Keluarga

9 Persiapan Puasa Ramadhan Agar Ibadah Lebih Lancar

9 Persiapan Puasa Ramadhan Agar Ibadah Lebih Lancar

Tinggal menghitung hari! Persiapan puasa Ramadhan apa saja yang sebenarnya paling dibutuhkan? Mengingat ibadah puasa Ramadhan akan berlangsung selama satu bulan penuh. 

Tidak hanya persiapan secara fisik dan mental, tentunya ada hal-hal lain yang bisa dilakukan sebagai persiapan puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya. Dengan begitu, ibadah bisa berjalan lebih lancar.

Nah, kira-kira apa saja persiapan puasa Ramadhan yang perlu dilakukan? Berikut penjelasan selengkapnya. Simak sampai akhir dan jangan ada yang sampai terlewatkan, ya!

1. Persiapkan fisik dengan berolahraga

Kondisi fisik yang bugar menjadi kunci utama persiapan puasa Ramadhan. Pasalnya, dibutuhkan kondisi tubuh yang prima demi menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan kondisi fisik dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Tidak harus dengan aktivitas fisik yang berat, kamu bisa mencoba untuk berjalan santai di pagi hari atau melakukan yoga di rumah sebagai alternatif olahraga.

2. Makan makanan yang bergizi tinggi

Persiapan puasa Ramadhan berikutnya, yaitu dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Hal ini penting dilakukan karena stamina tubuh selama berpuasa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. 

Selain itu, dengan makan makanan sehat, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk sistem pencernaan yang lancar serta daya tahan tubuh yang baik, sehingga tidak mudah jatuh sakit di bulan Ramadhan nanti.

3. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Dikutip dari Mayo Clinic, kebutuhan asupan cairan tubuh untuk wanita dewasa adalah sebanyak 2,7 liter, sedangkan bagi pria dewasa kebutuhan cairan tubuhnya yaitu sebanyak 3,7 liter. 

Jumlah ini harus dipenuhi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Persiapan puasa Ramadhan ini perlu mendapat perhatian lebih karena tubuh bisa mudah lemas jika kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh. 

Saat berpuasa Ramadhan nanti, kamu bisa minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air di malam hari, dan 2 gelas air saat sahur untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Membiasakan diri dengan pola tidur yang baru

Selama bulan Ramadhan, kamu mungkin akan mengalami perubahan waktu tidur. Artinya, persiapan puasa Ramadhan ini juga harus disiapkan mulai saat ini. Pastikan kamu tidak begadang di malam hari, sehingga bisa bangun sahur tanpa kekurangan waktu tidur. 

Perlu diketahui, pola tidur yang buruk bisa mengganggu kesehatan tubuh kamu selama berpuasa. Saat kurang tidur kamu akan mudah mengantuk, lemas, dan pusing sehingga bisa saja membatalkan puasa.

5. Membersihkan perlengkapan beribadah

Nah, kamu juga perlu membersihkan perlengkapan beribadah sebelum memasuki bulan Ramadhan. Mulai dari mukena, peci, sarung, hingga sajadah, perlu dibersihkan terlebih dulu sehingga bisa dipakai dengan nyaman untuk beribadah di bulan Ramadhan. 

Jangan lupa, kamu bisa meluangkan waktu untuk membersihkan ruangan di rumah yang dipakai untuk beribadah bersama keluarga. Tujuannya agar suasana beribadah lebih menyenangkan karena perlengkapan dan tempat beribadah sudah bersih.

6. Memastikan persediaan bahan makanan sehari-hari

Seringkali selama berpuasa kamu malas untuk bepergian ke pasar atau swalayan. Padahal kebutuhan makanan sehari-hari tidak boleh sampai kosong selama puasa Ramadhan. Jadi, sebaiknya periksa kembali persediaan bahan makanan di lemari es. 

Catat apa saja yang perlu dibeli, sehingga tidak ada bahan yang terlewatkan. Dengan memastikan persediaan bahan makanan sehari-hari ini, kamu tidak perlu khawatir kehabisan stok makanan untuk berbuka atau sahur.

7. Pastikan tidak melewatkan makan sahur

Makan sahur menjadi salah satu syarat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan jam makan sahur saat berpuasa nanti, ya! Makan sahur ini bisa memberikan cadangan energi untuk tubuh beraktivitas di pagi hingga waktu berbuka. 

Risiko dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh juga bisa dicegah dengan minum air yang cukup di waktu sahur ini.

8. Perhatikan porsi makan saat berbuka

Masih ada lagi persiapan puasa Ramadhan yang harus diingat mulai saat ini, yaitu dengan memperhatikan porsi makan saat berbuka. Kamu mungkin merasa sangat lapar setelah seharian penuh berpuasa. 

Namun, bukan berarti kamu bisa langsung makan porsi besar saat berbuka. Pasalnya, kerja lambung akan terlalu berat jika kamu langsung makan dalam porsi besar. Sebaliknya, para dokter menganjurkan agar berbuka dengan makan secukupnya untuk memastikan sistem pencernaan berjalan lancar.

9. Hindari makanan tinggi gula saat berbuka

Terakhir, hindari makanan tinggi gula saat berbuka. Makan makanan manis terlalu berlebihan saat berbuka puasa bisa memicu berbagai risiko penyakit. Terutama hiperglikemia akibat gula darah yang naik secara drastis akibat makanan atau minuman yang tinggi gula. 

Sementara dalam jangka pendek, mengonsumsi makanan tinggi gula saat berbuka puasa bisa mengakibatkan rasa kantuk. Kondisi ini jelas akan mengganggu konsentrasi saat beribadah tarawih maupun tadarus Al Quran di masjid.

Jadi, itulah tadi sejumlah persiapan puasa Ramadhan yang bisa kamu persiapkan mulai sekarang. Dengan begitu, tubuh lebih siap menjalankan ibadah selama satu bulan penuh. Kira-kira apa masih ada persiapan puasa Ramadhan yang belum disebutkan dalam artikel ini?

Editor: Dwi Ratih