Keluarga

Agar Selalu Bersih, Ini Cara Merapikan Kulkas Yang Tepat

Agar Selalu Bersih, Ini Cara Merapikan Kulkas Yang Tepat

Setiap Ibu pasti selalu ingin memiliki kulkas yang tertata rapi. Nggak hanya enak di pandang, merapikan isi kulkas juga memudahkan Ibu dalam mencari bahan makanan lho.

Apalagi kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang fungsinya sangat penting di rumah. Kulkas dapat membantu Ibu dalam menjaga keawetan makanan, sehingga kandungan gizinya tetap terjaga.

Selain itu kulkas juga menjadi tempat menaruh minuman-minuman, sehingga dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin kapan pun kita inginkan. Kalau kulkas berada dalam keadaan kotor dan tidak sedap dipandang mata, pastinya keawetan bahan makanan juga memengaruhi.

Selain itu, jika kulkas dalam keadaan kotor dan tidak rapi dapat mengundang banyak bakteri dan menyebabkan kulkas menjadi mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk itu biar isi kulkas tetap rapi berikut adalah tips dan cara merapikan kulkas yang baik dan benar yang bisa Ibu lakukan di rumah.

Cara menata kulkas agar bersih dan rapi


Ternyata cara merapikan kulkas nggak cukup hanya dengan mengelap dua komponen yang ada di dalamnya yakni freezer dan chiller. Supaya kulkas tetap tertata rapi, langkah selanjutnya Ibu harus menyortir beberapa bahan makanan yang sudah kadaluarsa.

Melansir The Kitchen cara merapikan kulkas sebenarnya cukup mudah. Namun memang cukup memakan waktu, sehingga disarankan ketika hendak merapikan kulkas Ibu harus menyediakan waktu supaya kulkas benar-benar bersih dan tertata rapi.

Setelah menyortir bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, Ibu juga perlu menyortir bahan makanan mana saja yang kiranya cocok berada di temperatur chiller dan freezer. Misalnya saja, memisahkan antara frozeen food, makanan setengah matang, bumbu halus, sayuran, minuman kaleng ataupun bahan makanan lainnya. Selain itu, Ibu bisa menggunakan cara menata kulkas agar bersih dan rapi berikut ini:

Pisahkan bagian-bagiannya

1. Di pintu kulkas

Melansir Consumer Reports buat Ibu yang senang menaruh susu segar dan telur di pintu kulkas sebaiknya jangan dilakukan lagi ya Bu. Sebab, ternyata suhu di pintu lemari es itu naik beberapa derajat lebih tinggi dari bagian utama.

Sehingga, pintu lemari es tidak cocok sebagai tempat penyimpanan susu dan telur. Bahan makanan yang cocok diletakkan di pintu lemari es; mentega, bumbu halus, jus, minyak goreng, minuman bersoda, air.

2. Di bagian rak tengah

Selain freezer, bagian rak tengah chiller ini juga biasanya sangat dingin. Apalagi jika bahan makanan di letakkan di bagian paling belakang mendekati lampu. Hal ini juga berlaku sebagai cara menata kulkas 1 pintu yang cukup direkomendasikan.

Dengan suhu demikian, maka bagian ini sangat cocok untuk menyimpan atau menaruh barang-barang yang lebih rentan untuk mengembangkan bakteri berbahaya seperti susu, telur, yoghurt, atau makanan bayi.

3. Di bagian rak atas


Tahukah Ibu, ternyata rak bagian atas kulkas merupakan bagian yang paling hangat lho Yup, karenanya bagian ini paling cocok untuk menyimpan bahan-bahan yang tidak perlu di masak seperti; hidangan sisa yang tinggal dihangatkan kembali, makanan ringan dan juga selai.

4. Bagian laci 

Biasanya bagian laci adalah tempat paling cocok untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan. Kalau Ibu memiliki kulkas 1 pintu yang memiliki satu laci besar, maka sebaiknya gunakan untuk menyimpan sayur atau buah.

Namun jika Ibu memiliki kulkas 2 pintu dengan dua laci, Ibu bisa menyimpan daging mentah yang di lapisi plastik atau tupperware agar air dari daging tidak menetes.

5. Pisahkan dengan tupperware

Agar terlihat lebih rapi dan bahan makanan lebih awet, Ibu bisa menata kulkas dengan tupperware. Misalnya saja, pisahkan antara bumbu dapur seperti cabe, bawang merah dan putih, sayuran, aneka daging, seafood, ayam yang sudah di cuci dan di marinasi ke dalam tupperware.

Kalau Ibu terbiasa membuat meal preparation, maka memisahkan bahan makanan dengan tupperware sangat penting untuk memudahkan Ibu memasak. Agar tidak bingung, makanan apa saja yang ada di dalam tupperware Ibu bisa memberikan label berupa tanggal beli atau kadaluawarsa dan jenis makanan yang disimpan.

Tips mengatur isi kulkas agar tetap bersih


  1. Alasi rak di dalam kulkas dengan kain plastik. Bersihkan dengan kain lap atau buang alas plastik tersebut saat ada noda yang menempel pada rak. Ganti alas rak secara rutin.
  2. Biar hemat budget, Ibu bisa gunakan kotak-kotak karton untuk merapikan botol yang diletakkan pada pintu kulkas.
  3. Manfaatkan rak besi pada freezer untuk menyimpan frozen food kemasan plastik dengan klip kertas. 
  4. Untuk saus yang isinya sudah hampir habis, taruh pada pintu kulkas dalam keadaan terbalik dengan alas bekas wadah telur.
  5. Simpan dan tempatkan sisa makanan di dalam wadah plastik dengan tutup. Selain lebih rapi, makanan pun lebih terjaga kebersihannya.
  6. Berikan rak tambahan bila perlu.
  7. Jika dirasa cukup penting, tempelkan white board pada bagian luar kulkas. Papan ini berguna untuk menuliskan daftar bahan makanan yang masih ada dan yang sudah habis.

Nah, Ibu itu tadi adalah cara merapikan kulkas yang bisa dilakukan di rumah. Usahakan untuk selalu membersihkan kulkas secara rutin untuk menghindari timbulnya bakteri di dalam kulkas. Terutama jika kulkas sudah kotor dan mengeluarkan bau tak sedap. Ibu juga bisa menggunakan anti bau kulkas yang bisa menjaga udara kulkas tetap lembab dan bersih.

Editor: Dwi Ratih