Keluarga

8 Ide Lomba 17 Agustus Yang Unik, Bikin Acara Makin Meriah

8 Ide Lomba 17 Agustus Yang Unik, Bikin Acara Makin Meriah

Ada yang spesial dari perayaan HUT Republik Indonesia tahun ini. Setelah 2 tahun sebelumnya tidak dimeriahkan dengan perlombaan, di tahun ini kita kembali bisa merayakannya dengan aneka perlombaan menarik.

Nggak heran, tahun ini banyak sekali masyarakat yang antusias dalam mengikuti beragam lomba tersebut. Bahkan ada berbagai macam lomba 17 Agustus yang unik dan bisa menjadi salah satu ide menarik buat acara keluarga lho!

Misalnya saja lomba 17 Agustus lucu seperti lomba balap karung menggunakan helm yang sedang viral dan lomba joget balon. Aneka lomba ini dikemas dengan beragam peraturan seru seperti balap karung sambil jongkok.

Lomba 17 Agustus yang unik satu ini tak jarang juga mengundang gelak tawa penonton yang makin membuat acara semakin meriah. Untuk itu, berikut ini adalah ide lomba 17 Agustus unik yang bisa jadi inspirasi perayaan seru bersama keluarga.

8 ide lomba 17 Agustus yang unik

1. Memindahkan air menggunakan spons


Ide lomba 17 Agustus anak yang satu ini juga sedang populer belakangan. Lomba 17 Agustus yang unik satu ini juga sangat mudah dilakukan.

Caranya cukup mudah yakni cukup sediakan satu wadah berisi air, satu wadah kosong dan sebuah spons. Kemudian minta peserta lomba memindahkan air dalam wadah ke wadah kosong dengan menggunakan spons.

Peraturan dalam lomba ini adalah, siapa yang paling cepat memindahkan air maka ialah yang layak untuk menjadi pemenang. Tapi kamu juga bisa memodifikasi peraturan lainnya yang dirasa cukup menarik ya Bu.

2. Balap karung helm


Photo source: Okezone

Ide lomba 17 Agustus unik   selanjutnya adalah balap karung menggunakan helm. Lomba ini memang tengah viral di sosial media, apalagi peserta lombanya juga bisa dilakukan untuk semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu aturan yang cukup unik dari lomba ini adalah peserta wajib menggunakan helm dan melompat dengan posisi jongkok. Alhasil posisi tersebut membuat peserta terlihat lucu dan makin membuat suasana jadi lebih meriah. Lomba 17 Agustus lucu yang satu ini sepertinya wajib dicoba sebagai ide perlombaan keluarga nih Bu!

3. Estafet tepung/air


Photo source: Tempo

Lomba estafet tepung atau air harus dilakukan secara berkelompok. Panitia lomba bisa melakukan beragam variasi peraturan jumlah peserta mulai dari 5-7 orang.

Lomba 17 Agustus yang unik ini dilakukan dengan cara semua peserta duduk berbaris. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung atau air ke wadah kosong yang dipegang oleh peserta di belakangnya.

Uniknya, peserta harus menuangkan tepung atau air tersebut tanpa perlu balik badan. Sehingga lomba 17 Agustus lucu yang satu ini akan membuat wajah peserta basah atau berlumuran tepung.

Pemenang lomba sendiri adalah kelompok yang paling banyak menuangkan tepung atau air ke wadah peserta lain. Akan tetapi, lomba 17 Agustus yang unik ini sebaiknya dilakukan oleh anak-anak di atas 5 tahun ya Bu!

4. Memasukkan pensil ke dalam botol


Photo source: Buku Harian Anak

Lomba 17 Agustus anak yang satu ini mungkin sudah lama populer ya Bu. Namun, lomba memasukkan pensil ke dalam botol memang nggak lekang oleh jaman dan masih jadi perlombaan favorit tiap 17 Agustus tiba.

Perlombaan ini dilakukan dengan cara memasukkan pensil yang diikatkan ke perut dengan seutas tali. Kemudian pensil ini harus di masukan ke dalam sebuah botol tanpa bantuan tangan. Selain itu, para peserta juga harus membelakangi botol sehingga tak jarang lomba ini juga mengundang gelak tawa penonton.

5. Tarik tambang


Lomba tarik tambang adalah satu perlombaan yang wajib ada tiap 17 Agustus tiba. Nggak heran, lomba tarik tambang sering dijadikan icon hari kemerdekaan.

Lomba tarik tambang sebenarnya merupakan sebuah lomba yang peraturannya cukup sederhana. Perlombaan ini harus dilakukan secara beregu atau tim dengan jumlah 5-10 orang peserta.

Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang. Tim yang paling kuat dan berhasil menarik tambang hingga membuat lawannya terjatuh adalah pemenangnya.

Uniknya, lomba 17 Agustus yang satu ini membutuhkan kekuatan fisik serta kekompakan dari masing-masih peserta. Lomba tarik tambang juga bisa dilakukan oleh semua usia termasuk anak-anak.

6. Memecahkan balon air


Lomba 17 Agustus yang unik ini juga cukup digemari oleh anak-anak. Peraturannya juga cukup sederhana yakni peserta hanya diminta memecahkan balon yang sudah diisi air dengan cara diinjak.

Balon bisa di susun di depan peserta sesuai dengan jumlah yang disepakati dengan panitia. Siapa yang paling cepat memecahkan balon maka dialah yang keluar sebagai pemenangnya.

7. Joget balon


Lomba joget balon juga sangat identik dengan perayaan 17 Agustus. Lomba ini sebenarnya juga cukup sederhana dan hanya membutuhkan sebuah balon yang di apit oleh dua peserta di keningnya.

Setiap pasangan kelompok mengapit sebuah balon agar tidak jatuh atau lepas mengikuti alunan musik. Uniknya, para peserta wajib menjaga balon tersebut agar tidak terjatuh hingga musiknya berhenti.

Lucunya, banyak peserta yang balonnya justru merosot dari kening hingga ke lutut. Ekspresi lucu para peserta pun semakin menambah keseruan perlombaan.

8. Balap kelereng


Photo source: Merdeka

Lomba balap kelereng juga menjadi salah satu icon perlombaan 17 Agustus yang nggak boleh dilewatkan nih Bu! Sebab, walau terlihat sederhana namun permainan ini cukup menantang.

Apalagi kelereng di atas sendok harus dijaga agar tidak terjatuh sambil berjalan cepat. Pemenang dari perlombaan ini adalah dia yang berhasil sampai ke garis finish tanpa menjatuhkan kelereng.

Lomba yang satu ini juga nggak boleh dibantu oleh tangan. Sehingga posisi tangan peserta disarankn harus berada di pinggang belakang.