Keluarga

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Ibu Mengatasi Stress

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Ibu Mengatasi Stress

Tiap orang ingin bahagia, itu pasti. Semakin kita mencari cara untuk bahagia, semakin sulit rasanya. Tapi ini tidak berarti mengejar bahagia itu sia-sia. Kebahagian bisa ditemukan dengan mudah hanya jika kita tahu bentuknya. Sayangnya stres yang kita alami tidak membuat kita sadar dengan kebahagiaan ketika ada tepat di depan mata.

Para ibu sebagai orang paling sibuk di dunia sangat rentan mengalami stres. Mereka butuh bantuan kecil untuk menyeimbangkan antara keluarga, karir, dan hal lain dalam hidup. Anda mungkin mengira smartphone hanya bisa membuat Anda terhubung dengan bos yang cerewet di jam 3 pagi, tapi sebenarnya smartphone Anda juga bisa mengatasi stress yang Anda derita lho Bun. Itu semua karena ada banyak aplikasi untuk mengatasi stres yang bisa membuat Anda jadi orang yang lebih bahagi dan lebih sehat. Penasaran dengan aplikasi apa saja yang kami maksud? Yuk simak sampai selesai!

  1. Relax Melodies

    Orang yang punya kesulitan untuk tidur biasanya mengalami stres dan kecemasan. Ada baiknya jika Bunda merasa rileks tepat sebelum waktu tidur, dan aplikasi ini bisa membantu Anda. Penelitian menunjukkan musik bisa membantu menenangkan saraf dan membuat Anda tertidur. Relax Melodies menggunakan 48 suara alami yang rileks, mulai dari gelombang laut hingga white noise untuk membantu Anda meredakan kecemasan saat tidur. Anda bisa mencampur melodi-melodi ini dan mengatur waktu berhenti ketika Anda tertidur.

  2. Breathe2Relax

    Anda mungkin pernah mendengar saran untuk menutup mata dan menarik nafas saat mengalami kecemasan. Fokus pada pernafasan sebenarnya bisa membantu Anda melepas hal yang tidak penting dan memusatkan perhatian pada hal yang penting. Breathe2Relax membantu Anda untuk fokus pada pernafasan pikiran atau memusatkan perhatian pada nafas dan menjauhkan hal lainnya.

    Aplikasi gratis ini memberikan beberapa latihan pernafasan diafragma atau bernafas dari perut, yang terbukti secara ilmiah menurunkan respon stres tubuh. Ketika merasa stres, buka aplikasi ini lalu tutup mata dan atur nafas Anda.

  3. Headspace

    Meditasi jadi teknik lain untuk meredakan stres. Meski memberi banyak manfaat, kadang sulit untuk melakukan meditasi terutama bagi pemula, yang pikirannya terus berbicara dan tidak bisa berhenti memikirkan masalah. Headspace bisa membantu Anda dengan memberi panduan meditasi yang mengajarkan Anda cara meditasi agar Anda perlahan bisa melakukannya sendiri.

    Sepuluh hari pertama Anda mendapat 10 menit meditasi gratis, dan setelah itu Anda bisa putuskan untuk berlangganan bulanan untuk menerima 15 hingga 20 menit meditasi selama 10 hari, serta meditasi untuk berbagai tujuan, misalnya meningkatkan kreatifitas atau mengurangi stres.

  4. Plasticity

    Kebanyakan orang menghabiskan waktu di tempat kerja, jadi tak salah kalau stres dan kecemasan jadi masalah serius. Plasticity adalah aplikasi yang membantu Anda untuk menemukan kebahagiaan di tempat kerja dengan aktivitas training singkat untuk meningkatkan intelegensi emosi dan memperdalam hubungan antar rekan kerja. Setiap hari, daripada mengeluh tentang bos, Anda akan diminta menyebutkan satu aspek dari pekerjaan yang Anda syukuri. Bagi sebagian orang, ini tidak banyak, tapi fakta memiliki pekerjaan untuk membiayai hidup di saat banyak orang yang jadi pengangguran, sudah cukup.

  5. The Worry Box

    Menyenangkan bukan bila Anda bisa mengumpulkan semua kecemasan, meletakkannya di kotak dan membiarkannya? Bukan membawanya kemanapun Anda pergi. Itulah tujuan dari The Worry Box, kotak virtual dimana Anda bisa menempatkan semua stres dan membiarkannya hilang di sana. Aplikasi ini juga menjadi teknik terapi kognitif perilaku, sebuah metode yang bisa meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Juga tersedia akses untuk audio relaksasi dan artikel yang mengajarkan Anda bagaimana teknik terapi kognitif perilaku bekerja.

  6. Personal Zen

    Kalaupun ada permainan untuk mengatasi stres, pasti bukan Candy Crush Saga atau Angry Birds, tapi Personal Zen. Aplikasi ini membantu melatih otak untuk fokus pada hal positif. Personal Zen terbukti menurunkan tingkat kecemasan orang yang rentan mengalaminya. Game ini dimakinkan di rumput hijau dengan dua peri biru, satu dengan wajah gembira dan satu dengan wajah marah. Mereka bersembunyi di bawah rumput. Ketika mereka hilang, tugas Anda adalah melacak garis yang mengarah ke lubang peri berwajah gembira. Game ini cukup mudah, dan Anda hanya perlu bermain selama 25 menit setiap hari untuk mendapat manfaat dari aplikasi ini.

  7. Sleep Cycle (iOS), Sleep as Android (Android)

    Kurang tidur atau kualitas tidur yang rendah bisa menyebabkan Anda stres. Sleep Cycle bisa jadi solusi untuk kecemasan Anda. Sleep Cycle dan  Sleep as Android adalah aplikasi jam alarm yang melacak tidur melalui sensor telepon dan membangunkan Anda saat fase tidur paling ringan agar Anda tidak bangun dalam keadaan pening. Anda akan punya akses pada grafik rinci tentang bagaimana Anda tidur dan bisa menganalisa berbagai faktor, seperti tingkat aktivitas fisik atau meeting bersama bos mempengaruhi pola tidur. Kedua aplikasi ini memiliki suara alami dan detak binaural untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih dalam.

  8. My Cycles

    Sebagai seorang ibu yang punya banyak pekerjaan untuk dilakukan, janganlah membebani diri untuk menghitung siklus bulanan Anda. Aplikasi kecil ini akan menghitung jadwal menstruasi dan ovulasi, menampilkan tanggal prediksinya agar Anda bsia merencanakan atau mencegah kehamilan. Fungsi tambahan yang ada di aplikasi ini juga bisa membuat Anda merekam gejala dan suhu basal tubuh serta catatan lain tentang siklus Anda.

  9. 7 Minute Workout

    Olahraga jadi cara yang baik untuk meningkatkan mood, dan ada banyak manfaat lainnya. Tapi di sela waktu kerja, keluarga, dan kegiatan lain, tidak banyak orang yang punya waktu untuk pergi ke gym atau melakukan aktivitas fisik selama satu jam. 7 Minute Workout bertujuan menjadi solusi dari masalah ini. Bila Anda tidak punya waktu satu jam untuk olahraga, luangkanlah 7 menit untuk berolahraga. Meski hanya 7 menit, tapi ini merupakan olahraga berat tubuh yang intens, mulai dari gerakan squat hingga push-up untuk membuat Anda merasa telah berolahraga selama satu jam.

  10. My Mood Tracker (iOS), T2 Mood Tracker (Android)

    Ketika Anda sadar dengan apa yang Anda rasakan dan Anda tahu apa yang menyebabkan emosi ini, akan lebih mudah untuk mengatasi kecemasan. My Mood Tracker dan T2 Mood Tracker membantu Anda melacak mood dan mengetahui kenapa Anda merasa demikian. Misalnya dalam waktu dekat Anda akan mengalami menstruasi dan Anda bisa tahu kalau faktor tersebut lah yang membuat Anda tidak nyaman.

  11. Gratitude Journal (iOS), Attitudes of Gratitude (Android)

    Sering kali kita punya banyak harapan untuk menjadi bahagia tapi sebenarnya kita hanya perlu melihat apa yang sudah kita punya. Bersyukur atas apa yang kita miliki adalah cara terbaik untuk menyadari kalau kita sebenarnya lebih beruntung dibanding yang lain. Aplikasi Gratitude Journal bisa membantu Anda menjadi lebih menghargai apa yang ada di hidup dan menyimpannya di jurnal virtual untuk dilihat kembali ketika Anda merasa terpuruk. Anda bahkan bisa mengambil gambar dan membuat reminder harian agar Anda tidak lupa untuk bersyukur setiap hari.

(Ismawati)