Keluarga

Ampuh! Ini 11 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Ampuh! Ini 11 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Sudah coba berbagai macam pestisida dan cara mengusir tikus tapi tidak ada satu pun yang berhasil? Mungkin sudah saatnya Ibu kembali ke cara-cara lama dengan menggunakan bahan alami. 

Ya, hama tikus sering kali tidak mempan dijebak dengan racun karena indera penciuman mereka sudah “hafal” dengan bau-bauan menyengat dari racun yang jika didekati akan membahayakan nyawanya. 

Sebaliknya, bahan alami ternyata justru bisa lebih ampuh dipakai untuk membasmi tikus ketimbang racun. Lalu, bagaimana sih cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami?

Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Ternyata, banyak bahan-bahan di rumah yang bisa digunakan untuk mengusir tikus lho. Selain lebih murah, Ibu jadi tak perlu jauh-jauh membeli bahan atau racun tikus. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Teh Bekas

    Cara mengusir tikus yang pertama adalah dengan menggunakan ampas teh bekas yang sudah diseduh semalaman. Aroma teh yang enak akan membuat tikus merasa terusik. Bagaimana caranya? Cukup taburkan ampas teh ke sudut-sudut ruangan yang kerap dilewati tikus. Jika dilakukan rutin, lama-lama tikus akan kabur dan tak kembali lagi.

  2. Merica atau Lada Bubuk

    Bumbu dapur seperti merica atau lada bubuk adalah bahan alami yang sangat ampuh dipakai untuk mengusir tikus. Kandungan dengan aroma menyengat berupa senyawa piperin akan membuat tikus terganggu dan pergi. Ibu bisa menaburkan bubuk lada di tempat-tempat yang sering disinggahi tikus, termasuk di depan lubang yang dijadikan sarang tikus.

  3. Bubuk Cabai

    Selain bubuk lada, bubuk cabai juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir tikus yang efektif. Bumbu dapur ini bahkan sudah terkenal sejak lama dipakai para petani untuk mengusir hama tanaman, lho.

    Caranya sama seperti saat menggunakan bubuk lada. Ibu hanya perlu menaburkannya di area-area yang menjadi sarang tikus. Selain mudah dibersihkan, bubuk cabai juga gampang diperoleh.

  4. Irisan Bawang

    Cara mengusir tikus yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan irisan bawang (terutama yang hampir busuk). Bau bawang yang menyengat adalah aroma yang sangat dibenci tikus. Irisan bawang juga mudah membusuk dan menjadi racun mematikan bagi tikus. Cukup letakkan irisan bawang di sudut-sudut rumah yang sering dilewati tikus. Lakukan selama beberapa hari sampai si tikus benar-benar pergi.

  5. Bawang Putih

    Aroma bawang putih yang sedap ternyata justru bisa jadi racun mematikan bagi tikus, lho. Ya, bumbu masak ini juga bisa jadi alternatif yang lebih aman jika Ibu khawatir menggunakan pestisida untuk mengusir tikus.

    Caranya iris kasar bawang putih, lalu larutkan dalam air. Ibu bisa menyiramkan larutan bawang putih tersebut atau menyemprotkannya langsung ke sarang tikus. Jika dilakukan secara rutin, niscaya tikus dan serangga lain seperti kecoak akan kabur.

  6. Cengkeh

    Cengkeh juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengusir tikus membandel di rumah. Tikus sangat membenci aroma cengkeh. Dengan menaburkan bubuk cengkeh ke tempat-tempat yang sering dilewati tikus, tikus dan kawanannya pun akan pergi. Oh ya, untuk alternatif yang lebih praktis, Ibu bisa juga menggunakan minyak cengkeh yang banyak dijual di pasar dan supermarket.

  7. Kentang

    Cara mengusir tikus yang efektif bisa dilakukan dengan menggunakan irisan kentang atau bubuk kentang. Ya, kentang ternyata memang beracun bagi tikus. Ibu bisa membuat jebakan dengan menaburkan bubuk kentang ke makanan dan meletakannya di depan sarang tikus.

    Tikus akan memakan umpan tersebut dan tanpa sadar lama-lama ususnya akan mengalami pembengkakan dan akhirnya mati.

  8. Minyak Peppermint

    Aroma menenangkan yang dihasilkan minyak peppermint ternyata justru sangat dibenci tikus, lho. Jadi, Ibu bisa memanfaatkannya sebagai cara mengusir tikus yang ampuh. Cukup teteskan minyak peppermint pada kapas dan letakkan di tempat yang sering dijangkau tikus. Lakukan sesering mungkin sampai rumah benar-benar bersih dari hewan pengerat ini.

  9. Baking Soda

    Baking soda juga bisa dijadikan cara alami memusnahkan tikus di rumah. Ibu hanya perlu mencampurkan baking soda ke dalam makanan yang kerap diincar tikus. Misalnya dengan memasukkan baking soda ke dalam bakso atau telur yang sudah matang, lalu letakkan di tempat yang sering dilewati tikus.

    Baking soda tidak memiliki aroma yang menyengat sehingga tikus akan memakannya tanpa sadar. Lama-kelamaan perutnya akan mengembung karena tidak mampu menahan gas yang dihasilkan oleh baking soda tersebut. 

    Tikus memang tidak akan langsung mati di tempat, tapi berlari ke tempat terbuka dan mati pelan-pelan.

  10. Mengkudu

    Cara mengusir tikus berikutnya adalah dengan menggunakan buah-buahan berbau menyengat seperti mengkudu. Aroma yang kuat dari buah bernama lain pace ini akan mengiritasi hidung tikus, sehingga penciumannya tidak bisa berfungsi normal. Nah, saat indera penciumannya terganggu, tikus akan segera lari ke tempat lain yang lebih “aman”.

    Ibu bisa menghancurkan buah mengkudu yang sudah masak, lalu meletakannya di area-area yang sering disinggahi tikus. Bisa juga dengan membuat larutan buah mengkudu dan air, lalu menyiramkannya langsung ke lubang sarang tikus.

  11. Jangkrik

    Yup, Ibu tidak sedang salah membaca, kok. Jangkrik memang dikenal sebagai pengusir tikus yang ampuh. Caranya tentu saja dengan memelihara jangkrik di rumah. Tak usah banyak-banyak, 3 ekor jangkrik saja sudah cukup.

    Suara jangkrik yang nyaring akan membuat tikus tidak nyaman sehingga pergi jauh-jauh. Konon, tikus memang kurang menyukai tempat yang bising, terang, dan ramai. Suara-suara yang terlalu nyaring bahkan bisa membuat pendengaran mereka terluka, lho. Jadi, tak ada salahnya mencoba memelihara jangkrik, kan?

Tips Agar Tikus Tidak Gampang Bersarang di Rumah

Setelah menerapkan cara-cara mengusir tikus di atas, tugas Ibu selanjutnya adalah memastikan kondisi rumah benar-benar bersih sehingga tikus tak lagi bersarang dan beranak-pinak di rumah. Bagaimana caranya?

  • Pastikan selalu menjaga kebersihan rumah. Ingat, tikus sangat menyukai tempat-tempat yang kotor dan berantakan. Jadi usahakan untuk selalu merapikan rumah dan pastikan tidak ada barang atau sisa makanan yang berserakan di lantai, meja, dapur, dan lain-lain. Singkirkan makanan. Dilansir dari website deBugged, tikus sangat menyukai aroma makanan tertentu, seperti selai kacang, roti-rotian, tepung, beras, sereal, kelapa, daging, sampai buah-buahan dan sayuran. 

  • Simpan semua bahan makanan tersebut di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan tikus. Khusus buah dan sayur lebih baik disimpan di kulkas untuk menghindari serangan tikus, lalat, maupun serangga lainnya.

  • Segera bersihkan sisa makanan di lantai. Anak-anak biasanya suka meninggalkan sisa makanan di lantai begitu saja. Padahal kebiasaan ini bisa mengundang kehadiran tikus lho, Bu. 

  • Singkirkan barang-barang yang sudah tidak dipakai. Hindari menumpuk benda-benda tertentu hanya karena “sayang”. Tikus sangat menyukai tempat-tempat yang gelap dan penuh dengan barang-barang berserakan, misalnya di gudang atau dapur.

  • Letakkan pakaian kotor pada tempatnya. Aroma pakaian kotor biasanya akan menarik perhatian tikus. Jadi usahakan untuk selalu menaruh pakaian kotor atau cucian di keranjang khusus ya, Bu. Letakkan juga di sudut yang tak mudah dijangkau oleh tikus.

Itulah beberapa cara mengusir tikus dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Gampang sekali kan, Bu? Yuk, coba sekarang juga!

Penulis: Kristal
Editor: Dwi Ratih