Keluarga

9 Game Zoom Anak yang Seru untuk Dimainkan Bersama-sama

9 Game Zoom Anak yang Seru untuk Dimainkan Bersama-sama

Tahukah Ibu bahwa ada banyak game zoom anak?

Bermain game zoom anak adalah salah satu alternatif ide untuk menepis rasa bosan anak karena terlalu banyak menghabiskan waktu belajar menggunakan platform Zoom. 

Pandemi Covid yang sudah memasuki tahun kedua ini berdampak ke semua kalangan, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Para orangtua banyak yang melakukan aktivitas WFH (Work From Home), begitu juga dengan anak-anak yang banyak melakukan SFH (School from Home). Zoom adalah salah satu platform yang digunakan anak untuk kegiatan belajar mengajar di sekolahnya.

Salah satu tantangan belajar dari rumah adalah kesulitan bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Namun, bermain game zoom anak adalah salah satu alternatif agar si kecil dapat menghabiskan waktu bersama teman-teman sekolahnya selama berada di rumah.

Simak berbagai game zoom yang seru yang dapat dimainkan oleh anak selama berada di rumah seperti yang dilansir oleh HP.

1. Mana yang lebih kamu pilih?

9-game-zoom-anak-yang-seru-untuk-dimainkan-bersama-sama-1

Permainan ini sebenarnya memiliki banyak jenis, mulai dari game kartu hingga sebagai sarana ice breaking. Si kecil dan teman-temannya dapat memainkan game ini sebagai game zoom meeting yang seru. 

Caranya, pemain pertama dapat melemparkan pertanyaan seperti, “mana yang lebih kamu pilih, tinggal di hutan atau di pantai?”. Peserta menjawab sesuai giliran, kemudian peserta yang menjawab bertanya dengan model serupa ke peserta dengan giliran berikutnya. 

Permainan ini tidak sekedar “ngobrol” belaka karena game zoom anak ini dapat dibuat lebih kompetitif dengan cara menetapkan batas waktu ataupun cakupan jawaban.

2. Tebak berantai

Tebak berantai bisa menjadi game zoom yang seru yang dapat dimainkan secara virtual meskipun game ini terkesan jadul. Game ini mengharuskan peserta untuk menebak kata serta anggota tim menjadi peraga kata tersebut.

Si kecil dapat membuat berdasarkan berbagai ide kata yang mudah dan tidak menyulitkan karena game zoom anak ini hanya diperbolehkan menggunakan isyarat gerak tanpa memberikan petunjuk suara apapun.

3. Tebak lagu menggunakan Google

9-game-zoom-anak-yang-seru-untuk-dimainkan-bersama-sama-2

Ide game zoom anak berikutnya adalah tebak lagu menggunakan Google. Peserta dapat menyediakan beberapa potongan lagu kemudian menyalin kata tersebut di Google Translate. 

Peserta dapat menentukan hendak menggunakan bahasa apa untuk diperdengarkan kepada anggota tim yang nantinya harus menebak judul lagu tersebut. 

Permainan ini akan menjadi game zoom yang seru jika semua peserta memiliki pecinta musik dan memiliki banyak wawasan perihal lagu. Dibutuhkan ketelitian dan wawasan agar anggota peserta lain dapat menebak lagu tanpa nada karena hanya mengandalkan kalimat saja.

4. Tebak foto

Game zoom anak yang bisa dimainkan bersama berikutnya adalah tebak foto. Peserta dapat menyiapkan beberapa potongan wajah anggota peserta lainnya yang nantinya akan ditebak siapa pemilik foto tersebut. 

Si kecil dapat menghadirkan foto bagian telinga, dagu, rambut, alis, atau bagian kecil lainnya yang relatif sulit ditebak.

Permainan game zoom meeting ini secara tidak langsung membuat antar peserta saling mengetahui dan lebih mengenal satu sama lain.

5. Tebak kata

9-game-zoom-anak-yang-seru-untuk-dimainkan-bersama-sama-3

Salah satu fitur zoom adalah mic yang bisa dinyalakan atau dimatikan. Dengan permainan tebak kata ini, peserta dapat mematikan mic dan berbicara sesuai dengan kata yang ingin dikatakan kepada peserta lain.  

Kunci dari permainan ini adalah peserta lain menebak kata yang disebutkan hanya berdasarkan dengan gerakan mulut saja. Jadi, jangan lupa untuk mematikan mic pada zoom ya!

Game zoom anak ini pasti akan seru jika dimainkan secara beramai-ramai.

6. Online Bingo

Permainan online Bingo bisa menjadi game zoom anak dengan cara mengakses bingomaker.com. Maksimal peserta yang dapat bermain sangat banyak, hingga 1000 peserta.

Seperti permainan bingo pada umumnya, peserta  harus menyusun angka secara acak dan menandai angka yang nantinya disebutkan selama permainan. 

Bermain bingo secara daring bakal menjadi game zoom meeting yang seru karena bermain bingo secara daring juga mengasah otak, meningkatkan ketelitian, dan penempatan strategi yang tepat untuk menang.

7. Kuis trivial

9-game-zoom-anak-yang-seru-untuk-dimainkan-bersama-sama-4

Game zoom anak ini merupakan game adu otak antar peserta. SI kecil  dapat menyiapkan beberapa pertanyaan beserta beberapa pilihan jawaban yang menjebak kepada peserta lain. 

Permainan daring ini juga dimainkan dengan peserta yang banyak, dapat diatur menjadi beberapa tim agar lebih rapi dan menarik.

Kuis trivial ini akan menjadi lebih menarik jika terbagi dalam beberapa kelompok, misalnya si kecil dapat memainkan game zoom ini dengan tim antar kelas.

8. Merangkai kata dari kata terakhir

Game zoom anak ini cukup sederhana. Caranya peserta pertama menyiapkan sebuah kalimat. Nanti peserta berikutnya akan melanjutkan kalimat dengan cara menggunakan kata terakhir dari kalimat pertama yang disebutkan. 

Biasanya permainan ini memiliki tema nama negara, nama kota, atau nama buah-buahan.

9. Tebak emoji

Game zoom anak lainnya yang dapat dimainkan bersama-sama adalah permainan tebak emoji. Caranya dengan menyiapkan si kecil sampaikan terlebih dahulu. Kata-kata tersebut bebas namun biasanya merupakan sebuah judul lagu. 

isalnya, peserta ingin peserta lainnya  menebak lagu yang berjudul “When you wish upon the star”, maka peserta dapat menyiapkan peserta orang dan kemudian emoji tangan berdoa dan emoji bintang.

Editor: Dwi Ratih