Keluarga

8 Denah Rumah Minimalis yang Bisa di Maksimalkan dengan Apik!

8 Denah Rumah Minimalis yang Bisa di Maksimalkan dengan Apik!

Denah rumah minimalis saat ini sedang banyak dicari oleh para pasangan muda pasalnya desain rumah ini dianggap simple, berjiwa muda, dan sangat kekinian. Denah rumah minimalis 2 kamar termasuk yang paling banyak diburu, biasanya cocok untuk pasangan muda dengan anak tidak lebih dari 2. 

Hal ini pun dianggap sebagai peluang baru yang menguntungkan bagi para developer perumahan, ini terbukti dengan banyaknya jenis perumahan yang mengusung tema minimalis modern. 

Sebelum menentukan desain mana yang cocok untuk keluarga baru Ibu nanti, simak dulu ulasan selengkapnya!

Keuntungan Memiliki Desain Minimalis

Rumah merupakan investasi terbaik jangka panjang yang menjadi impian para keluarga, terutama pasangan muda. Memiliki rumah yang nyaman dan sangat homey sesuai dengan pilihan kita sendiri tentu saja sangat dinantikan. 

Desain minimalis sangat erat kaitannya dengan sebuah kesederhanaan, kepraktisan, dan segala hal yang simple. Melansir dari laman Contractor Bhai, berikut ini merupakan beberapa keuntungan menerapkan denah rumah minimalis untuk rumah Ibu nantinya:

1. Rumah Terasa Luas

Desain rumah minimalis 2 kamar biasanya terkesan luas karena dibuat minim sekat juga. Selain itu, cahaya yang masuk ke dalam setiap ruangan juga di desain mampu mencakup keseluruhan ruangan, misalnya jendela besar pada dapur akan ikut menyorot ruang tamu dan ruang sekitarnya. 

Pemilihan denah ini bukan tanpa alasan, selain kesan yang luas, rumah minimalis disarankan untuk tidak memiliki banyak barang juga.

2. Furnitur yang Tidak Rumit

Pada bagian interior denah rumah minimalis biasanya turut juga diisi dengan beragam furnitur bergaya minimalis modern juga. Furnitur minimalis punya karakter dan desain yang tidak rumit, mudah untuk dibersihkan serta ditata dengan mudah. Gayanya yang simple nan praktis membuat kesan rumah minimalis modern menjadi lebih menarik.

3. Memanfaatkan Sudut yang Ada

Minimalis mengedepankan pemanfaat ruang dan sudut yang ada semaksimal mungkin bukan penambahan sudut tambahan, artinya sudut ruangan apapun bisa dimaksimalkan fungsinya, seperti meja bar yang membatasi antara dapur dan ruang tamu akan juga dijadikan sebagai meja makan supaya lebih ringkas.

4. Lebih Mudah Membersihkannya

Rumah minimalis dengan barang yang tidak terlalu banyak bisa dibersihkan dengan mudah. Terlebih lagi bila Ibu memilih furnitur rumah tangga yang juga minimalis dengan kolong-kolong yang terlihat, ini akan lebih mudah dibersihkan. Rumah yang bersih cenderung lebih sehat, kolong-kolong yang bebas debu pun juga lebih baik untuk pernafasan keluarga di rumah.

5. Memberi Efek Santai pada Pikiran

Denah rumah minimalis sudah sejak lama menjadi incaran para keluarga di Indonesia karena bentuknya mampu menghipnotis pikiran siapa pun yang menempatinya menjadi lebih santai. Ya, ini juga didukung dengan desain interior minimalis yang anti ribet, jadi tetap enak dipandang mata. 

Padanan warna barang-barang interior rumah juga biasanya sangat apik, mengesankan kerapian yang membuat otak jadi lebih tenang. Denah rumah minimalis 2 kamar juga dapat menciptakan vibes positif untuk seisi rumah.

Rekomendasi Denah Rumah Minimalis Terbaik

Ingin segera mewujudkan impian memiliki rumah minimalis untuk keluarga kecil Ibu? Yuk intip dulu nih beragam denah rumah minimalis yang Ibupedia rangkum dari berbagai sumber:

1. Denah Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur

Image source: pinimg 

Kata siapa rumah satu lantai nggak bisa punya banyak kamar? Denah rumah minimalis berikut ini bisa dimaksimalkan untuk 4 kamar tidur dan 2 kamar mandi lho. Syarat utamanya lahan rumah tidak boleh kurang dari 8x15 meter. 

Rumah ini sudah didesain memiliki taman rumput kecil dan 1 garasi mobil. Kamar tidur utama ada di depan dekat dengan ruang tamu, taman, dan garasi mobil. Kemudian menuju belakang ada dapur dan ruang tamu yang tidak menggunakan sekat, seperti menyatu, namun masih terkesan luas. 

Kamar mandi utama ada di depan, lalu kamar mandi kedua ditaruh di bagian belakang. Sementara di bagian rumah paling belakang masih tersisa lahan kecil yang bisa digunakan untuk area laundry. Tertarik untuk mencobanya?

2. Denah Rumah Minimalis Tipe 36

Image source: pinimg 

Tidak terlalu suka rumah yang besar? Ibu bisa memilih denah rumah minimalis tipe 36 yang juga banyak diburu pasangan muda. Model rumah tipe 36 dikategorikan sebagai rumah kecil atau rumah sederhana dengan total luas bangunan 36 meter persegi. 

Namun jangan khawatir, meskipun kecil, desain minimalis akan menambah daya tarik rumah Ibu nantinya. Berikut ini merupakan denah rumah minimalis 2 kamar dan 1 kamar mandi tipe 36 yang bisa Ibu terapkan. 

Terdapat taman super mini di depan rumah bersebelahan dengan 1 garasi mobil terbuka dan sebelum pintu masuk. Taman kecil ini bisa Ibu manfaatkan untuk menaman berbagai macam tanaman favorit Ibu. 

Lalu kemudian masuk ke ruang utama ada ruang tamu mini dan sedikit ke belakang bisa terlihat dapur bersih di dalam rumah. Kunci rumah minimalis biasanya terlihat dari pemaksimalan ruangan sehingga minim sekat terutama pada area ruang tamu dan dapur.  

3. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Image source: Alena

Selain desain rumah minimalis 2 kamar, ada juga desain rumah minimalis 2 lantai yang banyak diminati orang-orang. Rumah ini nantinya memiliki ukuran 6x15 meter dengan 3 kamar tidur yang tersebar 1 pada lantai utama, dan 2 kamar lain pada lantai kedua. 

Terdapat dua kamar mandi di setiap lantai dan masih dengan ciri khas ruang tamu, ruang makan, dan dapur tanpa sekat. Kemudian di ruang terbuka belakang rumah dapat dimanfaatkan sebagai area laundry atau tempat bersantai. 

Lantai dua dikhususkan untuk kamar tidur saja atau bisa juga hanya mengaplikasikan  untuk 1 kamar tidur dan sisanya dipakai untuk ruang keluarga.

4. Desain Rumah Minimalis dengan Rooftop Menawan

Image source: Home Shabby

Bermimpi memiliki rumah yang ada rooftop-nya untuk tempat santai bersama keluarga tercinta? Kebetulan sekali nih bu, denah rumah minimalis yang satu ini bisa didesain menggunakan rooftop kece lho! Melansir dari laman Home Shabby, Luas lahan yang digunakan adalah 7,2 x 13,8 meter dengan rincian pembagian sebagai berikut:

  • Taman berukuran 2,3x2 m
  • Teras depan berukuran 1,9x1 m
  • Garasi mobil berukuran 4,5x3 m
  • Ruang tamu berukuran 3.2 x 2.5 m
  • Ruang keluarga berukuran 4 x 3.2 m
  • Kamar tidur 1 dan 2 berukuran 3 x 2,5 m
  • Kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam ukuran 4 x 3 m
  • Dapur bersih ukuran 4.2 x 2.86
  • Ruang cuci jemur ukuran 2 x 2 m
  • Kamar mandi keluarga ukuran 2.2 x 1.5 m

Image source: Home Shabby

Rooftop dapat dibuat tepat di atas ruang keluarga untuk dijadikan tempat santai yang menyenangkan. Pada bagian rooftop ini bisa ditambahkan kanopi supaya masih aman digunakan meskipun saat cuaca kurang mendukung.

5. Denah Rumah Minimalis dengan Mushola

Image source: Sembilan Studio

Desain rumah boleh minimalis, tapi jangan khawatir, ada juga desain yang bisa menambahkan ruangan khusus seperti mushola lho. Melansir dari laman Dekoruma, denah rumah minimalis yang satu ini punya 3 kamar tidur dan 1 mushola yang bisa digunakan untuk menampung 3-5 anggota keluarga. Penempatan dan pemanfaatan setiap sudut ruangannya harus tepat serta maksimal. 

Pada desain kali ini, semua kamar tidur diletakkan dekat dengan akses pintu masuk yaitu kamar tidur model double serta single bed, kemudian ada kamar tidur utama yang diletakkan di bagian tengah. Saat masuk, kita akan langsung bertemu dengan ruang tamu sekaligus menjadi ruang keluarga lengkap dengan tv dan segala macam entertainment yang ada. 

Kali ini dapur berada di ruangan terpisah namun tidak jauh dari ruang makan yang letaknya satu lokasi dengan ruang tamu. Penempatan mushola juga tidak jauh dari ruang tamu dan ruang keluarga. 

Desain musholanya cukup luas, jadi bisa digunakan juga untuk shalat berjamaah. Di samping rumah, terdapat ruangan terbuka yang memanjang, bisa dijadikan ruang terbuka untuk bermain atau laundry area.

6. Denah Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Image source: pinimg

Tak perlu khawatir dengan desain minimalis karena bisa diwujudkan untuk ruangan apapun yang Ibu inginkan. Denah rumah minimalis kali ini punya kolam renang di bagian belakang rumah lho! Lahan yang digunakan berukuran 6x15 meter dengan 2 kamar tidur, taman depan, garasi untuk 1 mobil, dan 1 kamar mandi utama. 

Banyak yang heran dengan luas lahan 6x15 meter mampu dimaksimalkan untuk kolam renang, namun inilah faktanya. Denah rumah minimalis 2 kamar ini memanfaatkan lahan belakang sampai habis tak bersisa. Luas total bangunan adalah 37 meter persegi, dengan perincian sebagai berikut:

  • Dua kamar tidur yang masing-masing berukuran 2,8x2,8 m dan 2,8x3 m
  • Kamar mandi berkisar 1,6x1,8 m
  • Kolam renang berukuran 2,2x6 m
  • Garasi mobil berukuran 2,8x5 m
  • Teras kecil di depan rumah berukuran 1x1,5 m

Yang membuatnya unik lagi, denah rumah minimalis ini untuk satu lantai saja lho. Tertarik untuk mencobanya?

7. Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Image source: pinimg

Denah rumah minimalis berikutnya ada tipe 45 yang memiliki luas mencapai 96 – 100 meter persegi atau bisa juga di atasnya. Ukuran tipe ini adalah 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m dan cocok dihuni oleh keluarga dengan kapasitas tempat tidur bisa dimaksimalkan hingga 3 kamar. 

Pemaksimalan ruang hingga 3 kamar tidur ini harus menghabiskan bagian taman yang mungkin bisa lebih luas dari biasanya. Rumah dengan 3 kamar tidur ini dilengkapi dengan 2 kamar mandi, 1 ruang dapur, 1 ruang makan, 1 ruang keluarga, 1 ruang tamu, 1 garasi mobil, dan ada taman kecil yang berada di depan dan di belakang rumah. 

Seperti biasa, area belakang rumah bisa dirombak menjadi area laundry bila 1 taman saja dirasa sudah cukup.

8. Desain Rumah Minimalis Tipe 45/125 dengan Taman Luas

Image source: Lamudi

Suka dengan banyak ruang terbuka yang dijadikan taman yang asri nan hijau di rumah tipe 45 nanti? Denah rumah minimalis yang satu ini bisa disontek untuk desain rumah impian Ibu dan keluarga. 

Rumah yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk memiliki area taman yang cukup luas pada area depan dan samping rumah, kemudian terdapat juga 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan 1 dapur serta tempat laundry. Area taman yang luas nantinya tetap bisa kembali dirombak untuk ruangan lain bila nantinya dibutuhkan. 

Tipe 45 dengan taman luas ini cocok juga bagi yang suka taman dengan area bermain anak-anak. Tipe 45 ini juga bisa ditinggikan untuk menambah kamar atau ruangan lain jika dibutuhkan.

 

Editor: Atalya