Keluarga

9 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu di Rumah

9 Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu di Rumah

Belum menemukan cara mengusir cicak paling ampuh? Ibu bisa simak tips berikut agar hewan reptil tersebut enggan kembali ke rumah. 

Cicak memang bukanlah binatang yang berbahaya. Reptil yang satu ini bahkan bisa ditemukan hampir di setiap rumah. Meski begitu, cicak tidak disukai karena sering menimbulkan rasa geli dan jijik. 

Terlebih cicak suka membuang kotoran yang bisa mengotori dinding, langit-langit, hingga lemari. Cicak tergolong lincah dan pintar bersembunyi, sehingga sulit untuk dibasmi. Agar cicak di rumah tidak makin banyak, simak cara ampuh mengusir cicak berikut ini!

Ada beberapa cara mengusir cicak yang bisa Ibu coba. Mulai dari cara alami hingga menggunakan bahan kimia. Bisa juga dengan menerapkan kebiasaan tertentu. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengusir cicak di rumah.

1. Tutup semua celah

Langkah pertama yang harus Ibu lakukan untuk mengusir cicak adalah dengan menutup semua celah. Tutup semua celah yang ada di rumah, mulai dari lubang ventilasi hingga lubang pada dinding. 

Cara ini akan mencegah cicak masuk ke dalam rumah. Selain itu, tips ini juga efektif mencegah masuknya tikus dan serangga.

2. Membasmi nyamuk

Ibu ingat lagu cicak-cicak di dinding? Pada lagu tersebut ada satu bait yang berbunyi, “datang seekor nyamuk. HAP, lalu ditangkap,”. Ya benar, nyamuk adalah makanan utama cicak. Makin banyak nyamuk di rumah, makin banyak juga cicak yang datang.  

Dengan alasan tersebut, maka membasmi nyamuk bisa menjadi cara mengusir cicak. Saat jumlah nyamuk berkurang, cicak pun akan enggan datang.

3. Pelihara kucing

Selain menjadi hewan peliharaan, kucing juga bisa menjadi pembasmi cicak di rumah.  Meski dijadikan peliharaan, kucing pada dasarnya adalah predator dan cicak termasuk mangsa yang mereka sukai. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Royal Society menyebutkan bahwa kucing adalah musuh alami cicak, bahkan sejak zaman dahulu kala. Jadi, Ibu bisa menyerahkan “tugas berburu cicak” pada kucing peliharaan di rumah!

4. Sebar kapur barus

Kapur barus biasanya dipakai untuk menghilangkan bau apek pada pakaian yang disimpan di dalam lemari. Tahukah Ibu, ternyata kapur barus pun bisa dipakai mengusir cicak. Cara membasmi cicak dengan kapur barus pun tidak sulit. 

Cukup letakkan kapur barus di lokasi yang sering didatangi cicak seperti bagian atas lemari. Kapur barus ampuh mengusir cicak karena bau yang dikeluarkannya. Kandungan camphor atau kamper menyebabkan kapur barus punya aroma yang begitu menyengat dan kuat. Aroma ini sangat dibenci oleh cicak.

5. Gunakan bubuk kopi

Benda yang mengeluarkan aroma kuat memang ampuh untuk mengusir cicak. Selain kapur barus, Ibu juga bisa menggunakan bubuk kopi. Cara membasmi cicak yang satu ini simpel tapi sangat ampuh. 

Terlebih bubuk kopi mudah didapatkan dan tidak sulit dibersihkan. Letakkan sebuah wadah berisi bubuk kopi di area yang sering dilalui cicak. Bisa juga dengan menaburkan bubuk kopi pada celah-celah yang ada di rumah.

6. Cangkang telur

Cicak membenci telur mentah. Ini karena telur mentah mengeluarkan aroma yang begitu kuat dan menyengat. Selain itu, cicak juga menganggap cangkang telur sebagai tanda keberadaan reptil lain yang lebih kuat seperti ular. 

Jadi, cicak cenderung menjauhi cangkang telur. Untuk menerapkannya pun mudah. Keringkan cangkang telur kemudian letakkan di tempat yang strategis. Cangkang telur adalah cara mengusir cicak di plafon rumah yang paling ampuh. 

Sebab, meletakkan cangkang telur di plafon minim risiko terinjak. Lebih-lebih, plafon adalah salah satu tempat yang disukai cicak.

7. Irisan bawang putih

Beberapa jenis bumbu dapur ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir cicak di rumah. Salah satunya adalah bawang putih. Mengutip Healthline, bawang memiliki kandungan sulfur. 

Kandungan inilah yang membuat bawang putih mengeluarkan aroma tajam dan menyengat. Sama seperti aroma kapur barus dan kopi yang menyengat, cicak pun benci aroma bawang putih. 

Cukup gunakan irisan tipis bawang putih di beberapa lokasi seperti kolong meja untuk mengusir cicak sekaligus serangga.

8. Larutan air sabun dan deterjen

Cara mengusir cicak selanjutnya adalah dengan larutan air sabun dan deterjen. Kandungan bahan kimia pada sabun dan deterjen akan membuat cicak merasa mabuk. Campurkan sabun, deterjen, dan air dengan perbandingan 1:1:1. 

Masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan air sabun dan deterjen pada titik-titik yang sering didatangi cicak. Sebaiknya hindari area yang dilalui anggota keluarga lain karena larutan ini sangat licin.

9. Menggunakan bubuk lada hitam

Selain dengan bahan kimia yang ada pada sabun dan deterjen, ada juga cara mengusir cicak secara alami. Kali ini Ibu cukup gunakan bubuk lada hitam. Dikutip dari website kesehatan Healthline, diketahui lada hitam punya kandungan capsaicin. 

Zat capsaicin inilah yang membuat kita merasakan pedas dan panas saat mengonsumsi makanan dengan lada hitam. Pada cicak, capsaicin ternyata bisa menimbulkan efek yang menyakitkan. Itulah mengapa cicak cenderung menjauhi area beraroma lada hitam.

Cicak pada dasarnya bukanlah binatang berbahaya. Namun cicak sering membuang kotoran yang bisa mengganggu keindahan rumah. Ibu bisa menerapkan cara mengusir cicak di atas untuk segera terbebas dari gangguan reptil tersebut di rumah. Semoga berhasil!

Editor: Dwi Ratih