol tetap dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Akan tetapi, akan ada penyesuaian jam operasional karena situasi pandemi seperti saat ini. 

Kawasan Pantai Ancol dibuka mulai pukul 06:00 WIB sampai 14:00 WIB saja. Sementara Dunia Fantasi baru mulai beroperasi pukul 09:00 WIB.

4. Bundaran Hotel Indonesia

Photo source: tirto.id

Tempat wisata malam Tahun Baru di Jakarta selanjutnya, yaitu area sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI). Kawasan ini biasanya menjadi lokasi pusat perayaan pergantian tahun bagi masyarakat setempat. 

Tak heran jika pesta kembang api di Bundaran HI selalu sukses mencuri perhatian banyak orang. Biasanya juga ada panggung pentas yang menampilkan deretan artis Ibukota untuk menghibur masyarakat yang datang. Pokoknya, Ayah dan Ibu tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata malam tahun baru yang satu ini!

5. Taman Suropati

Photo source: kmstour.com

Berada tak jauh dari Bundaran Hotel Indonesia, Taman Suropati juga menjadi lokasi wisata malam Tahun Baru yang cukup diminati. Taman kota di kawasan Menteng ini memang cukup populer, terutama di kalangan anak muda. 

Di Taman Suropati, Ayah dan Ibu bisa menyaksikan pesta kembang api di Bundaran Hotel Indonesia dari kejauhan. Biasanya, ada banyak pedagang yang juga menjual makanan dan minuman untuk para pengunjung. Jadi, suasana perayaan Tahun Baru pun semakin meriah.

6. Area Pelataran Kantor Walikota

Photo source: tirto.id

Berlokasi di Jalan Prapanca Raya, area pelataran Kantor Walikota Jakarta Selatan juga tak pernah sepi pengunjung setiap malam Tahun Baru. Menariknya, pemerintah setempat juga menyediakan panggung hiburan khusus bagi masyarakat dan wisatawan yang datang. 

Ayah dan Ibu bisa menonton pertunjukan musik Gambang Kromong, Ondel-Ondel, dan kesenian khas Betawi lainnya. Aneka makanan tradisional juga dijajakan di sekitaran area Pelataran Kantor Walikota. Tujuannya agar masyarakat tidak melupakan Budaya Betawi yang khas dari Jakarta. Menarik, kan?

7. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Photo source: wisatapulautidung.id

Menawarkan pengalaman wisata malam Tahun Baru di Jakarta yang berbeda, Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk Ayah dan Ibu. Untuk menuju kesana, kamu bisa naik speedboat dari Marina Ancol. 

Perjalanannya pun hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam saja. Selain memiliki kehidupan bawah laut yang indah, Pulau Tidung juga punya langit malam yang mengagumkan. Ditambah dengan kemeriahan pesta kembang api, suasana malam pergantian tahun pun akan terasa jauh lebih berkesan.

Jadi, Ayah dan Ibu tidak perlu bepergian jauh ke Puncak atau bahkan Bali. Tempat-tempat wisata malam Tahun Baru di Jakarta tadi juga layak dikunjungi. Pastikan sudah terlebih dulu mencari informasi terkait event yang diselenggarakan oleh destinasi yang akan dituju. Terlebih di tengah suasana pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Disarankan agar Ayah dan Ibu tetap menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Selamat berlibur dan menyambut Tahun Baru!

Editor: Dwi Ratih