Keluarga

9 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Ponsel dan PC

9 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Ponsel dan PC

Sekarang, rekomendasi aplikasi edit video sudah sangat banyak karena. App editor video tidak hanya milik  PC semata, tapi juga banyak tersedia di gawai baik Android maupun iPhone. Menyunting video sekarang bisa di mana pun. 

Dengan hadirnya ponsel pintar yang memiliki kamera dengan kualitas tajam yang mampu merekam video berkualitas tinggi, app editor video pun mulai menjamur. Membuat video menggunakan ponsel menjadi pilihan banyak orang karena sederhana, praktis, dan mudah.

Rekomendasi aplikasi edit video di Android dan iPhone

Apa saja rekomendasi aplikasi edit video di Android, iPhone bahkan PC?

1. FilmoraGo

FilmoraGo adalah salah satu app editor video yang digemari pengguna. Aplikasi ini memiliki fitur dasar seperti pemotongan, pemangkasan, penambahan tema, musik, dan sebagainya yang dapat digunakan dengan mudah.

Ibu dapat memilih berbagai tampilan ukuran video, mulai dari persegi 1:1 untuk Instagram, video 16:9 untuk Youtube, membuat video terbalik, menambahkan transisi, gerakan lambat, teks, dan banyak lagi sesuai dengan keinginan.

FilmoraGo yang merupakan rekomendasi aplikasi edit video di iPhone dan Android ini bisa digunakan gratis, namun ada beberapa fitur berbayar seperti menghilangkan watermark. 

2. Kinemaster


Kinemaster adalah salah satu rekomendasi aplikasi edit video di Android dan iPhone yang memiliki fitur lengkap. Fitur-fitur tersebut berupa menambah beberapa video sekaligus, gambar, teks, serta memotong klip. Ibu juga bisa memilih berbagai tampilan ukuran video seperti sinematik 16:9 dan 1:1.

Kinemaster dapat diakses gratis di Android dan iPhone namun sejumlah fitur premium tergolong berbayar seperti penghilangan watermark.

3. Vivavideo


Ibu pasti familiar dengan aplikasi ini. Tentu saja, sebab Vivavideo adalah salah satu rekomendasi aplikasi edit video di iPhone dan Android. Menariknya, semua template, efek, judul, dan transisi dapat digunakan secara gratis. Namun, semua video yang menggunakan VivaVideo akan ada watermark dan durasi video maksimal hanya 10 detik saja. Jika ingin menghilangkan watermark dan batas durasi, Ibu dapat membeli versi Pro.

4. Adobe Premiere Clip


Adobe adalah aplikasi penyunting yang sudah terkenal di PC. Ternyata ada versi ponsel juga loh! Tidak kalah dengan versi PC, Adobe Premiere Clip adalah rekomendasi aplikasi edit video di Android. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap termasuk membuat video secara otomatis dan menggabungkan gambar serta video. Ibu juga dapat menyunting video secara manual dengan menambahkan berbagai efek, transisi, hingga musik. Hasil karya yang dibuat di Adobe Premiere Clip dapat disinkronisasi menggunakan akun Adobe Creative Cloud.

5. iMovie


iMovie merupakan aplikasi edit video di iPhone. Aplikasi edit video ini tersedia gratis buat pengguna iPhone dan iPad. Fitur yang disediakan sangat lengkap. Ibu dapat mempercantik video dengan 14 template trailer, 8 tema unik, dan 10 filter. Bahkan, tersedia fitur membuat slo-mo yang keren.

Yang menarik, video dapat ditambahkan musik dan background yang keren. Selanjutnya, hasil karya Ibu dapat diunggah ke media sosial dengan mudah.

6. InShot


InShot adalah satu rekomendasi aplikasi edit video yang tersedia baik di iPhone maupun Android. Menariknya, aplikasi ini tidak memiliki watermark saat video disimpan. Tampilan aplikasi ini cukup menarik meskipun kerap muncul iklan. Namun, saat menyunting video, iklan tersebut tidak muncul.

Aplikasi ini memiliki fitur edit video dasar. Salah satu fitur penting adalah Ibu dapat ekspor video kualitas 4K dan bisa memilih berbagai bingkai yang ada.

Rekomendasi aplikasi edit video di PC

Berikut ini adalah aplikasi edit video di PC yang mudah diaplikasikan:

1. AVS Video Editor


AVS video editor adalah aplikasi edit video di PC yang cocok bagi pemula yang menginginkan aplikasi yang ringan. Karena spesifikasi yang dibutuhkan tidak tinggi, tidak pelu menggunakan PC yang memiliki spek tinggi pula. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur video cache.

Fitur andalan lainnya adalah memungkinkan pengguna mengedit video dengan resolusi Full-HD. Tersedia 300 efek transisi yang siap membuat video kamu menjadi lebih atraktif. 

2. Adobe Premiere Pro


Adobe sudah terkenal sebagai vendor yang cukup terkenal dalam mengembangkan aplikasi dan software penyunting. Jadi, kemampuan aplikasi ini sebagai penyunting video tidak patut diragukan lagi.

Para profesional biasanya menjadikan aplikasi ini sebagai rekomendasi aplikasi edit video di PC  karena lengkapnya fitur. Para pemula juga dapat menggunakan fitur dasar seperti memotong dan memangkas.

Jika Ibu ingin mengedit video dengan teknik rumit, aplikasi ini memiliki fitur-fitur penunjang. Hasil resolusi video yang dihasilkan bahkan juga sampai 4k. Namun, aplikasi editor video ini agak sulit digunakan pemula karena harus dipelajari secara perlahan-lahan karena menu di dalamnya agak rumit dioperasikan.

3. Corel Video Studio


Tidak hanya Adobe, Corel pun mengeluarkan aplikasi editor video. Tak heran, Corel Video Studio merupakan salah satu rekomendasi aplikasi edit video di PC. Aplikasi ini cocok digunakan baik oleh pemula hingga profesional.

Tampilannya sederhana dan fitur lengkap di dalamnya membuat pemula mudah mengoperasikannya.

Salah satu fitur menarik lainnya dari Corel Video Studio adalah fitur clearer audio yang akan membuat suara di video yang Ibu buat lebih jernih dan jelas. 

Aplikasi ini tidak gratis dan harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Itulah 9 rekomendasi aplikasi edit video baik di gawai dengan sistem operasi Android dan iOs hingga di PC. Mana yang menjadi favorit Ibu?

Editor: Dwi Ratih