Keluarga

Arti Mimpi Potong Rambut, Benarkah Jadi Pertanda Baik Dan Buruk?

Arti Mimpi Potong Rambut, Benarkah Jadi Pertanda Baik Dan Buruk?

Bagi setiap manusia, rambut bagaikan sebuah mahkota yang dapat menyempurnakan bentuk wajah terutama bagi wanita. Apalagi bagi wanita yang punya impian memiliki rambut panjang terurai dan tebal.

Sayangnya, ketika sudah lelah merawat rambut ada saja masalah yang sering kita hadapi. Misalnya saja mulai dari rambut rontok, berminyak, berketombe dan lain sebagainya.

Hal-hal kecil yang seringkali dianggap sepele  ini bisa berdampak bagi kepercayaan diri tiap wanita lho! Saking takut kehilangan keindahan dan kilau rambutnya, banyak wanita bahkan sampai kebawa mimpi.

Nah, salah satu mimpi terkait rambut yang banyak dialami oleh wanita adalah mimpi potong rambut. Menurut mitos masyarakat Jawa sendiri, arti mimpi potong rambut sendiri merupakan sebuah pertanda baik dan juga buruk sekaligus.

Sehingga wajar, banyak Ibu khawatir dengan mimpi potong rambut yang mereka alami. Lalu apa sih sebenarnya arti mimpi potong rambut yang sering bikin khawatir tersebut? Simak ulasannya berikut ya Bu!

Apa arti mimpi potong rambut sendiri? 

Melansir All Things Hair tiap mimpi tentu memiliki banyak arti yang berbeda. Tidak semua mimpi menjadi pertanda baik ataupun buruk.

Namun jika dilihat dari ilmu psikologi, arti mimpi potong rambut sendiri merupakan sebuah interpretasi untuk mengidentifikasi perasaan dan tahap yang sedang dialami seseorang. Seperti yang dibahas sebelumnya, bagi wanita rambut adalah sebuah mahkota yang sangat berharga.

Sehingga wajar apabila rambut memainkan peran yang cukup besar kehidupan kita. Jadi, ketika itu adalah bagian dari mimpi, itu dapat menjadi tanda bahwa masalah penting yang terkait dengan kehidupanmu tersebut bisa jadi ingin menuntut perhatian yang lebih besar.

Beberapa orang juga percaya bahwa, setiap arti mimpi potong rambut sendiri erat kaitannya dengan kenyataan bahwa kamu sedang dalam fase ingin sebuah perubahan dalam hidup. Apalagi mimpi memotong rambut sendiri, bisa jadi menunjukkan bahwa intuisi dirimu telah menyadari bahwa, inilah saatnya untuk meninggalkan masa lalu dan mencoba untuk buat perubahan dalam hidup.

Apa arti mimpi potong rambut di salon? 

Konon katanya, arti mimpi potong rambut di salon menjadi sebuah pertanda buruk lho! Benarkah demikian? Melansir Miller’s Guild hal ini bisa jadi benar dan juga tidak.

Sebab, arti mimpi potong rambut di salon sendiri menurut kepercayaan banyak orang bisa jadi tanda bahwa keuangan kamu mungkin sedang tidak terkendali. Kamu juga mungkin akan menghadapi pengeluaran keuangan yang tidak terduga.

Apalagi jika kamu gemar meminjamkan uang kepada seseorang, bisa jadi akan sulit menagih hakmu kembali. Wah, jangan sampai hal ini terjadi ya Bu! Jadi, ketika mimpi potong rambut di salon berulang kali ada baiknya mempersiapkan dirimu untuk menghadapi masalah keuangan dan anggaran yang akan datang dengan cerdas!

Apa arti mimpi potong rambut menurut Primbon Jawa?

Nah, arti mimpi potong rambut yang paling banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia biasanya berasal dari Primbon Jawa. Ada beragam arti mimpi menurut Primbon Jawa yang cukup terkenal, di antaranya adalah:

1. Arti mimpi potong rambut bayi 

Seorang bayi mungil yang baru lahir dianggap merupakan manusia yang masih lemah dan tidak berdosa. Setiap prosesi yang dilakukan kebanyakan bayi di Indonesia juga ada aturan dan adatnya, terutama yang berkaitan dengan pemotongan rambut.

Oleh karena itu, memotong rambut bayi tidak boleh sembarangan. Tapi kalau arti mimpi potong rambut bayi menurut Primbon Jawa sendiri sebenarnya merupakan pertanda baik yang menandakan bahwa harapan dan cita-citamu dalam waktu dekat akan tercapai.

Meski mitos arti mimpi potong rambut bayi ini banyak diyakini, namun ada baiknya hal ini tidak dipercaya 100% ya Bu! Apalagi mimpi merupakan bunga tidur yang belum tentu ada kaitannya dengan kehidupan nyata.

2. Arti mimpi potong rambut sampai botak

Ternyata menurut Primbon Jawa, arti mimpi potog rambut hingga rambut botak tak bersisa bisa jadi merupakan pertanda buruk lho! Akan ada musibah dan kesialan yang mungkin akan kamu alami ke depannya. Mulai dari kehilangan barang berharga, hingga hal buruk lainnya.

3. Arti mimpi potong rambut orang lain 

Berbeda dengan arti mimpi potong rambut sampai botak, menurut Primbon Jawa arti mimpi potong rambut orang lain sendiri berarti akan ada sebuah keberuntungan dalam kehidupan kita dalam waktu dekat.

Hal ini juga berlaku jika kamu bermimpi potong rambut pendek. Hal ini berarti kamu akan segera meraih kesuksesan dan segala keinginanmu akan segera tercapai.

Menurut psikologi, mimpi rambut dipotong oleh orang lain menggambarkan perasaan yang sebenarnya, misalnya merasa tengah dimanipulasi atau dikontrol oleh orang lain.

Di sisi lain mimpi ini juga bisa menggambarkan bahwa Anda bersedia dituntun oleh orang lain menuju ke arah yang lebih baik. Jadikan mimpi ini sebagai pemicu untuk bisa lebih mendengarkan dan mempercayai orang lain.

4. Arti mimpi potong rambut orang lain

Menurut Primbon Jawa yang dipercaya masyarakat, arti mimpi potong rambut orang lain berarti bahwa kamu akan segera mendapatkan jawaban atas segala masalah yang tengah dihadapi. Akan tetapi, jika melansir Dreaming and Sleeping arti mimpi potong rambut orang lain berarti kamu harus bisa mengontrol dan mengarahkan hubungan dengan pasangan menjadi lebih baik.

Apalagi jika dalam hubungan tersebut kamu merasa kurang bisa berkomunikasi dengan baik. Kalau kamu bisa mengubah komunikasi tersebut jadi lebih baik, bukan tidak mungkin kamu dan pasangan juga bisa merasa lebih bahagia menjalankan kehidupan rumah tangga ke depannya.

Setelah mengetahui beragam arti mimpi potong rambut di atas, tentu ada beberapa Ibu yang percaya dan juga tidak. Nah, semua kembali lagi pada kepercayaan masing-masing.

Sekali lagi, mimpi bisa jadi merupakan bunga tidur sekaligus pertanda hal baik dan buruk bagi mereka yang memercayainya. Selebihnya, pasrahkan dan serahkan kembali kepada Tuhan dan tak perlu terlalu memikirkan artinya terutama jika mengandung arti buruk ya Bu.


Editor: Atalya