Keluarga

8 Ide Perayaan Natal Di Rumah, Tetap Seru Dan Menyenangkan

8 Ide Perayaan Natal Di Rumah, Tetap Seru Dan Menyenangkan

Mendengar kabar pemerintah kembali membatasi kegiatan masyarakat saat libur Nataru, sebagai orang tua kita pasti langsung cari alternatif ide perayaan natal di rumah agar tetap menyenangkan dan seru untuk keluarga.

Pembatasan kegiatan di penghujung 2021 hingga awal 2022 tujuannya tak lain adalah untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 yang dikhawatirkan akan melonjak setelah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Salah satu dampak yang dirasakan adalah, perayaan Natal tahun ini terpaksa kembali dilakukan di rumah saja bersama dengan keluarga. Tidak bisa liburan, bahkan diimbau untuk tidak saling berkunjung untuk meminimalisir kerumunan.

Tentu saja hal ini membuat si kecil yang sudah excited merayakan Natal bersama sanak saudara menjadi kecewa ya Bu. Nah, biar si kecil kembali bersemangat, Ibu mungkin bisa mencari ide perayaan Natal di rumah yang tetap seru dan menyenangkan.

Misalnya dengan mengajak si kecil berhias pohon Natal di rumah, atau membuat kue khas Natal yang bisa dibuat bersama. Setidaknya meski tidak ada tamu yang berkunjung, perayaan Natal tahun ini bisa tetap berlangsung khidmat dan menyenangkan buat si kecil ya Bu.

Ide perayaan Natal di rumah

Untuk itu, melansir Country Living berikut adalah beberapa ide perayaan Natal di rumah yang mungkin bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini yuk!

1. Membuat kue Natal untuk kerabat atau tetangga


Ibu punya skill membuat kue yang enak dan disukai banyak orang? Yuk ajak si kecil bikin kue dan menghiasnya untuk dibagikan ke kerabat atau tetangga sekitar rumah. Libatkan seluruh kegiatan membuat kue bersama si kecil.

Ayah juga boleh ikutan lho! Jangan lupa hias dengan beragam hiasan khas Natal, lalu simpan di dalam kotak yang menarik. 

Kamu juga bisa memberikan kartu ucapan selamat Natal agar Natal tahun ini tetep seru dan menyenangkan meski masih harus di rumah saja.

2. Tukar kado


Ide perayaan Natal di rumah yang satu ini cocok banget buat kamu yang punya anggota keluarga yang cukup banyak. Kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga termasuk si kecil untuk bertukar kado di hari Natal.

Kamu bisa membelikan kado sendiri untuk si kecil seolah-olah itu dari dirinya sendiri untuk ditukarkan dengan anggota keluarga lain. Isi kadonya pun nggak perlu yang mewah ya Bu, yang penting berkesan dan bisa tetap terlihat seru.

3. Family virtual meeting with games


Tinggal berjauhan dengan keluarga memang terkadang menjadi hal yang berat ketika hendak merayakan sebuah perayaan besar seperti Natal. Sehingga keluarga menjadi sulit berkumpul apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Yuk manfaatkan teknologi yang ada dengan mengajak keluarga melakukan family virtual meeting yang diisi dengan beragam games seru. 

Kamu bisa menunjuk salah satu orang untuk menjadi host dan sebelum mengadakan games ini ada baiknya siapkan beragam hadiah yang kira-kira bisa dikirimkan ke tempat keluarga yang menang ya Bu.

Misalnya saja saldo belanja makanan, uang, aneka barang unik dan lain sebagianya. Ide perayaan Natal di rumah yang satu ini dijamin bikin Natal tetap seru walau jarak memisahkan deh Bu!

4. Mendekorasi rumah dan pohon Natal


Perayaan Natal hanya dilakukan setahun sekali, jadi nggak ada salahnya menghias rumah di agar perayaan Natal makin meriah meski di rumah saja. Yuk ajak si kecil dan anggota keluarga lain menghias rumah dan pohon Natal.

Kamu bisa membeli pohon Natal yang sedikit lebih besar dibandingkan tahun lalu, siapkan budget untuk membeli hiasan baru. Supaya suasana Natal tetap terasa ketika berada di dalam rumah. 

Jangan lupa lengkapi hiasan pohon Natal dengan beragam kado-kado menarik untuk seluruh anggota ya Bu. Lalu ajak mereka membuka kado bersama di pagi hari atau malam Natal.

5. Atur makan malam keluarga dekat pohon Natal


Di malam Natal setelah selesai Misa, biasanya identik makan malam bersama keluarga besar. Karena tahun ini perayaan Natal tetap harus dilakukan di rumah saja, kamu bisa mengubah konsep makan malam tersebut dengan memanfaatkan hiasan yang ada di rumah.

Misalnya saja menggeser meja makan dekat dengan pohon Natal, memasak makanan spesial keluarga lalu berkumpul bersama keluarga inti setelah selesai Misa Natal untuk menikmati makan malam. 

Biar terasa seperti makan malam ala restoran, kamu juga tetap bisa mengajak keluarga memakai pakaian rapi supaya suasana Natal tetap terasa.

6. Movie marathon


Setelah selesai makan malam, ide perayaan Natal selanjutnya adalah kamu bisa mengajak keluarga untuk movie marathon di ruang keluarga. Pilih film keluarga yang ringan dan menggambarkan suasana Natal, jangan lupa siapkan kudapan untuk menonton film seperti popcorn, keripik kentang dan camilan lainnya.

7. Mengirimkan kado untuk teman dan keluarga


Ide perayaan Natal selanjutnya adalah mengirimkan kado untuk teman dan keluarga. Meski Natal tahun ini tak bisa bersua kamu tetap bisa mengirimkan kado Natal ya Bu. Ide perayaan Natal yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan kalau ingin merayakan Natal bersama dengan kerabat terdekat.

8. Ibadah bersama keluarga


Ibu bisa mencari gereja yang melayani acara virtual Natal di rumah atau bisa juga beribadah dengan keluarga inti saja di rumah. Asalkan ibadah Natal berlangsung khidmat dan tidak mengganggu, ibadah bersama keluarga di rumah nggak mengurangi keseruan Natal di rumah tahun ini ya Bu.

Nah, itu tadi adalah beragam ide perayaan Natal di rumah yang bisa kamu lakukan. Kira-kira selain ide perayaan Natal yang sudah disebutkan di atas, kamu punya ide apa lagi nih Bu?

Editor: Dwi Ratih