Keluarga

Arti Mimpi Orang Tua Meninggal, Apakah Pertanda Buruk?

Arti Mimpi Orang Tua Meninggal, Apakah Pertanda Buruk?

Mimpi adalah bunga tidur, setiap orang tentu pernah merasakan mimpi. Mimpi yang dialami bisa beragam mulai dari mimpi hal baik hingga mimpi hal yang tidak menyenangkan.

Salah satu mimpi yang tidak menyenangkan adalah mimpi orang tua meninggal. Nggak jarang kita bisa terbangun di tengah mimpi sambil menangis terisak-isak.

Nah, mimpi orang tua meninggal seringkali dikaitkan dengan hal-hal buruk. Meski hanya bunga tidur, tapi tak jarang mimpi orang tua meninggal tak jarang membuat kita kepikiran.

Lantas, apa si sebenarnya arti dari mimpi orangtua meninggal? Terlebih mimpi orang tua meninggal seringkali dikaitkan dengan mitos yang beredar di masyarakat. Supaya lebih jelas, yuk simak ulasan tentang arti mimpi orang tua meninggal berikut ini.

Arti mimpi orang tua meninggal


Buat Ibu yang masih memiliki orang tua lengkap jika mendapatkan mimpi seperti ini tentu menjadi sangat kepikiran ya. Melansir Dreams Meaning mimpi bisa jadi merupakan sebuah tanda bagi kita untuk lebih awas atau waspada terhadap suatu peristiwa.

Meskipun peristiwa tersebut belum tentu terjadi namun tak ada salahnya untuk waspada ya Bu. Nggak hanya itu jika mimpi orang tua meninggal pun tak selalu berarti negatif lho!

Jika melansir Quora mimpi orang tua meninggal sebenarnya hanyalah sebuah imajinasi yang berlebihan saja. Akibat kuatnya mimpi yang mungkin dialami oleh seseorang.

Mimpi merupakan cara otak kita memproses informasi saat sedang tidur. Penafsiran mimpi hanyalah bagian dari sistem kepercayaan spiritual yang tidak didukung oleh bukti yang nyata.

Nah, ketika kita terjaga tanpa sadar otak terus-menerus menerima rentetan informasi, pemandangan, suara, perasaan dan lainnya. Pada saat kita tidur, semuanya akan disortir, disimpan sebagai kenangan, atau dibuang, sehingga imajinasi manusia otomatis menjadi liar.

Otak membuat sebuah narasi, menceritakan kisah-kisah dalam tidur seseorang. Kisah yang dibuat bisa sangat rumit dan mungkin tidak masuk akal. Hal Ini terjadi selama tahap tidur REM (rapid eye movement), yang kisahnya dibuat sama persis dengan mimpi seseorang.

Tapi menafsirkan arti mimpi orang tua meninggal tak ada salahnya diterima dengan positif pada diri kita ya Bu. Sebab, bersadasrak mitos-mitos yang beredar di Indonesia, mimpi orang tua meninggal nggak selalu berarti buruk lho. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa arti mimpi orang tua meninggal yang umumnya dialami oleh semua orang:

1. Sebagai teguran dari Tuhan


Beberapa tafsir mimpi menyatakan bahwa arti mimpi orangtua meninggal bisa jadi lantaran kesalahan yang kita perbuat pada mereka. Misalnya saja saat kita tidak patuh terhadap kata-kata orang tua atau saat kita bertengkar dengan orang tua.

Mungkin ini bisa dijadikan sebagai teguran untuk kita agar bisa instropeksi terhadap apa yang sudah kamu lakukan kepada kedua orang tua. Himahnya, Ibu bisa segera meminta maaf dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat pada mereka.

2. Mimpi bertemu orang tua yang sudah meninggal

Bertemu dengan orang tua yang sudah meninggal meski hanya dalam mimpi tentu dapat membuat kita bahagia. Sayangnya, kebanyakan mimpi bertemu orang tua yang sudah meninggal biasanya sangat random atau tidak terlalu jelas.

Seringkali bahkan tidak ada percakapan atau obrolan saat mimpi bertemu orang tua yang sudah meninggal. Namun ada baiknya jika kamu memimpikan hal tersebut dan terbangun dalam keadaan takut atau gelisah, segeralah panjatkan doa untuk kedua orang tua. Ibu juga bisa mengirimkan bacaan surat-surat Al-Quran yang bisa menenangkan hati agar bisa kembali tidur.

3. Mimpi orangtua meninggal berarti panjang umur?

Nenek moyang jaman dahulu mengatakan bahwa mimpi orangtua meninggal adalah pertanda baik bahwa mereka akan diberikan panjang umur. Walaupun arti mimpi orang tua meninggal tidak pasti selalu negatif, setidaknya hal ini bisa cukup melegakan bagi Ibu.

Dahulu jika mimpi orang tua meninggal memang seingkali dikaitkan bahwa orang tua kita akan panjang umur. Tetaplah selalu doakan kedua orang tua kita agar selalu sehat dan panjang umur ya Bu.

4. Mimpi salah satu dari orang tua yang meninggal

Sebenarnya mimpi tersebut tidaklah menunjukkan tanda apapun. Ini hanyalah manifestasi dari perasaan bersalah kita kepada salah satu orang tua kita saja. Bisa juga kamu mengalami ini lantaran alami depresi dan ketakutan berlebih akan kehilangan orang tua.

Namun menurut mitos yang beredar di masyarakat Indonesia, jika kita mimpi salah satu orang tua kita meninggal bisa jadi merupakan pertanda buruk atau kesialan sedang menanti. Mimpi tersebut bisa berarti kamu akan mengalami kesulitan, serta mengalami penyesalan yang sangat kamu sesali dikemudian hari.

Jika alami mimpi orangtua meninggal, lebih baik agar intropeksi diri dan lakukan upaya perbaikan, baik kepada orangtua, keluarga, atau orang disekitar kita. Jangan lupa selalu doakan orang tua kita agar senantiasa diberikan umur panjang.

Sebaiknya jangan langsung menganggap mimpi orang tua meninggal adalah pertanda buruk ya Bu. Usahakan untuk menerima hal ini sebagai pesan positif, tentunya agar Ibu tidak stress atau berlarut-larut masuk ke dalam pikiran negatif.

Editor: Dwi Ratih